Asian Games 2018, Kemenpar Incar Wisatawan Tiongkok Kunjungi Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kedua dari kiri) (Ist)

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya meluncurkan Voting Atlet Favorit dan Lomba Video #PesonaAsianGames 2018 di lobi utama Gedung Sapta Pesona, kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Jumat (6/7/2018).

Penyelenggaraan voting dan lomba video ini sebagai upaya mengajak masyarakat luas mensukseskan Asian Games 2018 serta memberikan dukungan kepada atlet Indonesia agar sukses berlaga di ajang pesta olahraga terbesar di kawasan Asia tersebut.

“Voting Atlet Favorit dan Lomba Video Pesona Asia Games 2018 kita jadikan sebagai wadah untuk mengajak seluruh masyarakat Indonesia agar memberikan dukungan kepada atlet kita yang berjuang di Asian Games 2018 sekaligus mempromosikan destinasi pariwisata unggulan di Tanah Air,” kata Menpar Arief Yahya didampingi Raditya Dika, selebritis yang memiliki 9,7 juta follower di instagram yang juga akan menjadi juri utama dalam lomba video tersebut.

Raditya Dika bersama influencer lainnya antara lain Mala Barbie, Radit Surbakti, Edhozell, Anindya K Putri, Ramon Y Tungka, dan Meizal Rossi akan gencar mem-posting di akun medsosnya mereka masing-masing untuk menyukseskan event Asian Games 2018 serta mempromosikan pariwisata Indonesia.

Menpar Arief Yahya menjelaskan, Kemenpar bersama pelaku industri pariwisata telah menyiapkan 75 paket wisata yang tersebar di 7 destinasi wisata unggulan di Jakarta-Palembang dan sekitarnya (Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Selatan, Jawa Tengah, Yogyakarta, Banyuwangi, dan Bali) untuk menarik sekitar 150 ribu hingga 200 ribu penonton Asian Games 2018 yang akan berlangsung di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 mendatang.

“Paket wisata ini sudah disiapkan dan dipromosikan setahun yang lalu. Pembeli paket wisata itu tentunya tergantung penonton yang datang. Kita proyeksikan penonton terbanyak dari negeri Tiongkok, sedangkan eventnya sendiri yang akan banyak menyedot penonton saat final sepak bola. Penggemar sepak bola dari negara peserta yang masuk final akan berbondong-bondong datang ke Jakarta,” kata Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Jumat (6/7/2018).

Seperti diketahui penyelenggaraan pesta olahraga terbesar di Benua Asia ini akan diikuti 10.000 atlet dan 5.000 officials dari 45 negara yang akan berlaga dalam 462 pertandingan yang disaksikan sekitar 2 juta penonton. Penyelenggaraan Asian Games 2018 akan meningkatkan sektor pariwisata, meningkatkan aktivitas ekonomi lokal, menciptakan lapangan kerja, dan mendorong pengembangan kota melalui pembangunan infrastruktur fasilitas olahraga. Diproyeksikan kegiatan pesta olahraga ini akan menarik kunjungan sebanyak 200.000 wisman dengan total pengeluaran dari peserta dan pengunjung mencapai Rp 3,6 triliun.

Hadiah Vote dan Lomba Menarik

Panitia penyelenggara kegiatan Voting Atlet Favorit dan Lomba Video Pesona Asia Games 2018 akan memberikan hadiah menarik berupa paket wisata liburan ke Labuhan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan uang saku yang mencapai total ratusan juta rupiah.

Dalam voting akan ada 100 nama atlet akan di-vote di Facebook (tautan: https://www.genpi.co/vote/asiangames) hingga menghasilkan 20 nominator terdiri 10 nama atlet pria dan 10 nama atlet wanita yang akan di-vote. Kemudian 20 nominator atlet tersebut akan di-vote untuk menetapkan 4 atlet terfavorit (2 atlet pria dan 2 atlet wanita) sebagai pemenang.

Keempat atlet Asian Games 2018 terfavorit ini akan mendapatkan hadiah berupa paket wisata liburan ke Labuan Bajo dan uang tunai Rp 10 juta untuk masing-masing pemenang. Hadiah uang tunai Rp 500 ribu juga diberikan kepada 50 orang voters melalui undian.

Sementara itu untuk Lomba Video Pesona Asia Games 2018, penjurian akan dimulai tanggal 3 hingga 9 September mendatang dan pemenangnya akan diumumkan pada 10 September 2018. Juri utama akan memilih 3 pemenang dari 10 video terbaik dengan hadiah berupa paket wisata liburan ke Labuan Bajo dan uang masing-masing juara I Rp50 juta, juara II Rp 30 juta, juara III Rp 20 juta, dan juara favorit Rp10 juta. (Gabriel Bobby) 

About author



You might also like

Culture

Mudik ke Indonesia, Obama Keliling Nusantara

Barack Obama (Ist) Presiden AS ke-44 Barack Obama kembali datang ke Bali. Namun, kali ini dia datang untuk berlibur bersama keluarganya. Sama seperti liburan Raja Salman di Bali, Barack Obama juga

Destinations

Pemerintah Sambut INACEB untuk Kembangkan MICE

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik dilantiknya Dewan Pengurus Indonesia Convention & Exhibition Bureau (INACEB) periode 2015-2020. Adapun INACEB akan menjadi mitra pemerintah dalam

Destinations

Batik ‘Goes to Campus’

Kegiatan membatik (Ist) Bertepatan dengan Hari Batik Nasional pada 2 Oktober 2015, Kacang Garuda dan GarudaFood Sehati bekerja sama dengan Universitas Bina Nusantara mengadakan event ‘Batik Goes to Campus’ di Jakarta.

Tour Package

‘Pemerintah Perlu Strategi Khusus untuk Pariwisata Bali’

Wisatawan di Bali (Ist) Pemerintah diharapkan memiliki strategi khusus untuk mempromosikan pariwisata Bali hingga ke mancanegara sebab Pulau Dewata masih menjadi andalan pariwisata Indonesia untuk mendatangkan wisatawan mancanegara (wisman) ke

Slideshow

Pelaku Bisnis Pariwisata Lombok Apresiasi Pemprov NTB

General Manager d’Praya Lombok Hotel LA Hadi Faishal (kiri) dengan wisatawan remaja dari Republik Czech (kanan) Keberhasilan pariwisata di Lombok, Nusa Tenggara Barat tak bisa dilepaskan dari peran pemerintah provinsi (Pemprov)

Travel Operator

Kuliner Indonesia Dipromosikan di Paris

Kuliner Indonesia (Ist) Festival Gastronomi Indonesia yang pertama pada 2017 di Paris merupakan inisiatif dari VITO Perancis kolaborasi dengan AGI (Akademi Gastronomi Indonesia). Adapun tujuannya untuk memperkenalkan dan mempromosikan kekayaan