Asian Games 2018, Kemenpar Incar Wisatawan Tiongkok Kunjungi Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kedua dari kiri) (Ist)

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya meluncurkan Voting Atlet Favorit dan Lomba Video #PesonaAsianGames 2018 di lobi utama Gedung Sapta Pesona, kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Jumat (6/7/2018).

Penyelenggaraan voting dan lomba video ini sebagai upaya mengajak masyarakat luas mensukseskan Asian Games 2018 serta memberikan dukungan kepada atlet Indonesia agar sukses berlaga di ajang pesta olahraga terbesar di kawasan Asia tersebut.

“Voting Atlet Favorit dan Lomba Video Pesona Asia Games 2018 kita jadikan sebagai wadah untuk mengajak seluruh masyarakat Indonesia agar memberikan dukungan kepada atlet kita yang berjuang di Asian Games 2018 sekaligus mempromosikan destinasi pariwisata unggulan di Tanah Air,” kata Menpar Arief Yahya didampingi Raditya Dika, selebritis yang memiliki 9,7 juta follower di instagram yang juga akan menjadi juri utama dalam lomba video tersebut.

Raditya Dika bersama influencer lainnya antara lain Mala Barbie, Radit Surbakti, Edhozell, Anindya K Putri, Ramon Y Tungka, dan Meizal Rossi akan gencar mem-posting di akun medsosnya mereka masing-masing untuk menyukseskan event Asian Games 2018 serta mempromosikan pariwisata Indonesia.

Menpar Arief Yahya menjelaskan, Kemenpar bersama pelaku industri pariwisata telah menyiapkan 75 paket wisata yang tersebar di 7 destinasi wisata unggulan di Jakarta-Palembang dan sekitarnya (Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Selatan, Jawa Tengah, Yogyakarta, Banyuwangi, dan Bali) untuk menarik sekitar 150 ribu hingga 200 ribu penonton Asian Games 2018 yang akan berlangsung di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 mendatang.

“Paket wisata ini sudah disiapkan dan dipromosikan setahun yang lalu. Pembeli paket wisata itu tentunya tergantung penonton yang datang. Kita proyeksikan penonton terbanyak dari negeri Tiongkok, sedangkan eventnya sendiri yang akan banyak menyedot penonton saat final sepak bola. Penggemar sepak bola dari negara peserta yang masuk final akan berbondong-bondong datang ke Jakarta,” kata Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Jumat (6/7/2018).

Seperti diketahui penyelenggaraan pesta olahraga terbesar di Benua Asia ini akan diikuti 10.000 atlet dan 5.000 officials dari 45 negara yang akan berlaga dalam 462 pertandingan yang disaksikan sekitar 2 juta penonton. Penyelenggaraan Asian Games 2018 akan meningkatkan sektor pariwisata, meningkatkan aktivitas ekonomi lokal, menciptakan lapangan kerja, dan mendorong pengembangan kota melalui pembangunan infrastruktur fasilitas olahraga. Diproyeksikan kegiatan pesta olahraga ini akan menarik kunjungan sebanyak 200.000 wisman dengan total pengeluaran dari peserta dan pengunjung mencapai Rp 3,6 triliun.

Hadiah Vote dan Lomba Menarik

Panitia penyelenggara kegiatan Voting Atlet Favorit dan Lomba Video Pesona Asia Games 2018 akan memberikan hadiah menarik berupa paket wisata liburan ke Labuhan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan uang saku yang mencapai total ratusan juta rupiah.

Dalam voting akan ada 100 nama atlet akan di-vote di Facebook (tautan: https://www.genpi.co/vote/asiangames) hingga menghasilkan 20 nominator terdiri 10 nama atlet pria dan 10 nama atlet wanita yang akan di-vote. Kemudian 20 nominator atlet tersebut akan di-vote untuk menetapkan 4 atlet terfavorit (2 atlet pria dan 2 atlet wanita) sebagai pemenang.

Keempat atlet Asian Games 2018 terfavorit ini akan mendapatkan hadiah berupa paket wisata liburan ke Labuan Bajo dan uang tunai Rp 10 juta untuk masing-masing pemenang. Hadiah uang tunai Rp 500 ribu juga diberikan kepada 50 orang voters melalui undian.

Sementara itu untuk Lomba Video Pesona Asia Games 2018, penjurian akan dimulai tanggal 3 hingga 9 September mendatang dan pemenangnya akan diumumkan pada 10 September 2018. Juri utama akan memilih 3 pemenang dari 10 video terbaik dengan hadiah berupa paket wisata liburan ke Labuan Bajo dan uang masing-masing juara I Rp50 juta, juara II Rp 30 juta, juara III Rp 20 juta, dan juara favorit Rp10 juta. (Gabriel Bobby) 



About author



You might also like

Destinations

Masyarakat Magelang Dukung Borobudur Kiblat Buddha Dunia

Wisatawan mengunjungi Candi Borobudur (Ist) Warga Magelang, Jawa Tengah menyambut antusias rencana pemerintah menjadikan Candi Borobudur sebagai kiblat wisata bagi umat Buddha dari seluruh dunia. Hal tersebut disampaikan seorang warga

All About Indonesia

Menuju Indonesia Emas 2045

Ary Ginanjar Agustian (tengah) Negeri ini diketahui tengah menuju Indonesia Emas 2045. Karenanya negeri ini harus memiliki karakter yang kuat. “Masyarakat Indonesia bisa sejahtera,” ucap Founder ESQ Leadership Center Ary Ginanjar

Tour Package

Kapal PT Pelni yang Kekinian

Berpose di depan KM Kelud (Ist) Tak salah memberikan apresiasi untuk PT Pelni sebab perusahaan pelayaran pelat merah ini semakin kreatif dalam memasarkan kapal miliknya, seperti KM Kelud untuk ikut

Airlines

Imlek 2569 Bintan Diserbu 5000 Wisman Tiongkok

Asdep Greater China Kemenpar Vinsensius Jemadu (kiri) (Ist) Imlek dan Cap Go Meh ikut membawa berkah bagi Bintan. Tak tanggung-tanggung, sekitar 5000 wisatawan mancanegara asal Tiongkok menyerbu Bintan pada Februari

Destinations

Yogyakarta yang Kental akan Budaya Jawa

Wisatawan asing di Yogyakarta (Ist) Berkunjung ke Yogyakarta sepertinya tak terasa lengkap jika tak menyempatkan diri untuk bermalam, bahkan menginap satu malam. Menikmati suasana malam ketika di Yogyakarta, baik itu

Airlines

PHRI NTB Siap Sukseskan HPN 2016 di Lombok

LA Hadi Faishal (Ist) Perhimpunan Hotel & Restoran Indonesia (PHRI) Nusa Tenggara Barat (NTB) siap ikut mesukseskan penyelenggaraan Hari Pers Nasional (HPN) 2016 di Lombok. Hal tersebut dikatakan Wakil Ketua