Aksi Sosial Pelindo III di Kalimantan Tengah

logo Pelindo III yg baru

Logo PT Pelindo III (Ist)

Berkaitan dengan rangkaian  kegiatan dari Kementerian BUMN hadir untuk negeri, PT Pelindo III merealisasikan program tersebut berupa aksi sosial di Kalimantan Tengah. Beberapa kegiatan diantaranya perbaikan puluhan fasilitas MCK dan air bersih serta pemberian pelatihan pengelolaan ternak di desa Sumber Makmur, Kecamatan Mentaya Hilir Utara.

Selain itu, pemasangan sambungan listrik juga akan dilakukan di beberapa wilayah yang belum mendapat pasokan lisrik hingga saat ini. Direktur SDM dan Umum Pelindo III Toto Heliyanto membuka kegiatan Program Bina Desa yang berlangsung di Kantor Balai Penyuluhan Pertanian Desa Sumber Makmur selama dua hari dimulai pada Kamis (15/9/2016).

Acara yang bermaterikan bimbingan teknik pembuatan pakan ternak diikuti oleh sedikitnya 50 orang peserta yang bersal dari enam kelompok tani. Para peserta diberikan pembekalan oleh para instruktur dari Balai Penyuluhan dengan materi pengolahan pakan ternak, kesehatan hewan, dan gangguan reproduksi.

Bahan baku pengolahan pakan ternak sapi berasal dari pelepah kelapa sawit dan beberapa campuran lainnya, salah satunya bungkil. Tidak hanya itu, para peserta  juga diberikan bantuan alat kerja berupa satu unit pengolah pakan ternak sapi terdiri dari mesin pencacah dan mixer.

“Hal ini merupakan metode untuk memanfaatkan limbah pohon kelapa sawit yang banyak terdapat di sekitar desa Sumber Makmur yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian warga sekitar,” ucap Toto dalam siaran pers yang diterima patainanews.com baru-baru ini.

Sedangkan mengenai bantuan pembuatan 50 MCK, Pelindo III telah berkoordinasi  dengan Dinas Kesehatan setempat terkait lokasi penempatan toilet umum tersebut.  Ada tiga tempat yang perlu dukungan pemasangan MCK di Kotawaringin Timur, yakni dua untuk sekolah dasar dan satu  di Taman Kota Sampit.

“Dinas Kesehatan juga mengarahkan ke beberapa wilayah seperti Mentaya Hilir Selatan, Teluk Sampit, Pulau Hanaut, dan Mentaya Hilir Utara. Namun, Teluk Sampit dan Pulau Hanaut lebih diutamakan karena sangat memerlukan,” kata GM Pelindo III Sampit Agus Dwi Wahyono yang turut hadir pada program Bina Desa tersebut.

“Kegiatan pembangunan MCK tersebut mendapat dukungan dari warga dan Dinas Kesehatan setempat  karena sejalan dengan program ‘Stop Buang Air Besar Sembarangan’ karena masih banyak warga buang air besar di sungai yang sangat beresiko bagi kesehatan,” ujar Agus.

Pelindo III juga berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum guna mempermudah proses pengerjaannya. Selain itu, kerja sama dengan dinas kesehatan sedang dilakukan guna pelaksanaan sosialisasi kesehatan lingkungan ke Sekolah Dasar yang rencana kegiatannya akan dimulai pada 2017 mendatang. (Gabriel Bobby) 

About author



You might also like

Festival

Ketika Raja Swedia Menikmati Kereta Wisata

Rombongan Raja dan Ratu Swedia di dalam kereta wisata dari Jakarta ke Bandung (Ist) Raja Swedia Carl XVI Gustaf dan Ratu Silvia ketika ada di Indonesia melakukan perjalanan dari Jakarta

Slideshow

d’Praya Lombok Hotel Sigap Layani Tamu Penutupan BIL

LA Hadi Faishal (kiri mengenakan batik) mendampingi Cita Citata di d’Praya Lombok Hotel Manajemen d’Praya Lombok Hotel mengaku tidak terganggu dengan penutupan Bandara Internasional Lombok (BIL) lantaran dampak erupsi Gunung

Tourism

Menikmati Cirebon Kala Weekend

Keraton Kasepuhan Cirebon Cirebon, Jawa Barat kini semakin dekat. Sejak dibuka Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), jarak Cirebon semakin dekat dari Jakarta lantaran jarak tempuh Jakarta menuju Cirebon semakin cepat sehingga bisa

Heritage

Rally Wisata Promosikan Destinasi Wisata Tanjung Lesung

Wisatawan di Tanjung Lesung (Ist) Ratusan pelaku otomotif dari berbagai daerah Sabtu (25/3/2017) memeriahkan event Rally Wisata ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Banten. Rally

Hotel

Putri Pariwisata 2016 Cinta Budaya Indonesia

Finalis Putri Pariwisata 2016 (Ist) Pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2016, 37 finalis menampilkan kegiatan yang menarik yang berkaitan dengan budata Indonesia. Para finalis menunjukkan bakat dan keahliannya di Panggung Broadway

Slideshow

ASITA Minta OTA dan Airlines Sinergi dan Tumbuh Bersama

Ketua Dewan Pengurus Pusat ( DPP) Association of the Indonesian Tours & Travel Agencies (ASITA) Asnawi Bahar dan  Nunung Rusmiati, Sekjen DPP ASITA (kanan) (Ist) Association of the Indonesian Tours &