2015, Kemenpar Padat Program untuk Jaring Wisman

2015, Kemenpar Padat Program untuk Jaring Wisman

Pemerintah serius untuk mendatangkan 20 juta wisatawan asing hingga 2019 mendatang. Kendati demikian, turis domestik tidak dilupakan sebagai tuan rumah di negeri sendiri. Dan, Kementerian Pariwisata pun menyiapkan sejumlah kegiatan untuk mendulang wisatawan.

“Untuk Februari akan muncul promosi pariwisata yang berkaitan dengan Imlek,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya saat dihubungi patainanews.com, Rabu (28/1/15). Ia menjelaskan, promosi pariwisata nasional dilakukan secara berkelanjutan.

“Promosi pariwisata untuk peringatan Konferensi Asia Afrika akan dilaksanakan Maret. Padahal, peringatannya (KAA) sendiri April. Sedangkan promosi pariwisata untuk liburan anak sekolah akan dilakukan Mei, dan seterusnya,” tuturnya.

Program tahun ini boleh jadi tanggapan Menteri Pariwisata berkaitan dengan adanya pihak yang menilai Kementerian Pariwisata masih jalan di tempat dalam 100 hari kerja Presiden Jokowi. Adapun penilaian itu belum ada perkembangan signifikan untuk pariwisata Indonesia.

Penilaian itu diberikan pakar pariwisata Universitas Indonesia Jajang Gunawijaya MA Menurutnya, banyak hal yang membuat Kementerian Pariwisata (Kemenpar) masih berjalan secara alamiah saja.

Pariwisata memang tidak bisa sendiri. Seperti kata Jajang, Kemenpar harus bersatu dan duduk bersama dengan institusi atau kementerian lain untuk mengembangkan potensi pariwisata atau membuat cara agar mendatangkan lebih banyak kunjungan turis.

“Koordinasi dengan instansi-instansi lain seperti Pemda, Kemenhub atau kementerian-kementerian lain belum optimal. Padahal itu yang penting, misal Kemenhub untuk infrastruktur, Kemendag untuk marketing, Kemlu untuk promosi dan sekarang ini ada Badan Ekonomi Kreatif yang langsung di bawah arahan presiden,” paparnya.

About author



You might also like

Heritage

Batik Fractal Pameran di Malaysia

Presiden Jokowi ketika mengunjungi booth Batik Fractal di Bandung (Ist) Batik Fractal akan mengikuti pameran di Festival Indonesia di Penang, Malaysia. Menariknya di negeri jiran itu, Batik Fractal siap untuk

Hotel

Istana Peringati Sumpah Pemuda dengan Nusantara Berdendang

Budaya Indonesia (Ist) Istana Kepresidenan Jakarta akan menggelar peringatan 88 Tahun Sumpah Pemuda tahun 2016 dengan pergelaran seni dan budaya ‘Nusantara Berdendang’. Acara ini akan dilaksanakan tepat pada Hari Sumpah

Tour Package

Bukber, Nikmati Kuliner Khas Tradisional Nusantara di Hotel Santika Premiere ICE BSD City

Ramadan Buffet Dinner (Ist) Berpuasa pada bulan Ramadan merupakan kewajiban bagi seluruh umat Muslim di seluruh dunia. Salah satu kebahagiaan orang yang melaksanakan puasa adalah pada saat berbuka puasa. Setelah

Cuisine

Mei, VietJet Air akan Terbang ke Bali

Menteri Pariwisata Arief Yahya di Vietnam (Ist) Maskapai penerbangan asal Vietnam, VietJet Air akan membuka rute baru ke Indonesia pada 2019. Managing Director VietJet Air, Mr. Do Xuan Quang mengatakan,

Culture

Memotret Kampung Wisata Budaya Langenastran

Istri Wagub DIY GKBRAY A Paku Alam X menandai pembukaan Festival ‘Batik&Bathok Night’ di Jalan Langenastran dengan membatik dan disaksikan Ibu Purnomo Yusgiantoro (Ist) GKBRAY A.Paku Alam X (kebaya ungu)

Culture

Koleksi Batik Bertabur Kupu-Kupu

Batik Lindy Ann (Ist) Batik Lindy Ann memastikan hadir di Citos, Jakarta dengan koleksi batik pesisir dan batik mega mendung bertabur kupu-kupu. Adapun koleksi batik pesisir dan batik mega mendung