Aksi Sosial Pelindo III di Kalimantan Tengah

logo Pelindo III yg baru

Logo PT Pelindo III (Ist)

Berkaitan dengan rangkaian  kegiatan dari Kementerian BUMN hadir untuk negeri, PT Pelindo III merealisasikan program tersebut berupa aksi sosial di Kalimantan Tengah. Beberapa kegiatan diantaranya perbaikan puluhan fasilitas MCK dan air bersih serta pemberian pelatihan pengelolaan ternak di desa Sumber Makmur, Kecamatan Mentaya Hilir Utara.

Selain itu, pemasangan sambungan listrik juga akan dilakukan di beberapa wilayah yang belum mendapat pasokan lisrik hingga saat ini. Direktur SDM dan Umum Pelindo III Toto Heliyanto membuka kegiatan Program Bina Desa yang berlangsung di Kantor Balai Penyuluhan Pertanian Desa Sumber Makmur selama dua hari dimulai pada Kamis (15/9/2016).

Acara yang bermaterikan bimbingan teknik pembuatan pakan ternak diikuti oleh sedikitnya 50 orang peserta yang bersal dari enam kelompok tani. Para peserta diberikan pembekalan oleh para instruktur dari Balai Penyuluhan dengan materi pengolahan pakan ternak, kesehatan hewan, dan gangguan reproduksi.

Bahan baku pengolahan pakan ternak sapi berasal dari pelepah kelapa sawit dan beberapa campuran lainnya, salah satunya bungkil. Tidak hanya itu, para peserta  juga diberikan bantuan alat kerja berupa satu unit pengolah pakan ternak sapi terdiri dari mesin pencacah dan mixer.

“Hal ini merupakan metode untuk memanfaatkan limbah pohon kelapa sawit yang banyak terdapat di sekitar desa Sumber Makmur yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian warga sekitar,” ucap Toto dalam siaran pers yang diterima patainanews.com baru-baru ini.

Sedangkan mengenai bantuan pembuatan 50 MCK, Pelindo III telah berkoordinasi  dengan Dinas Kesehatan setempat terkait lokasi penempatan toilet umum tersebut.  Ada tiga tempat yang perlu dukungan pemasangan MCK di Kotawaringin Timur, yakni dua untuk sekolah dasar dan satu  di Taman Kota Sampit.

“Dinas Kesehatan juga mengarahkan ke beberapa wilayah seperti Mentaya Hilir Selatan, Teluk Sampit, Pulau Hanaut, dan Mentaya Hilir Utara. Namun, Teluk Sampit dan Pulau Hanaut lebih diutamakan karena sangat memerlukan,” kata GM Pelindo III Sampit Agus Dwi Wahyono yang turut hadir pada program Bina Desa tersebut.

“Kegiatan pembangunan MCK tersebut mendapat dukungan dari warga dan Dinas Kesehatan setempat  karena sejalan dengan program ‘Stop Buang Air Besar Sembarangan’ karena masih banyak warga buang air besar di sungai yang sangat beresiko bagi kesehatan,” ujar Agus.

Pelindo III juga berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum guna mempermudah proses pengerjaannya. Selain itu, kerja sama dengan dinas kesehatan sedang dilakukan guna pelaksanaan sosialisasi kesehatan lingkungan ke Sekolah Dasar yang rencana kegiatannya akan dimulai pada 2017 mendatang. (Gabriel Bobby) 

About author



You might also like

Culture

President University Perkenalkan RI ke Dunia

  President University terus memperkenalkan Indonesia ke pentas dunia. Dan, tak sia-sia sebab banyak mahasiswa asing yang tertarik datang ke negeri ini untuk menimba ilmu. Adapun beragam cara dilakukan kampus

World Heritage

Group Dharmawangsa Dukung KEK Tanjung Kelayang

Peletakan batu pertama pembangunan hotel di KEK Tanjung Kelayang tahap pertama oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya, Gubernur dan Konsorsium Belitung Maritime, Tanjung Binga, Tanjung Kelayang. Jumat (2/9/2016) (Ist) Menteri Pariwisata

Indonesiaku

PT Pelindo III Boyong Penghargaan 6th UNS SMEs SUMMIT and AWARDS 2017

Para penerima penghargan dari Rektor UNS (Ist) PT Pelindo III kembali mendapatkan penghargaan dari Pusat Studi Pendampingan Koperasi dan UMKM Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta,

Tour Package

Banyuwangi akan Bersaing di ACTC Award 2017

Tari Gandrung Banyuwangi (Ist) Daerah yang CEO commitment-nya tinggi, yakni kepala daerahnya serius dan punya perhatian besar terhadap pariwisata, pasti di-support Menteri Pariwisata Arief Yahya, termasuk kabupaten di ujung timur

SightSeeing

Garap Turis Negeri Jiran, Biro Perjalanan Malaysia ke Tanjung Lesung

Wisatawan di Tanjung Lesung (Ist) Manajemen Tanjung Lesung menyambut gembira kunjungan agen perjalanan dari Johor Bahru dan Kuala Lumpur, Malaysia karena diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

Heritage

Wisatawan Mancanegara Menikmati Banyuwangi Ethno Carnival 2018

Peserta BEC 2018 Event Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) 2018 yang digelar di Banyuwangi, Jawa Timur ternyata mampu menyedot perhatian wisatawan mancanegara (wisman). Berdasarkan pantauan patainanews.com, Minggu (26/7/2018) di Banyuwangi, tampak