10 Kuliner Khas Indonesia yang Enak

rendang-daging-sapi

Ilustrasi Rendang (Ist)

Indonesia memang dikenal kaya akan potensi pariwisata. Tak hanya destinasi wisata yang beragam yang tersebar mulai dari kawasan timur Indonesia hingga wilayah barat negeri ini, Indonesia juga dikenal memiliki wisata kuliner yang bakal menggoyang lidah wisatawan, termasuk turis asing.

Bahkan, sejumlah kuliner asli negeri ini, seperti Nasi Goreng sudah dikenal di dunia. Berikut sejumlah kuliner khas Indonesia versi patainanews.com yang bakal membuat wisatawan, termasuk turis asing tertarik.

  1. Nasi Goreng. Bisa dibilang semua orang sudah pernah mencoba makan Nasi Goreng. Kelezatan Nasi Goreng membuat makanan ini terkenal hingga ke mancanegara. Dalam survei yang diadakan CNN tahun 2011 lalu, Nasi Goreng menduduki peringkat kedua sebagai makanan terlezat di dunia versi CNN. Hebat!
  2. Sate. Masih dalam survei CNN tahun 2011, sate termasuk salah satu makanan terlezat di dunia versi CNN.
  3. Rendang. Peringkat pertama untuk kuliner Indonesia yang terkenal hingga ke luar negeri adalah rendang. Rendang berhasil menggapai rangking pertama dalam survei CNN sebagai makanan terlezat di dunia. Rendang yang memiliki citarasa pedas ini dapat ditemukan di setiap rumah makan padang di seluruh dunia. Rendang ternyata begitu populer di negara-negara Asia Tenggara, seperti di Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Filipina, dan Thailand.
  4. Bakso. Kuliner Indonesia satu ini mulai dikenal ketika Presiden Amerika Serikat Barack Obama berkunjung ke Indonesia beberapa tahun lalu dan dalam jamuan makan malam kenegaraan Obama menyinggung enaknya bakso dan nasi goreng. Berkat ‘promosi’ Obama, bakso pun menjadi salah satu kuliner Indonesia yang terkenal hingga ke luar negeri.
  5. Pempek. Berkunjung ke Palembang, Sumatera Selatan, jangan lupa menikmati Pempek yang selama ini dikenal sebagai kuliner khas Palembang.
  6. Gado-Gado. Kuliner ini banyak sayur. Gado-Gado adalah salad khas Indonesia yang sudah terkenal hingga mancanegara.
  7. Gudeg. Kuliner ini lekat dengan masyarakat Yogyakarta dan mulai dikenal di dunia lantaran wisatawan asing yang berkunjung ke Yogyakarta.
  8. Soto. Kuliner ini banyak variannya di Indonesia. Menariknya, kelezatan soto membuat Telemadrid, salah satu televisi di Spanyol pernah menyiarkan seluk-beluk soto dalam sebuah program acara bernama Buenos das Madrid.
  9. Pisang Janda. Kuliner khas Takalar, Sulawesi Selatan ini merupakan pisang yang dibuat dengan cara menggoreng. Menariknya tidak hanya sekali digoreng, namun karena dua kali digoreng sehingga disebut Pisang Ganda. Namun, sudah sejak lama lebih dikenal dengan nama Pisang Janda.
  10. Nasi Kuning. Kuliner ini juga diminati hingga ke mancanegara.(Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Nature

Kualitas SDM Pariwisata Indonesia Ditingkatkan

Wisatawan yang tengah menikmati wisata bahari di Indonesia butuh SDM pariwisata negeri ini yang berkualitas (Ist) Di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) tahun ini, tak bisa dipungkiri arus tenaga kerja

SightSeeing

Berkah untuk Joglosemar Dilayani Kereta Wisata dengan Layanan VVIP

 President Director PT KA Pariwisara Totok Suryono (kedua dari kanan) didampingi direksi lainnya dalam press conference kereta wisata kelas Priority (Ist) Destinasi wisata yang termasuk dalam 10 Bali baru, Joglosemar

Tour Package

Turis Malaysia Suka ke Padang

Anita (Ist) Wisatawan mancanegara asal negeri jiran, Malaysia rupanya suka traveling ke Padang di Sumatera Barat. Hal tersebut dikatakan Anita, Group General Manager Rocky Hotels ketika ditemui patainanews.com di Rocky

World Heritage

Bersama Membangun Pariwisata Lombok

Menikmati destinasi wisata bahari di Lombok (Ist) Upaya pemulihan pariwisata Nusa Tenggara Barat, termasuk di Lombok pascagempa terus dilakukan. Adapun upaya pemulihan dari sisi sektor pariwisata, yang dilakukan Kementerian Pariwisata

Slideshow

Perlu Dicarikan Solusi Transportasi untuk Wisatawan Jika Bandara Ditutup

Yoseph Umarhadi (kanan) (Ist) Pemerintah perlu memikirkan untuk mencari solusi transportasi alternatif bagi wisatawan jika bandar udara yang ada di sekitar destinasi wisata di Indonesia ditutup karena terjadi erupsi gunung

World Heritage

Panorama Gandeng Perusahaan Travel Terbesar di Dunia

Turis Jepang di Indonesia (Ist) PT Panorama Sentrawisata Tbk telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan Japan Travel Bureau/JTB Corporation (JTB), salah satu perusahaaan travel terbesar di dunia untuk melepas saham