1 April, PT Pelindo III Terapkan Portal Anjungan

logo pelindo 3 terbaru

Logo PT Pelindo III (Ist)

Sebagai upaya memudahkan pengguna jasa dalam mengajukan pelayanan jasa pemanduan dan penundaan, maka PT Pelabuhan Indonesia III memberikan sosialisasi penggunaan portal anjungan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Pelabuhan Gresik, Jawa Timur Kamis (17/3/2016).

Sosialisasi tersebut dipimpin Bambang Hasbullah, Deputi Bidang Operasional Pelindo III Cabang Tanjung Perak. “Kami wajib menyediakan fasilitas pelayanan untuk memberikan kemudahan kepada pengguna jasa dalam melakukan transaksi. Kami masih berusaha agar sistem online ini bisa dilakukan di seluruh cabang Pelindo III juga di kawasan. Karena itu kami juga terus melakukan pengembangan aplikasi untuk portal anjungan ini agar dapat melayani secara optimal,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com pada akhir pekan ini.

Adapun penggunaan portal anjungan ini akan dimulai pada 1 April mendatang sehingga para pengguna jasa bisa melakukan pembayaran secara online dimana saja melalui bank yang sudah menjalin kerja sama dengan pihak Pelindo III.

Pengguna jasa pertama mengajukan permohonan yang ada di portal anjungan setelah itu akan mendapatkan kode bayar dilanjutkan dengan pembayaran, kemudian terbit bukti pelunasan jasa kepelabuhanan lalu penetapan pelayanan terus realisasi pelayanan, selanjutnya pengguna jasa bisa mencetak nota.

“Bagaimana dengan locking system, apakah nanti kita bisa mengajukan keringanannya di Pelabuhan Gresik jadi tidak perlu ke Perak,” ujar pengguna jasa dari PT Citra Baru Adinusantara dalam sesi tanya jawab.

Bambang juga menjelaskan terkait pertanyaan locking system. “Locking system bisa dilakukan ke Pelabuhan Gresik, nantinya pihak Gresik yang akan meneruskan ke Pelabuhan Perak maka akan ada koordinasi lebih lanjut, dan rencana ke depannya kita akan membuka counter di Pelabuhan Gresik sehingga komplain yang ada bisa langsung terselesaikan dan jelas itu memberikan kemudahan bagi pengguna jasa agar tidak repot ke Tanjung Perak,” ucapnya.

Dengan adanya penerapan sistem ini tentu juga memberikan keuntungan bagi pengguna jasa, yaitu kesiapan sistem selama 24 jam online, pembayaran lebih fleksibel kepada bank-bank yang sudah bekerja sama dengan Pelindo III, seperti Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI dan Bank Jatim.

Proses bukti pelunasan jasa kepelabuhanan dapat dilakukan secara mandiri, juga adanya monitoring transaksi kapal dan nota dapat lebih cepat sehingga pengguna jasa bisa langsung mengetahui tagihan yang timbul  sekaligus pemantauan piutang.

“Pelayanan jasa kepelabuhanan menggunakan portal anjungan jelas memberikan kemudahan kepada pengguna jasa, apalagi online 24 jam dan pembayaran bisa dilakukan melalui perbankan,” tutur Edi Wartoko, Supervisor Operasi Pelayanan Kapal dan Barang Pelabuhan Gresik. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

SightSeeing

Wisatawan Terkesan Tanjung Lesung

Direktur Utama PT Banten West Java (BWJ) Poernomo Siswoprasetijo ketika menyampaikan sambutan dalam pembukaan Festival Pesona Bahari Tanjung Lesung (Ist) Wisatawan Nusantara terkesan dengan pesona wisata bahari yang ada di

Tourism

Menteri Pariwisata Ajak ASITA Promosikan Milenial Tourism di Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Ketua Umum DPP ASITA N Rusmiati (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengajak para pelaku industri pariwisata yang tergabung dalam ASITA untuk menggalakkan digital dan

Festival

PATA Indonesia Dukung Pengembangan Wisata Cirebon

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo berbincang dengan Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam pembukaan Festival Pesona Cirebon di Goa Sunyaragi (Ist) PATA Indonesia Chapter mendukung pengembangan wisata di Cirebon, Jawa

Travel Operator

Menanti Sport Tourism di Siak

Jumpa pers Tour de Siak 2016 (Ist) Penyelenggaraan event balap sepeda internasional Tour de Siak 2016 yang berlangsung di Kabupaten Siak pada 17 hingga 22 Oktober mendatang menjadi sarana efektif

Nature

Djarwo Surjanto, Nakhoda Pelindo III yang Rendah Hati

Djarwo Surjanto (Ist) Sosok satu ini bukan orang baru di PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III. Ya, boleh jadi BUMN kepelabuhanan yang berbasis di Surabaya, Jawa Timur ini beruntung punya seorang

Nature

Pemprov Maluku Undang Investor Kembangkan Potensi Pariwisata

Logo HPN 2017 (Ist) Pemerintah provinsi (Pemprov) Maluku ternyata serius mengembangkan potensi pariwisata yang ada di Maluku dengan meningkatkan infrastruktur. Wakil Gubernur Zeth Sahuburua menjelaskan hal tersebut menjawab patainanews.com disela-sela