Alunan Sasando Menyapa Selandia Baru

sasando

Memainkan Sasando (Ist)

Musik sasando dari Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalun menyapa publik Selandia Baru dalam upaya memperkenalkan budaya dan tradisi Indonesia di salah satu negara fokus pasar pariwisata yang potensial tersebut.

Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pasar Asia Pasifik Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Vinsensius Jemadu dalam siaran persnya di Jakarta, Minggu (29/11/2015) mengatakan bahwa pihaknya melakukan serangkaian promosi ‘Wonderful Indonesia’ di Selandia Baru yang merupakan salah satunya pagelaran musik sasando.

“Pada akhir November ini kami melakukan promosi Wonderful Indonesia di kota-kota potensial di Selandia Baru, seperti di Auckland dan Queenstown,” katanya. Pihaknya membawa serta para pemusik sasando yang bahkan salah satu di antaranya masih berstatus pelajar SMA.

Saat diperdengarkan pada publik di Auckland, masyarakat Selandia Baru yang hadir, kata Vinsen, terlihat sangat menikmati alunan musik tersebut. “Mereka bilang bahwa musik itu mirip dengan musik yang ada dalam budaya mereka, yakni Suku Mori, yang hampir sama dengan sasando. Mereka senang karena musiknya unik dan lembut,” katanya.

Selain pertunjukan sasando, dalam rangkaian promosi wisata Wonderful Indonesia juga dilakukan pemutaran film Wonderful Indonesia, promosi destinasi wisata kapal pesiar atau yacht, dan pembagian suvenir Wonderful Indonesia.

Pada kesempatan itu hadir 100 orang yang terdiri dari sebagian besar pelaku industri pariwisata, pembuat kebijakan, dan calon wisatawan dari Selandia Baru. Pihaknya juga menggelar acara serupa di Queenstown sebagai salah satu pusat kota di negara itu meliputi pergelaran festival Indonesia di dalamnya ada pameran kuliner khas Indonesia serta pameran seni budaya dan kerajinan tangan.

Acara itu digelar sebagai hasil kerja sama Kementerian Pariwisata bersama Kedutaan Besar RI di Selandia Baru. Menurut Vinsen, selama ini Selandia Baru merupakan pasar sektor pariwisata yang potensial bagi Indonesia tetapi belum tergarap dengan optimal.

“Kita akan terus jajaki karena Selandia Baru merupakan pasar yang potensinya besar tapi belum tersentuh,” katanya. Selama ini Australia merupakan satu dari lima besar negara penyumbang jumlah wisatawan terbesar ke Indonesia yang terus digarap melalui berbagai macam promosi pariwisata di negara itu.

Hal serupa ke depan, kata Vinsen, akan dilakukan di Selandia Baru agar potensinya dalam menyumbangkan wisatawan ke Indonesia semakin besar, terlebih karena letaknya yang masih dalam satu kawasan dengan Australia. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Nature

Pemerintah Kembangkan Desa Wisata

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kanan), bersama Menteri Perdesaan, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo serta Kepala BKPM Thomas Lembong dalam Forum Bisnis dan Investasi yang diselenggarakan oleh Kemendes PDTT

Travel Operator

Memotret Indonesia lewat Museum

JJI di Museum Wayang (Ist) Mentari pagi menyambut kedatangan komunitas Jalan Jalan Indonesia (JJI) di kawasan Kota Tua Jakarta. Bangunan Museum Fatahillah tampak kokoh di tengah begitu ramainya wisatawan Nusantara

Tour Package

Gorontalo Utara Gandeng PATA Indonesia Chapter Majukan Pariwisata

Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin (Ist) Sebagai upaya meningkatkan daya saing sumber daya manusia dan pariwisata, maka Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara memutuskan untuk bekerja sama dengan Grup Jababeka. Kerja sama

Hotel

Pariwisata Tanjung Lesung Kelas Dunia

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kanan) tengah berdiskusi dengan President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (Ist) Pelaku pariwisata di Banten semakin sumringah! Rabu, 29 Juni 2016, Gubernur Rano Karno menandatangani penetapan

All About Indonesia

FPMDI, Membangun Indonesia melalui Media Digital

FPMDI foto bersama (Ist) Wina Armada, Penasehat Forum Pimpinan Media Digital Indonesia (FPMDI) mengapresiasi langkah-langkah paguyuban media digital yang terus mengedukasi anggotanya dan masyarakat untuk lebih cerdas menyaring info yang

Festival

Segera ke Sangihe, Ada Gunung Berapi di Bawah Laut

Menteri Pariwisata Arief Yahya meluincurkan Festival Pesona Sangihe 2016 dan Calendar of Event 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, Gd. Sapta Pesona, Jakarta. Selasa (19/7/2016) Kepulauan Sangihe di Sulawesi Utara (Sulut)