2015, Kemenpar Padat Program untuk Jaring Wisman

2015, Kemenpar Padat Program untuk Jaring Wisman

Pemerintah serius untuk mendatangkan 20 juta wisatawan asing hingga 2019 mendatang. Kendati demikian, turis domestik tidak dilupakan sebagai tuan rumah di negeri sendiri. Dan, Kementerian Pariwisata pun menyiapkan sejumlah kegiatan untuk mendulang wisatawan.

“Untuk Februari akan muncul promosi pariwisata yang berkaitan dengan Imlek,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya saat dihubungi patainanews.com, Rabu (28/1/15). Ia menjelaskan, promosi pariwisata nasional dilakukan secara berkelanjutan.

“Promosi pariwisata untuk peringatan Konferensi Asia Afrika akan dilaksanakan Maret. Padahal, peringatannya (KAA) sendiri April. Sedangkan promosi pariwisata untuk liburan anak sekolah akan dilakukan Mei, dan seterusnya,” tuturnya.

Program tahun ini boleh jadi tanggapan Menteri Pariwisata berkaitan dengan adanya pihak yang menilai Kementerian Pariwisata masih jalan di tempat dalam 100 hari kerja Presiden Jokowi. Adapun penilaian itu belum ada perkembangan signifikan untuk pariwisata Indonesia.

Penilaian itu diberikan pakar pariwisata Universitas Indonesia Jajang Gunawijaya MA Menurutnya, banyak hal yang membuat Kementerian Pariwisata (Kemenpar) masih berjalan secara alamiah saja.

Pariwisata memang tidak bisa sendiri. Seperti kata Jajang, Kemenpar harus bersatu dan duduk bersama dengan institusi atau kementerian lain untuk mengembangkan potensi pariwisata atau membuat cara agar mendatangkan lebih banyak kunjungan turis.

“Koordinasi dengan instansi-instansi lain seperti Pemda, Kemenhub atau kementerian-kementerian lain belum optimal. Padahal itu yang penting, misal Kemenhub untuk infrastruktur, Kemendag untuk marketing, Kemlu untuk promosi dan sekarang ini ada Badan Ekonomi Kreatif yang langsung di bawah arahan presiden,” paparnya.

About author



You might also like

World Heritage

12 Juni, Kereta Sleeper Siap Operasi

Harga promo kereta sleeper (Ist) Setelah ramai diberitakan di media massa beberapa bulan terakhir ini, kereta sleeper yang akan menjadi produk layanan terbaru dan eksklusif dari PT KAI akhirnya siap

Nature

Hotel Santika Premiere ICE BSD City Pastikan Siap Layani Peserta PATA Travel Mart 2016

PATA Travel Mart 2016 (Ist) Merupakan sebuah kehormatan dan kebanggaan besar bagi Indonesia menjadi tuan rumah event berskala internasional dan terbesar di kawasan Asia Pasifik, yaitu PATA Travel Mart 2016.

Airlines

Revin Banggakan Indonesia

Revindia Carina (Ist) Revindia Carina mengukir prestasi gemilang yang membanggakan Indonesia di kancah internasional. Sosok perempuan yang ramah ini menorehkan namanya untuk kebanggaan negeri ini di Korea Selatan. Perempuan berparas

Travel Operator

Diaspora Ikut Kembangkan Pariwisata Banyuwangi

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dan Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Diaspora atau para perantau memiliki peran dalam pengembangan pariwisata Banyuwangi. Dampaknya, kunjungan wisatawan ke Banyuwangi meningkat drastis sehingga ekonomi

Nature

Pertamina Dukung Pelestarian Ekosistem Kepulauan Seribu

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) pada 26 hinnga 27 September 2017. Dalam Rakornas ini, salah satu agenda adalah semangat Indonesia Incorporated dalam

Tourism

Bali Aman untuk Wisatawan

Menteri Pariwisata Arief Yahya berdiskusi dengan wisatawan mancanegara di Bali (Ist)  Gubernur Bali Made Mangku Pastika terus mengawal penanganan isu erupsi Gunung Agung di Karangasem. Sebanyak 33 konsulat jenderal dan honorary