Asian Para Games 2018 Menjunjung Tinggi Kemanusiaan

Presiden Jokowi hadir di Opening Ceremony Asian Para Games 2018 (Ist)

Opening Ceremony Asian Para Games 2018 berlangsung sukses di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (6/10/2018). Event ketiga kali ini dilaksanakan setelah sebelumnya pada 2010 silam dan 2014 lalu. Keberagaman jadi tema dalam upacara pesta olahraga terbesar bagi paralympian Asia yang diselenggarakan mulai 6 hingga 13 Oktober mendatang.

Presiden Jokowi yang hadir bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) secara resmi membuka Asian Para Games 2018. Dalam pidatonya Jokowi berharap Asian Para Games 2018 menjadi momentum untuk kemanusiaan, khususnya di Asia.

“Atas nama seluruh rakyat Indonesia, saya bangga menyambut kehadiran tamu terhormat dari 43 negara,” kata Presiden Jokowi dalam siaran pers yang diterima patainanews.com pada akhir pekan lalu. Adapun Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah untuk menyelenggarakan pesta olahraga terbesar di Asia untuk penyandang disabilitas.

Dalam dua event sebelumnya, Asian Para Games digelar di China (2010) dan Korea Selatan (2014). Ya, Presiden Jokowi ingin merayakan persaudaraan, menunjukkan kegigihan dan prestasi, serta menjunjung tinggi kemanusiaan. “Dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim, saya nyatakan, Asian Para Games 2018, dibuka,” kata Jokowi dibarengi dengan gerakan bahasa isyarat.

Sementara Ketua INAPGOC (Komite Organisasi Indonesia Asian Para Games 2018) Raja Sapta Oktohari mengatakan, ada tema khusus yang diusung pada upacara pembukaan ini. “Indonesia adalah negara besar, dengan 17.000 pulau dengan 263 juta populasi, dimana 30 juta di antaranya merupakan penyandang disabilitas,” ujar Radja Sapta Oktohari dalam pidato sambutannya.

Dengan mengangkat tema The Inspiring Spirit and Energy of Asia, penyelenggaraan Asian Para Games kali ini diharapkan menjadi ajang para penyandang disabilitas untuk mengaktualisasikan semangat dan prestasi terbaik mereka di bidang olahraga.

“Kami lahir dari suku, agama, dan ras yang berbeda. Ada banyak lagi perbedaan lain, termasuk anggota keluarga besar bangsa kami yang berkebutuhan khusus,” ujar Radja Sapta Oktohari. Asian Para Games 2018 di Jakarta, diikuti 2.888 atlet dan 1.826 officials dari 43 negara.

Event olahraga multicabang ini juga didukung 13.000 relawan yang akan melayani para atlet berkebutuhan khusus, serta diliput 1.151 jurnalis dari sejumlah negara. Menteri Pariwisata Arief Yahya yang juga hadir dalam Opening Ceremony Asian Para Games 2018 berharap dukungan besar diberikan kepada para atlet Indonesia yang akan bertanding.

“Setelah Asian Games 2018, masih ada satu tahapan lagi yang harus kita selesaikan. Yaitu pelaksanaan Asian Para Games 2018. Di event ini pun para atlet membutuhkan dukungan. Karena mereka membawa nama baik bangsa Indonesia,” kata Menpar Arief Yahya.

Asian Para Games 2018 merupakan salah satu event internasional yang dipercayakan kepada Indonesia sebagai penyelenggara setelah sebelumnya Indonesia sukses menyelenggarakan Asian Games 2018 dan Oktober ini siap menyambut para delegasi IMF Wold Bank Annual Meeting 2018 di Bali.

“Mari kita kembali menjadi tuan rumah yang baik setelah sebelumnya sukses menyambut para tamu Asian Games,” tambah Menpar Arief. Di media sosial, Opening Ceremony Asian Para Games 2018 juga menjadi pembicaraan hangat.

Di Twitter Indonesia, tagar Opening Ceremony Asian Para Games 2018 menjadi trending topic sejak pukul 19.30 WIB. Bahkan hashtag #OpeningAsianParaGames2018 telah menjadi Trending Topic nomor 2 di dunia. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Nature

Pariwisata Indonesia Melambung Singkirkan Malaysia

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) (Ist) Tidak sia-sia Menteri Pariwisata Arief Yahya bekerja keras sepenuh hati mengurus pariwisata Indonesia. Mengawali tahun 2018 di pentas ASEANTA 2018 di Chiang Mai, Thailand,

SightSeeing

Selamat HUT ke-34 PT JAS

Logo JAS (Ist) Manajemen, staf dan redaksi patainanews.com mengucapkan Selamat HUT ke-34 PT Jasa Angkasa Semesta (JAS). Sumoga semakin sukses dalam industri transportasi udara Indonesia dalam upaya mendukung promosi pariwisata

Culture

Menteri Pariwisata Gaet Artis Tiongkok Promosikan Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) (Ist) Menyadari potensi besar wisatawan asal Tiongkok yang suka jalan-jalan keliling dunia, Indonesia pun sepertinya tak pernah kehabisan akal untuk menggaet turis Tiongkok. Dan, kali

Destinations

Garap Wisatawan, ASITA dan JungleLand Sepakat Kerja Sama

President Director PT Jungleland Asia Claudia Ingkiriwang (kemeja putih) dan Hasiyanna S Ashadi, Ketua ASITA Jakarta menindaklanjuti dengan menandatangani nota kesepahaman (MoU) antara JungleLand dengan ASITA DKI Jakarta di JungleLand, Sentul,

Indonesiaku

Pelindo III Raih Penghargaan Inovasi Pelayanan Penumpang Kapal Laut

Logo PT Pelindo III (Ist) PT Pelabuhan Indonesia III meraih penghargaan Top 35 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2016 pada ajang yang diselenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN

Slideshow

Teguh Santosa Imbau Trump Hentikan Tekanan AS ke Korea Utara

Teguh Santosa (Ist) Suasana positif ke arah perdamaian di Semenanjung Korea terganggu. Seperti sudah diduga sebelumnya, gangguan terutama datang dari Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Hal itu disampaikan Sekjen Perhimpunan