Alunan Sasando Menyapa Selandia Baru

sasando

Memainkan Sasando (Ist)

Musik sasando dari Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalun menyapa publik Selandia Baru dalam upaya memperkenalkan budaya dan tradisi Indonesia di salah satu negara fokus pasar pariwisata yang potensial tersebut.

Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pasar Asia Pasifik Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Vinsensius Jemadu dalam siaran persnya di Jakarta, Minggu (29/11/2015) mengatakan bahwa pihaknya melakukan serangkaian promosi ‘Wonderful Indonesia’ di Selandia Baru yang merupakan salah satunya pagelaran musik sasando.

“Pada akhir November ini kami melakukan promosi Wonderful Indonesia di kota-kota potensial di Selandia Baru, seperti di Auckland dan Queenstown,” katanya. Pihaknya membawa serta para pemusik sasando yang bahkan salah satu di antaranya masih berstatus pelajar SMA.

Saat diperdengarkan pada publik di Auckland, masyarakat Selandia Baru yang hadir, kata Vinsen, terlihat sangat menikmati alunan musik tersebut. “Mereka bilang bahwa musik itu mirip dengan musik yang ada dalam budaya mereka, yakni Suku Mori, yang hampir sama dengan sasando. Mereka senang karena musiknya unik dan lembut,” katanya.

Selain pertunjukan sasando, dalam rangkaian promosi wisata Wonderful Indonesia juga dilakukan pemutaran film Wonderful Indonesia, promosi destinasi wisata kapal pesiar atau yacht, dan pembagian suvenir Wonderful Indonesia.

Pada kesempatan itu hadir 100 orang yang terdiri dari sebagian besar pelaku industri pariwisata, pembuat kebijakan, dan calon wisatawan dari Selandia Baru. Pihaknya juga menggelar acara serupa di Queenstown sebagai salah satu pusat kota di negara itu meliputi pergelaran festival Indonesia di dalamnya ada pameran kuliner khas Indonesia serta pameran seni budaya dan kerajinan tangan.

Acara itu digelar sebagai hasil kerja sama Kementerian Pariwisata bersama Kedutaan Besar RI di Selandia Baru. Menurut Vinsen, selama ini Selandia Baru merupakan pasar sektor pariwisata yang potensial bagi Indonesia tetapi belum tergarap dengan optimal.

“Kita akan terus jajaki karena Selandia Baru merupakan pasar yang potensinya besar tapi belum tersentuh,” katanya. Selama ini Australia merupakan satu dari lima besar negara penyumbang jumlah wisatawan terbesar ke Indonesia yang terus digarap melalui berbagai macam promosi pariwisata di negara itu.

Hal serupa ke depan, kata Vinsen, akan dilakukan di Selandia Baru agar potensinya dalam menyumbangkan wisatawan ke Indonesia semakin besar, terlebih karena letaknya yang masih dalam satu kawasan dengan Australia. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Indonesiaku

‘AKBP Irhamni akan Sukses di POLRI’

Ucapan selamat untuk AKBP M Irhamni (Ist) Sebagaimana pemberitaan media massa, salah satu penyidik senior KPK AKBP M Irhamni telah dikembalikan dari institusi KPK ke POLRI setelah mengabdi selama 10 tahun

Tourism

President University Perkenalkan RI ke Dunia

  President University terus memperkenalkan Indonesia ke pentas dunia. Dan, tak sia-sia sebab banyak mahasiswa asing yang tertarik datang ke negeri ini untuk menimba ilmu. Adapun beragam cara dilakukan kampus

Tourism

Sport Tourism BKT Fun Run 2017 Menuju ASIAN GAMES 2018

Ketua BPPI Yanti Soekamdani melepas peserta BKT Fun Run 2017 (Ist) Kementerian Pariwisata bekerja sama dengan Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BBPI), dan Walikota Jakarta Timur menggelar lomba lari BKT Fun

Cuisine

2017, Sumsel Incar Kunjungan Turis Tiongkok ke Palembang

Gubernur Sumsel Alex Noerdin (kedua dari kanan) (Ist) Pemerintah provinsi Sumatera Selatan berupaya menarik kunjungan wisatawan asal Tiongkok untuk berkunjung ke Palembang pada 2017 mendatang. Adapun maskapai penerbangan nasional, PT

Tourism

Labuan Bajo Dikembangkan sebagai Destinasi Wisata Berkelanjutan

Keindahan destinasi wisata di Labuan Bajo (Ist) Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagai salah satu kawasan yang masuk dalam 10 destinasi prioritas dikembangkan sebagai destinasi wisata berkelanjutan. Adapun

Indonesia itu Bagus

Sedulur Jokowi Gelar Zikir dan Doa Bersama Lintas Agama untuk Kesalamatan Indonesia

Prof Paiman Raharjo (tengah) (Ist) Tragedi bertubi-tubi yang menimpa anak bangsa tak berdosa akibat ulah teroris membuat relawan Sedulur Jokowi mengelar doa bersama yang diikuti ratusan umat dari berbagai lintas