2019, Target Wisman ke Kepri 4 Juta Orang

Jembatan Barelang Batam, Kepulauan Riau yang terlihat instagramable (Ist)

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menargetkan wisatawan mancanegara (wisman) ke Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) bisa mencapai 4 juta orang sepanjang 2019.

Target tersebut meningkat dari realisasi 2018 sebanyak 2,5 juta kunjungan. “Target Kepri 4 juta wisman naik 25 persen lebih tinggi dari rata-rata nasional 12 persen. Kemenpar akan bantu salah satunya dengan program hot deals yang tahun lalu sukses terjual 700 ribu pax. Tahun ini tagetnya 1 juta pax,” kata Menpar Arief Yahya seusai VITO Annual Meeting di Radisson Hotel, Batam, Kepuluan Riau, Rabu (10/4/2019).

Jembatan Barelang Batam, Kepulauan Riau (Ist)

Namun, target 1 juta package hot deals tersebut dinilai Menpar Arief sebenarnya belum cukup bagi Kepri yang potensi untuk wisman pelintas batas (crossborder) sangat besar. Untuk itu program menjadikan Singapura sebagai tourism hub bagi Kepri menjadi cara ampuh mendatangkan wisatawan.

“Kedua program itu adalah menjaring wisatawan atau ekspatriat yang ada di Singapura membeli hot deals. Serta menjadikan Singapura sebagai hub, kita attracts ke Indonesia,” ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

Traveling ke Kepulauan Riau jangan lupa ke Jembatan Barelang Batam (Ist)

Untuk menyiasati hal itu, Menpar Arief Yahya mengajak Visit Indonesia Tourism Officer (VITO) dari 16 negara di 20 kota yang hadir saat VITO Annual Meeting bersama-sama membuat strategi untuk menjadikan Singapura sebagai tourism hub.

“Setiap VITO memahami bagaimana cara menjual paket pariwisata sesuai dengan karakteristik negara masing-masing, serta dapat membangun hubungan baik dengan pihak terkait,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Menpar Arief Yahya juga mengenalkan member VITO paling baru yang berasal dari Thailand. Pemilihan pembentukan VITO di Thailand juga berdasarkan hasil devisa yang didapatkan negara Gajah Putih itu dari sektor pariwisata.

“Saya putuskan kita punya VITO di Thailand, kita harus menyadari banyak turis di Thailand dan pendapatan devisa pariwisata Thailand paling tinggi di ASEAN,” pungkasnya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

All About Indonesia

Moeldoko Apresiasi Tim Putri Pendaki Tujuh Puncak Dunia

Moeldoko (kedua dari kanan) (Ist) Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko meemberikan apresiasi perjuangan dua pendaki mahasiswi tim The Women of Indonesia’s Seven Summits Expedition Mahitala-Universitas Parahyangan Bandung (WISSEMU), Fransiska Dimitri Inkiriwang

Travel Operator

Jika IATA Siap, Travel Agent Dukung Penggunaan Rupiah

Peraturan BI No 17/3/2015 mengenai kewajiban penggunaan Rupiah di wilayah NKRI, termasuk penggunaan mata uang negeri ini di industri travel agent sepertinya belum bisa sepenuhnya diterima semua pengusaha travel agent

Cuisine

Kapal Pesiar Seabourn Encore Tiga Kali Singgahi Pelabuhan Tanjung Perak

Kapal Pesiar Seabourn Encore Tiga Kali Singgahi Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya (Ist) Kedatangan kapal pesiar Seabourn Encore di Pelabuhan Tanjung Perak untuk ketiga kalinya mengundang banyak pengunjung ke Surabaya North Quay,

SightSeeing

Memotret Kota Lama Semarang

General Manager Hotel Horison NJ Aditya Maulana (kemeja abu-abu dan berkaca mata) tampak serius mendengarkan penjelasan mengenai sejarah kota Semarang di Kampung Batik Semarang di kawasan Kota Lama Semarang (Ist)

Slideshow

Sedulur Jokowi Sumut Silaturahmi Dukung Djarot Saiful Hidayat

Djarot Saiful Hidayat (kiri) dengan Prof Dr Paiman Raharjo (Ist) Sedulur Jokowi Sumatera Utara (Sumut) mengelar silaturahmi bersama Djarot Saiful Hidayat. Adapun silaturahni yang digelar Sedulur Jokowi dihadiri oleh ratusan

Festival

Pelindo III Serius Majukan Pariwisata Indonesia

Logo PT Pelindo III (Ist) Manajemen PT Pelabuhan Indonesia III memunyai komitmen yang tinggi untuk ikut serta memajukan pariwisata nasional. Karenanya BUMN kepelabuhanan ini serius dalam mengembangkan pariwisata Indonesia dengan