‘Ada Marina, Tanjung Lesung Bakal ‘Gila’ Bagusnya’

Fully-Aswar

Ketua Indonesia Jet sport Boating Association (IJBA) Syaiful Ihsan (Ist)  

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung menempatkan marina dalam masterplan-nya. Rencana pembangunan marina akan dilakukan pada tahun ini guna mengimbangi pembangunan jalan tol Serang-Panimbang yang terus dikejar pemerintah sesuai janji Presiden Jokowi.

Ketua Indonesia Jet sport Boating Association (IJBA) Syaiful Ihsan atau biasa dipanggil Fully mengatakan, marina di Tanjung Lesung tersebut sudah tepat dan dapat menjadi magnet bagi wilayah perairan di barat Indonesia.

“Ini daerah bakalan ‘gila’ bagusnya, pemerintah harusnya konsentrasi di situ. Event air internasional di situ? Sangat memungkinkan, asalkan pikirkan rumah sakit, keamanan kawasan, listrik untuk kapal bersandar dan logistik seperti bensin pertamax untuk jet ski. Karena mereka (panitia internasional-red) pasti menanyakan hal-hal dasar seperti itu mesti ada,” ujarnya belum lama ini.

“Sekali lagi jika di Tanjung Lesung mau dibangun marina sudah pas, saya bisa atur kapal-kapal yang ada di Singapura untuk keluar dan bersandar di sana. Menurut saya di barat Indonesia hanya butuh dua marina, satu di Tanjung Lesung satunya lagi di Sumatera Barat”, tuturnya.

“Presiden Jokowi sudah buka yang ada di Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan. Mereka pun koordinasi dengan kita, yang akhirnya kita sarankan miliki juga boat tour di Mandeh untuk melengkapi fasilitas wisatanya. Semoga daerah lain juga berkoordinasi dengan kita agar daerah tersebut maksimal, jangan seperti yang sudah-sudah marina jadi tapi tidak sesuai standar dan sepi”.

Fully menambahkan bahwa pembangunan marina harusnya bisa cepat lantaran dirinya memiliki network-nya, mulai dari hulu ke hilir hingga ke konsumennya yang berada di Amerika Serikat, Singapura dan Polandia.

“Pemilik kapal gak jauh-jauh mainannya, balapan mobil, UTV, ATV atau semua yang bermesin extreme biasanya punya,” urainya. Fully mengingatkan nantinya di Tanjung Lesung pasir dan bebatuan di tepi pantai tidak boleh dirusak, marina di sana harus juga dilindungi dari arus selatan.

Mengagumi lokasi Tanjung Lesung, Fully pun menyarankan pembangunan airport harusnya menggunakan airport lama yang sudah ada sejak peninggalan Belanda di daerah Sumur dengan runway 3km.

“Saya harapkan pemerintah daerah setempat juga semakin semangat mengembangkan daerah wisatanya karena sekarang masih belum maksimal. Daerah wisata yang terkenal saja masih gelap tidak ada penerangan jalan kalau malam” ujarnya.

Berbicara mengenai aktivitasi IJBA Fully mengatakan, “Hampir semua daerah yang berada di pesisir Banten kita yang bantu membesarkan skill olahraga airnya dan juga penyewaan jet-ski dan lain-lain, agar mereka bisa mandiri”.

Fully pun menjelaskan harusnya mengerti kebiasaan konsumen, “Membangun marina harus mengerti kebiasaan konsumennya, tidak semua pemilik kapal mau tinggal di kapal ketika bersandar. Karenanya pengelola kawasan harus siapkan ‘mainan’ karena mereka boring. Mereka biasanya mau berendam di air tawar, main ATV, UTV sehingga track ATV dan UTV harus disiapkan, baru konsumen daratnya juga akan meluangkan waktu khusus di Tanjung Lesung”.

“Sebelum marina jadi saya harapkan ada Sail Regatta-Tanjung Lesung dalam waktu dekat, tolong kita dilibatkan” tutupnya. Seperti diketahui PT BWJ, anak perusahaan PT Jababeka Tbk merupakan pengelola Tanjung Lesung, saat ini bekerja sama dengan PT Pelindo II untuk pembangunan marina tersebut.

Dihubungi terpisah Direktur Utama PT BWJ Poernomo Siswoprasetijo mengatakan, pembangunan marina sekarang masih dalam tahap feasibility studies. (Gabriel Bobby/berbagai sumber) 



About author



You might also like

Slideshow

Gratis Masuk Jungleland dengan Taksi Blue Bird

Amelia Nasution, Marketing Director PT Blue Bird (kiri) dan Darsono, Direktur PT Jungleland Asia Traveling ke Jungleland kini bisa gratis dengan menggunakan taksi merek Blue Bird. Ya, Jungleland secara resmi

Tour Package

Halal Tourism untuk Mendorong Pertumbuhan Perekonomian Nasional

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (kemeja putih) (Ist) Halal tourism memang menjadi potensi Indonesia sebab semakin banyak wisatawan mancanegara yang datang ke negeri ini. Wisatawan mancanegara yang tertarik berkunjung

Nature

Ketika Ninik Irawan Bangga Batik Cirebon

Ninik Irawan (Ist) Hari Batk Nasional yang diperingati setiap 2 Oktober memang menjadi momen bagus untuk memperlihatkan masyarakat Indonesia tak pernah lupa akan kain tradisional warisan Nusantara ini. Ninik Irawan,

Tourism

Jangan Lupa Festival Pesona Cirebon

Kereta Singa Barong (Ist) Festival Pesona Cirebon yang akan diselenggarakan pada 31 Maret hingga 2 April mendatang oleh Keraton Kasepuhan dan Pemerintah Cirebon, Jawa Barat, merupakan awal mula deklarasi Cirebon

Slideshow

Tito Dukung Komnas HAM Monitor Kasus Novel Baswedan

Tito Hananta Kusuma (Ist) Pengacara Tito Hananta Kusuma mendukung Komnas HAM dan Polri untuk mengusut kasus Novel Baswedan. Adapun dengan kepulangan Novel ke Indonesia setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit

Tour Package

Ke Yogyakarta Jangan Lupa Mampir Sendangsono

Sendangsono (Ist) Menyambut Paskah 2016, mungkin ada pembaca patainanews.com yang juga tertarik untuk melakukan wisata religi. Bagi wisatawan yang menyukai wisata religi, banyak destinasi menarik yang dapat dikunjungi di Indonesia.