10 Kuliner Khas Indonesia yang Enak

rendang-daging-sapi

Ilustrasi Rendang (Ist)

Indonesia memang dikenal kaya akan potensi pariwisata. Tak hanya destinasi wisata yang beragam yang tersebar mulai dari kawasan timur Indonesia hingga wilayah barat negeri ini, Indonesia juga dikenal memiliki wisata kuliner yang bakal menggoyang lidah wisatawan, termasuk turis asing.

Bahkan, sejumlah kuliner asli negeri ini, seperti Nasi Goreng sudah dikenal di dunia. Berikut sejumlah kuliner khas Indonesia versi patainanews.com yang bakal membuat wisatawan, termasuk turis asing tertarik.

  1. Nasi Goreng. Bisa dibilang semua orang sudah pernah mencoba makan Nasi Goreng. Kelezatan Nasi Goreng membuat makanan ini terkenal hingga ke mancanegara. Dalam survei yang diadakan CNN tahun 2011 lalu, Nasi Goreng menduduki peringkat kedua sebagai makanan terlezat di dunia versi CNN. Hebat!
  2. Sate. Masih dalam survei CNN tahun 2011, sate termasuk salah satu makanan terlezat di dunia versi CNN.
  3. Rendang. Peringkat pertama untuk kuliner Indonesia yang terkenal hingga ke luar negeri adalah rendang. Rendang berhasil menggapai rangking pertama dalam survei CNN sebagai makanan terlezat di dunia. Rendang yang memiliki citarasa pedas ini dapat ditemukan di setiap rumah makan padang di seluruh dunia. Rendang ternyata begitu populer di negara-negara Asia Tenggara, seperti di Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Filipina, dan Thailand.
  4. Bakso. Kuliner Indonesia satu ini mulai dikenal ketika Presiden Amerika Serikat Barack Obama berkunjung ke Indonesia beberapa tahun lalu dan dalam jamuan makan malam kenegaraan Obama menyinggung enaknya bakso dan nasi goreng. Berkat ‘promosi’ Obama, bakso pun menjadi salah satu kuliner Indonesia yang terkenal hingga ke luar negeri.
  5. Pempek. Berkunjung ke Palembang, Sumatera Selatan, jangan lupa menikmati Pempek yang selama ini dikenal sebagai kuliner khas Palembang.
  6. Gado-Gado. Kuliner ini banyak sayur. Gado-Gado adalah salad khas Indonesia yang sudah terkenal hingga mancanegara.
  7. Gudeg. Kuliner ini lekat dengan masyarakat Yogyakarta dan mulai dikenal di dunia lantaran wisatawan asing yang berkunjung ke Yogyakarta.
  8. Soto. Kuliner ini banyak variannya di Indonesia. Menariknya, kelezatan soto membuat Telemadrid, salah satu televisi di Spanyol pernah menyiarkan seluk-beluk soto dalam sebuah program acara bernama Buenos das Madrid.
  9. Pisang Janda. Kuliner khas Takalar, Sulawesi Selatan ini merupakan pisang yang dibuat dengan cara menggoreng. Menariknya tidak hanya sekali digoreng, namun karena dua kali digoreng sehingga disebut Pisang Ganda. Namun, sudah sejak lama lebih dikenal dengan nama Pisang Janda.
  10. Nasi Kuning. Kuliner ini juga diminati hingga ke mancanegara.(Gabriel Bobby)

About author



You might also like

All About Indonesia

Syuting Film di Destinasi Wisata

Film Pinky Promise (Ist) Film Pinky Promise bercerita tentang kehebatan perempuan dan kekuatan persahabatan dalam menghadapi kehidupan.  Film yang disutradarai Guntur Soeharjanto itu akan diputar di bioskop Indonesia mulai 13

Tourism

Indonesia Destinasi Snorkeling Terbaik Dunia

Raja Ampat Raja Ampat dan Taman Nasional Komodo disebut sebagai 10 destinasi snorkeling terbaik di dunia. Hebatnya dua titik penyelaman di Indonesia ini berada di urutan teratas. Dikutip dari CNN Travel,

Heritage

Kunjungan Wisman 2018 Naik Signifikan Capai 15,81 Juta

Indonesia yang begitu indah (Ist) Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia selama 2018 naik signikan sekitar 12,58 persen ketimbang periode yang sama tahun sebelumnya atau mencapai 15,81 juta wisatawan. Badan

Slideshow

Presiden Jokowi ke Sukabumi Menggunakan Kereta Wisata Bali

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Ist) Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta rombongan berangkat dari Jakarta ke Sukabumi, Jawa Barat menggunakan kereta wisata Bali

Slideshow

‘Energi Film Indonesia lagi Bagus’

Ifa Isfansyah Sutradara Ifa Isfansyah yang didaulat menjadi Ketua Umum Asosiasi Sutradara Film Indonesia (IFDC) setelah melalui pemungutan suara pada acara Kongres IFDC 2018 di Jakarta, Selasa (27/8/2018) menlai energi

Indonesia itu Bagus

Presiden Jokowi Sampaikan Keunggulan Perempuan di Kongres WKRI

Presiden Jokowi dan Ketua Presidium Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Mgr Ignatius Suharyo (Ist) Presiden Jokowi menghadiri pembukaan Kongres XX Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI). Kongres yang diselenggarakan untuk memberikan pandangan