1 April, PT Pelindo III Terapkan Portal Anjungan

logo pelindo 3 terbaru

Logo PT Pelindo III (Ist)

Sebagai upaya memudahkan pengguna jasa dalam mengajukan pelayanan jasa pemanduan dan penundaan, maka PT Pelabuhan Indonesia III memberikan sosialisasi penggunaan portal anjungan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Pelabuhan Gresik, Jawa Timur Kamis (17/3/2016).

Sosialisasi tersebut dipimpin Bambang Hasbullah, Deputi Bidang Operasional Pelindo III Cabang Tanjung Perak. “Kami wajib menyediakan fasilitas pelayanan untuk memberikan kemudahan kepada pengguna jasa dalam melakukan transaksi. Kami masih berusaha agar sistem online ini bisa dilakukan di seluruh cabang Pelindo III juga di kawasan. Karena itu kami juga terus melakukan pengembangan aplikasi untuk portal anjungan ini agar dapat melayani secara optimal,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com pada akhir pekan ini.

Adapun penggunaan portal anjungan ini akan dimulai pada 1 April mendatang sehingga para pengguna jasa bisa melakukan pembayaran secara online dimana saja melalui bank yang sudah menjalin kerja sama dengan pihak Pelindo III.

Pengguna jasa pertama mengajukan permohonan yang ada di portal anjungan setelah itu akan mendapatkan kode bayar dilanjutkan dengan pembayaran, kemudian terbit bukti pelunasan jasa kepelabuhanan lalu penetapan pelayanan terus realisasi pelayanan, selanjutnya pengguna jasa bisa mencetak nota.

“Bagaimana dengan locking system, apakah nanti kita bisa mengajukan keringanannya di Pelabuhan Gresik jadi tidak perlu ke Perak,” ujar pengguna jasa dari PT Citra Baru Adinusantara dalam sesi tanya jawab.

Bambang juga menjelaskan terkait pertanyaan locking system. “Locking system bisa dilakukan ke Pelabuhan Gresik, nantinya pihak Gresik yang akan meneruskan ke Pelabuhan Perak maka akan ada koordinasi lebih lanjut, dan rencana ke depannya kita akan membuka counter di Pelabuhan Gresik sehingga komplain yang ada bisa langsung terselesaikan dan jelas itu memberikan kemudahan bagi pengguna jasa agar tidak repot ke Tanjung Perak,” ucapnya.

Dengan adanya penerapan sistem ini tentu juga memberikan keuntungan bagi pengguna jasa, yaitu kesiapan sistem selama 24 jam online, pembayaran lebih fleksibel kepada bank-bank yang sudah bekerja sama dengan Pelindo III, seperti Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI dan Bank Jatim.

Proses bukti pelunasan jasa kepelabuhanan dapat dilakukan secara mandiri, juga adanya monitoring transaksi kapal dan nota dapat lebih cepat sehingga pengguna jasa bisa langsung mengetahui tagihan yang timbul  sekaligus pemantauan piutang.

“Pelayanan jasa kepelabuhanan menggunakan portal anjungan jelas memberikan kemudahan kepada pengguna jasa, apalagi online 24 jam dan pembayaran bisa dilakukan melalui perbankan,” tutur Edi Wartoko, Supervisor Operasi Pelayanan Kapal dan Barang Pelabuhan Gresik. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

All About Indonesia

Darmono Dorong Percepatan Pembangunan dengan Konsep Kelola Shopping Mall

Founder dan Chairman PT Jababeka Tbk SD Darmono (kiri) (Ist) Founder dan Chairman PT Jababeka Tbk SD Darmono mendorong percepatan pembangunan dengan konsep mengelola  shopping mall. Hal tersebut tertuang dalam diskusi

Cuisine

HMA Batik Floklore Meriahkan Festival Kali Baru

Halimah Munawir (keempat dari kanan) (Ist) HMA Batik Floklore Betawi Pesisir yang diangkat oleh Halimah Munawir, sosok yang dikenal peduli dengan perkembangan pariwisata dan budata Nusantara yang beberapa waktu lalu

Destinations

Hadiah APWI 2018 Naik Jadi Rp500 Juta

Lintang Rowe (kedua dari kanan), salah satu pemenang APWI 2017 menerima penghargaan dari Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Anugerah Pewarta Wisata Indonesia (APWI) 2017 menjadi ajang apresiasi bagi media massa

Slideshow

Launching Tour de Singkarak 2018 ‘One Decade For All’

Launching Tour de Singkarak 2018 ‘One Decade For All’ (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Nasrul Abit, dan walikota/bupati se-Sumbar meluncurkan event sport tourism

Slideshow

Industri Pariwisata Kepri Hasilkan Rp 4,8 Triliun

Pantai Trikora, Kepri (Ist) Teori Menteri Pariwisata Arief Yahya yang selalu dirilis sejak tiga tahun silam terus mencatatkan bukti-bukti konkret. Setelah Kabupaten Samosir, Sumatera Utara yang sukses menaikkan PAD (Pendapatan

Festival

Turis Belanda Suka Traveling ke Bukittinggi

Anita (Ist) Wisatawan mancanegara dari Eropa, seperti dari Belanda ternyata suka traveling ke Bukittinggi di Sumatera Barat. Hal tersebut disampaikan Anita, Group General Manager Rocky Hotels ketika ditemui patainanews.com di