‘Bagan Race’ di Festival Tanjung Lesung 2015

bagan race

Festival Tanjung Lesung 2015 (Ist)

Festival Tanjung Lesung 2015 yang akan digelar pada 30-31 Oktober 2015 mendatang bakal menampilkan perlombaan baru di dunia.

Lomba itu adalah ‘Bagan Race’ atau balap perahu yang akan menyusuri pantai di Kawasan Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang, Banten. Adapun ‘Bagan Race’ nantinya menggunakan sarana perahu nelayan, yang di atasnya terdapat kerangka bagan dan dapat ditumpangi sebanyak 20 orang penumpang.

Panitia Festival Tanjung Lesung 2015 menyiapkan sebanyak 10 unit perahu bagan untuk diperlombakan. “Para peserta lomba ‘Bagan Race’ adalah stakeholder kepariwisataan, termasuk masyarakat setempat,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Banten, M Ali Fadilah dalam press release yang diterima patainanews.com, Senin (19/10/2015).

Ali menambahkan, ‘Bagan Race’ akan menjadi salah satu daya tarik dalam Festival Tanjung Lesung 2015. Pasalnya, perlombaan perahu bagan seperti itu belum pernah dilakukan, dan dapat dikatakan sebagai yang pertama di dunia.

“Akan bertambah lagi satu warisan budaya Provinsi Banten yaitu ‘Perahu Bagan’,” tuturnya. Ali mengatakan, start ‘Bagan Race’ akan dilakukan di Pantai Kerang, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang dan finish di Beach Club, pantai yang berada di dalam kawasan Tanjung Lesung.

Nantinya ada tiga kategori yang diperlombakan di ‘Bagan Race’, yaitu pemenang yang tercepat. Kemudian pemenang yang paling indah mendekorasi atau menghias bagan.

Dan terakhir pemenang yang berhasil membawa ikan sebanyak-banyaknya ketika sampai di garis finish. Diketahui bahwa dalam Festival Tanjung Lesung 2015, selain ‘Bagan Race’ ada beberapa kegiatan lain disajikan untuk menarik wisatawan buat  hadir di acara fantastis ini, yaitu Parade Nelayan dan Festival Budaya, Parade Sepeda Hias, Pameran Produk UMKM, serta pertunjukan film hasil kreasi para sineas muda Banten dari Kremov Pictures, yakni film ‘Jawara Kidul’ dan ‘Perempuan Lesung’.

“Insya Allah, salah satu film hasil kreasi teman-teman sineas muda Banten akan diikutkan dalam nominasi Festival Film Indonesia 2015 yang akan digelar di ICE Kota Tangerang Selatan, Banten,” katanya.

Dalam Festival Tanjung Lesung 2015, juga akan digelar ‘Pesta Bakar Ikan’ di pinggir pantai Beach Club Tanjung Lesung, yang juga dimeriahkan oleh Momonon Band, dan beberapa Indie Band serta penampilan Disc Jockey (DJ).

Kemudian ada kegiatan penanaman terumbu karang di Pulau Liwungan, yang rencananya akan dipimpin Gubernur Banten Rano Karno. Festival Tanjung Lesung 2015 ini akan melibatkan sebanyak 20 ribu masyarakat, baik dari Kabupaten Pandeglang maupun dari kabupaten/kota di Banten.

Adapun wisatawan yang hadir dalam acara ini berasal dari berbagai provinsi di Indonesia, termasuk ada dari luar negeri, seperti Malaysia dan Singapura. Para wisatawan yang datang merupakan para pelaku pariwisata.

Mereka hadir untuk mengikuti pertemuan forum bisnis yang melibatkan Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (Asppi). Festival Tanjung Lesung 2015 ini juga akan dihadiri Komunitas ‘Jeep Rubicon’ Banten dan Komunitas ‘Backpacker Indonesia’. So, Come and Join. (Gabriel Bobby)

 

 

About author



You might also like

Hotel

2016, Grand Opening Capa Resort Maumere

Capa Resort Maumere (Ist) Capa Resort Maumere rencananya tahun depan akan melalukan grand opening setelah beberapa fasilitas hotel dilengkapi. Demikian disampaikan Priadi Wibisono, Marketing Manager PT Petrada Widya Radhasa ketika

Tour Package

Launching Pilot Project Pengembangan Kewirausahaan Pariwisata di Danau Toba

Suasana launching Pilot Project Pengembangan Kewirausahaan di Sektor Pariwisata (Homestay dan Tour Guide) di Kabupaten HumbangHasundutan, kawasan Danau Toba, Sumatera Utara (Ist) Pengembangan kawasan Danau Toba sebagai satu dari 10

Tourism

Promosi Pariwisata Kepulauan Seribu Lewat Film

Gelar Peduli Gerakan 1000 untuk Kepulauan Seribu Kepulauan Seribu di DKI Jakarta termasuk dalam 10 destinasi unggulan yang dikembangkan pemerintah yang sering disebut sebagai Bali Baru. Upaya mengembangkan potensi pariwisata

Tourism

Kemenpar dan BRI Luncurkan Kartu Kredit BRI Wonderful Indonesia

Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural Esthy Reko Astuti (kanan) (Ist) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) melakukan kerja sama co-branding  Wonderful Indonesia yang diwujudkan dalam Kartu Kredit BRI

Tour Package

Kunjungan Wisman Awal 2018 Tumbuh 7,99%

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya optimistis target 17 juta wisatawan mancanegara pada akhir tahun ini tercapai. Pada awal tahun ini pencapaian kunjungan wisman dalam dua

Slideshow

Inovasi Polygon untuk Pencinta Sepeda

Polygon terus melakukan inovasi untuk pencinta sepeda (Ist) Persaingan yang semakin ketat mengakibatkan industri dituntut untuk terus melakukan inovasi untuk dapat bersaing dan bertahan di pasar global. Inovasi menjadi salah