2015, Kemenpar Padat Program untuk Jaring Wisman

2015, Kemenpar Padat Program untuk Jaring Wisman

Pemerintah serius untuk mendatangkan 20 juta wisatawan asing hingga 2019 mendatang. Kendati demikian, turis domestik tidak dilupakan sebagai tuan rumah di negeri sendiri. Dan, Kementerian Pariwisata pun menyiapkan sejumlah kegiatan untuk mendulang wisatawan.

“Untuk Februari akan muncul promosi pariwisata yang berkaitan dengan Imlek,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya saat dihubungi patainanews.com, Rabu (28/1/15). Ia menjelaskan, promosi pariwisata nasional dilakukan secara berkelanjutan.

“Promosi pariwisata untuk peringatan Konferensi Asia Afrika akan dilaksanakan Maret. Padahal, peringatannya (KAA) sendiri April. Sedangkan promosi pariwisata untuk liburan anak sekolah akan dilakukan Mei, dan seterusnya,” tuturnya.

Program tahun ini boleh jadi tanggapan Menteri Pariwisata berkaitan dengan adanya pihak yang menilai Kementerian Pariwisata masih jalan di tempat dalam 100 hari kerja Presiden Jokowi. Adapun penilaian itu belum ada perkembangan signifikan untuk pariwisata Indonesia.

Penilaian itu diberikan pakar pariwisata Universitas Indonesia Jajang Gunawijaya MA Menurutnya, banyak hal yang membuat Kementerian Pariwisata (Kemenpar) masih berjalan secara alamiah saja.

Pariwisata memang tidak bisa sendiri. Seperti kata Jajang, Kemenpar harus bersatu dan duduk bersama dengan institusi atau kementerian lain untuk mengembangkan potensi pariwisata atau membuat cara agar mendatangkan lebih banyak kunjungan turis.

“Koordinasi dengan instansi-instansi lain seperti Pemda, Kemenhub atau kementerian-kementerian lain belum optimal. Padahal itu yang penting, misal Kemenhub untuk infrastruktur, Kemendag untuk marketing, Kemlu untuk promosi dan sekarang ini ada Badan Ekonomi Kreatif yang langsung di bawah arahan presiden,” paparnya.



About author



You might also like

Tourism

Ayo Ikut Sayembara Desain Rumah Wisata

Sayembara Desain Rumah Wisata (Ist) Ketua Pokja Tim Percepatan 10 Top Destinasi Kementerian Pariwisata Hiramsyah Sambudhy Thaib mengajak para desainer, arsitek, dan ahli gambar bentuk rumah di manapun mereka berada.

Hotel

Menanti Sport Tourism di Siak

Jumpa pers Tour de Siak 2016 (Ist) Penyelenggaraan event balap sepeda internasional Tour de Siak 2016 yang berlangsung di Kabupaten Siak pada 17 hingga 22 Oktober mendatang menjadi sarana efektif

Cuisine

ICE Siap Gelar PATA Travel Mart

Siti Karmila (Ist) Manajemen ICE (Indonesia Convention Exhibition) menyatakan telah siap menggelar event internasional, PATA Travel Mart yang akan dilakukan pada 7 hingga 9 September mendatang. Hal tersebut dikatakan Siti Karmila,

Nature

Lois Merry Tangel Promosikan Keris Bali di Malaysia

Lois Merry Tangel (Ist) Indonesia kembali mengirim perwakilannya ke pentas kecantikan dunia melalui Yayasan El John Indonesia yang mengirim dua putrinya di event yang berbeda, yakni Lois Merry Tangel, Putri

Tourism

ASITA Jakarta Gandeng Kereta Wisata Promosikan Pariwisata Indonesia

President Director PT Kereta Api Pariwisata Totok Suryono (kiri) dan Ninik Irawan,  Koordinator Bidang Domestik dan Minat Khusus ASITA Jakarta (tengah)  Manajemen PT Kereta Pariwisata akan ikut membantu ASITA Jakarta mempromosikan

Tourism

Wisatawan Eropa Terbang ke Lombok

Wisatawan di Lombok (Ist) Wisatawan asal Benua Biru diketahui banyak yang tertarik berkunjung ke Lombok, Nusa Tenggara Barat. Kunjungan turis dari Eropa kini semakin banyak sehingga Lombok kini tak hanya