2015, Kemenpar Padat Program untuk Jaring Wisman

2015, Kemenpar Padat Program untuk Jaring Wisman

Pemerintah serius untuk mendatangkan 20 juta wisatawan asing hingga 2019 mendatang. Kendati demikian, turis domestik tidak dilupakan sebagai tuan rumah di negeri sendiri. Dan, Kementerian Pariwisata pun menyiapkan sejumlah kegiatan untuk mendulang wisatawan.

“Untuk Februari akan muncul promosi pariwisata yang berkaitan dengan Imlek,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya saat dihubungi patainanews.com, Rabu (28/1/15). Ia menjelaskan, promosi pariwisata nasional dilakukan secara berkelanjutan.

“Promosi pariwisata untuk peringatan Konferensi Asia Afrika akan dilaksanakan Maret. Padahal, peringatannya (KAA) sendiri April. Sedangkan promosi pariwisata untuk liburan anak sekolah akan dilakukan Mei, dan seterusnya,” tuturnya.

Program tahun ini boleh jadi tanggapan Menteri Pariwisata berkaitan dengan adanya pihak yang menilai Kementerian Pariwisata masih jalan di tempat dalam 100 hari kerja Presiden Jokowi. Adapun penilaian itu belum ada perkembangan signifikan untuk pariwisata Indonesia.

Penilaian itu diberikan pakar pariwisata Universitas Indonesia Jajang Gunawijaya MA Menurutnya, banyak hal yang membuat Kementerian Pariwisata (Kemenpar) masih berjalan secara alamiah saja.

Pariwisata memang tidak bisa sendiri. Seperti kata Jajang, Kemenpar harus bersatu dan duduk bersama dengan institusi atau kementerian lain untuk mengembangkan potensi pariwisata atau membuat cara agar mendatangkan lebih banyak kunjungan turis.

“Koordinasi dengan instansi-instansi lain seperti Pemda, Kemenhub atau kementerian-kementerian lain belum optimal. Padahal itu yang penting, misal Kemenhub untuk infrastruktur, Kemendag untuk marketing, Kemlu untuk promosi dan sekarang ini ada Badan Ekonomi Kreatif yang langsung di bawah arahan presiden,” paparnya.



About author



You might also like

SightSeeing

Ucapan Selamat HUT ke-3 patainanews.com dari PT JAS

Berita Foto: Manajemen, staf dan redaksi patainanews.com mengucapkan terima kasih atas perhatian PT Jasa Angkasa Semesta (JAS) yang mengucapkan Selamat dan Sukses HUT ke-3 patainanews.com

Nature

Pariwisata Masa Depan Indonesia, Cocok Jadi Core Business

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebut abad ke-21 dan masa depan sebagai era creative industry atau creative economy yang lebih dikenal sebagai ekonomi kreatif. Pariwisata berada

Airlines

Turis Tiongkok Suka Wisata Bahari Indonesia

PATA Travel Mart 2016 (Ist) Penjualan paket wisata bahari diperkirakan bakal menjadi primadona di event pameran pariwisata internasional, PATA Travel Mart 2016 di ICE di BSD City, Banten pada 7

Festival

Wisatawan Malaysia Tertarik Wisata Wali Songo dengan Kereta Wisata

Presiden Direktur PT KA Pariwisata Totok Suryono bersama tim dari KA Pariwisata foto bersama dengan rombongan tim dari Malaysia Wisatawan asal Malaysia yang tertarik traveling ke Indonesia kini tidak hanya

Cuisine

Traveling ke Semarang yang Memikat Hati Wisatawan

General Manager Hotel Horison NJ Aditya Maulana (kemeja abu-abu dan berkaca mata) tampak serius mendengarkan penjelasan mengenai sejarah kota Semarang di Kampung Batik Semarang di kawasan Kota Lama Semarang (Ist)

Nature

Presdir PT KA Pariwisata Hadir dalam HBH Ikawangi Bandung

Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Ikawangi Bandung Ist) Presiden Direktur (Presdir) PT KA Pariwisata Totok Suryono ternyata ikut hadir dalam Halal Bihalal (HBH) Ikawangi Bandung. Masyarakat Banyuwangi yang tergabung dalam