‘Bagan Race’ di Festival Tanjung Lesung 2015

bagan race

Festival Tanjung Lesung 2015 (Ist)

Festival Tanjung Lesung 2015 yang akan digelar pada 30-31 Oktober 2015 mendatang bakal menampilkan perlombaan baru di dunia.

Lomba itu adalah ‘Bagan Race’ atau balap perahu yang akan menyusuri pantai di Kawasan Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang, Banten. Adapun ‘Bagan Race’ nantinya menggunakan sarana perahu nelayan, yang di atasnya terdapat kerangka bagan dan dapat ditumpangi sebanyak 20 orang penumpang.

Panitia Festival Tanjung Lesung 2015 menyiapkan sebanyak 10 unit perahu bagan untuk diperlombakan. “Para peserta lomba ‘Bagan Race’ adalah stakeholder kepariwisataan, termasuk masyarakat setempat,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Banten, M Ali Fadilah dalam press release yang diterima patainanews.com, Senin (19/10/2015).

Ali menambahkan, ‘Bagan Race’ akan menjadi salah satu daya tarik dalam Festival Tanjung Lesung 2015. Pasalnya, perlombaan perahu bagan seperti itu belum pernah dilakukan, dan dapat dikatakan sebagai yang pertama di dunia.

“Akan bertambah lagi satu warisan budaya Provinsi Banten yaitu ‘Perahu Bagan’,” tuturnya. Ali mengatakan, start ‘Bagan Race’ akan dilakukan di Pantai Kerang, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang dan finish di Beach Club, pantai yang berada di dalam kawasan Tanjung Lesung.

Nantinya ada tiga kategori yang diperlombakan di ‘Bagan Race’, yaitu pemenang yang tercepat. Kemudian pemenang yang paling indah mendekorasi atau menghias bagan.

Dan terakhir pemenang yang berhasil membawa ikan sebanyak-banyaknya ketika sampai di garis finish. Diketahui bahwa dalam Festival Tanjung Lesung 2015, selain ‘Bagan Race’ ada beberapa kegiatan lain disajikan untuk menarik wisatawan buat  hadir di acara fantastis ini, yaitu Parade Nelayan dan Festival Budaya, Parade Sepeda Hias, Pameran Produk UMKM, serta pertunjukan film hasil kreasi para sineas muda Banten dari Kremov Pictures, yakni film ‘Jawara Kidul’ dan ‘Perempuan Lesung’.

“Insya Allah, salah satu film hasil kreasi teman-teman sineas muda Banten akan diikutkan dalam nominasi Festival Film Indonesia 2015 yang akan digelar di ICE Kota Tangerang Selatan, Banten,” katanya.

Dalam Festival Tanjung Lesung 2015, juga akan digelar ‘Pesta Bakar Ikan’ di pinggir pantai Beach Club Tanjung Lesung, yang juga dimeriahkan oleh Momonon Band, dan beberapa Indie Band serta penampilan Disc Jockey (DJ).

Kemudian ada kegiatan penanaman terumbu karang di Pulau Liwungan, yang rencananya akan dipimpin Gubernur Banten Rano Karno. Festival Tanjung Lesung 2015 ini akan melibatkan sebanyak 20 ribu masyarakat, baik dari Kabupaten Pandeglang maupun dari kabupaten/kota di Banten.

Adapun wisatawan yang hadir dalam acara ini berasal dari berbagai provinsi di Indonesia, termasuk ada dari luar negeri, seperti Malaysia dan Singapura. Para wisatawan yang datang merupakan para pelaku pariwisata.

Mereka hadir untuk mengikuti pertemuan forum bisnis yang melibatkan Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (Asppi). Festival Tanjung Lesung 2015 ini juga akan dihadiri Komunitas ‘Jeep Rubicon’ Banten dan Komunitas ‘Backpacker Indonesia’. So, Come and Join. (Gabriel Bobby)

 

 

About author



You might also like

Hotel

Wisman ke Borobudur Naik Cruise

Ilustrasi Cruise (Ist) Kapal pesiar MS Rotterdam yang membawa 1.258 wisatawan mancanegara (wisman) tiba di Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang. Wisman pun memili berwisata ke Borobudur. Kapal cruise asal Belanda ini

Slideshow

Worderful Noon Ajang Sinergi ASITA dan Pengguna Medsos

Suasana Wonderful Noon (Ist) Ajang “Wonderful Noon” dengan tema Share the Mantra of Sumatera Beneath The Sky of Jakarta diharapkan jadi ajang sinergi antara Association of The Indonesian Tours And

Festival

Presiden Jokowi Minta Proyek Infrastruktur Disambungkan dengan Kawasan Wisata

Presiden Jokowi (Ist) Presiden Joko Widodo meminta proyek infrastruktur disambungkan dengan kawasan wisata di setiap daerah agar sektor pariwisata bisa semakin mendorong kesejahteraan masyarakat secara lebih merata. Presiden Jokowi dalam

Tourism

KEK Tanjung Lesung Masuk 10 Destinasi Wisata Fokus Pemerintah

Pemerintah akan fokus untuk menggenjot 10 destinasi pariwisata di Indonesia. Keputusan tersebut diambil usai rapat koordinasi beberapa menteri di Kantor Koordinator Kemaritiman. “Ada 222 lokasi yang akan dikembangkan. Tapi kita

Nature

PT JAS Layani VVIP Sultan Brunei ke Indonesia

Berita Foto: PT Jasa Angkasa Semesta (JAS) melayani rombongan Sultan Brunei Darussalam HM Sultan Haji Hassanal Bolkiah yang berkunjung ke Indonesia, Rabu (2/5/2018) (Ist)

Cuisine

Kontes Miss Eco Internasional 2019 di Mesir Promosikan Indonesia untuk Wisatawan Timur Tengah

Ratu Vashti Annisa Kontes Miss Eco Internasional 2019 di Mesir bisa memberikan dampak positif bagi pariwisata Indonesia sebab promosi pariwisata Nusantara di Kairo akan memberikan dampak positif terhadap kunjungan wisatawan