Awal 2018, Destinasi Wisata Indonesia Ramai

jokowi

Presiden Jokowi menggendong cucu menghabiskan libur pergantian tahun di Yogyakarta (Ist)

Menyambut awal tahun 2018, sejumlah lokasi wisata ramai dikunjungi wisatawan. Destinasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan antara lain Bali, Lombok, Yogyakarta dan Batam.

Adapun Bali menjadi destinasi wisata paling favorit bagi wisatawan yang ingin merayakan liburan akhir tahun 2017 lalu. Menjelang tutup tahun, kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan Nusantara (wisnus) melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali melonjak tajam.

General Manager (GM) PT Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Yanus Suprayogi melaporkan kepadatan penumpang terjadi pada 30 Desember 2017, di terminal internasional tercatat sebanyak 83 kedatangan dengan 15.038 pax dan 78 keberangkatan dengan 12.391 pax, sedangkan di terminal domestik sebanyak 126 kedatangan dengan 18.149 pax dan 132 keberangkatan dengan 16.054 pax.

Kedatangan wisatawan menjelang tutup tahun tersebut di antaranya para selebriti dunia, termasuk Pangeran Fahad bin Faisal Al-Saud, yang tiba di Bali pada Kamis (28/12/2017). Pangeran Fahad merayakan liburan akhir tahun di Bali untuk kedua kalinya dan memamerkan kegiatannya melalui instastory di akun Instagram pribadinya @yolofahad.

Postingan ini menjadi viral di media sosial. Meningkatnya kunjungan wisatawan ke Bali yang ingin merayakan liburan akhir tahun mendorong meningkatnya tingkat hunian kamar (okupansi) hotel berbintang di sejumlah destinasi favorit di Bali.

Okupansi hotel bintang di kawasan Nusa Dua Bali pada Sabtu (30/12) tercatat mencapai 81,14%, kemudian meningkat menjadi 85,83% pada Minggu (31/12). Meningkatnya okupansi hotel juga terjadi di kawasan Seminyak, Sanur, Ubud maupun Kuta.

Tingkat hunian kamar hotel di daerah Kuta selatan, misalnya, rata-rata mencapai 80%. Dari 125 kamar tingkat yang dimiliki, menjelang liburan tutup tahun, keterisian kamarnya sudah mencapai 90%. Seperti data yang diperoleh dari Crisis Center Kementerian Pariwisata, kunjungan wisatawan ke sejumlah lokasi wisata di Bali terus meningkat.

Sebut saja kunjungan wisatawan di Taman Ujung Karangasem yang pada awal Desember hanya 30-40 orang/hari, namun sejak 23 Desember tercatat 250 orang/hari. Selain itu, jumlah kunjungan wisatawan ke daya tarik wisata Pura Taman Ayun pun meningkat hampir 6 kali lipat pasca erupsi Gunung Agung, dari sebelumnya 150 menjadi 850 orang per hari.

Lokasi wisata lain yakni DTW Jatiluwih-Tabanan juga mengalami peningkatan dan kembali normal dari biasanya yang hanya 400 orang per hari kini menjadi 600 orang per hari, sekitar 50% nya adalah Wisman. Selain itu, kunjungan wisatawan ke Pura Besakih pun dinyatakan terus meningkat.

Kabar baik juga datang dari Lombok yang juga sempat terdampak erupsi Gunung Agung. Di Bandara Internasional Lombok terminal Domestik, tercatat 81 penerbangan (40 kedatangan, 41 keberangkatan), sebanyak 4.396 pax dan 4.481 pax.

Sementara di terminal Internasional, tercatat 6 penerbangan (3 kedatangan, 3 keberangkatan), sebanyak 324 pax dan 397 pax. Seperti di Bali, jumlah kedatangan di Bandara Lombok juga meningkat. Hal ini menjadi pertanda bahwa pariwisata di Lombok dalam kondisi ramai.

Kemeriahan Tahun Baru di Yogyakarta

Kota besar lain yang juga semarak dalam menyambut tahun baru yakni Yogyakarta. Pemerintah daerah setempat telah menyiapkan sejumlah acara menarik di lima kabupaten di Yogyakarta. “Semuanya sudah disiapkan untuk menyambut wisatawan. Masing-masing wilayah menunjukkan kekhasannya,” ujar Kepala Dinas Pariwisata DIY Aris Riyanta dalam siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini.

Hal yang sangat berpengaruh bagi kunjungan wisatawan di Yogyakarta pada pergantian tahun ini adalah kehadiran Presiden Jokowi yang menghabiskan liburan akhir tahun di Yogyakarta. Sama halnya dengan Bali, kunjungan orang nomor satu di Indonesia ini sangat membawa dampak yang sangat besar bagi pariwisata daerah yang telah dikunjunginya, Presiden Jokowi adalah endorser utama pariwisata Indonesia.

Kunjungan Jokowi ke Bali pekan lalu dan ke Yogyakarta saat libur tahun baru, hal tersebut berpengaruh pada antusiasme masyarakat untuk juga berlibur di lokasi yang sama dengan Presiden Jokowi. Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi berkeliling area Malioboro menggunakan andong.

Presiden Jokowi bersama keluarga juga membeli beberapa oleh-oleh khas Jogja. Kehadiran Presiden Jokowi ini menggerakkan pariwisata di Yogyakarta. Tak hanya area Malioboro, sejumlah daerah dilaporkan juga mengalami peningkatan kunjungan wisatawan.

Hal ini semakin menarik karena seluruh kabupaten di Yogyakarta menggelar pertunjukan menarik yang bisa dinikmati warga dan para wisatawan. Sebut saja area Malioboro, ada berbagai pertunjukan seni yang digelar terhitung sejak 30 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018.

Pagelaran seni tersebut menampilkan kesenian daerah dan kreativitas warga Yogyakarta seperti pagelaran stand up comedy, pertunjukan seni dengan berbagai genre, dan lain-lain. Bergeser ke Kabupaten Sleman, acara dipusatkan di kawasan Kaliurang.

Panggung hiburan berlangsung hingga waktu pergantian tahun tiba. Sementara di lapangan GOR Kaliurang, yang menjadi penampil utama adalah Band Letto. Selanjutnya di Kabupaten Bantul, acara dilangsungkan di Pantai Goa Cemara yakni berupa pertunjukan musik Campursari.

Kemeriahan juga terjadi di Kabupaten Gunung Kidul, aneka festival dilaksanakan demi memeriahkan pergantian tahun. Tak ketinggalan, Kabupaten Kulon Progo juga menampilkan ragam kesenian daerah, antara lain Kesenian tradisional Jathilan.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi kesiapan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah di Yogyakarta dalam menyambut libur akhir tahun. Wisatawan akan dipuaskan, selain itu juga disebar ke berbagai kabupaten yang ada di Yogyakarta. “Hal ini tidak lepas dari kesiapan destinasi yang ditunjang oleh keguyuban masyarakatnya,” kata Menpar Arief Yahya.

Menpar Arief melanjutkan, Jogjakarta sebagai daerah yang telah berhasil memanfaatkan segala potensinya, dengan mengedepankan pengelolaan oleh masyarakat dan komunitas. Dengan begitu maka dampaknya langsung dirasakan masyarakat.

Geliat Wisata Perbatasan di Batam Semakin Meningkat

Kementerian Pariwisata sedang gencar menggerakkan pariwisata perbatasan. Salah satu lokasinya yakni Batam. Baru- baru ini, Lion Air meresmikan penerbangan Busan-Batam dan Incheon- Batam.

“Ini merupakan salah satu bentuk dukungan kami dalam meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Indonesia,” kata Corporate Communication Lion Air Group Ramaditya Handoko. Penerbangan langsung kedua kota itu menuju Batam terbilang strategis dikarenakan Busan dan Incheon merupakan lokasi strategis yang menghubungkan berbagai wilayah di Korea Selatan.

Untuk kerja sama ini, Lion Air menjalin kerja sama dengan Travel Global Aviation Alliance Co.,Ltd dan Sky Angkor Air di Korea. Pesawat yang digunakan yakni juga pesawat terbaru Boeing 737 MAX 8. Pesawat ini dapat mengangkut 175 penumpang.

“Rencananya penerbangan charter ini akan beroperasi hingga Maret 2018. Tidak menutup kemungkinan untuk diperpanjang bahkan dijadikan penerbangan regular. Ke depannya pun rute akan kita tambah. Setelah ini kita bidik Seoul,” ujar Rama.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik berita ini. Menurutnya, dengan akses yang semakin mudah maka pertumbuhan pariwisata akan semakin cepat. “Jika kita konsisten, saya yakin Batam is the next Bali itu bisa terwujud. Prinsipnya sama dengan di Singapura, menjaring ikan di kolam yang sudah banyak ikannya. Sekali ciduk sudah banyak ikan-ikan yang terangkut,” kata Arief Yahya.

Menurut Ketua Asita Kepulauan Riau Andika, turis Korea menyumbang jumlah wisatawan asing yang cukup besar ke Batam, menempati urutan ketiga atau keempat dari seluruh wisman bergantian dengan Jepang. “Bila dibandingkan dengan Singapura, wisatawan Korea lebih suka dan nyaman berwisata ke Batam. Mereka menilai Singapura terlalu komersial dan waktu turnya tidak fleksibel. Belum lagi mereka merasa bangga di Batam karena pemandu wisata adalah orang Indonesia yang bisa berbahasa Korea. Bukan orang Korea yang lama tinggal di negara ini, ada unsur proximity (kedekatan) di sini” ujarnya.

Untuk akhir tahun 2017 hingga Januari 2018, masih menurut Andika, okupansi hotel di Batam selalu penuh. Naiknya grafik kunjungan wisatawan diprediksi akan terus berlangsung hingga pelaksanaan Imlek pada Februari yang akan datang.

Aktivitas menyambut pergantian tahun baru di sejumlah lokasi wisata lain dilaporkan berlangsung ramai. Diharapkan hal tersebut dapat diimbangi dengan adanya pelaksanaan sistem kemanan yang memadai sehingga berwisata menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi para wisatawan. (Gabriel Bobby)





About author



You might also like

SightSeeing

Lapangan Golf Bogor Terbaik di Asia Pasifik

Bupati Bogor Nurhayanti (kiri) dan Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengapresiasi prestasi Pemerintah Kabupaten Bogor memperoleh penghargaan sebagai Best Golf Destination In Asia Pacific dari

Investments

Preskom Jababeka Berbagi Tips Menangi Peluang Kerja dan Bisnis

Presiden Komisaris dan Founder PT Kawasan Industri Jababeka Tbk SD Darmono (kedua dari kanan) (Ist) Presiden Komisaris dan Founder PT Kawasan Industri Jababeka Tbk SD Darmono memberikan motivasi kepada generasi

Cuisine

Menikmati Kopi Nusantara, Sunset dan Jazz Bersama PT PELNI

KM Kelud di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara (Ist) Manajemen PT Pelni semakin menegaskan produk life style on board dengan menggelar event di Kapal Motor (KM) Kelud di Pelabuhan Tanjung

Tour Package

TWC Siapkan 20 Homestay di Setiap Desa Borobudur

Candi Borobudur (Ist) PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) sebagai pengelola kawasan Borobudur benar-benar serius dalam mendukung program pariwisata. Salah satunya dengan membangun homestay di setiap desa yang

Destinations

Wisata Bahari Berkembang Didukung Infrastruktur

WWF (Ist) Pariwisata di Indonesia, termasuk potensi bisnis wisata bahari akan berkembang dengan adanya dukungan peningkatan pembangunan infrastruktur dan fasilitas kepariwisataan, seperti akomodasi, transportasi, komunikasi, dan lainnya. Dan, pemerintah harus

Hotel

Ayo Ikut Sayembara Desain Rumah Wisata

Sayembara Desain Rumah Wisata (Ist) Ketua Pokja Tim Percepatan 10 Top Destinasi Kementerian Pariwisata Hiramsyah Sambudhy Thaib mengajak para desainer, arsitek, dan ahli gambar bentuk rumah di manapun mereka berada.