100.000 Turis Asing ke Indonesia Lihat GMT 2016

saksi mata GMT

Jadwal Acara GMT 2016 (Ist)

Pemerintah menargetkan bisa mendatangkan 100.000 wisatawan mancanengara (wisman) berkunjung ke Indonesia ketika fenomena alam, gerhana matahari total (GMT) 2016 pada 9 Maret mendatang melewati 12 provinsi di negeri ini.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyatakan bahwa peristiwa langka GMT semestinya dijadikan momen untuk memancing para wisatawan macanegara untuk berkunjung ke Indonesia.

Astro tourism, yaitu memanfaatkan alam untuk pariwisata, maka gunakanlah fenomena alam yang terjadi ini untuk promosi pariwisata. Yang unik hanya terjadi di Indonesia,” ujar Arief Yahya, saat konferensi pers membahaa GMT di Jakarta, Senin (25/1/2016).

Selain itu, Arief menambahkan, mengapa GMT disebut langka lantara kedatangannya hanya 350 tahun lagi. Maka dari itu, dia mengaku telah mengerahkan kepala daerah di 12 provinsi Indonesia untuk membuat meriah menyambut datangnya fenomena langka tersebut.

“Mohon didukung dengan story, baik sains, astronomi, dan legenda,” ucapnya di depan Gubernur Sumatera Selatan, Gubernur Kalimantan Barat, Gubernur Maluku Utara, dan Gubernur Sulawesi Tengah saat memberikan pengarahan.

Sementara itu, untuk wisman yang akan datang ke Indonesia, Arief menargetkan sebanyak 100 ribu orang dan wisatawan Nusantara sebanyak 5 juta orang.

Adapun 12 provinsi di Indonesia yang dapat menyaksikan seluruh fenomena langka ini, yakni Bengkulu, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Di sejumlah kota besar, seperti Palembang, Tanjung Pandang, Palangkaraya, Balikpapan, Palu, dan Ternate, Sofifi. Selain itu, sejumlah daerah lain di Indonesia juga bisa menyaksikan gerhana matahari sebagian, antara lain Padang, Jakarta, Bandung, Surabaya, Pontianak, Denpasar, Banjarmasin, Makassar, Kupang, Manado dan Ambon. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Travel Operator

Karawang Fashion Culture 2018 Angkat Pelaku UKM

Press conference Karawang Fashion Culture 2018 Desainer nasional asal Karawang, Jawa Barat, Handy Hartono memaparkan bahwa Karawang Fashion Culture 2018 juga bertujuan mendukung dan mengangkat produk para insan mode, kreator,

Cuisine

Golden Rama Perkenalkan CORE

Foto bersama setelah menonton Hotel Transylvania 3 (Ist) Golden Rama Tours & Travel semakin serius membidik pasar solusi bisnis korporasi ditunjukkan dengan menggarap kebutuhan akses perjalanan terpadu sejumlah perusahaan, baik untuk

Nature

Riau Andalkan Bono

  w Wisatawan menikmati ombak Bono (Ist) Riau resmi meluncurkan Calender of Event Riau 2017. Fenomena alam ombak Bono akan jadi andalan untuk menarik wisatawan, termasuk turis asing. Acara peluncuran

Tourism

Erupsi Gunung Agung, Bandara Ngurah Rai Ditutup

Gunung Agung di Bali (Ist) Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali terhitung mulai hari ini, 28 November 2017 ditutup. Mulai pukul 07.00 WITA hingga pukul 07.00 WITA Rabu, 29 November 2017.

Slideshow

Kepulauan Seribu Jadi Lokasi Syuting VideoKlip

Jessica Xaviera (Ist) Jessica Xaviera adalah putri musisi senior Iwan Hasan (gitaris jazz dan harp guitar, pendiri dan bandleader band Discus dan Atmosfera, serta arranger musik di album-album band Ungu,

Tour Package

Candi Muara Takus Diminati Wisman

Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman (tengah) meluncurkan Calender of Event Riau 2016 (Ist) Riau memang tengah gencar mempromosikan potensi pariwisata. Selain destinasi wisata, Bumi Lancang Kuning juga memiliki