Bali Aman untuk Wisman Tiongkok

WhatsApp Image 2017-10-23 at 16.37.37

Rombongan wartawan dari Tiongkok di Bali (Ist)

Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Pasifik, Kementerian Pariwisata menyelenggarakan kegiatan perjalanan wisata pengenalan (famtrip) dengan mengundang 9 media Tiongkok untuk mengunjungi destinasi wisata Bali dalam rangka mempromosikan Wonderful Indonesia serta meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dari Tiongkok sekaligus meyakinkan bahwa Bali aman untuk kunjungan wisman dari Tiongkok.

Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Pasifik Kemenpar Vinsensius Jemadu mengatakan, isu yang berkembang di Tiongkok beberapa waktu lalu telah terjadi erupsi Gunung Agung perlu diluruskan kembali dalam upaya mendorong minat calon wisman di Tiongkok untuk berkunjung ke Bali.

“Melalui kegiatan famtrip ini kita ingin meyakinkan bahwa Bali benar-benar aman untuk dikunjungi wisatawan,” kata  Vinsensius Jemadu di Bali, Senin (23/10/2017). Sebelumnya Gubernur Bali Made Mangku Pastika menjamin bahwa Pulau Dewata aman untuk kunjungan wisatawan.

Adapun pemerintah telah melakukan antisipasi bila terjadi erupsi Gunung Agung antara lain dengan mengosongkan ‘zona merah’ dalam radius 12 km dari pusat erupsi. Pemerintah telah membentuk Bali Tourism Hospitality (sebagai crisis center) untuk membantu wisatawan bila terjadi erupsi Gunung Agung.

Adapun lokasi dari Gunung Agung sangat jauh dari lokasi wisata di Bali. Dan sampai saat ini kondisi semua obyek wisata masih normal seperti biasa. Sementara daerah-daerah wisata di Bali masih jauh dari Gunung Agung sekitar 70 km.
 
Vinsensius Jemadu mengatakan, kegiatan famtrip ini  sebagai upaya mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia yang tahun ini menargetkan 15 juta, sebanyak 2 juta wisman di antaranya diharapkan datang  dari pasar Tiongkok.
 
Kunjungan media massa Tiongkok diharapkan dapat menyebarluaskan hasil liputan mereka guna memberi pemahaman terhadap situasi  terkini tentang destinasi Bali.“Media online sangat berpengaruh bagi masyarakat Tiongkok. Kalangan anak muda sebagian besar memanfaatkan media online untuk mendapatkan informasi mengenai pariwisata Bali,” kata Vinsensius Jemadu.
 
Para peserta famtrip selama di Bali mengunjungi kawasan wisata pedesaan di Ubud, menyaksikan pertunjukan kesenian di Uluwatu, menikmati kuliner di Jimbaran dan Seminyak, serta menikmati wisata bahari di Tanjung Benoa kemudian dilanjutkan ke kawasan Nusa Dua serta menikamti pantai di Kuta.  
 
Kunjungan wisman Tingkok pada Januari hingga Agustus 2017 sebanyak 1,428 juta atau naik 45,78% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 980 ribu wisman. Kunjungan wisman Tiongkok ke Indonesia sebagian besar  ke Bali sebagai destinai favorit, Jakarta, Tanjung Uban (Kepri), Batam, dan Manado.

Wisman Tiongkok selama berlibur di Indonesia lebih banyak melakukan aktivitas wisata bahari atau mengunjungi pantai (beach) , jalan-jalan dan belanja (sightseeing & shopping) maupun menikmati kuliner (culinary). Sebanyak 9 media Tingkok yang ikut dalam kegiatan famtrip ke Bali, yakni China News Service (CNS), NetEase(163), Xinhua News Agency, Xinmin Network, Yangtse Evening Post, JiangSu TV, The Paper News,  Oriental Guardian, Shanghai Morning Post. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Cuisine

Cicipi Olahan Unik Green Tea di Hotel Santika Premiere ICE BSD City

Green Tea Coffee Jelly (Ist) Green tea atau teh hijau dalam beberapa tahun terakhir menjadi sangat populer di Indonesia seiring dengan meningkatnya informasi dan penelitian yang menunjukan berbagai manfaat dari

World Heritage

Kontribusi Wisman Great Batam Tentukan Capaian Target 17 Juta

Kepala Biro Komunikasi Publik Kemenpar Guntur Sakt (kedua dari kiri) (Ist) Kontribusi wisatawan mancanegara (wisman) melalui pintu masuk utama (Great) Batam/Kepri sangat menentukan dalam pencapaian target  pariwisata nasional tahun ini

Hotel

100.000 Turis Asing ke Indonesia Lihat GMT 2016

Jadwal Acara GMT 2016 (Ist) Pemerintah menargetkan bisa mendatangkan 100.000 wisatawan mancanengara (wisman) berkunjung ke Indonesia ketika fenomena alam, gerhana matahari total (GMT) 2016 pada 9 Maret mendatang melewati 12

Tourism

Pemerintah Ajak Swiss Bangun Sekolah Pariwisata di Lombok

Wisatawan mancanegara melintas di kawasan Pantai Kuta Lombok  Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli meminta bantuan pemerintah Swiss untuk membangun sekolah pariwisata. “Kami ingin minta tolong kepada pemerintah Swiss untuk

Slideshow

Pelindo III Raih Penghargaan Inovasi Pelayanan Penumpang Kapal Laut

Logo PT Pelindo III (Ist) PT Pelabuhan Indonesia III meraih penghargaan Top 35 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2016 pada ajang yang diselenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN

Heritage

Genjot Wisata Halal, NTB Luncurkan Program Pesona Khazanah Ramadhan

Suasana launching Pesona Khazanah Ramadhan (Ist) Sebagai daerah yang menyandang predikat destinasi wisata Family Friendly terbaik, Nusa Tenggara Barat (NTB) akan memaksimalkan momen Ramadan yang sudah di depan mata. NTB