100.000 Turis Asing ke Indonesia Lihat GMT 2016

saksi mata GMT

Jadwal Acara GMT 2016 (Ist)

Pemerintah menargetkan bisa mendatangkan 100.000 wisatawan mancanengara (wisman) berkunjung ke Indonesia ketika fenomena alam, gerhana matahari total (GMT) 2016 pada 9 Maret mendatang melewati 12 provinsi di negeri ini.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyatakan bahwa peristiwa langka GMT semestinya dijadikan momen untuk memancing para wisatawan macanegara untuk berkunjung ke Indonesia.

Astro tourism, yaitu memanfaatkan alam untuk pariwisata, maka gunakanlah fenomena alam yang terjadi ini untuk promosi pariwisata. Yang unik hanya terjadi di Indonesia,” ujar Arief Yahya, saat konferensi pers membahaa GMT di Jakarta, Senin (25/1/2016).

Selain itu, Arief menambahkan, mengapa GMT disebut langka lantara kedatangannya hanya 350 tahun lagi. Maka dari itu, dia mengaku telah mengerahkan kepala daerah di 12 provinsi Indonesia untuk membuat meriah menyambut datangnya fenomena langka tersebut.

“Mohon didukung dengan story, baik sains, astronomi, dan legenda,” ucapnya di depan Gubernur Sumatera Selatan, Gubernur Kalimantan Barat, Gubernur Maluku Utara, dan Gubernur Sulawesi Tengah saat memberikan pengarahan.

Sementara itu, untuk wisman yang akan datang ke Indonesia, Arief menargetkan sebanyak 100 ribu orang dan wisatawan Nusantara sebanyak 5 juta orang.

Adapun 12 provinsi di Indonesia yang dapat menyaksikan seluruh fenomena langka ini, yakni Bengkulu, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Di sejumlah kota besar, seperti Palembang, Tanjung Pandang, Palangkaraya, Balikpapan, Palu, dan Ternate, Sofifi. Selain itu, sejumlah daerah lain di Indonesia juga bisa menyaksikan gerhana matahari sebagian, antara lain Padang, Jakarta, Bandung, Surabaya, Pontianak, Denpasar, Banjarmasin, Makassar, Kupang, Manado dan Ambon. (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

Culture

PT JAS Layani VVIP Sultan Brunei ke Indonesia

Berita Foto: PT Jasa Angkasa Semesta (JAS) melayani rombongan Sultan Brunei Darussalam HM Sultan Haji Hassanal Bolkiah yang berkunjung ke Indonesia, Rabu (2/5/2018) (Ist)

Slideshow

Karnaval Kemerdekaan tidak Kalah dengan Rio De Janeiro

Jember Fashion Carnaval ikut serta dalam Karnval Kemerdekaan di Bandung, Sabtu (26/8/2017) (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya menilai Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 tidak kalah dengan karnaval di Rio De

All About Indonesia

Pelindo III Dukung Turnamen ITF Junior Internasional Widjojo Soejono

Gala Dinner International Junior Championship ‘Widjojo Soejono-Pelindo III-MNC Group’ ke XXXV (Ist) Sedikitnya 400 petenis junior baik nasional maupun internasional yang berasal dari 16 negara tercatat mengikuti kejuaraan tenis bertajuk International

Tourism

Jaga Ciri Khas yang Beda, Industri Pariwisata Nasional Maju

Kompleks Candi Prambanan (Ist) Sebenarnya budaya bagi masyarakat itu bukan soal suka atau tidak suka tapi menjadi bagian yang menyatu dalam hidup individu maupun masyarakat. Jadi, kalau industri pariwisata Indonesia

Destinations

Festival Keraton Nusantara XI Tingkatkan Kunjungan Wisatawan ke Cirebon

Wisatawan di Keraton Kasepuhan Cirebon (Ist) Penyelenggaraan Festival Keraton Nusantara ( FKN ) XI memberikan dampak langsung terhadap geliat ekonomi masyarakat serta meningkatnya kunjungan wisatawan ke Kota Cirebon, Jawa Barat

Slideshow

VITO Perancis Genjot Kunjungan Turis Perancis ke Indonesia

Promosi ke Bali untuk turis Perancis (Ist) Memasuki musim gugur di Perancis sbelum berpindah ke musim dingin, sebenarnya merupakan kesempatan yang sangat bagus sekali untuk membuat promosi dengan harga yang