Akses Kian Banyak, Jumlah Kunjungan Wisman Melonjak

WhatsApp Image 2017-06-16 at 09.52.14

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) (Ist)

Menteri Pariwisata Arief Yahya boleh tersenyum. Upaya menjaring wisatawan mancanegara semakin menunjukkan progress positif. Kegetolan Menteri Pariwisata yang mantan Dirut PT Telkom ini dalam melobi airlines, airports, air navigation, Kemenhub, KemenPUPR kian berdampak serius.

Kemudahan akses dan konektivitas itu makin terasa tampak hasilnya. “Tapi saya belum bisa tidur! Kenaikan 22,4 persen itu masih di bawah proyeksi yang ditargetkan Presiden Jokowi 25%,” aku Menpar Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Rabu (2/8/2017).

Lalu apa yang mau dikejar untuk menembus target growth 25%? Menpar Arief menyebut deregulasi! “Permudah akses masuk berwisata ke Indonesia. Aturan yang banyak menjerat harus diperbaiki agar lebih banyak wisman yang masuk,” kata dia.

Dia mencontohkan cruise atau kapal pesiar yang masih belum optimal. Jika cruise bisa mendapat kemudahan, maka percepatan itu akan lebih terasa impactnya. “Kita punya potensi yang besar, di pariwisata, tapi performansinya masih belum optimal,” ujar Arief Yahya.

Adapun Badan Pusat Statistik (BPS) baru saja merilis data tentang jumlah kunjungan wisman selama Juni 2017. Angkanya mencapai 1,13 juta. Dibandingkan periode yang sama tahun lalu, angka itu merupakan lompatan signifikan. Sebab, jumlah wisman selama Juni 2017 melonjak 31,61 persen dibanding Juni 2016 yang mencapai 857,65 ribu.

Akumulasi jumlah kunjungan wisman selama selama semester I 2017 (Januari-Juni) juga menunjukkan progres signifikan. Sepanjang semester I 2017, jumlah wisman mencapai 6,48 juta atau naik 22,42 persen dibanding periode yang sama pada 2016 yang mencapai angkat 5,29

Lonjakan jumlah wisman juga berimbas ke Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel berbintang. TPK selama Juni 2017 mencapai rata-rata 51,02 persen atau naik 2,39 poin dibandingkan dengan TPK Juni 2016 yang tercatat sebesar 48,63 persen.

“Rata-rata lama menginap tamu asing dan Indonesia pada hotel klasifikasi bintang di Indonesia selama Juni 2017 tercatat sebesar 1,92 hari, terjadi kenaikan 0,08 poin jika dibandingkan keadaan Juni 2016,” ujar Kepala BPS Suhariyanto dalam rilis di Jakarta, Selasa (1/8/2017).

BPS juga mencatat kunjungan wisman reguler melalui 19 pintu utama pada Juni 2017 mengalami kenaikan 16,17 persen dibandingkan Juni 2016. Lonjakan tertinggi terjadi di Bandara Sam Ratulangi Manado yang mencapai 261,24 persen.

Kecuk -panggilan Suharyanto- mengatakan, penerbangan langsung Manado-Tiongkok telah membuat lonjakan jumlah wisman melalui Bandara Sam Ratulangi. “Peningkatan wisman karena direct flight Manado-China, ada juga penerbangan charter meningkatkan pasar,” tuturnya.

Bahkan wisman melalui Pos Lintas Batas (PLB) pun mengalami lonjakan luar biasa. Selama Juni 2017, ada 162,78 ribu wisman crossborder yang masuk Indonesia atau meningkat 671,67 persen dibandingkan Jini 2016 yang hanya 21,09 ribu.

Wisman pelintas batas selama Juni 2017 juga meningkat dibanding Mei. Peningkatannya mencapai 10,81 persen. Suharyanto juga memerinci, dari 1,13 juta wisman yang berkunjung ke Indonesia selama Juni 2017, turis asal Tiongkok memang masih dominan karena mencapai 14,19 persen. Selanjutnya adalah Singapura (11,66 persen), Australia (9,57 persen), Malaysia (8,13 persen) dan India (4,51 persen).

Dalam catatan BPS, jumlah kunjungan kenaikan wisman itu disebabkan adanya metode penghitungan menggunakan mobile positioning data (MPD). Metode itu memang belum diterapkan pada Juni 2016. “Tujuan penggunaan MPD adalah untuk meningkatkan cakupan data wisman yang berada di wilayah perbatasan Indonesia dan belum tercatat di TPI (Tempat Pemeriksaan Imigrasi,red),” paparnya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Hotel

Amazing Hotel Siap Sukseskan ASIAN GAMES 2018

Logo ASIAN GAMES 2018 (Ist) Manajemen Amazing Hotel Management (AHM) tampak antusias untuk ikut mensukseskan penyelenggaraan ASIAN GAMES 2018. Adapun Jakarta dan Palembang, Sumatera Selatan dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan

Slideshow

Mengintip Strategi Industri Sepeda di Pasar Global

Polygon (Ist) Era perdagangan bebas saat ini menuntut setiap industri untuk lebih meningkatkan keunggulan kompetitifnya dan lebih kreatif  di pasar global.  Hal ini pula yang dilakukan industri sepeda Polygon, sebagai

Destinations

Destinasi Wisata Instagramable Daya Tarik Milenal Traveling di Indonesia

Nico Lambert Gultom dan teman-temannya ketika berlibur di Pulau Sempu, Malang (Ist) Surga kecil yang jatuh ke bumi itu namanya Indonesia. Ya, patut disyukuri negeri ini dikenal sebagai tanah yang

Indonesiaku

Laksana Memperkenalkan Uji Guling Standard UN ECE-R66

Stefan Arman, Direktur Teknik Laksana Bus (Ist) Laksana Bus didirikan pada 1967 silam oleh Yusuf Arman dan mengawalinya dengan memproduksi bengkel mesin otomotif. Sejak berdiri, Laksana terus berevolusi dan berinovasi

Heritage

Kereta Wisata akan Promosikan Pariwisata di Jawa ke Malaysia

Wisatawan di kereta wisata (Ist) Manajemen PT Kereta Api Pariwisata merencanakan untuk mempromosikan berbagai potensi pariwisata Indonesia, utamanya yang tersebar di Jawa di negeri jiran, Malaysia. Hal tersebut dikatakan Presiden

Festival

Penting Tampil di JFW 2015

‘The Golden Route’ Lindy Ann (Ist) Jogja Fashion Week (JFW) 2015 resmi dibuka. Untuk tahun ini, tema yang diusung adalah Svarna Archipelago atau mengangkat keanekaragaman fesyen dan pariwisata daerah di Indonesia. Adapun