A Quite Life di Ujung Berau

Labuan Cermin3

Di Danau Labuan Cermin (Ist)

Kalau selama ini Berau di Kalimantan Timur identik dengan Derawan, ternyata daerah ini juga banyak menyimpan keindahan lain, yaitu Danau Labuan Cermin yang tak kalah cantik dengan Derawan.

Untuk Anda yang ingin mencari suasana tenang dan tinggal bersama dengan para penduduk lokal, lebih baik arahkan perjalanan Anda menuju Biduk-biduk. Memang dibutuhkan waktu dan tenaga ekstra  menuju Biduk-biduk.  Dari Jakarta Anda bisa mengambil penerbangan ke Balikpapan, transit di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, kemudian dilanjutkan dengan pesawat menuju bandara Kalimarau di Tanjung Redeb, Ibu Kota Kabupaten Berau dan dilanjutkan dengan perjalanan darat dengan mobil selama 6 jam melintasi perbukitan. meski jalannya terbilang lebar tetapi tidak seluruhnya beraspal dan berkelok-kelok khas jalan perbukitan.

Memasuki Biduk-biduk, lambaian pohon kelapa akan menyambut anda. Tersedia beberapa penginapan di tepi pantai Dengan Tarif sewa penginapan berkisar Rp200 ribu hingga Rp250 ribu per malam untuk kamar tanpa AC.

Labuan Cermin 

Terletak di Daerah Biduk-biduk, Danau Labuan Cermin terkenal sebagai danau dua rasa, rasa asin pada permukaan danau dan rasa tawar pada bagian bawah. Air jernih hijau membuat perahu diatasnya tampak seolah melayang.

Labuan Cermin2

Keindahan Danau Labuan Cermin (Ist)

Waktu terbaik mengunjungi Labuan Cermin adalah pagi hari, bila permukaan danau tenang kita akan meihat pantulan perahu dipermukaan danau. Untuk mencapai teluk ini dibutuhkan waktu lebih kurang sepuluh menit menggunakan perahu dari dermaga di desa Biduk-biduk.

Sayang sekali pada saat saya datang cuaca sedang mendung dan gerimis sehingga saya tidak bisa melihat bening danau yang seperti cermin. Tapi itu tidak membuat saya kecewa dan saya pun segera menceburkan diri untuk merasakan sejuknya air danau dan membuktikan apakah benar terdapat dua rasa air pada danau ini.

Teluk Sulaiman

Teluk Sulaiman terletak lebih kurang 8 km dari penginapan saya di pantai Biduk-biduk. Merupakan pantai berpasir putih dengan dermaga yang menjorok ke laut. Menurut saya di sini adalah tempat terbaik menunggu sunset sambil melihat anak-anak bermain dan perahu-perahu bersandar.

Teluk Sulaiman1

Teluk Sulaiman (Ist)

Bila mau, dari sini kita bisa melanjutkan perjalanan ke pulau Kaniungan Besar untuk snorkeling atau melihat air terjun Teluk Sumbang. Tapi karena keterbatasan waktu, saya pun hanya duduk-duduk sambil melihat kesibukan dermaga sore itu.

Pantai Biduk-Biduk

Nama pantai ini sama dengan nama desanya. Menurut saya ini adalah pantai paling tenang yang pernah saya datangi. Suara desir ombak pagi hari membangunkan saya dan saat saya membuka pintu penginapan nafas saya pun tertahan karena pemandangan di depan mata saya.

Pantai Bidukbiduk2

Pantai Biduk-Biduk (Ist)

Pantai landai biru dengan beberapa pohon bakau terlihat tak berbatas dengan langit. Saya merasa sanggup untuk hanya duduk diam, memandangi perahu dikejauhan dan melihat camar yang meliuk-liuk di depan saya tanpa merasa bosan.

Sesekali warga lewat dan menyapa saya dengan keramahan khas daerah. Ah…sungguh kehidupan yang tenang.

Penulis adalah Ika Suryani Ginting, Ast Marketing Communication Manager Hotel Mercure Jakarta Sabang sekaligus seorang woman traveler.

 

About author



You might also like

Cuisine

Segera Kunjungi Takalar Akhir Pekan Ini, Nikmati Wisata Bahari

Pesona wisata di Takalar (Ist) Takalar di Sulawesi Selatan (Sulsel) dikenal kaya akan beragam potensi wisata bahari. Kabupaten yang terletak di Sulsel ini terus mengembangkan dan mempromosikan pesona pariwisata yang

Festival

Abang None Kepulauan Seribu Promosikan Destinasi Wisata Kepulauan Seribu

Press conference Abang None Kepulauan Seribu 2017 (Ist) Pemerintah mendukung Abang None Kepulauan Seribu 2017 untuk ikut serta mempromosikan beragam potensi budaya dan pariwisata yang ada di Kepulauan Seribu Jakarta.

Culture

TripAdvisor Pilih Hotel Neo Samadikun Cirebon

Gifta Oktavia Rappe (Ist) Situs perjalanan TripAdvisor mengungkap temuan menarik mengenai alasan wisatawan menulis ulasan tentang Hotel Neo Samadikun Cirebon. Ya, hotel yang ada di Cirebon, Jawa Barat ini tengah

Nature

Bus Wonderful Indonesia Keliling Perancis

Bus Wonderful Indonesia keliling Perancis (Ist) Promosi Indonesia pada September tidak akan berhenti di acara TOP RESA. Mulai 26 hingga 30 September 2016, VITO bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata akan

SightSeeing

Batik Fractal Pameran di Malaysia

Presiden Jokowi ketika mengunjungi booth Batik Fractal di Bandung (Ist) Batik Fractal akan mengikuti pameran di Festival Indonesia di Penang, Malaysia. Menariknya di negeri jiran itu, Batik Fractal siap untuk

Culture

Datuk Hamzah Rahmat Dipercaya Jadi Direktur Eksekutif FATA

FATA Board Members (Ist) Federasi Asosiasi Perjalanan ASEAN (FATA) telah menyelenggarakan Rapat Dewan dan menunjuk Datuk Hamzah Rahmat sebagai Direktur Eksekutif. Adapun Dewan juga mempertahankan Hamzah untuk menjadi Perwakilan Resmi