2016, Kemenpar Bidik 12 Juta Wisman

menpar dan hadi

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) (Ist)

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) telah menetapkan target kunjungan wisatawan ke Indonesia tahun 2016 sebesar 272 juta wisatawan. Jumlah tersebut terbagi atas 12 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan 260 juta wisatawan Nusantara.

“Target wisatawan mancanegara tahun 2016, 12 juta. Target wisatawan nusantara, 260 juta perjalanan,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam Jumpa Pers Akhir Tahun Kemenpar di Jakarta, Rabu (30/12/2015).

Dengan kunjungan wisatawan mancanegara tersebut, AY, sapaan akrab Menteri Pariwisata memproyeksikan Indonesia akan menerima pendapatan devisa sebesar Rp172 triliun.

Kemudian, untuk wisatawan domestik, mantan Direktur Utama PT Telkom ini menargetkan dengan jumlah pengeluaran sebesar Rp223 triliun.

Untuk mencapai target tersebut, Kementerian Pariwisata telah menyiapkan beberapa cara, yakni penyelenggaraan festival. Dari paparan Arief Yahya, ada 10 kegiatan yang menjadi prioritas selama tahun 2016, yakni Festival Grebeg Sudiro, Dukungan Wisata Religi Dzikir Nasional, Gerhana Matahari Total, Festival Tambora, Festival Kuliner Nusantara, Lake Toba Ultra, Tour de Singkarak, Jakarta Marathon, Bono Surfing Expedition dan Musi Triboatton.

“Kita juga kerja sama dengan media luar dan dalam negeri untuk mempromosikan 10 destinasi yang menjadi prioritas wisata pada tahun 2016,” katanya.

Adapun 10 destinasi wisata yang akan diprioritaskan adalah Danau Toba, Tanjung Kelayang, Kepulauan Seribu, Tanjung Lesung, Borobudur, Bromo Tengger Semeru, Mandalika, Wakataobi, Labuan Bajo dan Pulau Morotai. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Slideshow

TTC Travel Mart 2015

TTC Travel Mart (youtube) TTC Travel Mart Indonesia hadir lagi dengan mitra dari luar negeri yang bisa membantu untuk merancang program wisata baru untuk tahun ini. Para peserta bisa bertemu

Destinations

Wisatawan Eropa Terbang ke Lombok

Wisatawan di Lombok (Ist) Wisatawan asal Benua Biru diketahui banyak yang tertarik berkunjung ke Lombok, Nusa Tenggara Barat. Kunjungan turis dari Eropa kini semakin banyak sehingga Lombok kini tak hanya

Culture

Sinergi PT BRI dan Lion Group untuk Pariwisata Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya didampingi CEO Lion Group Edward Sirait dan Director of Consumer Business PT BRI Handayani PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah bank milik pemerintah. Kendati sebagai bank BUMN,

SightSeeing

Kemenparekraf Ajak TA/TO Filipina Lebih Mengenal Bali

Wisatawan di Bali (Ist) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengajak pelaku industri pariwisata Filipina termasuk travel agent/tour operator lebih mengenal destinasi di Sulawesi Utara dan Bali melalui Familiarization Trip (famtrip)

Nature

Segera ke Cirebon, Ada 10 yang Menarik di Keraton Kasepuhan

Keraton Kasepuhan Cirebon (Ist) Cirebon di Jawa Barat memang punya daya tarik tersendiri bagi wisatawan, termasuk turis asing. Destinasi yang tak terlalu jauh dari Jakarta dan Bandung ini memiliki beragam

All About Indonesia

Martha Lory Fransisca, Wakil JAS yang Menikmati HPN 2018 di Padang

Martha Lory Fransisca, Corporate Communications JAS Airport Services Martha Lory Fransisca, Corporate Communications JAS Airport Services mengaku menikmati traveling di Padang, Sumatera Barat. Adapun PT Jasa Angkasa Semesta (JAS) Tbk ikut berpartisipasi mendukung penyelenggaran