18 Negara Ikut Sungailiat Triathlon 2016

menpar pidato
Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist)
Setelah tiga kali sukses diselenggarakan pada tahun lalu, Pemerintah Kabupaten Bangka, Bangka Belitung (Babel) tahun ini kembali menyelenggarakan event wisata olahraga (sport tourism) Sungailiat Triathlon 2016 yang akan berlangsung di Kota Sungailiat pada 23 April mendatang.
 
Penyelenggaraan ajang wisata olahraga yang memadukan olahraga renang, bersepeda,  dan marathon sehingga disebut triathlon ini sebagai upaya mempromosikan potensi pariwisata Bangka sekaligus mendukung program pariwisata nasional Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia dalam mencapai target kunjungan 12 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan 260 juta pergerakan wisatawan musantara (wisnus) di Tanah Air pada tahun ini.
 
Pada peluncuran Sungailiat Triathlon 2016 di Jakarta, Selasa  (19/4/2016), Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya memberikan apresiasi penyelenggaraan event sport tourism tersebut lantaran memberikan direct impact terhadap kunjungan wisatawan ke Bangka.
“Ada sekitar 1.200 wisnus dan 400 wisman yang datang ke Bangka untuk menyaksikan event ini. Kedatangan wisatawan tersebut akan menggairahkan perekonomian masyarakat serta mendongkrak pariwisata Kabupaten Bangka dan Babel pada umumnya,” kata Menpar Arief Yahya didampingi Bupati Bangka Tarmizi H Saat.
 
Arief Yahya mengatakan, pariwisata Babel kedepan sangat cerah hal ini terkait dengan ditetapkannya kawasan Tanjung Kelayang, Belitung sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata yang dipersiapkan sebagai satu dari 10 Bali Baru.
“Pariwisata di  Pulau Bangka dan Belitung memiliki 3A  (Aksesibilitas, Amenitas dan Atraksi) yang bagus dan mempunyai banyak keunggulan. Pantainya  berpasir putih, laut jernis, bawah laut bagus, pulau-pulau sekitar menawan dan orang sering bechmarking sebagai Maldive-nya Indonesia. Sebagai destinasi yacht yang ideal karena dari Singapura, Batam, Bintan melalui Selat Karimata tidak terlalu jauh sehingga bisa bolak-balik berlayar dari dan ke Singapura. Melalui udara, hanya 45 menit penerbangan  ke  Soekarno-Hatta Jakarta sebagai pasar potensial,” katanya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Rabu (20/4/2016).
Sementara Bupati Bangka Tarmizi H Saat mengatakan, penyelenggaraan Sungailiat Triathlon dimulai sejak 2013 silam dan pada penyelenggaraan keempat tahun ini bertepatan menyambut HUT Kota Sungailiat yang ke-250.
“Kita ingin mempromosikan potensi pariwisata Kabupaten Bangka. Oleh karena itu,  rute dalam triathlon ini akan melewati objek wisata unggulan antara lain Pantai Teluk Uber, Pantai Tanjung Pesona, Pantai Tikus, Puri Tri Agung, Agro Wisata Rebo, Pantai Rebo, Pantai Mang Kalok, Pantai Air Anyir,  dan Pantai Temberan,” kata Tarmizi.
Bupati Tarmizi mengatakan, animo masyarakat khususnya dari komunitas triathlon di Indonesia maupun regional Asia Pasifik untuk ikut dalam Sungailiat Triathlon 2016 cukup tinggi terlihat hingga kini sudah terdaftar sebanyak 425 peserta dari 18 negara, yaitu Aljazair, Australia, Austria, Amerika Serikat, Belanda, Brasil, Filipina, Jerman, Jepang, Italia, Inggris, Kanada, Malaysia, Selandia Baru, Singapura, Spanyol, Swedia, Rumania,  Perancis, dan tuan rumah Indonesia.
Sedangkan pengumuman dan promosi di www.SungailiatTriathlon.com sejak dibuka pada 2 Februari 2016 hingga 30 Maret 2016 telah dilihat sebanyak 12.730 kali oleh pengunjung dari 34 negara.
 
Adapun Sungailiat Triathlon 2016 membuka kategori jarak 70.3 secara resmi sebagai salah satu dari dua daerah di Indonesia yang menyelenggarakan kategori serup,a yakni  long distance (1,9 km swim, 90 km bike, 21,1 km run) , standart dan standart relay (1,5 km swim, 40 km bike, 10 km run) dan sprint (750 m swim, 20 km bike, 5 km run).
Untuk memeriahkan event tersebut digelar pertunjukan kesenian daerah, acara Nganggung atau Sepintu Sedulang atau makan bersama dilakukan masyarakat Bangka, bazaar, festival kuliner khas Bangka, dan press tour.  
 
Wisatawan yang datang ke Bangka untuk menyaksikan even Sungailiat Triathlon setiap tahun terus meningkat. Tahun 2014 sebanyak 400 wisnus dan 75 wisman, tahun 2015 meningkat menjadi 700 wisnus dan 180 wisman, sedangkan tahun ini ditargetkan 1.200 wisnus dan 400 wisman. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Cuisine

Palembang Ramai Turis Asing Saat GMT 2016

Turis asing (kanan) berpose bersama dengan masyarakat yang menonton gerhana matahari total (GMT) 2016 pada 9 Maret 2016 di Jembatan Ampera, Palembang Fenomena alam langka, gerhana matahari total (GMT) 2016

Airlines

‘Musuh Bersama Kita, Malaysia’

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengutarakan bahwa dalam sektor pariwisata, negeri jiran, Malaysia menjadi ‘musuh’ bersama negeri ini untuk dikalahkan lantaran potensi wisata Indonesia

Hotel

EO Ciptakan Event Kreatif

Rizki Handayani Mustafa, Deputi Bidang Pengembangan Indistri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata Tidak dapat dipungkiri lagi, jika sport event (event olahraga) mampu memberikan dampak ekonomi yang besar bagi Indonesia. Studi dampak

Culture

Pertumbuhan Pariwisata RI di Atas ASEAN

Indonesia menjadi daya tarik wisatawan mancanegara sehingga Bali sudah dikenal di dunia. Banyak turis asing yang berkunjung ke Pulau Dewata termasuk melihat Keris Bali (www.ninaflynnphotography.com) Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke

Nature

WWF Indonesia Gandeng PATA Indonesia untuk Signing Blue

Wisata bahari di Indonesia kian berkembang. Bahkan, kini muncul kegiatan dengan minat khusus pada bahari. Kendati demikian tanpa disadari dalam setiap kegiatan pariwisata, termasuk wisata bahari berpeluang menimbulkan dampak negatif,

Hotel

Long Weekend Tanjung Lesung Penuh Wisatawan

Di Tanjung Lesung, wisatawan juga bisa menikmati wisata bahari, seperti diving (Ist) Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung, Banten tidak berbeda dengan destinasi wisata lain di Tanah Air. Penuh,