174 Negara Bebas Visa

keris

Kunjungan wisatawan asing ke Bali diperkirakan semakin meningkat setelah pemerintah membebaskan visa kunjungan ke berbagai negara (www.ninaflynnphotography.com)

Pemerintah memberlakukan kebijakan bebas visa kunjungan terhadap 84 negara di dunia mulai pekan ini untuk meningkatkan tingkat kunjungan wisata ke Indonesia.

“Setelah me-review keputusan pemberian 47 visa pada tiga bulan yang lalu, dampaknya positif. Artinya, terjadi peningkatan turis dari negara-negara yang diberi bebas visa,” ujar Menko Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli di Jakarta, Senin (21/12/2015).

Dalam rapat koordinasi ini hadir Kepala BNN Budi Waseso, perwakilan dari Kepolisian RI, Kementerian Keuangan, Kementerian Pariwisata, Ditjen Bea dan Cukai, Imigrasi, serta semua deputi.

Di antara 84 negara yang mendapatkan bebas visa, Israel mulanya sempat disebutkan masuk daftar. Hal tersebut sempat menimbulkan polemik karena Israel tidak punya hubungan diplomatik dengan Indonesia.

Namun, Rizal Ramli memastikan bahwa Israel tidak masuk. “Ada yang mengusulkan Israel diberi bebas visa. Kami menolak,” ujar Rizal Ramli lewat akun Twitter @RamliRizal menjawab polemik yang berkembang.

Dengan penambahan itu, saat ini sudah 174 negara bebas visa ke Indonesia. Adapun negara-negara baru yang mendapatkan fasilitas bebas visa kunjungan, yaitu Australia, Brasil, Ukraina, Kenya, Uzbekistan, Banglades, Kamerun, Palestina, Honduras, Pakistan dan Mongolia, Sierra Leone, Uruguay, Bosnia-Herzegovina, Kosta Rika, Albania, Mozambik, Macedonia, El Salvador, Zambia, Moldova, Madagaskar, Georgia, Namibia, Kiribati, Armenia, Bolivia, Bhutan, Guatemala, Mauritania, dan Paraguay.

Ada beberapa negara yang tidak dimasukkan daftar negara yang diberi fasilitas bebas visa. Negara-negara tersebut merupakan negara yang aktif dalam perdagangan narkoba dan eksportir ideologi ekstrem.

Hal ini dilakukan untuk menghindari Indonesia menjadi ladang baru ideologi ekstrem dan radikal. uga terdapat negara-negara yang diberi perhatian khusus, yaitu Brasil, Tiongkok, dan Australia.

Brasil diberi setelah hubungan membaik pasca konflik diplomatik terkait kasus hukuman mati. Karena ketatnya aturan terkait bebas visa di Australia, maka pemerintah juga akan melakukan negosiasi dengan dubes Australia terkait pemberian bebas visa dengan tiga komitmen, yaitu pemberian visa jangka panjang terhadap pejabat tinggi diatas direktur, pemberian visa untuk pebisnis, serta pengetatan bandara dan pelabuhan di sana terkait narkoba.

Pemerintah juga memberi catatan untuk Tiongkok dalam mengantisipasi perdagangan narkoba dan cyber crime. Untuk itu, pemerintah akan mengundang Dubes Tiongkok dan unsur terkait untuk melakukan kerja sama dalam bidang keamanan ini.

Untuk menyambut masuknya turis dari negara-negara bebas visa ini, pemerintah juga akan menyosialisasikan 90 titik jalur masuk dan keluar turis, selain titik-titik masuk yang sudah populer, seperti Batam dan Jakarta.

Pemerintah mengharapkan pihak imigrasi, kepolisian, BIN, dan BNN untuk melakukan monitoring yang lebih canggih pada titik-titik tersebut. Nantinya, data turis yang masuk ke Indonesia akan di-share ke kepolisian yang memiliki data black list dari Interpol. (Gabriel Bobby/berbagai sumber)

 



About author



You might also like

Heritage

Candi Cetho, Alternatif Libur Lebaran

Lebaran sebentar lagi. Dan, libur panjang pun di depan mata. Beragam destinasi yang tersebar di negeri ini pun mulai menyiapkan diri menyambut kedatangan wisatawan. Bagi yang masih belum punya ide

World Heritage

Menulis Promosikan Wisata Bahari Indonesia

Wisata bahari di Samber Gelap, Kotabaru, Kalimantan Selatan (Ist) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bekerja sama dengan Forum Wartawan Pariwisata (Forwarpar) kembali menggelar Lomba Menulis Wisata Bahari 2016. Adapun lomba khusus untuk

Festival

Menuju World Heritage Site Kota Tua

Kota Tua (Ist) Membereskan kawasan Kota Tua memang tidak mudah, tak semudah yang dibayangkan. Apalagi Kota Tua tengah menuju World Heritage Site. Kendati demikian, revitalisasi kawasan sejarah ini tetap berjalan

Airlines

Di Lombok, Menteri Pariwisata Berbagi Semangat Digitalisasi Komunikasi Publik

Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya kembali mengajak seluruh elemen masyarakat melompat jauh menuju target menjaring 20 juta wisatawan mancanegara pada 2019 mendatang. Caranya lewat Go

Heritage

Turis Jerman Suka Jaket Kulit Domba Asli Garut

Diki (kanan) sedang menjelaskan jaket kulit domba asli Garut yang diminati wisatawan Nusantara dan wisatawan mancanegara Garut di Jawa Barat rupanya tak hanya kaya akan potensi pariwisata dan budaya khas

Cuisine

JAS Apresiasi Emirates Dekatkan Wisatawan ke 10 Bali Baru

JAS memyambut Emirates yang menambah frekuensi penerbangan ke Bali (Ist) Manajemen PT Jasa Amgkasa Semesta (JAS), perusahaan ground handling swasta nasional menyambut positif Emirates yang menambah frekuensi penerbangan dari Dubai ke