10 Kuliner Khas Indonesia yang Enak

rendang-daging-sapi

Ilustrasi Rendang (Ist)

Indonesia memang dikenal kaya akan potensi pariwisata. Tak hanya destinasi wisata yang beragam yang tersebar mulai dari kawasan timur Indonesia hingga wilayah barat negeri ini, Indonesia juga dikenal memiliki wisata kuliner yang bakal menggoyang lidah wisatawan, termasuk turis asing.

Bahkan, sejumlah kuliner asli negeri ini, seperti Nasi Goreng sudah dikenal di dunia. Berikut sejumlah kuliner khas Indonesia versi patainanews.com yang bakal membuat wisatawan, termasuk turis asing tertarik.

  1. Nasi Goreng. Bisa dibilang semua orang sudah pernah mencoba makan Nasi Goreng. Kelezatan Nasi Goreng membuat makanan ini terkenal hingga ke mancanegara. Dalam survei yang diadakan CNN tahun 2011 lalu, Nasi Goreng menduduki peringkat kedua sebagai makanan terlezat di dunia versi CNN. Hebat!
  2. Sate. Masih dalam survei CNN tahun 2011, sate termasuk salah satu makanan terlezat di dunia versi CNN.
  3. Rendang. Peringkat pertama untuk kuliner Indonesia yang terkenal hingga ke luar negeri adalah rendang. Rendang berhasil menggapai rangking pertama dalam survei CNN sebagai makanan terlezat di dunia. Rendang yang memiliki citarasa pedas ini dapat ditemukan di setiap rumah makan padang di seluruh dunia. Rendang ternyata begitu populer di negara-negara Asia Tenggara, seperti di Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Filipina, dan Thailand.
  4. Bakso. Kuliner Indonesia satu ini mulai dikenal ketika Presiden Amerika Serikat Barack Obama berkunjung ke Indonesia beberapa tahun lalu dan dalam jamuan makan malam kenegaraan Obama menyinggung enaknya bakso dan nasi goreng. Berkat ‘promosi’ Obama, bakso pun menjadi salah satu kuliner Indonesia yang terkenal hingga ke luar negeri.
  5. Pempek. Berkunjung ke Palembang, Sumatera Selatan, jangan lupa menikmati Pempek yang selama ini dikenal sebagai kuliner khas Palembang.
  6. Gado-Gado. Kuliner ini banyak sayur. Gado-Gado adalah salad khas Indonesia yang sudah terkenal hingga mancanegara.
  7. Gudeg. Kuliner ini lekat dengan masyarakat Yogyakarta dan mulai dikenal di dunia lantaran wisatawan asing yang berkunjung ke Yogyakarta.
  8. Soto. Kuliner ini banyak variannya di Indonesia. Menariknya, kelezatan soto membuat Telemadrid, salah satu televisi di Spanyol pernah menyiarkan seluk-beluk soto dalam sebuah program acara bernama Buenos das Madrid.
  9. Pisang Janda. Kuliner khas Takalar, Sulawesi Selatan ini merupakan pisang yang dibuat dengan cara menggoreng. Menariknya tidak hanya sekali digoreng, namun karena dua kali digoreng sehingga disebut Pisang Ganda. Namun, sudah sejak lama lebih dikenal dengan nama Pisang Janda.
  10. Nasi Kuning. Kuliner ini juga diminati hingga ke mancanegara.(Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Cuisine

Membangun Netwoking Menuju Travel Mart Dunia

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Catur Laswanto (duduk) berfoto bersama dengan Hasiyanna S Ashadi, Ketua ASITA DKI Jakarta dan delegasi AJTM (Ist) Penyelenggaraan ASITA Jakarta Travel Mart (AJTM) di

Tour Package

Malaysia, Parameter Pariwisata Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya dinilai menjadikan Malaysia sebagai parameter agar pariwisata Indonesia bisa berkembang dan semakin banyak wisatawan asing yang berkunjung ke berbagai destinasi wisata

SightSeeing

Ketika Ninik Irawan Bangga Batik Cirebon

Ninik Irawan (Ist) Hari Batk Nasional yang diperingati setiap 2 Oktober memang menjadi momen bagus untuk memperlihatkan masyarakat Indonesia tak pernah lupa akan kain tradisional warisan Nusantara ini. Ninik Irawan,

Festival

Kenova Dukung Kereta Wisata Promosikan Pariwisata Cirebon

Kenova Arundhati penyuka Batik khas Nusantara (Ist) Kenova Arundhati, seorang penyuka budaya Indonesia, utamanya Batik khas Nusantara mendukung upaya manajemen PT Kereta Api Pariwisata untuk membuka layanan wisata untuk wisatawan

Cuisine

Borobudur Perkuat Atraksi Wisata Desa dan Budaya

Candi Borobudur (Ist) Joglosemar dengan ikon Candi Borobudur yang sudah ditetapkan Presiden Jokowi sebagai satu dari 10 Destinasi Prioritas terus melengkapi ekosistem pariwisatanya. Salah satunya adalah memperkuat sisi amenitas, dari

Slideshow

Mengelola Destinasi Wisata Bahari Indonesia, Mengembalikan Kejayaan Bangsa Maritim

Segera ikut PATA Travel Mart 2016 (Ist) Negeri ini sudah lama dikenal sebagai bangsa maritim yang besar. Tak heran jika kemudian tercipta lagu legendaris berjudul ‘Nenek Moyangku Seorang Pelaut’ sehingga