ASIAN GAMES 2018, Sport Tourism dan Palembang

asian games 2018 palembang

Logo ASIAN GAMES 2018 (Ist)

Penyelenggaraan ASIAN GAMES 2018 yang akan diikuti sekitar 45 negara di Jakarta dan Palembang tak hanya sebatas menjadi event olah raga untuk negara-negara di kawasan Asia saja, namun membuka kesempatan untuk Palembang di Sumatera Selatan semakin membuktikan diri menjadi destinasi wisata yang identik dengn sport tourism.

Event internasional ini juga menjadi pembuktian bagi tuan rumah bersama Jakarta dan Palembang membawa nama baik Indonesia di kancah dunia sehingga membuat Palembang terlihat serius menyiapkan diri untuk menjadi tuan rumah yang baik demi Merah Putih kebanggaan negeri ini.

Di Palembang ada Jakabaring, kawasan olah raga yang tergolong komplet. Dan, Palembang juga dikenal dengan Sungai Musi. Bahkan, Sungai Musi juga menjadi andalan Sumatera Selatan menjadi daya tarik wisatawn Nusantara dan wisatawan mancanegara untuk datang ke Palembang dan jalan-jalan di destinasi wisata lainnya di Sumatera Selatan.

Berdasarkan catatan patainanews.com, Sumatera Selatan sebagai model nasional untuk sport tourism di negeri ini. Adapun Menteri Pariwisata Arief Yahya memilih Sumatera Selatan (Sumsel) sebagai role model destinasi sport tourism di Indonesia.

Arief Yahya sepakat menjadikan Sungai Musi sebagai ikon sport tourism. Bahkan, ia juga mengusulkan Musi Triboatton menjadi model sport tourism di Indonesia. “Saya tidak akan salah memilih Sumatera Selatan sebagai contoh,” ungkapnya kepada pers di Jakarta, Kamis (7/4/2016). Hal ini diungkapkan langsung Menteri Pariwisata Arief Yahya saat memberi sambutan dalam acara peluncuran ajang International Musi Triboatton 2016.

AY, sapaan akrab Menteri Pariwisata mengungkapkan perlu pembedaan khusus untuk lebih menjual Sumsel kepada wisatawan, terutama wisatawan mancanegara. “Kalau untuk Sumsel, kita sepakat Sungai Musi yang jadi ikonnya. Secara atraksi sudah bagus, kuliner bagus, budaya bagus. Nah kalau wisata man made, termasuk di dalamnya ada sport tourism, inilah yang jadi keunggulan Sumsel. Saya sering diskusi, bagaimana kalau Sumsel dikembangkan jadi model nasional untuk sport tourism,” ungkapnya.

Model nasional ini, menurutnya, yaitu seperti daerah percontohan atau role model, dimana Sumsel nantinya akan dikenal sebagai kota penyelenggara ajang-ajang wisata olahraga yang levelnya mendunia, seperti contohnya Asian Games hingga Moto GP.

Palembang juga dikenal selama ini dengan wisata kuliner khas, yakni pempek. Tak hanya itu, Palembang juga kuat dengan budaya dan kearifan lokal sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan berkunjung ke Palembang. (Gabriel Bobby)

 



About author



You might also like

Slideshow

PATA Gelar PATA CEO Challenge 2015

Pacific Asia Travel Association (PATA), organisasi nirlaba yang berkantor pusat di Bangkok, Thailand menggelar PATA CEO Challenge 2015. Adapun PATA CEO Challenge 2015 kerja sama antara PATA dengan tripadvisor. Destinasi

Heritage

Pemerintah Serius Sambut PATA Travel Mart 2016 di ICE

Segera ikut PATA Travel Mart 2016 (Ist) Indonesia kembali bakal mendapatkan kehormatan besar di bidang pariwisata. Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bakal menjadi tuan rumah pameran terbesar di Asia Pasifik, PATA Travel

Hotel

Pertapaan Karmel Lembang, Pentingnya Bertemu Sang Pencipta Ketika Berlibur

Gua Maria Karmel (youtube) Indonesia memang dikenal kaya akan beragam potensi wisata yang tersebar di Nusantara. Bahkan, ketika tengah berlibur, sejumlah wisatawan pun masih menyempatkan diri untuk bertemu dengan Sang

Nature

Peserta Malaysia Apresiasi International Musi Triboatton 2016

Peserta asing dari Malaysia berpose bersama Phil Reader, Sports Development Representative International Dragon Boat Federation (Ist) Peserta asing asal Negeri Jiran, Malaysia menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Indonesia dan pemerintah provinsi

Tourism

3 Generations Fun Fair Gathering

Berita Foto: Tiga Generasi, yakni oma/opa, anak/menantu; dan cucu) tampil bersama dalam 3G Funfair Rabu, 22 Ags 2018 di Senior Living D’Khayangan yang dipandu oleh konduktor acara yang memahami relasi

Heritage

Vote Kezia Warouw, Menangkan Indonesia di Miss Universe 2016

Vote Kezia Warouw (Ist) Follow akun IG (Instagram) Kezia Warouw di @keziawarouw untuk mendukung Puteri Indonesia 2016 yang mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2016 yang dilangsungkan di Manila, Filipina.