2018, Kementerian Pariwisata Serius Garap Wisman

WhatsApp Image 2018-05-08 at 15.35.07

Deputi Pengembangan dan Pemasaran I Kemenpar I Gde Pitana (kanan)

Kementerian Pariwisata pada tahun ini menerapkan sejumlah jurus untuk menggenjot kunjungan wisatawan mancanegara untuk traveling ke Indonesia. 

 

Hal itu disampaikan Deputi Pengembangan dan Pemasaran I Kemenpar I Gde Pitana dalam audiensi dengan forum wartawan pariwisata (Forwapat) di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (7/5/2018). Pitana menuturkan, ada tiga cara yang tengah ditempuh untuk menarik wisman.
“Strategi pertama dengan menurunkan biaya konektivitas atau Hot Deals,” ucapnya. Adapun upaya menarik wisatawan di luar weekday, maka Kemenpar menghadirkan paket wisata yang sulit ditolak wisatawan melalui program Hot Deals.

 

Contohnya seperti paket hemat khusus wisman asal Singapura yang tertarik liburan ke Bintan.  Cukup dengan membayar SGD 58 per pax, traveler sudah mendapat akomodasi, biaya menyeberang ferry dan paket golf 18 hole. Itu tentunya menjadi tawaran yang menarik bagi wisman dari Singapura.

Tak hanya itu, Kemenpar juga menggandeng sejumlah pelaku dalam pencarian online seperti Google hingga Weibo di China untuk memunculkan Indonesia dalam situs pencarian, yakni melalui program CDM yang bersifat digital. “Kemudian program CDM, competitive destination model. Ini modal digital. Ketika seseorang search di Google atau dimanapun ia pasti mencari destinasi. Misalnya cari eco tourism maka kita bombardir iklan eco tourism di Indonesia,” paparnya.

 

Tak ketinggalan Kemenpar juga menggandeng Kementerian Keuangan untuk memberikan insentif package langsung pada maskapai penerbangan yang men-charter pesawat berisi wisman langsung ke destinasi di luar Bali dan Jakarta. Tak sebatas maskapai penerbangan, pihak operator wisata pun juga ikut digandeng.

 

“Insentif package, kerja sama dengan airline maupun tur operator dan whole seller. Kita belajar dari Manado. Kenapa Manado tiba-tiba naik wisman dari China karena ada subsidi terhadap airline yang terbang charter new route. Kita kembangin rute sama ke airline mitra whole seller yang jual paket dalam destinasi baru atau new route,” ujar Pitana.

Contohnya, Kemenpar bekerja sama dengan Kemenkeu untuk memberikan sejumlah insentif dalam bentuk uang dengan dasar berapa lama seorang wisatawan akan spending di Indonesia. Semakin lama, insentif yang diberikan tentu akan lebih besar.

 

Tahun 2017 lalu, insentif ini banyak diberikan untuk wisatawan Tiongkok “3 hari 2 malam 10 dollar, 25 dollar per pax di atas 2 minggu,” jelas Pitana, Ia menambahkan, Kemenpar juga akan tetap melakukan pemasaran Indonesia secara offline melalui pameran dan media lainnya termasuk pameran di Tanah Air. (Gabriel Bobby) 

About author



You might also like

SightSeeing

Belajar Mengelola Destinasi Wisata di Indonesia

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (batik biru) berpose bersama mahasiswa UNIKOM  Riordan Immanuel Siregar Mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) Bandung, Riordan Immanuel Siregar memilih PATA Indonesia Chapter

Travel Operator

Putri Pariwisata Indonesia Bantu Pemerintah Promosikan Pariwisata Nusantara

Founder and Chairman ELJOHN Pageants Johnnie Sugiarto (ketiga dari kanan) (Ist) Putri Pariwisata Indonesia akan turut serta mempromosikan pariwisata negeri ini dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Tanah Air.

Heritage

HPN 2016 Harus Lambungkan Wisata Halal

  Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) (Ist) Salah satu upaya pemerintah Indonesia mengejar target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sebanyak 20 juta orang pada 2019 mendatang adalah dengan mempromosikan konsep wisata

SightSeeing

Menikmati Wisata Kuliner di Kotabaru

Wisata kuliner di Kotabaru  Pesona wisata di Indonesia memang tersebar di berbagai daerah, mulai dari kawasan Indonesia timur hingga wilayah barat Nusantara. Tak hanya Bali, Lombok, negeri ini kaya akan

Tour Package

‘Masyarakat Perancis semakin Mengenal dan Mencintai Indonesia’

Presiden Jokowi di Mandalika, Lombok (Ist) Seperti tahun-tahun sebelumnya, KJRI Marseille di Perancis kembali mempromosikan pariwisata dan kebudayaan Indonesia melalui partisipasinya dalam pameran pariwisata internasional terbesar di Perancis selatan, Salon

Heritage

Irma Sustika, Woman Traveler yang Begitu Mencintai Destinasi Wisata Indonesia

Irma Sustika (Ist) Sosok satu ini dikenal begitu aktif dalam pemberdayaan ekonomi perempuan Indonesia sehingga Irma Sustika, CEO and Founder Womanpreneur Community (WPC) memunyai kesempatan untuk mengunjungi beragam destinasi wisata