Asian Games 2018 Tetap Berjalan Sesuai Rencana

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kanan) (Ist)

Rentetan teror yang terjadi di Surabaya dipastikan tidak mengganggu persiapan Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018. Hal ini ditegaskan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi. Pernyataan itu disampaikan usai rapat persiapan keamanan Asian Games 2018 dan Asian Para Games di Kantor Kemenpora, Senin (14/5/2018).

Menurutnya, pesta olahraga terbesar se-Asia ini harus tetap berjalan karena ini sebuah amanah dari masyarakat Indonesia. Selain itu, Asian Games 2018 merupakan cerminan bahwa Indonesia bisa menjadi tuan rumah yang baik.

“Ya kita sudah rapat. Kita pemerintah, Inasgoc, Inapgoca, dan masyarakat, yakin, optimistis, dan merasa percaya diri dengan persiapan yang telah dilakukan panitia Inasgoc dan Inapgoc. Pastinya kami akan memaksimalkan persiapan dan tidak ada istilah mundur,” tegas Menpora Nahrowi dalam siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini.

Ia mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memastikan keamanan persiapan Asian Games 2018 sehingga semua dapat berjalan dengan lancar. Dalam jumpa pers yang dihadiri Ketua Inasgoc Erick Thohir dan Ketua Inapgoc Raja Sapta Oktohari, Menpora Nahrowi tak lupa memanjatkan doa kepada para korban aksi teror bom yang terjadi di Surabaya.

“Kita berduka cita atas meninggalnya banyak korban yang tak berdosa di surabaya atas perilaku yang tentu ini menjadi tangisan seluruh warga negara, semoga arwah mereka ditempatkan di sisi Allah dan amal perbuatan diterima di sisi Allah dan keluarga yang ditingggal mendapatkan ketabahan,” ujarnya.

Hal senada juga diucapkan Ketua Inasgoc Erick Thohir.Menurutnya, sampai saat ini OCA dan negara-negara peserta Asian Games 2018 tidak khawatir dengan beberapa kejadian yang ada di Indonesia, termasuk tragedi bom di Surabaya.

“Intinya kita tetap optimistis pelaksanaan Asian Games 2018 berjalan baik dan aman, kita panitia juga akan terus melakukan koordinasi dan komunikasi dengan negara peserta untuk meyakinkan mereka bahwa Asian Games tetap berjalan aman,” katanya.

Terpisah, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga memastikan perhelatan Asian Games 2018 di Jakarta pada Agustus mendatang akan berlangsung aman. Anies mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan seluruh stakeholder terkait untuk memastikan keamanan Ibukota Jakarta.

“Tidak perlu takut. Ini justru menjadi bahan untuk kita bisa lebih waspada. Jadi kasus-kasus seperti sekarang ini menjadi bahan untuk mengamankan Asian Games 2018 yang lebih baik,” katanya di Balai Kota, Jakarta Pusat.

Anies meminta warga tak panik dan khawatir setelah teror bom yang terjadi di Surabaya. Ia mengatakan, Jakarta telah meningkatkan status keamanan menjadi siaga satu. Tujuannya mengantisipasi teror bom dan serangan lainnya.

Baik di instansi pemerintahan, rumah ibadah serta pusat-pusat keramaian. “Seluruh aparat kepolisian, Kodam, Satpol PP dan aparatur pemerintah, semua dalam posisi siaga. Lebih dari 36.000 saat kita berbicara ini sedang bertugas di lapangan memastikan semua objek vital di Jakarta dalam posisi aman, dan bisa merespons cepat atas semua laporan yang ada dari masyarakat,” katanya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun ikut angkat suara. Menpar Arief mengapresiasi langkah cepat seluruh stakeholder dalam merespon seluruh perkembangan yang ada. Menpar Arief mengatakan hal ini merupakan bukti kuatnya komitmen seluruh elemen untuk mensukseskan Asian Games 2018 serta Asian Para Games 2018.

“Yang pertama tentu kita ikut berbela sungkawa apa yang terjadi di Surabaya dan Sidoarjo. Tetapi langkah cepat telah ditunjukkan oleh instansi terkait untuk meredam perkembangan yang ada saat ini. Asian Games 2018 sudah didepan mata. Mari semua kita menjaga momentum baik ini. Laporkan jika ada yang mencurigakan kepada instansi terkait. Kesuksesan Asian Games 2018 merupakan kesuksesan kita bersama,” tegas Menpar Arief.

Menpar Arief juga menyatakan, hingga saat ini Tim MKK (Manajemen Krisis Kepariwisataan) Kemenpar telah dan akan terus melakukan pemantauan serta berkoordinasi dengan semua pihak. Hal itu untuk memastikan ekosistem pariwisata dalam keadaan kondusif sehingga recovery akan cepat dilakukan.

“Untuk jumlah kunjungan wisman tidak terganggu, belum ada cancellation. Hal seperti ini tidak seorang pun mengharapkan dan bisa terjadi dimana saja dan negara manapun. Yang penting bagaimana kita merecoverynya. Kembali saya tegaskan mari sama-sama kita jaga negara kita tercinta ini,” kata Menteri asal Banyuwangi tersebut. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Tourism

Terminal 3 Gerbang Pariwisata Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Direktur Utama PT Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi yang kini dipercaya Presiden Jokowi menjadi Menteri Perhubungan di Bandara Soekarno-Hatta, Banten, Selasa (26/7/2016) menyatakan bahwa

SightSeeing

Claudia Ingkiriwang, Guru yang Hobi Menulis Traveling

Claudia Ingkiriwang, President Director PT Jungleland Asia (kanan) (Ist) Cantik, hobi traveling, dan suka menulis. Tak hanya itu, perempuan berparas cantik ternyata juga seorang guru. Menarik memang mengamati Claudia Ingkiriwang,

Cuisine

Weekend ke Astindo Travel Fair 2018 Berburu Tiket Murah

Konferensi pers Astindo Travel Fair 2018 Warga Jakarta dan sekitarnya pastikan akhir pekan ini untuk datang Astindo Travel Fair 2018 lantaran ini menjadi momen berburu tiket pesawat murah. Astindo kembali

Tourism

Teknologi Canggih Pengaruhi Masa Depan Anak

Claudia Ingkiriwang tengah memberikan pemaparan Teknologi terus berkembang dan semakin canggih. Rupanya teknologi canggih itu bisa memberikan pengaruh kepada seorang anak dalam memilih profesi pada masa mendatang sebab pekerjaan orang

Slideshow

Revolusi Mental melalui GERAKAN1000 Hadir di Kepulauan Seribu

GERAKAN1000 di Kepulauan Seribu (Ist) Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) sebagai suatu gerakan sosial bagi bangsa Indonesia bertekad mewujudkan tertanamnya nilai-nilai luhur keIndonesiaan sesuai tiga pilar Trisakti. Revolusi Mental adalah

Culture

Valentine di Sky Lounge 15

Rayakan Valentine 2017 di Hotel Santika Premiere ICE BSD City (Ist) Februari selama ini identik dengan bulan romantis. Valentine tinggal hitungan hari! Bagi pasangan yang masih bingung mencari ide, romantic dinner di