2018, Kementerian Pariwisata Serius Garap Wisman

WhatsApp Image 2018-05-08 at 15.35.07

Deputi Pengembangan dan Pemasaran I Kemenpar I Gde Pitana (kanan)

Kementerian Pariwisata pada tahun ini menerapkan sejumlah jurus untuk menggenjot kunjungan wisatawan mancanegara untuk traveling ke Indonesia. 

 

Hal itu disampaikan Deputi Pengembangan dan Pemasaran I Kemenpar I Gde Pitana dalam audiensi dengan forum wartawan pariwisata (Forwapat) di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (7/5/2018). Pitana menuturkan, ada tiga cara yang tengah ditempuh untuk menarik wisman.
“Strategi pertama dengan menurunkan biaya konektivitas atau Hot Deals,” ucapnya. Adapun upaya menarik wisatawan di luar weekday, maka Kemenpar menghadirkan paket wisata yang sulit ditolak wisatawan melalui program Hot Deals.

 

Contohnya seperti paket hemat khusus wisman asal Singapura yang tertarik liburan ke Bintan.  Cukup dengan membayar SGD 58 per pax, traveler sudah mendapat akomodasi, biaya menyeberang ferry dan paket golf 18 hole. Itu tentunya menjadi tawaran yang menarik bagi wisman dari Singapura.

Tak hanya itu, Kemenpar juga menggandeng sejumlah pelaku dalam pencarian online seperti Google hingga Weibo di China untuk memunculkan Indonesia dalam situs pencarian, yakni melalui program CDM yang bersifat digital. “Kemudian program CDM, competitive destination model. Ini modal digital. Ketika seseorang search di Google atau dimanapun ia pasti mencari destinasi. Misalnya cari eco tourism maka kita bombardir iklan eco tourism di Indonesia,” paparnya.

 

Tak ketinggalan Kemenpar juga menggandeng Kementerian Keuangan untuk memberikan insentif package langsung pada maskapai penerbangan yang men-charter pesawat berisi wisman langsung ke destinasi di luar Bali dan Jakarta. Tak sebatas maskapai penerbangan, pihak operator wisata pun juga ikut digandeng.

 

“Insentif package, kerja sama dengan airline maupun tur operator dan whole seller. Kita belajar dari Manado. Kenapa Manado tiba-tiba naik wisman dari China karena ada subsidi terhadap airline yang terbang charter new route. Kita kembangin rute sama ke airline mitra whole seller yang jual paket dalam destinasi baru atau new route,” ujar Pitana.

Contohnya, Kemenpar bekerja sama dengan Kemenkeu untuk memberikan sejumlah insentif dalam bentuk uang dengan dasar berapa lama seorang wisatawan akan spending di Indonesia. Semakin lama, insentif yang diberikan tentu akan lebih besar.

 

Tahun 2017 lalu, insentif ini banyak diberikan untuk wisatawan Tiongkok “3 hari 2 malam 10 dollar, 25 dollar per pax di atas 2 minggu,” jelas Pitana, Ia menambahkan, Kemenpar juga akan tetap melakukan pemasaran Indonesia secara offline melalui pameran dan media lainnya termasuk pameran di Tanah Air. (Gabriel Bobby) 

About author



You might also like

Slideshow

Geliat Joglosemar Jadi Daya Tarik Hotel

Menikmati Kalibiru, Yogyakarta (Ist) Jaringan hotel internasional di Indonesia terus bertumbuh, ibarat cendawan di musim hujan.     Salah satunya Premier Inn, operator asal Inggris, melebarkan sayapnya ke Yogyakarta.  

Investments

Maumere, Surga Tersembunyi di NTT

Pengerjaan tenun ikat yang masih tradisional (Ist) Indonesia memang menarik bagi wisatawan asing. Itu terbukti lantaran beragam potensi wisata di negeri ini tersebar mulai dari kawasan timur Indonesia hingga wilayah

Slideshow

Investor Asing Incar Pariwisata Jateng

The Phoenix Hotel Yogyakarta (Ist) Pariwisata Jawa Tengah yang tengah bertumbuh menarik minat investor asing untuk ikut mendukung perkembangannya dengan membangun hotel di sejumlah daerah di provinsi tersebut. Kepala Seksi

Indonesiaku

I Have a Dream untuk Indonesia

Acara retreat di Papua (Ist) Aster Kasdam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Edward Sitorus memberikan pembekalan patriotisme Dalam Mengejar Cita-Cita kepada 850 siswa-siswi SSB, SMP, dan SMA Kristen Yayasan Biji Sesawi Indonesia yang

Investments

Presiden Jokowi Minta Pers Indonesia Membangun Optimisme

Hari Pers Nasional (HPN) 2016 (Ist) Pers Indonesia wajib membangun optimisme dan kepercayaan para investor terhadap negeri ini karena sesuai fungsinya, pers Indonesia diharapkan ikut membentuk moralitas bangsa, meningkatkan etos

Culture

Kembangkan Destinasi Wisata Sapoong, Dinas Pariwisata Sumenep Siap Latih Masyarakat Panjenangger

Kepala Dinas Pariwisata Sumenep Sufiyanto (Ist) Sebagai upaya meningkatkan potensi alam daerah khususnya di sektor pariwisata, Dinas Pariwisata Kabupaten Sumenep, Madura siap memberikan pelatihan kepada masyarakat Desa Panjenangger berupa keterampilan-keterampilan