‘Ada Marina, Tanjung Lesung Bakal ‘Gila’ Bagusnya’

Fully-Aswar

Ketua Indonesia Jet sport Boating Association (IJBA) Syaiful Ihsan (Ist)  

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung menempatkan marina dalam masterplan-nya. Rencana pembangunan marina akan dilakukan pada tahun ini guna mengimbangi pembangunan jalan tol Serang-Panimbang yang terus dikejar pemerintah sesuai janji Presiden Jokowi.

Ketua Indonesia Jet sport Boating Association (IJBA) Syaiful Ihsan atau biasa dipanggil Fully mengatakan, marina di Tanjung Lesung tersebut sudah tepat dan dapat menjadi magnet bagi wilayah perairan di barat Indonesia.

“Ini daerah bakalan ‘gila’ bagusnya, pemerintah harusnya konsentrasi di situ. Event air internasional di situ? Sangat memungkinkan, asalkan pikirkan rumah sakit, keamanan kawasan, listrik untuk kapal bersandar dan logistik seperti bensin pertamax untuk jet ski. Karena mereka (panitia internasional-red) pasti menanyakan hal-hal dasar seperti itu mesti ada,” ujarnya belum lama ini.

“Sekali lagi jika di Tanjung Lesung mau dibangun marina sudah pas, saya bisa atur kapal-kapal yang ada di Singapura untuk keluar dan bersandar di sana. Menurut saya di barat Indonesia hanya butuh dua marina, satu di Tanjung Lesung satunya lagi di Sumatera Barat”, tuturnya.

“Presiden Jokowi sudah buka yang ada di Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan. Mereka pun koordinasi dengan kita, yang akhirnya kita sarankan miliki juga boat tour di Mandeh untuk melengkapi fasilitas wisatanya. Semoga daerah lain juga berkoordinasi dengan kita agar daerah tersebut maksimal, jangan seperti yang sudah-sudah marina jadi tapi tidak sesuai standar dan sepi”.

Fully menambahkan bahwa pembangunan marina harusnya bisa cepat lantaran dirinya memiliki network-nya, mulai dari hulu ke hilir hingga ke konsumennya yang berada di Amerika Serikat, Singapura dan Polandia.

“Pemilik kapal gak jauh-jauh mainannya, balapan mobil, UTV, ATV atau semua yang bermesin extreme biasanya punya,” urainya. Fully mengingatkan nantinya di Tanjung Lesung pasir dan bebatuan di tepi pantai tidak boleh dirusak, marina di sana harus juga dilindungi dari arus selatan.

Mengagumi lokasi Tanjung Lesung, Fully pun menyarankan pembangunan airport harusnya menggunakan airport lama yang sudah ada sejak peninggalan Belanda di daerah Sumur dengan runway 3km.

“Saya harapkan pemerintah daerah setempat juga semakin semangat mengembangkan daerah wisatanya karena sekarang masih belum maksimal. Daerah wisata yang terkenal saja masih gelap tidak ada penerangan jalan kalau malam” ujarnya.

Berbicara mengenai aktivitasi IJBA Fully mengatakan, “Hampir semua daerah yang berada di pesisir Banten kita yang bantu membesarkan skill olahraga airnya dan juga penyewaan jet-ski dan lain-lain, agar mereka bisa mandiri”.

Fully pun menjelaskan harusnya mengerti kebiasaan konsumen, “Membangun marina harus mengerti kebiasaan konsumennya, tidak semua pemilik kapal mau tinggal di kapal ketika bersandar. Karenanya pengelola kawasan harus siapkan ‘mainan’ karena mereka boring. Mereka biasanya mau berendam di air tawar, main ATV, UTV sehingga track ATV dan UTV harus disiapkan, baru konsumen daratnya juga akan meluangkan waktu khusus di Tanjung Lesung”.

“Sebelum marina jadi saya harapkan ada Sail Regatta-Tanjung Lesung dalam waktu dekat, tolong kita dilibatkan” tutupnya. Seperti diketahui PT BWJ, anak perusahaan PT Jababeka Tbk merupakan pengelola Tanjung Lesung, saat ini bekerja sama dengan PT Pelindo II untuk pembangunan marina tersebut.

Dihubungi terpisah Direktur Utama PT BWJ Poernomo Siswoprasetijo mengatakan, pembangunan marina sekarang masih dalam tahap feasibility studies. (Gabriel Bobby/berbagai sumber) 

About author



You might also like

Airlines

TRAC Layani Kebutuhan Transportasi di IMF-WB Annual Meeting 2018

Negara-negara peserta IMF World Bank AM 2018 (Ist) Indonesia mendapat kepercayaan untuk menjadi tuan rumah IMF-World Bank Annual Meeting (AM) 2018, menyambut 15.000 delegasi dari 189 negara anggota. Dalam acara

Airlines

Indonesia Incorporated, Meraih Target 15 Juta Kunjungan Wisman 2017

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Kementerian Pariwisata (Kemenpar)  menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepariwisataan ke-IV sebagai upaya meningkatkan sinergitas semua unsur pariwisata dalam pentahelix (akademisi, pelaku bisnis, komunitas, pemerintah, dan media massa)

Slideshow

Kopi Luwak Ratu Terima Penghargaan dari Princess Astrid

  Berita Foto: CEO Kopi Luwak Ratu Madrima Kusumah Andhini (jilbab hitam) menerima penghaargaan untuk Kopi Luwak Ratu dari Princess Astrid dari Belgia dan YBA dalam Seminar USB ITB – Universitas

Cuisine

Ketika Anggi Melestarikan Budaya Nusantara untuk Menarik Minat Wisman Berkunjung ke Indonesia

Anggi (kanan) ketika mendapat kesempatan menari di Thailand (Ist) Indonesia selama ini memang kaya akan beragam potensi wisata yang tersebar mulai dari kawasan timur negeri ini hingga wilayah barat yang

Slideshow

Mesa Hotels & Resorts ‘Safety Week’

B erpose bersama dalam ‘Safety Week’ (Ist) Pada 7 hingga 11 September 2015, Mesa Hotels and Resorts menyelenggarakan seminar selama lima hari bertajuk ‘Safety Week’ untuk mengingatkan perusahaan dan bisnis

Destinations

Lombok Menang di World Halal Travel Awards 2015, Warna Baru dalam Pariwisata RI

LA Hadi Faishal (Ist) Industri pariwisata di Lombok, Nusa Tenggara Barat tengah berbunga lantaran ikut memberikan kontribusi besar bagi Indonesia dalam pentas dunia, yakni mengharumkan negeri ini dengan meraih dua