7 Tips Solo Traveling yang Aman dengan Kereta Api

Traveling memang menyenangkan jika dilakukan dengan banyak orang, bersama teman-teman atau keluarga besar. Namun, tidak semua orang mau menempuh perjalanan menyenangkan itu bersama orang lain karena urusan akomodasi yang ribet, privasi, dan sebagainya. 

Terlepas dari hal tersebut, masalah transportasi juga jadi kendala kalau tandem traveling yang bersangkutan mabuk darat atau tidak bisa naik kendaraan tertentu. Nah, untuk menghindari hal-hal seperti ini, banyak pelancong memutuskan untuk solo traveling saja.

Kalau Anda ingin melakukan perjalanan solo dengan menggunakan kereta api Indonesia untuk liburan, coba simak beberapa tipsnya di bawah ini.

 

kereta api

Pesan Tiket Lebih Awal (Ist)

1. Pesan Tiket Lebih Awa

Beli tiket kereta api lebih awal dari biasanya. Saat ini, tiket H-90 bisa dipesan melalui Traveloka atau situs pemesanan serupa. Dengan memesan tiket lebih awal, Anda bisa lebih mudah memilih lokasi penjelajahan, misal selama satu minggu Anda ingin melakukan penjelajahan di seluruh Jawa Timur hingga Jawa Tengah.

Pemilihan tiket juga membantu Anda mendapatkan tempat duduk yang sesuai dengan keinginan. Misal dekat dengan jendela atau dekat dengan lorong. Beberapa orang lebih menikmati perjalanan dengan melihat pemandangan di luar atau lebih suka tidur.

Membelinya lebih awal juga bertujuan menghindari kehabisan tiket terutama di waktu liburan. Selain itu, tiket yang dipesan sejak jauh-jauh hari memiliki harga yang relatif lebih murah dibandingkan mendekati waktu keberangkatan.

kereta api 2

Buat Rencana Perjalanan yang Tepat (Ist)

2. Buat Rencana Perjalanan yang Tepat

Tentukan terlebih dahulu gaya perjalanan Anda. Apakah perjalanan ingin dilakukan secara backpacker atau seperti traveler pada umumnya. Kalau secara backpacker, pilih kereta dengan perjalanan malam. Tujuannya agar Anda bisa istirahat dengan nyaman di dalam kereta dan hemat biaya akomodasi untuk semalam.

Setelah mengetahui jenis perjalanan yang dilakukan, buatlah itinerary. Daftar dahulu tempat wisata yang ingin Anda kunjungi. Selanjutnya, pelajari juga transportasi yang ada di kota tersebut. Masukkan tempat wisata yang tepat dengan pertimbangan jarak, waktu, dan biaya.

Setelah rencana perjalanan dibuat, masukkan kemungkinan yang akan terjadi. Misal kalau tempat wisata A tutup maka bisa ke wisata B, begitu seterusnya. Itinerary hanya untuk acuan saja, jangan jadi patokan 100 persen.

barang

Packing yang Benar (Ist)

3. Packing yang Benar

Karena perjalanan hanya dilakukan sendirian saja, jangan mengemasi banyak barang untuk dibawa. Daftar semua barang yang penting dan kemungkinan besar bisa masuk semua ke dalam tas. Membawa barang terlalu banyak akan membuat Anda kesusahan dan sedikit mengganggu mobilisasi atau pergerakan.

Jangan membawa dua tas atau lebih. Kemungkinan Anda kesulitan membawanya semakin besar. Selain itu, menjaga dua tas dan satu tas tentu berbeda. Anda bisa lebih konsentrasi dengan satu tas sehingga barang penting atau berharga bisa disimpan dengan aman dalam satu tempat saja.

Karena perjalanan hanya dilakukan sendirian saja, jangan mengemasi banyak barang untuk dibawa. Daftar semua barang yang penting dan kemungkinan besar bisa masuk semua ke dalam tas. Membawa barang terlalu banyak akan membuat Anda kesusahan dan sedikit mengganggu mobilisasi atau pergerakan.

Jangan membawa dua tas atau lebih. Kemungkinan Anda kesulitan membawanya semakin besar. Selain itu, menjaga dua tas dan satu tas tentu berbeda. Anda bisa lebih konsentrasi dengan satu tas sehingga barang penting atau berharga bisa disimpan dengan aman dalam satu tempat saja.

barang mewah

Jangan Bawa Barang Mewah (Ist)

 4. Jangan Bawa Barang Mewah

Jangan membawa banyak barang kecuali yang dibutuhkan, seperti pakaian ganti, ponsel, uang, dan obat-obatan pribadi. Hindari menggunakan perhiasan yang berlebihan atau membawa barang mewah lainnya. Meski keamanan di dalam kereta api terjamin, tetapi tidak menutup kemungkinan kalau kejahatan bisa terjadi di mana saja.

Daripada barang mewah yang dibawa menjadi incaran penjambret, lebih baik ditinggal di rumah saja. Toh, tujuan utama melakukan perjalanan wisata adalah untuk menyegarkan pikiran, bukan untuk pamer.

stasiun

Datang ke Stasiun Lebih Awal (Ist)

5. Datang ke Stasiun Lebih Awal 

Pesan tiket kereta api di Traveloka memang memudahkan Anda untuk mengatur jadwal sesuai dengan keinginan. Namun, Anda tidak disarankan untuk datang mepet atau bahkan terlambat. Sesuai dengan jadwal yang tertera di tiket kereta api, penumpang perlu datang 30 menit lebih awal. Dengan begitu, penumpang bisa menyiapkan banyak hal penting, seperti check-in dan mencetak tiket.

Selain masalah pencetakan tiket, datang lebih awal juga bertujuan untuk berjaga-jaga apabila ada masalah dengan tiket yang dibeli, misal penulisan namanya salah atau kode pesan tidak bisa digunakan. Masalah seperti ini memang kerap diabaikan, tetapi dampaknya cukup besar dan bisa mengganggu perjalanan.

makanan

Bawa Makanan (Ist)

 6. Bawa Makanan

Mengingat lamanya waktu tempuh saat bepergian dengan kereta api, Anda perlu membawa makanan secukupnya. Anda bisa membawa kue atau roti sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi. Untuk mengganjal perut, Anda bisa mengudap biskuit atau kacang-kacangan. Tidak kalah penting, bawalah air mineral demi menjaga asupan cairan pada tubuh sehingga terhindar dari dehidrasi.

Dengan membawa makanan dan minuman dari rumah, Anda tidak perlu lagi membelinya di bagian restorasi. Makanan di sana mungkin tidak sesuai dengan selera atau bujet Anda.

hiburan

Bawa Hiburan (Ist)

7. Bawa Hiburan 

Bepergian sendirian berarti tidak ada teman bicara. Anda pun hanya akan berdiam diri, dan rasanya pasti membosankan. Kalau Anda bisa akrab dengan orang asing mungkin tidak jadi masalah. Namun, kalau Anda malah ketakutan atau tidak tahu harus melakukan apa, bawalah hiburan untuk membunuh waktu.

Anda bisa membaca buku, membawa MP3 player untuk mendengarkan musik kesukaan, menonton youtube atau membawa kamera untuk berburu foto. Kalau Anda sudah capai melakukan aktivitas-aktivitas tersebut, Anda bisa tidur dengan nyenyak. Namun, sebelum tidur, amankan barang-barang berharga seperti ponsel atau dompet ya, sehingga tidak akan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda praktikkan saat melakukan solo traveling dengan kereta api. Dengan melakukan apa yang ditulis di atas, melancong sendirian saja tidak akan membuat Anda takut atau kebingungan. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Travel Operator

Banyuwangi, Pesona dari Ujung Timur Jawa yang Diminati Traveler

Tari gandrung Banyuwangi (Ist) Banyuwangi semakin giat mempromosikan pariwisata. Kabupaten di Jawa Timur terus mengembangkan beragam potensi pariwisata yang ada guna menarik minat traveler berkunjung ke Bumi Blambangan. Beberapa destinasi

SightSeeing

Cinven, CPPIB Capai Kesepakatan Akuisisi Hotelbeds Group

Joan Vilà, CEO Hotelbeds Group (Ist) Cinven, perusahaan ekuitas swasta asal Eropa dan Canada Pension Plan Investment Board (CPPIB) mengumumkan kesepakatan untuk mengakuisisi Hotelbeds Group (Hotelbeds), penyedia layanan perjalanan global

Investments

Kaltara MoU dengan President University untuk Tingkatkan Kualitas SDM

Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Gubernur Kalimantan Utara  Irianto Lambrie dengan Rektor President University Chandra Setiawan (Ist) Kerja sama antara pemerintah provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) dengan PATA Indonesia Chapter dan President

Slideshow

Wisata Bahari yang Tercemar

Suasana di Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu  Wisata bahari memang sudah sejak lama dikenal menjadi andalan Kepulauan Seribu. Gugusan Kepulauan Seribu tidak hanya menawarkan pasir putih dan keindahan panorama bawah

Slideshow

Kembangkan Taman Nasional Merauke untuk Menarik Turis Asing

Daya tarik Merauke di Bumi Cendrawasih memang tidak sedikit. Begitu banyak potensi wisata yang bisa digali sehingga mengundang minat wisatawan, baik dalam maupun luar negeri untuk datang ke Merauke menikmati

Heritage

Menteri Pariwisata Janji Promosikan Pariwisata Banten

Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya berjanji akan mempromosikan tiga agenda pariwisata unggulan di Banten secara nasional dan dunia. Hal tersebut diungkapkan Menteri Pariwisata saat membuka