10 Destinasi Layak Kunjung 2016

kotabaru

Samber Gelap (Ist)

Tahun ini boleh disebut menjadi tahun istimewa bagi pariwisata Indonesia. Pada awal tahun ini, sektor pariwisata yang menjadi leading sector pembangunan sudah meraih dua penghargaan bergengsi, yakni 12th UNWTO Awards dan ASEANTA Awards 2016.

Tak bisa dipungkiri, negeri ini memang kaya akan potensi wisata yang tersebar mulai dari kawasan timur Indonesia hingga wilayah barat negeri ini.

Beragam destinasi, budaya setempat yang memikat hati, dan kearifan lokal yang masih tetap dijaga membuat ada 10 destinasi layak kunjung versi patainanews.com, yakni:

  1. Raja Ampat

Raja Ampat di Papua Barat dinobatkan sebagai destinasi snorkeling terbaik dunia atau Worlds Best Snorkeling Destination berdasarkan survei CNN pada 2015.

Yang membanggakan Raja Ampat menjadi habitat bagi 75 persen koral yang dikenal di dunia.

2. Banyuwangi

Banyuwangi di Jawa Timur semakin dikenal di dunia karena sukses mengharumkan nama Indonesia dalam 12th UNWTO. Kabupaten yang letaknya sebelah Pulau Dewata ini memang mengandalkan sektor pariwisata jadi tak salah Anda berkunjung ke Banyuwangi.

3. Kotabaru

Kotabaru di Kalimantan Selatan dikenal dengan potensi wisata yang beragam. Dan, tak kalah menarik dengan daerah lain lantaran Kotabaru memiliki wisata bahari yang bisa mendatangkan wisatawan asing karena ada Samber Gelap, yang menarik untuk dikunjungi lantaran ada terumbu karang sehingga bisa untuk snorkeling dan diving.

4. Takalar

Takalar ada di Sulawesi Selatan. Pesona Takalar tak kalah dengan destinasi lainnya karena mengandalkan wisata bahari, seperti pantai yang indah dan pasir putih.

5. Lombok

Lombok di Nusa Tenggara Barat semakin dikenal wisatawan asing lantaran tahun lalu menjadi wakil Indonesia dan sukses sebagai pemenang di acara penghargaan World Halal Travel Summit 2015 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Ketika itu Lombok berhasil memenangkan dua kategori, yaitu World Best Halal Tourism Destination dan World Best Halal Honeymoon Destination.

6. Palembang

Palembang di Sumatera Selatan (Sumsel) dikenal dengan wisata kuliner. Apalagi, tahun ini Ibukota Sumsel ini akan dilewati Gerhana Matahari Total (GMT) 2016 pada 9 Maret mendatang sehingga akan menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik maupun turis asing.

  1. Bali

Pulau Dewata tak akan bisa dipisahkan dari pariwisata Indonesia sebab selama ini menjadi andalan untuk menarik kunjungan wisatawan asing ke negeri ini.

  1. Daerah Istimewa Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) selama ini juga dikenal sebagai destinasi favorit bagi wisatawan domestik maupun turis asing selama berkunjung ke Indonesia.

  1. Tanjung Lesung

Keberadaan Tanjung Lesung di Banten akan membuat destinasi wisata ini menjadi pilihan menarik bagi wisatawan karena letaknya relatif tak jauh dari Jakarta.

Apalagi Tanjung Lesung termasuk dalam 10 destinasi unggulan 2016 yang ditetapkan pemerintah.

  1. Maumere

Maumere di Nusa Tenggara Timur (NTT) akan menjadi destinasi yang menarik bagi wisatawan asing dan turis domestik sejak pemerintah mengembangkan destinasi di NTT dengan Presiden Jokowi beberapa waktu lalu meresmikan Gedung Terminal Bandar Udara Komodo di Labuan Bajo.

Pengembangan bandara ini menggunakan dana APBN sebagai komitmen pemerintah mendukung percepatan pengembangan perekonomian di NTT, khususnya di Flores. (Gabriel Bobby)

 

 

 

 

 

About author



You might also like

Slideshow

Lombok Harus Giat Jual Wisata Pulau Seribu Masjid

Pesona Lombok tak hanya sekadar alam yang indah. Destinasi wisata yang ada di Nusa Tenggara Barat (NTB) juga memiliki daya tarik tersendiri yang bisa meningkatkan kunjungan wisatawan, baik dalam negeri

Nature

Asian Games 2018, AP II Siap Berikan Pelayanan Terbaik

Layanan di bandara yang dikelola manajemen PT AP II siap sukseskan ASIAN GAMES 2018 (Ist) Peran penting dimainkan Bandara International Soekarno Hatta Jakarta dan Sultan Badaruddin Palembang. Bandara yang dikelola

Slideshow

Garuda Indonesia Hilangkan Komisi Agen Wisata, ASITA Lapor ke Presiden Jokowi

Ketua Dewan Pengurus Pusat ( DPP) Association of the Indonesian Tours & Travel Agencies (ASITA) Asnawi Bahar dan  Nunung Rusmiati, Sekjen DPP ASITA (kanan) (Ist) Ketua Dewan Pengurus Pusat ( DPP)

Airlines

Juli, Jumlah Kunjungan Wisman Meningkat

Perkembangan wisman di Indonesia Juli 2017 (Ist) Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia terus mengalami peningkatan. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, jumlah wisman pada Juli lalu menyentuh angka 1,35

Cuisine

Rayakan Tahun Baru di Hotel Santika Premiere ICE BSD City Berhadiah ke Bali

 TOTALLY 80’S (Ist) Tahun 2018 kini sudah di depan mata dan seperti biasa di berbagai tempat selalu menawarkan acara dengan tema yang berbeda-beda dan menarik untuk dikunjungi. Masih bingung menentukan

Slideshow

Senja yang Romantis di Bukit Merese

Senja di Bukit Merese (Ist) Lombok di Nusa Tenggara Barat rupanya punya banyak potensi pariwisata yang disukai wisatawan Nusantara dan wisatawan mancanegara. Ya, tak salah menyebut Pulau Seribu Masjid ini,