2015, Kemenpar Padat Program untuk Jaring Wisman

2015, Kemenpar Padat Program untuk Jaring Wisman

Pemerintah serius untuk mendatangkan 20 juta wisatawan asing hingga 2019 mendatang. Kendati demikian, turis domestik tidak dilupakan sebagai tuan rumah di negeri sendiri. Dan, Kementerian Pariwisata pun menyiapkan sejumlah kegiatan untuk mendulang wisatawan.

“Untuk Februari akan muncul promosi pariwisata yang berkaitan dengan Imlek,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya saat dihubungi patainanews.com, Rabu (28/1/15). Ia menjelaskan, promosi pariwisata nasional dilakukan secara berkelanjutan.

“Promosi pariwisata untuk peringatan Konferensi Asia Afrika akan dilaksanakan Maret. Padahal, peringatannya (KAA) sendiri April. Sedangkan promosi pariwisata untuk liburan anak sekolah akan dilakukan Mei, dan seterusnya,” tuturnya.

Program tahun ini boleh jadi tanggapan Menteri Pariwisata berkaitan dengan adanya pihak yang menilai Kementerian Pariwisata masih jalan di tempat dalam 100 hari kerja Presiden Jokowi. Adapun penilaian itu belum ada perkembangan signifikan untuk pariwisata Indonesia.

Penilaian itu diberikan pakar pariwisata Universitas Indonesia Jajang Gunawijaya MA Menurutnya, banyak hal yang membuat Kementerian Pariwisata (Kemenpar) masih berjalan secara alamiah saja.

Pariwisata memang tidak bisa sendiri. Seperti kata Jajang, Kemenpar harus bersatu dan duduk bersama dengan institusi atau kementerian lain untuk mengembangkan potensi pariwisata atau membuat cara agar mendatangkan lebih banyak kunjungan turis.

“Koordinasi dengan instansi-instansi lain seperti Pemda, Kemenhub atau kementerian-kementerian lain belum optimal. Padahal itu yang penting, misal Kemenhub untuk infrastruktur, Kemendag untuk marketing, Kemlu untuk promosi dan sekarang ini ada Badan Ekonomi Kreatif yang langsung di bawah arahan presiden,” paparnya.

About author



You might also like

Slideshow

Menteri Pariwisata Apresiasi Industri Pariwisata Lombok

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya memberi apresiasi buat para pelaku industri pariwisata di Lombok yang tergabung dalam berbagai asosiasi. Ya, mereka kompak dan tanggap terhadap bencana.

World Heritage

Imelda Budiman Terkesan Pool Lumire Hotel

Imelda Budiman (Ist) Mrs Indonesia World Imelda Budiman menilai pool di Lumire Hotel & Convention Center Jakarta menarik sebab terlihat bernuansa Bali. Ia mengaku terkesan dengan Lumire Hotel. Imelda menyampaikan

Airlines

Tanjung Lesung, Destinasi Wisata Bahari yang Sekaligus Sport Tourism

Wartawan foto bersama di Tanjung Lesung (Ist) Tanjung Lesung yang selama ini punya daya tarik wisata bahari bagi traveler ternyata juga punya dari tersendiri untuk sport tourism yang semakin banyak

Tour Package

Presiden Jokowi Berkomitmen Naikkan Budget Pariwisata 5 Kali Lipat

Presiden Jokowi (Ist) Komitmen Presiden Jokowi terhadap pariwisata semakin konkret. Secara tegas dan meyakinkan, saat berbicara di depan Kompas 100 CEO Forum di Jakarta Convention Center, Kamis, 24 November 2016,

Slideshow

Wonderful Indonesia Siap Geber ATM Dubai 2016

Nia Niscaya, Asisten Deputi Pengembangan Pasar Eropa, Timur Tengah, Amerika dan Afrika  Kementerian Pariwisata (kiri) (Ist) Kementerian Pariwisata bersama industri pariwisata nasional kembali berkolaborasi dalam mempromosikan pariwisata Indonesia ke mancanegara.

Nature

Lembata Kaya akan Biota Laut

Peluncuran Buku Lembata Underwater (Ist) Lembata yang terletak di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur mungkin bukan wilayah yang familiar bagi sebagian masyarakat Indonesia. Meski begitu, pulau dengan luas 1.266,39 km