1 April, PT Pelindo III Terapkan Portal Anjungan

logo pelindo 3 terbaru

Logo PT Pelindo III (Ist)

Sebagai upaya memudahkan pengguna jasa dalam mengajukan pelayanan jasa pemanduan dan penundaan, maka PT Pelabuhan Indonesia III memberikan sosialisasi penggunaan portal anjungan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Pelabuhan Gresik, Jawa Timur Kamis (17/3/2016).

Sosialisasi tersebut dipimpin Bambang Hasbullah, Deputi Bidang Operasional Pelindo III Cabang Tanjung Perak. “Kami wajib menyediakan fasilitas pelayanan untuk memberikan kemudahan kepada pengguna jasa dalam melakukan transaksi. Kami masih berusaha agar sistem online ini bisa dilakukan di seluruh cabang Pelindo III juga di kawasan. Karena itu kami juga terus melakukan pengembangan aplikasi untuk portal anjungan ini agar dapat melayani secara optimal,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com pada akhir pekan ini.

Adapun penggunaan portal anjungan ini akan dimulai pada 1 April mendatang sehingga para pengguna jasa bisa melakukan pembayaran secara online dimana saja melalui bank yang sudah menjalin kerja sama dengan pihak Pelindo III.

Pengguna jasa pertama mengajukan permohonan yang ada di portal anjungan setelah itu akan mendapatkan kode bayar dilanjutkan dengan pembayaran, kemudian terbit bukti pelunasan jasa kepelabuhanan lalu penetapan pelayanan terus realisasi pelayanan, selanjutnya pengguna jasa bisa mencetak nota.

“Bagaimana dengan locking system, apakah nanti kita bisa mengajukan keringanannya di Pelabuhan Gresik jadi tidak perlu ke Perak,” ujar pengguna jasa dari PT Citra Baru Adinusantara dalam sesi tanya jawab.

Bambang juga menjelaskan terkait pertanyaan locking system. “Locking system bisa dilakukan ke Pelabuhan Gresik, nantinya pihak Gresik yang akan meneruskan ke Pelabuhan Perak maka akan ada koordinasi lebih lanjut, dan rencana ke depannya kita akan membuka counter di Pelabuhan Gresik sehingga komplain yang ada bisa langsung terselesaikan dan jelas itu memberikan kemudahan bagi pengguna jasa agar tidak repot ke Tanjung Perak,” ucapnya.

Dengan adanya penerapan sistem ini tentu juga memberikan keuntungan bagi pengguna jasa, yaitu kesiapan sistem selama 24 jam online, pembayaran lebih fleksibel kepada bank-bank yang sudah bekerja sama dengan Pelindo III, seperti Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI dan Bank Jatim.

Proses bukti pelunasan jasa kepelabuhanan dapat dilakukan secara mandiri, juga adanya monitoring transaksi kapal dan nota dapat lebih cepat sehingga pengguna jasa bisa langsung mengetahui tagihan yang timbul  sekaligus pemantauan piutang.

“Pelayanan jasa kepelabuhanan menggunakan portal anjungan jelas memberikan kemudahan kepada pengguna jasa, apalagi online 24 jam dan pembayaran bisa dilakukan melalui perbankan,” tutur Edi Wartoko, Supervisor Operasi Pelayanan Kapal dan Barang Pelabuhan Gresik. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

World Heritage

Batik Fractal Bidik Paman Sam

Batik Fractal yang mengandalkan teknologi dan sudah masuk pasar internasional rupanya saat ini tengah fokus untuk melayani permintaan pasar di Kanada. Tak tanggung-tanggung, Batik Fractal pun akan mengupayakan bisa hadir

Hotel

Aneka Ragam Budaya, Daya Tarik Turis Asing ke Indonesia

Welcome Dinner Putri Pariwisata Indonesia 2016 (Ist) Keanekaragaman budaya negeri ini menjadi daya tarik paling besar bagi turis asing untuk berkunjung ke Indonesia. Demikian penjelasan Esthy Reko Astuti, Deputi Bidang

Slideshow

CEO Metranet Gandeng FPMDI Kembangkan Media Digital

Didik Budi Santoso, Chief Executive Officer (CEO) PT Metranet (duduk nomor tiga dari kiri) foto bersama FPMDI, termasuk patainanews.com (memakai topi) (Ist)  “Saya orang di balik layar, jarang muncul ke

Heritage

Ketika Raja Swedia Menikmati Kereta Wisata

Rombongan Raja dan Ratu Swedia di dalam kereta wisata dari Jakarta ke Bandung (Ist) Raja Swedia Carl XVI Gustaf dan Ratu Silvia ketika ada di Indonesia melakukan perjalanan dari Jakarta

Hotel

patainanews.com Siap Sukseskan ASIAN GAMES 2018

Logo ASIAN GAMES 2018 (Ist) Indonesia terpilih menjadi tuan rumah ASIAN GAMES 2018. Dan, DKI Jakarta dan Palembang di Sumatera Selatan dipercaya menjadi tempat penyelenggaran event olah raga di kawasan

All About Indonesia

Logo Dewan Pers Jangan Dijadikan Kartel Media Massa

Ilustrasi hoax (Ist) Forum Pimpinan Media Digital Indonesia (FPMDI) telah menjadi bagian dari verifikasi media abal-abal, media penyebar hoax dan media buzzer. “Kami pun memantau, mengedukasi serta meyakini anggota kami