2017, Chinatown akan Ada di Dekat Candi Borobudur

pata Indonesia dan AY

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kanan) (Ist)

Hingga saat ini, Candi Borobudur di Indonesia masih dikenal sebagai candi Buddha terbesar di dunia. Seiring bertambahnya kunjungan turis Tiongkok ke Indonesia, maka tahun depan akan ada Chinatown yang dibuka di dekat Borobudur.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengaku tengah membangun strategi pariwisata untuk salah satu landmark yang paling identik dengan Indonesia, yakni Candi Borobudur.

Adapun candi yang terletak di Magelang, Jawa Tengah itu kini dikunjungi sekitar 250.000 wisatawan mancanegara (wisman) setiap tahunnya.

Dalam rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo awal tahun ini, terlontar beberapa keputusan, termasuk soal pembuatan bandar udara internasional serta pembuatan homestay dengan sistem cluster.

“Sistem cluster ini akan diaplikasikan ke lahan seluas lebih dari 500 hektar, tapi di luar zona 1, 2, dan 3. Saya sedang bekerja sama dengan Kementerian Perumahan Rakyat untuk melelang 1 juta rumah yang bisa dicicil langsung oleh masyarakat,” tuturnya dalam konferensi pers Semarang Great Sale & Semarang Night Carnival di Jakarta, Rabu (13/4/2016) malam.

Rumah-rumah tersebut, lanjut AY, sapaan Menteri Pariwisata bisa dicicil dengan bunga hanya 5 persen dan cicilan Rp800 ribu per bulan.

Rumah-rumah ini dibuat khusus untuk homestay atau tempat tinggal wisatawan. “Saat ini, sedang ada investor yang membuka Chinatown di dekat Borobudur. Tahun 2017 akan selesai,” katanya.

Chinatown dibangun, lanjutnya, karena jumlah turis asal China yang bertambah secara signifikan. Terlebih lagi, Candi Borobudur adalah salah satu destinasi favorit turis Tiongkok.

“Kita harus tetap meningkatkan jumlah wisman. Turis asal China itu ada 100 juta lho. Masuk Angkor Wat di Kamboja sebanyak 2,5 juta. Masuk Indonesia sebanyak 1 juta, yang datang ke Borobudur 250.000 orang,” ujarnya

Selain menyiapkan Chinatown, AY juga menekankan pembangunan bandar udara internasional untuk memudahkan akses wisatawan masuk ke kawasan Candi Borobudur.

“Bandara itu paling krusial. Saya juga meminta perpres untuk Badan Otoritas Borobudur selesai Juni 2016,” katanya. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Hotel

HUT RI ke-73, Pelni Ajak Anak Indonesia Cinta Bahari

Pengibaran Bendera Merah Putih di.KM Kelud di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara merayakan HUT RI ke-73 Sebagai upaya ikut memeriahkan Hari Kemerdekaan RI ke-73, PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT

Travel Operator

Reuni Finalis Miss Universe 2015 Touring Naik Jetski Keliling Kepulauan Seribu

Reuni finalis Miss Universe 2015 (Ist) Aksi seru-seruan dilakukan 13 finalis Miss Universe 2015. wanita-wanita cantik ini menggelar reuni. Indonesia dipilih menjadi tuan rumah. Keindahan Pulau Seribu serta Bali, menjadi

Culture

Badan Otorita Diminta Lakukan Percepatan Pengembangan Pariwisata Labuan Bajo

Labuan Bajo yang indah (Ist) Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BOPLBF) diminta untuk melakukan percepatan pembangunan destinasi pariwisata super prioritas Labuan Bajo Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). “Badan Otorita

Tourism

ninaflynnphotography.com Gandeng patainanews.com untuk Foto Menarik

Tari Kecak (ninaflynnphotography.com) Keberadaan patainanews.com semakin mendapat perhatian para pembaca. Bahkan, juga sudah ada yang menjadi pembaca setia. Tak hanya itu, mulai ada yang tertarik untuk bekerja sama dengan patainanews.com.

Heritage

Turis Tiongkok Suka Wisata Bahari Indonesia

PATA Travel Mart 2016 (Ist) Penjualan paket wisata bahari diperkirakan bakal menjadi primadona di event pameran pariwisata internasional, PATA Travel Mart 2016 di ICE di BSD City, Banten pada 7

World Heritage

Bos Jababeka Tertarik Investasi di Ende untuk Kembangkan Pariwisata

Ende di Flores yang begitu indah (Ist) Pendiri dan Chairman PT Jababeka Tbk SD Darmono mengunjungi Kabupaten Ende, Flores dalam rangka peluncuran buku ‘Building A Ship While Sailing’ di Universitas