Budaya Indonesia Dipuji dalam Pembukaan Olimpiade Rio

kostum Indonesia

Kostum tim Indonesia saat pembukaan Olimpiade Rio 2016 (Ist)

Keputusan tim Indonesia untuk tampil total dalam pembukaan Olimpiade Rio 2016 tidak sia-sia. Banyak media asing yang memuji penampilan kontingen Indonesia saat pembukaan pesta olahraga paling akbar di kolong langit yang berlangsung di Negeri Samba tersebut.

Media Inggris, BBC memuji penampilan kontingen Indonesia yang menampilkan baju adat Lampung, Papua, dan Bali. “Banyak negara bermain aman dengan hanya memakai tracksuit. Tapi beberapa negara berani tampil berbeda. Aplaus untuk Indonesia,” tulis BBC.

Media Inggris Daily Mail menyebut bahwa seragam Indonesia merupakan salah satu yang terbaik berkat penampilannya yang royal.

USA Today juga menempatkan seragam Indonesia diantara yang terbaik. Sanjungan dan acungan jempol memang banyak ditujukan pada tiga orang di bagian tengah yang menggunakan kostum adat kebaya merah-emas dengan hiasan mahkota besar.

Keragaman kekayaan pakaian adat yang ditunjukkan saat parade atlet pada upacara pembukaan tersebut rupanya cukup menyita perhatian penonton.

Dengan pakaian yang sangat kental dengan nuansa budaya daerah, kontingen Indonesia menarik perhatian dan menjadi salah satu pusat perhatian pada pembukaan Olimpiade Rio.

Seperti diketahui, saat defile pembukaan, atlet lompat jauh Maria Natalia Londa memakai kebaya dan kain serba putih dengan rambut berhias sanggul ala Bali tampak paling depan seraya memegang tonggak bendera Merah Putih.

Di belakang Maria terlihat sepasang model memakai baju adat Lampung dan masih ada seorang lain yang mengenakan pakaian adat Papua.

Kemudian diikuti para atlet dan jajaran kontingen mengenakan seragam bermotif batik didominasi warna merah putih dengan bagian atas seragam terdapat lambang garuda yang besar.

Mereka juga memakai ikat kepala atau juga disebut udeng. Semuanya tampil bangga dan penuh percaya diri mewakili Indonesia.

Indonesia mengirimkan 28 atlet di Olimpiade 2016. Para atlet itu akan berkompetisi di tujuh cabang olahraga. Ketujuh cabang olahraga itu adalah panahan, dayung, angkat besi, bulutangkis, renang, sepeda, dan atletik. (Gabriel Bobby/berbagai sumber)



About author



You might also like

World Heritage

Ucapan Selamat HUT ke-3 patainanews.com dari KA Pariwisata

Berita Foto: Manajemen, staf dan redaksi patainanews.com mengucapkan terima kasih atas perhatian PT Kereta Api Pariwisata yang mengucapkan Selamat dan Sukses HUT ke-3 patainanews.com

Heritage

Lari Bersama Dikna Faradiba dengan Latar Belakang Alam di Ijen Green Run 2017

Bupati Baynyuwangi Abdullah Azwar Anas (kaus putih) (Ist) Destinasi wisata Banyuwangi semakin mendunia. Apalagi dengan rencana sport event yang bertajuk Banyuwangi Ijen Green Run 2017, yang akan digelar Minggu, 23

World Heritage

Drumblek, Menarik untuk Wisman Berkunjung ke Salatiga

Aksi Garuda Drumblek (Ist) Bagi masyarakat urban di kota-kota besar keberadaan marching band tentunya sudah familiar. Namun, ada yang menarik dari Salatiga, Jawa Tengah, yakni drumblek. Menggunakan media bekas, drumblek

Culture

Batik Asta Dadapan Indah Kediri Hadir di Pameran Adiwastra

Berita Foto: Kunjungi stan Batik Asta Dadapan Indah Kediri, salah satu batik nominasi 15 batik Nusantara pilihan desainer Oscar Lawalata go to Paris 2018 Agustus mendatang yang hadir di Pameran

Destinations

Sinergi Pelindo III-Pemkab Banyuwangi Kembangkan Wisata Marina

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, bersama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III akan mengintegrasikan pengembangan lokasi wisata Pantai Boom (Banyuwangi), dengan Benoa (Bali), dan Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur). “Program tersebut

Hotel

100 Layang-Layang Hias akan Resmikan Rhino Cross Triathlon 2018

Rhino Kites Festival (Ist) Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Tanjung Lesung yang merupakan bagian dari 10 Destinasi Pariwisata Prioritas bersama Museum Layang-Layang Indonesia akan menggelar Rhino Kites Festival pada 12 hingga