Akses Kian Banyak, Jumlah Kunjungan Wisman Melonjak

WhatsApp Image 2017-06-16 at 09.52.14

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) (Ist)

Menteri Pariwisata Arief Yahya boleh tersenyum. Upaya menjaring wisatawan mancanegara semakin menunjukkan progress positif. Kegetolan Menteri Pariwisata yang mantan Dirut PT Telkom ini dalam melobi airlines, airports, air navigation, Kemenhub, KemenPUPR kian berdampak serius.

Kemudahan akses dan konektivitas itu makin terasa tampak hasilnya. “Tapi saya belum bisa tidur! Kenaikan 22,4 persen itu masih di bawah proyeksi yang ditargetkan Presiden Jokowi 25%,” aku Menpar Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Rabu (2/8/2017).

Lalu apa yang mau dikejar untuk menembus target growth 25%? Menpar Arief menyebut deregulasi! “Permudah akses masuk berwisata ke Indonesia. Aturan yang banyak menjerat harus diperbaiki agar lebih banyak wisman yang masuk,” kata dia.

Dia mencontohkan cruise atau kapal pesiar yang masih belum optimal. Jika cruise bisa mendapat kemudahan, maka percepatan itu akan lebih terasa impactnya. “Kita punya potensi yang besar, di pariwisata, tapi performansinya masih belum optimal,” ujar Arief Yahya.

Adapun Badan Pusat Statistik (BPS) baru saja merilis data tentang jumlah kunjungan wisman selama Juni 2017. Angkanya mencapai 1,13 juta. Dibandingkan periode yang sama tahun lalu, angka itu merupakan lompatan signifikan. Sebab, jumlah wisman selama Juni 2017 melonjak 31,61 persen dibanding Juni 2016 yang mencapai 857,65 ribu.

Akumulasi jumlah kunjungan wisman selama selama semester I 2017 (Januari-Juni) juga menunjukkan progres signifikan. Sepanjang semester I 2017, jumlah wisman mencapai 6,48 juta atau naik 22,42 persen dibanding periode yang sama pada 2016 yang mencapai angkat 5,29

Lonjakan jumlah wisman juga berimbas ke Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel berbintang. TPK selama Juni 2017 mencapai rata-rata 51,02 persen atau naik 2,39 poin dibandingkan dengan TPK Juni 2016 yang tercatat sebesar 48,63 persen.

“Rata-rata lama menginap tamu asing dan Indonesia pada hotel klasifikasi bintang di Indonesia selama Juni 2017 tercatat sebesar 1,92 hari, terjadi kenaikan 0,08 poin jika dibandingkan keadaan Juni 2016,” ujar Kepala BPS Suhariyanto dalam rilis di Jakarta, Selasa (1/8/2017).

BPS juga mencatat kunjungan wisman reguler melalui 19 pintu utama pada Juni 2017 mengalami kenaikan 16,17 persen dibandingkan Juni 2016. Lonjakan tertinggi terjadi di Bandara Sam Ratulangi Manado yang mencapai 261,24 persen.

Kecuk -panggilan Suharyanto- mengatakan, penerbangan langsung Manado-Tiongkok telah membuat lonjakan jumlah wisman melalui Bandara Sam Ratulangi. “Peningkatan wisman karena direct flight Manado-China, ada juga penerbangan charter meningkatkan pasar,” tuturnya.

Bahkan wisman melalui Pos Lintas Batas (PLB) pun mengalami lonjakan luar biasa. Selama Juni 2017, ada 162,78 ribu wisman crossborder yang masuk Indonesia atau meningkat 671,67 persen dibandingkan Jini 2016 yang hanya 21,09 ribu.

Wisman pelintas batas selama Juni 2017 juga meningkat dibanding Mei. Peningkatannya mencapai 10,81 persen. Suharyanto juga memerinci, dari 1,13 juta wisman yang berkunjung ke Indonesia selama Juni 2017, turis asal Tiongkok memang masih dominan karena mencapai 14,19 persen. Selanjutnya adalah Singapura (11,66 persen), Australia (9,57 persen), Malaysia (8,13 persen) dan India (4,51 persen).

Dalam catatan BPS, jumlah kunjungan kenaikan wisman itu disebabkan adanya metode penghitungan menggunakan mobile positioning data (MPD). Metode itu memang belum diterapkan pada Juni 2016. “Tujuan penggunaan MPD adalah untuk meningkatkan cakupan data wisman yang berada di wilayah perbatasan Indonesia dan belum tercatat di TPI (Tempat Pemeriksaan Imigrasi,red),” paparnya. (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

Tourism

AlamPersada Dipercaya Wisman ke Indonesia

Lusi Evie Marya Mengetahui banyak wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia, termasuk ke Yogyakarta, maka AlamPersada Tour & Travel pun menangkap peluang bisnis dengan ikut melayani wisatawan mancanegara yang ingin

Slideshow

Menikmati Wisata Kuliner di Kotabaru

Wisata kuliner di Kotabaru  Pesona wisata di Indonesia memang tersebar di berbagai daerah, mulai dari kawasan Indonesia timur hingga wilayah barat Nusantara. Tak hanya Bali, Lombok, negeri ini kaya akan

Cuisine

Coldplay Promosikan Pariwisata Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya menyampaikan apresiasi terhadap Coldplay, grup musik asal London, Inggris yang telah ikut mempromosikan beragam potensi pariwisata Indonesia ke mancanegara. “Beberapa

World Heritage

Wisata Budaya Jawa Mengajak Wisman ke Yogya

Lusi Evie Marya Budaya asli Indonesia, termasuk budaya Jawa patut diacungi jempol lantaran menjadi alasan bagi wisatawan mancanegara (wisman) untuk berkunjung ke negeri ini, selain mereka datang untuk menikmati keindahan

Heritage

Dodol Garut, Kuliner Khas yang Menggugah Selera

Dodol Garut, kuliner khas yang disukai wisatawan Nusantara Garut yang terletak di Jawa Barat dikenal dan dengan julukan ‘Swiss van Java’ kaya akan beragam potensi pariwisata, budaya dan kearifan lokal.

All About Indonesia

‘Pemerintah Harus Tegas Menumpas Terorisme!’

KH Taufik Damas (Ist) Baru saja beberapa hari yang lalu berita mengejutkan datang dari Mako Brimob, yaitu tindakan teror yang menyebabkan gugurnya lima anggota Polri. Dan, Minggu (13/5/2018) bom meledak