Astindo Launching bersamago.co.id

astindo di jakarta

Musyawarah Anggota Astindo Provinsi DKI Jakarta di Hotel Millenium, Jakarta, Kamis (5/11/2015) (Ist)

Seiring kemajuan zaman, teknologi pun berkembang sehingga dinilai akan memudahkan traveler mengakses internet untuk urusan traveling. Dan, agen perjalanan lokal pun diharapkan bisa memaksimalkan teknologi untuk mengembangkan bisnis travel agent.

Adapun internet yang sudah ada dalam genggaman tangan tentunya akan mempermudah traveler untuk mengurus berbagai hal terkait traveling, termasuk ketika melakukan pembelian tiket pesawat sehingga hal ini harus dimanfaatkan agen perjalanan lokal untuk mengembangkan situs penjualan tiket pesawat secara online.

“Era digital ini kita harus lebih cepat menyesuaikan dengan perubahan teknologi. Pak Menteri mengatakan perkembangan itu cepat. Jadi kita harus mengimbangi. Bikin semacam TripAdvisor, Agoda, harus cepat,” ujar Dadang Rizki Ratman, Deputi Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kemenpar dalam acara Musyawarah Anggota Astindo Provinsi DKI Jakarta di Hotel Millenium, Jakarta, Kamis (5/11/2015).

Sebagai upaya mengembangkan penjualan tiket pesawat dari agen perjalanan lokal, pada kesempatan yang sama, Asosiasi Perusahaan Penjual Tiket Penerbangan (Astindo) meluncurkan bersamago.co.id.

Ini merupakan sistem penjualan tiket online berbasis business to business antara maskapai dan agen penjualan tiket yang menjadi anggota Astindo dan Asita. Kementerian Pariwisata mendukung bersamago.co.id karena penjualan tiket online bisa lebih teratur dan masyarakat di berbagai daerah bisa dengan mudah membeli tiket pesawat dari agen resmi serta bertanggung jawab.

Sistem online ini juga diharapkan bisa bersaing dengan situs penjualan tiket dari agen luar negeri. “Jadi, bersamago.co.id sebagai langkah awal pelaku bisnis untuk berkompetisi sehat dengan pelaku usaha dari luar. Penjual tiket kan banyak, kalau bersatu enak. Kalau klik bersamago.go.id semua bisa masuk situ, perusahaan (agen perjalanan) kecil juga,” kata Dadang.

Selain menjual tiket, diharapkan sistem online tersebut bisa sekaligus mempromosikan berbagai destinasi wisata di Indonesia. Jika berjalan lancar, kedepannya transportasi darat dan laut juga diharapkan bisa memiliki situs terintegrasi untuk penjualan tiket secara online.

“Bersamago.go.id itu kesatuan, jadi tak hanya tiket tapi juga bisa menampilkan tujuan wisata. Mudah-mudahan makin banyak memperomosikan destinasi Indonesia. Ke depan juga diharapkan diikuti pengusaha transportasi darat dan laut karena zaman sudah digital,” imbuhnya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Destinations

Olahraga Sambil Wisata di Bangka

Gubernur Babel Rustam Effendi dan Bupati Bangka Tarmizi Saat berpose bersama peserta Sungailiat Triathlon 2016 (Ist) Olahraga dan wisata kini menjadi tren dalam pariwisata Indonesia. Tak bisa dipungkiri, olahraga bisa

Slideshow

Generasi Muda, Modal Indonesia Hadapi MEA

Yossy (Ist) Generasi muda negeri ini dinilai menjadi modal berharga Indonesia untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). “Ada beberapa dampak dari konsekuensi MEA, yakni dampak aliran bebas barang bagi negara-negara

SightSeeing

17 Agustus Jalan-Jalan di Indonesia Gratis Menginap di Hotel Santika Premiere ICE BSD City

Wisatawan di destinasi Tanjung Lesung (Ist) Indonesia kaya akan beragam destinasi wisata yang tersebar mulai dari kawasan timur Indonesia hingga wilayah barat negeri ini. Dan, esok adalah peringatan HUT RI

Cuisine

30 Juta Wisnus Mudik Lebaran

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan bahwa pergerakan 30 juta wisatawan Nusantara (wisnus), 20 juta diantaranya wisnus yang mudik lebaran di kampung halaman, tahun ini

Nature

Indonesia Gandeng Tiongkok Kembangkan Pariwisata

Menteri Pariwisata Arief Yahya foto bersama Chairman CNTA Li Jinzao beserta jajarannya dalam China International Travel Market (CITM) 2016 di Shanghai New International Expo Centre, Tiongkok 11-13 November 2016 (Ist)

Festival

Melihat dari Dekat Kampung Nelayan di Belitung

Nelayan di kampung nelayan Tanjung Binga tengah menjemur ikan Belitung memang dikenal dengan destinasi wisata bahari. Wisatawan yang traveling ke Belitung tidak salah jika melihat langsung kampung nelayan Tanjung Binga.