2020, Danau Toba Ditargetkan Sumbang Devisa Rp14 Triliun

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist)

Destinasi wisata Danau Toba ditargetkan mampu menyumbangkan devisa hingga Rp14 triliun pada 2020 mendatang sebagai salah satu destinasi wisata super prioritas yang sedang terus didorong perkembangannya oleh pemerintah.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya saat mengunjungi The Caldera Toba Nomadic Escape di Toba Samosir, Sumatera Utara, Kamis (18/7/2019) mengatakan, setelah Rapat terbatas, Senin (15/7/2019) lalu di Kantor Presiden, Jakarta, Pemerintah menggelontorkan angaran tambahan sebesar Rp6,4 triliun yang dibagi keempat destinasi super prioritas ke beberapa Kementerian/Lembaga pada 2020.

“Bila dirata-rata masing-masing destinasi mendapat Rp1,6 triliun. Namun Danau Toba diharapkan bisa lebih besar atau mendapat Rp2 triliun karena luas wilayahnya juga besar. Dengan investasi itu Danau Toba ditargetkan menghasilkan 1 juta wisman atau devisa 1 miliar dolar Amerika atau mencapai Rp14 triliun,” kata Menpar Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Jumat (19/7/2019).

Menpar Arief juga menjelaskan, nilai investasi Rp2 triliun itu dianggap tidak seberapa jika dibandingkan dengan devisa yang mencapai Rp14 triliun pada 2020 mendatang. Namun, Menpar Arief Yahya tetap optimistis target tersebut akan tercapai.

Optimisme itu muncul saat Bandara Silangit yang tumbuh signifikan pada 2016-2017 silam mencapai 300 persen. Angkanya dari 90 ribu tumbuh menjadi 280 ribu penumpang.

“Dulu siapa yang mau mendarat di Silangit. Terbukti di tahun 2018 jumlahnya mencapai 480 ribu penumpang,” kata Menpar Arief.

Untuk mewujudkan target itu semua, lanjut Menpar Arief Yahya, Pemerintah mendorong unsur Atraksi, Akses, dan Amenitas di Danau Toba agar berstandar internasional.

“Target 1 juta wisatawan itu bisa tercapai bila semuanya sudah berstandar internasional,” katanya.

Dari sisi atraksi, salah satu danau vulkanik terbesar di dunia itu ditargetkan akan mendapat pengakuan internasional dari Unesco Global Geopark tahun ini.

Sementara dari sisi Akses, infrastruktur bandara Silangit sudah siap menjadi bandara internasional. Untuk jalur darat, jalan tol dari Kualanamu-Tebing Tinggi diharapkan berlanjut hingga Parapat.

“Jalan outer ring road di sekitar Samosir dan sekitar Danau Toba juga sudah confirm, ada juga 4 pelabuhan semua confirm. Sementara untuk Amenitas sudah ada proyeksi investasi sebesar Rp6 triliun dari 7 investor” kata Menpar Arief. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Slideshow

Bandara Banyuwangi Menuju Tourism Airport

Bandara Banyuwangi (Ist) Sebagai upaya mewujudkan perannya sebagai penyangga IMF-World Bank Annual Meeting pada Oktober mendatang di Bali, Bandara Banyuwangi telah mengalami perkembangan yang semakin signifikan. Pada mudik libur tahun

Destinations

Batik Membuat Warga Dunia Jatuh Hati pada Indonesia

Koleksi batik milik Lindy Ann (Ist) Batik selama ini dikenal sebagai wastra tradisional asli Nusantara. Dan, kesadaran mengenakan batik semakin menguat sejak 2009 silam batik telah secara resmi diakui UNESCO

Slideshow

Prediksi Tren Travel Tahun 2020

Jangan ragu traveling tahun 2020 (Ist) Memasuki tahun baru dan dekade baru, kebutuhan, perilaku, dan keinginan wisatawan yang berkaitan dengan travel terus berubah. Saat ini dunia dan para penjelajahnya terus

Airlines

Festival Morotai Tampilkan Daya Tarik Wisata Maluku Utara

Atraksi dalam Festival Morotai (Ist) Festival Morotai berupaya menampilkan daya tarik wisata di Maluku Utara dan sekitarnya sebagai destinasi wisata yang mampu menghadirkan ikon monumental Perang Dunia II. Menteri Pariwisata

Culture

Memotret ASITA Jakarta Travel Mart

Berita Foto: ASITA Jakarta Travel Mart mempertemukan buyer dan seller untuk ikut mempromosikan pariwisata Indonesia. (Ist)

Indonesiaku

Mudik Bareng Pelindo III

Mudik gratis Pelindo III (Ist) PT Pelindo III kembali menggelar kegiatan Mudik Gratis bagi para penumpang kapal laut. Mudik Gratis Tahun 2017 kali ini kembali diselenggarakan setelah tahun-tahun sebelumnya sukses