Sinergitas Kementerian demi Pariwisata Indonesia

kumham dan kemenpar

Penandatanganan MoU antara Kemenpar dengan Kemenkumham di Ruang Rapat Menteri Pariwisata Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta (19/7/2016) (Ist)

Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Menteri Hukum dan HAM   Yasonna Hamonangan Laoly melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding tentang Pemanfaatan Data Keimigrasian dalam rangka Akselerasi Pembangunan Kepariwisataan dan Perjanjian Kerja Sama tentang Dukungan Data Keimigrasian dalam rangka Akselerasi Pembangunan Kepariwisataan di Jakarta, Selasa (19/7/2016).

“Sektor pariwisata mengalami momentum pertumbuhan yang baik selama lima tahun terakhir. Proyeksi kami, pada tahun 2019 sektor pariwisata akan menjadi kontributor Produk Domestik Bruto terbesar, melampaui kontribusi PDB dari Sumber Daya Alam,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

Data United Nation World Tourism Organization (UNWTO) menunjukkan data sektor pariwisata berkontribusi sebanyak 10% dari Produk Domestik Bruto , menyerap 1 dari 11 lapangan kerja, memiliki nilai 1,4 Triliun Ekspor, 7% dari nilai Ekspor Dunia, 1,18 Miliar Wisatawan pada tahun 2015, dan 5 s.d 6 Miliar Wisatawan Domestik.

Sementara dalam laporan Tourism and Travel Competitiveness Index di tahun 2015 lalu, Indonesia mengalami kenaikan signifikan dari peringkat 70 ke peringkat 50.

“Sektor pariwisata sebagai leading sector dalam Prioritas Pembangunan Nasional membutuhkan dukungan dari banyak pihak untuk tercapainya target kinerja. Kesediaan dan perhatian Menteri Hukum dan HAM dengan menandatangani Nota Kesepahaman ini merupakan sebuah dukungan konkrit terhadap pengembangan sektor kepariwisataan,” sambung Arief Yahya.

Sementara Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly pada kesempatan melakukan penandatanganan MoU menyampaikan dukungan dan menyambut baik langkah sinergi terhadap pengembangan pariwisata yang diwujudkan melalui penandatanganan MoU tersebut.

“Penandatanganan MoU Menteri Pariwisata dan Menkum-HAM adalah bentuk sinergitas antarkementerian. Semoga kerja sama ini menghasilkan efek positif dan dampaknya dapat dirasakan oleh masyarakat pada umumnya,” kata MenkumHAM.

Pada butir MoU, Kementerian Pariwisata akan mendapatkan hak akses ke dalam Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian, meliputi data statistik perlintasan warga negara asing; dan data statistik perlintasan warga negara Indonesia, serta mendapatkan informasi terkait dengan spesifikasi teknis.

Dalam era digital dan serba cepat seperti sekarang ini, diperlukan pemerintahan yang adaptif terhadap teknologi. Indonesia saat ini sedang bersaing dengan negara-negara tetangga di regional ASEAN yang berebut pangsa pasar wisatawan mancanegara.

Diperlukan kreativitas untuk mengeluarkan kebijakan berdasarkan informasi data yang selalu update setiap saat. Kecepatan pengambilan kebijakan adalah kunci kesuksesan.

Selain dasar untuk pengambilan kebijakan, informasi data yang update secara real time juga memungkinkan Kementerian Pariwisata untuk melakukan evaluasi kebijakan secara cepat dan tepat sasaran.

Contohnya, membuat program dan kegiatan untuk menarik kunjungan wisatawan mancanegara di wilayah perbatasan Indonesia dengan negara tetangga. Pendataan kunjungan wisman secara real time diperlukan untuk menilai efektivitas dan evaluasi dari program tersebut. (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

SightSeeing

Presiden Jokowi Promosikan Pariwisata RI di Tiongkok

Presiden Jokowi di Tiongkok (Ist) Pemerintah melakukan cara yang cerdas dalam membidik turis Tiongkok untuk berkunjung ke Indonesia. Tak tanggung-tanggung Presiden Jokowi ketika berkunjung ke Tiongkok ikut mempromosikan pariwisata Indonesia.

Cuisine

Sriwijaya Air Dukung Anugerah Pesona Indonesia 2018

Foto bersama jumpa pers Anugerah Pesona Indonesia 2018 Tanpa terasa kegiatan Anugerah Pesona Indonesia (API) telah menginjak penyelengaraan tahun ketiga. Seperti tahun-tahun sebelumnya, panitia penyelenggara terus melakukan evaluasi dan perbaikan

Cuisine

Ucapan Selamat HUT ke-3 patainanews.com dari PT BRI

Berita Foto: Manajemen, staf dan redaksi patainanews.com mengucapkan terima kasih atas perhatian PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang mengucapkan Selamat dan Sukses HUT ke-3 patainanews.com

Festival

Bersatu Membangun Danau Toba

Presiden Jokowi didampingi Menteri Pariwisata Arief Yahya tengah memberikan keterangan kepada wartawan bahwa 7 Bupati sepakat membangun Danau Toba (Ist) Sebagai salah satu kawasan destinasi wisata prioritas, pengembangan wilayah Danau

Indonesia itu Bagus

Menanti PESPARANI 2018 di Ambon

Pengurus LP3KN bertemu dengan Menteri AgamaLukman Hakim Saifuddin  beberapa waktu lalu (Ist) Apa bentuk event nasional dari umat Katolik di Indonesia dalam dalam rangka membina kerukunan dan menunjukkan bahwa bangsa

Tourism

Festival Border Aruk Mendulang Wisman Malaysia

Suasana Festival Border Aruk (Ist) Ibarat mesin diesel. Semakin lama kian mantap. Itulah hasil nyata kerja Menteri Pariwisata Arief Yahya menggeber Festival Wonderful Indonesia (FWI) di perbatasan, Aruk, Sambas, Kalimantan