2017, Chinatown akan Ada di Dekat Candi Borobudur

pata Indonesia dan AY

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kanan) (Ist)

Hingga saat ini, Candi Borobudur di Indonesia masih dikenal sebagai candi Buddha terbesar di dunia. Seiring bertambahnya kunjungan turis Tiongkok ke Indonesia, maka tahun depan akan ada Chinatown yang dibuka di dekat Borobudur.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengaku tengah membangun strategi pariwisata untuk salah satu landmark yang paling identik dengan Indonesia, yakni Candi Borobudur.

Adapun candi yang terletak di Magelang, Jawa Tengah itu kini dikunjungi sekitar 250.000 wisatawan mancanegara (wisman) setiap tahunnya.

Dalam rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo awal tahun ini, terlontar beberapa keputusan, termasuk soal pembuatan bandar udara internasional serta pembuatan homestay dengan sistem cluster.

“Sistem cluster ini akan diaplikasikan ke lahan seluas lebih dari 500 hektar, tapi di luar zona 1, 2, dan 3. Saya sedang bekerja sama dengan Kementerian Perumahan Rakyat untuk melelang 1 juta rumah yang bisa dicicil langsung oleh masyarakat,” tuturnya dalam konferensi pers Semarang Great Sale & Semarang Night Carnival di Jakarta, Rabu (13/4/2016) malam.

Rumah-rumah tersebut, lanjut AY, sapaan Menteri Pariwisata bisa dicicil dengan bunga hanya 5 persen dan cicilan Rp800 ribu per bulan.

Rumah-rumah ini dibuat khusus untuk homestay atau tempat tinggal wisatawan. “Saat ini, sedang ada investor yang membuka Chinatown di dekat Borobudur. Tahun 2017 akan selesai,” katanya.

Chinatown dibangun, lanjutnya, karena jumlah turis asal China yang bertambah secara signifikan. Terlebih lagi, Candi Borobudur adalah salah satu destinasi favorit turis Tiongkok.

“Kita harus tetap meningkatkan jumlah wisman. Turis asal China itu ada 100 juta lho. Masuk Angkor Wat di Kamboja sebanyak 2,5 juta. Masuk Indonesia sebanyak 1 juta, yang datang ke Borobudur 250.000 orang,” ujarnya

Selain menyiapkan Chinatown, AY juga menekankan pembangunan bandar udara internasional untuk memudahkan akses wisatawan masuk ke kawasan Candi Borobudur.

“Bandara itu paling krusial. Saya juga meminta perpres untuk Badan Otoritas Borobudur selesai Juni 2016,” katanya. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Cuisine

Menpar Arief Yahya Terima Penghargaan AFEO Distinguished Honorary Fellow

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kedua dari kiri) (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya menerima penghargaan Distinguished Honorary Fellow yang dianugerahkan oleh ASEAN Federations of Engineering Organizations (AFEO). Penghargaan diserahkan langsung oleh

Heritage

Menpar Arief Yahya Lantik Pejabat Eselon I hingga IV Kementerian Pariwisata

Menteri Pariwisata Arief Yahya melantik Pejabat Eselon I hingga IV Kemenpar (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya melantik Pejabat Pimpinan Tinggi Madya (Eselon I), Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II),

Heritage

Turis Belanda Suka ke Air Terjun Batu Betiang

Rombongan wartawan dari Jakarta yang meliput International Musi Triboatton 2016 berhasil mencapai Air Terjun Batu Betiang di Empat Lawang (Ist) Sumatera Selatan (Sumsel) rupanya tak bisa dipungkiri kaya akan pesona

World Heritage

Keindahan Bawah Laut di Kotabaru

Berita Foto: Keindahan bawah laut Pulau Payung-Payungan dan Pulau Matasiri, Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan (Ist)

SightSeeing

Kota Tua Jakarta, Manhattan of Asia Bakal Jadi Situs Warisan Dunia

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kemeja putih) dan President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (jas biru) menjadi narasumber dalam diskusi Sosialisasi Kota Tua Jakarta Menuju UNESCO World Heritage 2017 di Gedung

Heritage

Pariwisata Riau Bisa Garap Wisatawan Melayu

Launching Calender of Event (CoE) 2018 Provinsi Riau di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar) (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya mendorong Pemerintah Provinsi Riau untuk menggarap