Atraksi Menarik Diharapkan Investor ke Banyuwangi

Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Bupati Banyuwangi Azwar Anas (Ist)

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan bahwa beragam atraksi wisata dan event menarik di Banyuwangi diharapkan mampu menarik lebih banyak investor ke kabupaten berjuluk “Sunrise of Java” itu.

Menpar Arief Yahya saat membuka Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) yang berlangsung di Taman Blambangan, Banyuwangi, Jawa Timur Sabtu (27/7/2019) mengatakan, Banyuwangi merupakan Kota Festival Terbaik Tahun 2018, serta memiliki 99 events pada 2019. Sedangan BEC menjadi salah satu event yang masuk ke Top 10 Calender of Event Nasional.

“BEC 2019 berturut-turut masuk menjadi Top 10 CoE Nasional. Lalu terdapat dua event yang masuk sebagai Top 100 CoE Nasional yaitu Gandrung Sewu dan Tour de Ijen,” kata Menpar Arief.

Menpar Arief juga mengapresiasi pada Kabupaten Banyuwangi yang menjadi satu-satunya kabupaten yang mendapat ‘Double Platinum Awards’ untuk kategori infrastruktur dan pariwisata dengan skala ekonomi besar dalam Indonesia’s Attractiveness Award 2019.

Aksesibilitas terus didorong, hal ini terbukti dengan akan dibukanya penerbangan Citilink rute Denpasar-Banyuwangi pada Agustus 2019, yang sekaligus merupakan pengadaan mini-hub maskapai Citilink di Banyuwangi.

“Sehingga hal tersebut akan semakin membuka akses wisatawan, perdagangan, dan investasi. Mari menyaksikan Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) 2019 The Kingdom of Blambangan,” kata Menpar Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com pada akhir pekan lalu.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Banyuwangi Azwar Anas mengatakan, BEC memiliki makna tersendiri bagi masyarakat. Dan ia menyebut bahwa pelaksanaan Banyuwangi Ethno Carnival berbeda dengan event-event carnival lain di Indonesia.

“Yang membuat beda Banyuwangi Ethno Carnival, kegiatan ini diinisiasi dari bawah. Dari masyarakat. Dan banyak event di Banyuwangi tidak menggunakan EO. Termasuk BEC. Semua dikerjakan langsung masyarakat. Dan merupakan hasil swadaya,” tutur Azwar Anas.

Anas menjelaskan dalam pelaksanaan BEC yang dinilai bukanlah bagus atau megahnya kostum yang ditampilkan para peserta karnaval.

“Tapi bagaimana dan sejauh apa keterlibatan masyarakat dalam event ini. Itu jauh lebih penting. Oleh karena itu, BEC bukan hanya event pariwisata. Tapi event yang menggerakkan dan mengumpulkan masyarakat Banyuwangi. Di event inilah masyarakat guyub. Kumpul bersama-sama,” ujarnya.

Azwar Anas menambahkan, untuk menyaksikan BEC mereka rela datang dari kampung. Mereka menggelar tikar sehingga event ini menjadi perekat masyarakat Banyuwangi sehingga tidak ada sekat antara mereka.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat. Terima kasih kepada semua. Juga buat budayawan yang sering merumuskan tema-tema kegiatan termasuk untuk BEC,” katanya. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Indonesiaku

Social Media One Day

Ilustrasi mencari perguruan tinggi melalui internet (Ist) President University menggandeng detikcom menyelenggarakan acara bertajuk Social Media One Day. Di acara tersebut akan dibahas tentang media sosial dan seluk-beluknya. Lebih dari

Culture

HELICITY Ikut Promosikan Wonderful Indonesia

CEO Whitesky Aviation Denon Prawiraatmadja (kedua dari kiri) tengah menandatangani MoU co-branding dengan Kementerian Pariwisata (Ist) PT Whitesky Aviation melalui HELICITY ikut menandatangani memorandum of understanding (MoU) dengan Kementerian Pariwisata

World Heritage

Kemenpar Dorong SDM Hotel dan Restoran Indonesia Kembangkan Wisata Halal

Workshop: Certificate in Halal Tourism (Sector) Training and Accreditation (Ist) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mendorong sumber daya manusia (SDM) pariwisata yang bergerak dalam industri hotel dan restoran di Indonesia untuk mengembangkan

World Heritage

Asian Games 2018 Tetap Berjalan Sesuai Rencana

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kanan) (Ist) Rentetan teror yang terjadi di Surabaya dipastikan tidak mengganggu persiapan Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018. Hal ini ditegaskan Menteri Pemuda dan

Cuisine

Pemerintah RI Pulangkan Wisatawan Korban Gempa Lombok ke Malaysia

Gubernur NTB Zulkieflimansyah memantau langsung ke lapangan akibat Gempa yang terjadi di Lombok Timur pada Minggu, 17 Maret 2019 (Ist) Pemerintah Indonesia memulangkan dua wisatawan korban tewas gempa yang terjadi

Heritage

25 Agustus, Pacu Jalur 2016 di Riau Dimulai

Ilustrasi Pacu Jalur (Ist) Sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke Riau, baik kunjungan wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara, Pemerintah Provinsi Riau gencar mempromosikan event pariwisata unggulan daerah. Salah satu event