2018, Kementerian Pariwisata Serius Garap Wisman

WhatsApp Image 2018-05-08 at 15.35.07

Deputi Pengembangan dan Pemasaran I Kemenpar I Gde Pitana (kanan)

Kementerian Pariwisata pada tahun ini menerapkan sejumlah jurus untuk menggenjot kunjungan wisatawan mancanegara untuk traveling ke Indonesia. 

 

Hal itu disampaikan Deputi Pengembangan dan Pemasaran I Kemenpar I Gde Pitana dalam audiensi dengan forum wartawan pariwisata (Forwapat) di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (7/5/2018). Pitana menuturkan, ada tiga cara yang tengah ditempuh untuk menarik wisman.
“Strategi pertama dengan menurunkan biaya konektivitas atau Hot Deals,” ucapnya. Adapun upaya menarik wisatawan di luar weekday, maka Kemenpar menghadirkan paket wisata yang sulit ditolak wisatawan melalui program Hot Deals.

 

Contohnya seperti paket hemat khusus wisman asal Singapura yang tertarik liburan ke Bintan.  Cukup dengan membayar SGD 58 per pax, traveler sudah mendapat akomodasi, biaya menyeberang ferry dan paket golf 18 hole. Itu tentunya menjadi tawaran yang menarik bagi wisman dari Singapura.

Tak hanya itu, Kemenpar juga menggandeng sejumlah pelaku dalam pencarian online seperti Google hingga Weibo di China untuk memunculkan Indonesia dalam situs pencarian, yakni melalui program CDM yang bersifat digital. “Kemudian program CDM, competitive destination model. Ini modal digital. Ketika seseorang search di Google atau dimanapun ia pasti mencari destinasi. Misalnya cari eco tourism maka kita bombardir iklan eco tourism di Indonesia,” paparnya.

 

Tak ketinggalan Kemenpar juga menggandeng Kementerian Keuangan untuk memberikan insentif package langsung pada maskapai penerbangan yang men-charter pesawat berisi wisman langsung ke destinasi di luar Bali dan Jakarta. Tak sebatas maskapai penerbangan, pihak operator wisata pun juga ikut digandeng.

 

“Insentif package, kerja sama dengan airline maupun tur operator dan whole seller. Kita belajar dari Manado. Kenapa Manado tiba-tiba naik wisman dari China karena ada subsidi terhadap airline yang terbang charter new route. Kita kembangin rute sama ke airline mitra whole seller yang jual paket dalam destinasi baru atau new route,” ujar Pitana.

Contohnya, Kemenpar bekerja sama dengan Kemenkeu untuk memberikan sejumlah insentif dalam bentuk uang dengan dasar berapa lama seorang wisatawan akan spending di Indonesia. Semakin lama, insentif yang diberikan tentu akan lebih besar.

 

Tahun 2017 lalu, insentif ini banyak diberikan untuk wisatawan Tiongkok “3 hari 2 malam 10 dollar, 25 dollar per pax di atas 2 minggu,” jelas Pitana, Ia menambahkan, Kemenpar juga akan tetap melakukan pemasaran Indonesia secara offline melalui pameran dan media lainnya termasuk pameran di Tanah Air. (Gabriel Bobby) 

About author



You might also like

Festival

Mengenal Ulos, Kain Tradisional Batak

Kerri Pandjaitan (kiri) Ulos yang merupakan kain tradisional masyarakat Batak terus berupaya dilestarikan. Karenanya pameran Ulos Hangoluan & Tondi pun digelar di Museum Tekstil Jakarta mulai 19 September lalu hingga

World Heritage

Cerita PATA Travel Mart 2016 Tentang Pariwisata Indonesia

PATA Travel Mart 2016 (Ist) Perahu Phinisi ‘berlayar’ pada Pacific Asia Travel Association (PATA) Travel Mart 2016 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), di BSD City, Banten. Perahu itu adalah stan

Festival

ICE di BSD City, Banten Jadi Venue PATA Travel Mart di Luar Bali

Press Conference PATA Travel Mart 2016 di Kementerian Pariwisata (Ist) Indonesia resmi terpilih menjadi tuan rumah PATA Travel Mart 2016 yang ke-39 pada saat PATA Travel Mart 2015 di Bangalore,

Hotel

Wisatawan Mancanegara Suka Traveling ke Labuan Bajo

Direktur Utama Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores Shana Fatina (tengah) (Ist) Wisatawan mancanegara (wisman) asal Australia, Amerika Serikat, dan negara-negara di Eropa diketahui suka traveling ke Labuan Bajo selama

Slideshow

CEO Metranet Gandeng FPMDI Kembangkan Media Digital

Didik Budi Santoso, Chief Executive Officer (CEO) PT Metranet (duduk nomor tiga dari kiri) foto bersama FPMDI, termasuk patainanews.com (memakai topi) (Ist)  “Saya orang di balik layar, jarang muncul ke

Hotel

PHRI NTB Apresiasi Raja Salman ke Indonesia

LA Hadi Faishal (Ist) PHRI NTB menyampaikan apresiasi kepada Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Alsaud yang melakukan kunjungan ke Indonesia, termasuk bertemu Presiden Jokowi dan ke Pulau Dewata, Bali