A Quite Life di Ujung Berau

Labuan Cermin3

Di Danau Labuan Cermin (Ist)

Kalau selama ini Berau di Kalimantan Timur identik dengan Derawan, ternyata daerah ini juga banyak menyimpan keindahan lain, yaitu Danau Labuan Cermin yang tak kalah cantik dengan Derawan.

Untuk Anda yang ingin mencari suasana tenang dan tinggal bersama dengan para penduduk lokal, lebih baik arahkan perjalanan Anda menuju Biduk-biduk. Memang dibutuhkan waktu dan tenaga ekstra  menuju Biduk-biduk.  Dari Jakarta Anda bisa mengambil penerbangan ke Balikpapan, transit di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, kemudian dilanjutkan dengan pesawat menuju bandara Kalimarau di Tanjung Redeb, Ibu Kota Kabupaten Berau dan dilanjutkan dengan perjalanan darat dengan mobil selama 6 jam melintasi perbukitan. meski jalannya terbilang lebar tetapi tidak seluruhnya beraspal dan berkelok-kelok khas jalan perbukitan.

Memasuki Biduk-biduk, lambaian pohon kelapa akan menyambut anda. Tersedia beberapa penginapan di tepi pantai Dengan Tarif sewa penginapan berkisar Rp200 ribu hingga Rp250 ribu per malam untuk kamar tanpa AC.

Labuan Cermin 

Terletak di Daerah Biduk-biduk, Danau Labuan Cermin terkenal sebagai danau dua rasa, rasa asin pada permukaan danau dan rasa tawar pada bagian bawah. Air jernih hijau membuat perahu diatasnya tampak seolah melayang.

Labuan Cermin2

Keindahan Danau Labuan Cermin (Ist)

Waktu terbaik mengunjungi Labuan Cermin adalah pagi hari, bila permukaan danau tenang kita akan meihat pantulan perahu dipermukaan danau. Untuk mencapai teluk ini dibutuhkan waktu lebih kurang sepuluh menit menggunakan perahu dari dermaga di desa Biduk-biduk.

Sayang sekali pada saat saya datang cuaca sedang mendung dan gerimis sehingga saya tidak bisa melihat bening danau yang seperti cermin. Tapi itu tidak membuat saya kecewa dan saya pun segera menceburkan diri untuk merasakan sejuknya air danau dan membuktikan apakah benar terdapat dua rasa air pada danau ini.

Teluk Sulaiman

Teluk Sulaiman terletak lebih kurang 8 km dari penginapan saya di pantai Biduk-biduk. Merupakan pantai berpasir putih dengan dermaga yang menjorok ke laut. Menurut saya di sini adalah tempat terbaik menunggu sunset sambil melihat anak-anak bermain dan perahu-perahu bersandar.

Teluk Sulaiman1

Teluk Sulaiman (Ist)

Bila mau, dari sini kita bisa melanjutkan perjalanan ke pulau Kaniungan Besar untuk snorkeling atau melihat air terjun Teluk Sumbang. Tapi karena keterbatasan waktu, saya pun hanya duduk-duduk sambil melihat kesibukan dermaga sore itu.

Pantai Biduk-Biduk

Nama pantai ini sama dengan nama desanya. Menurut saya ini adalah pantai paling tenang yang pernah saya datangi. Suara desir ombak pagi hari membangunkan saya dan saat saya membuka pintu penginapan nafas saya pun tertahan karena pemandangan di depan mata saya.

Pantai Bidukbiduk2

Pantai Biduk-Biduk (Ist)

Pantai landai biru dengan beberapa pohon bakau terlihat tak berbatas dengan langit. Saya merasa sanggup untuk hanya duduk diam, memandangi perahu dikejauhan dan melihat camar yang meliuk-liuk di depan saya tanpa merasa bosan.

Sesekali warga lewat dan menyapa saya dengan keramahan khas daerah. Ah…sungguh kehidupan yang tenang.

Penulis adalah Ika Suryani Ginting, Ast Marketing Communication Manager Hotel Mercure Jakarta Sabang sekaligus seorang woman traveler.

 

About author



You might also like

Airlines

PATA Apresiasi ICE, Venue PATA Travel Mart 2016

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (kiri) berpose bersama dengan Head of Sales and Marketing ICE Siti Karmila (tengah) dan President Director Deutshe Messe Venue Operations Aage Hansen (Ist) PATA menyampaikan

Nature

Wisatawan Belanda Suka View dari Kereta Wisata

Wisatawan menggunakan kereta wisata (Ist) Wisatawan mancanegara dari Eropa, seperti Belanda menikmati view pemandangan alam Indonesia yang ada di Jawa ketika menggunakan kereta wisata dalam perjalanan dari Bandung ke Yogyakarta.

Slideshow

Kereta Api Pariwisata Gandeng PATA Indonesia Chapter Tingkatkan Kunjungan Wisman

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (kedua dari kiri) dan President Director PT Kereta Api Pariwita Totok Suryono (kedua dari kanan) (Ist) Pemerintah diketahui tengah berupaya merealisasikan target Presiden Jokowi

Nature

Promosi Labuan Bajo Gencar

Direktur Utama Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores Shana Fatina (tengah) (Ist) Suasana Car Free Day (CFD) Jakarta semakin meriah dan seru dengan kehadiran Destinasi Super Prioritas Labuan Bajo, Nusa

Slideshow

Lulusan SD Membangun Warteg Kharisma Bahari untuk Angkat Derajat Warteg

Kuliner di Warteg Kharisma Bahari (Ist) Hanya bermodalkan ijazah sekolah dasar (SD) tak membuat sosok pria yang terbilang masih muda asal Tegal, Jawa Tengah ini menyerah pada kenyataan hidup di

Festival

Batik RI, dari Keraton hingga Rakyat Biasa yang Digemari Warga Dunia

Proses membatik (Ist) 2 Oktober 2009 menjadi bagian yang penting dalam sejarah perjalanan negeri ini. Ya, lembaga dunia, PBB mengakui Batik Indonesia sebagai warisan budaya. Menarik memang mengenal batik Indonesia