10 Destinasi Layak Kunjung 2016

kotabaru

Samber Gelap (Ist)

Tahun ini boleh disebut menjadi tahun istimewa bagi pariwisata Indonesia. Pada awal tahun ini, sektor pariwisata yang menjadi leading sector pembangunan sudah meraih dua penghargaan bergengsi, yakni 12th UNWTO Awards dan ASEANTA Awards 2016.

Tak bisa dipungkiri, negeri ini memang kaya akan potensi wisata yang tersebar mulai dari kawasan timur Indonesia hingga wilayah barat negeri ini.

Beragam destinasi, budaya setempat yang memikat hati, dan kearifan lokal yang masih tetap dijaga membuat ada 10 destinasi layak kunjung versi patainanews.com, yakni:

  1. Raja Ampat

Raja Ampat di Papua Barat dinobatkan sebagai destinasi snorkeling terbaik dunia atau Worlds Best Snorkeling Destination berdasarkan survei CNN pada 2015.

Yang membanggakan Raja Ampat menjadi habitat bagi 75 persen koral yang dikenal di dunia.

2. Banyuwangi

Banyuwangi di Jawa Timur semakin dikenal di dunia karena sukses mengharumkan nama Indonesia dalam 12th UNWTO. Kabupaten yang letaknya sebelah Pulau Dewata ini memang mengandalkan sektor pariwisata jadi tak salah Anda berkunjung ke Banyuwangi.

3. Kotabaru

Kotabaru di Kalimantan Selatan dikenal dengan potensi wisata yang beragam. Dan, tak kalah menarik dengan daerah lain lantaran Kotabaru memiliki wisata bahari yang bisa mendatangkan wisatawan asing karena ada Samber Gelap, yang menarik untuk dikunjungi lantaran ada terumbu karang sehingga bisa untuk snorkeling dan diving.

4. Takalar

Takalar ada di Sulawesi Selatan. Pesona Takalar tak kalah dengan destinasi lainnya karena mengandalkan wisata bahari, seperti pantai yang indah dan pasir putih.

5. Lombok

Lombok di Nusa Tenggara Barat semakin dikenal wisatawan asing lantaran tahun lalu menjadi wakil Indonesia dan sukses sebagai pemenang di acara penghargaan World Halal Travel Summit 2015 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Ketika itu Lombok berhasil memenangkan dua kategori, yaitu World Best Halal Tourism Destination dan World Best Halal Honeymoon Destination.

6. Palembang

Palembang di Sumatera Selatan (Sumsel) dikenal dengan wisata kuliner. Apalagi, tahun ini Ibukota Sumsel ini akan dilewati Gerhana Matahari Total (GMT) 2016 pada 9 Maret mendatang sehingga akan menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik maupun turis asing.

  1. Bali

Pulau Dewata tak akan bisa dipisahkan dari pariwisata Indonesia sebab selama ini menjadi andalan untuk menarik kunjungan wisatawan asing ke negeri ini.

  1. Daerah Istimewa Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) selama ini juga dikenal sebagai destinasi favorit bagi wisatawan domestik maupun turis asing selama berkunjung ke Indonesia.

  1. Tanjung Lesung

Keberadaan Tanjung Lesung di Banten akan membuat destinasi wisata ini menjadi pilihan menarik bagi wisatawan karena letaknya relatif tak jauh dari Jakarta.

Apalagi Tanjung Lesung termasuk dalam 10 destinasi unggulan 2016 yang ditetapkan pemerintah.

  1. Maumere

Maumere di Nusa Tenggara Timur (NTT) akan menjadi destinasi yang menarik bagi wisatawan asing dan turis domestik sejak pemerintah mengembangkan destinasi di NTT dengan Presiden Jokowi beberapa waktu lalu meresmikan Gedung Terminal Bandar Udara Komodo di Labuan Bajo.

Pengembangan bandara ini menggunakan dana APBN sebagai komitmen pemerintah mendukung percepatan pengembangan perekonomian di NTT, khususnya di Flores. (Gabriel Bobby)

 

 

 

 

 

About author



You might also like

Culture

PRibuMI Melestarikan Wastra Tradisional Indonesia

Produk PRibuMI… (Ist) Pada mulanya PRibuMI…memang dikenal dengan produsen produk-produk fesyen yang mengangkat batik untuk diubah menjadi sebuah produk fesyen siap pakai bagi masyarakat negeri ini maupun wisatawan asing yang

Tourism

2017, NTB Optimistis 4 Juta Wisatawan

Wisatawan asing di Gili Trawangan, Lombok (Ist) Tahun 2016 memang masih beberapa bulan lagi, namun Nusa Tenggara Barat (NTB) sudah memasang target kunjungan wisatawan 2017 sebanyak 4 juta orang. Hal

Airlines

Peserta Mancanegara Antusias Ikut International Musi Triboatton 2016

Sumatera Selatan siap sambut International Musi Triboatton 2016 dengan beragam lomba (Ist) Kegiatan sport tourism International Musi Triboatton 2016 bakal segera digelar. Ajang tahunan yang mempertandingkan olahraga dayung, yakni rafting,

Tourism

4 Desember, FPMDI Siap Gelar Syukuran

Forum Pimpinan Media Digital Indonesia (FPMDI) (Ist) Setelah resmi dideklarasikan dan mendapat apresiasi dari berbagai pihak, Forum Pimpinan Media Digital Indonesia (FPMDI) merencanakan mengadakan tumpengan sebagai bentuk ucapan syukur keberadaan

Festival

Hari Batik Nasional, Batik Fractal Memimpin Votes di ISIF

Nancy Margried (Ist) Hari Batik Nasional sepertinya membawa berkah bagi Batik Fractal. Hingga siang ini, Batik Fractal memimpin perolehan voting dalam ajang ISIF Award (Information Society Innovation Fund) untuk menjadi

World Heritage

Sambut GMT 2016, Gubernur Sumsel Promosikan Palembang

Jembatan Ampera di Palembang (Ist) Menyambut fenomena alam, gerhana matahari total (GMT) 2016 pada 9 Maret mendatang, Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin begitu percaya diri mempromosikan potensi wisata yang