Bali Aman untuk Wisman Tiongkok

WhatsApp Image 2017-10-23 at 16.37.37

Rombongan wartawan dari Tiongkok di Bali (Ist)

Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Pasifik, Kementerian Pariwisata menyelenggarakan kegiatan perjalanan wisata pengenalan (famtrip) dengan mengundang 9 media Tiongkok untuk mengunjungi destinasi wisata Bali dalam rangka mempromosikan Wonderful Indonesia serta meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dari Tiongkok sekaligus meyakinkan bahwa Bali aman untuk kunjungan wisman dari Tiongkok.

Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Pasifik Kemenpar Vinsensius Jemadu mengatakan, isu yang berkembang di Tiongkok beberapa waktu lalu telah terjadi erupsi Gunung Agung perlu diluruskan kembali dalam upaya mendorong minat calon wisman di Tiongkok untuk berkunjung ke Bali.

“Melalui kegiatan famtrip ini kita ingin meyakinkan bahwa Bali benar-benar aman untuk dikunjungi wisatawan,” kata  Vinsensius Jemadu di Bali, Senin (23/10/2017). Sebelumnya Gubernur Bali Made Mangku Pastika menjamin bahwa Pulau Dewata aman untuk kunjungan wisatawan.

Adapun pemerintah telah melakukan antisipasi bila terjadi erupsi Gunung Agung antara lain dengan mengosongkan ‘zona merah’ dalam radius 12 km dari pusat erupsi. Pemerintah telah membentuk Bali Tourism Hospitality (sebagai crisis center) untuk membantu wisatawan bila terjadi erupsi Gunung Agung.

Adapun lokasi dari Gunung Agung sangat jauh dari lokasi wisata di Bali. Dan sampai saat ini kondisi semua obyek wisata masih normal seperti biasa. Sementara daerah-daerah wisata di Bali masih jauh dari Gunung Agung sekitar 70 km.
 
Vinsensius Jemadu mengatakan, kegiatan famtrip ini  sebagai upaya mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia yang tahun ini menargetkan 15 juta, sebanyak 2 juta wisman di antaranya diharapkan datang  dari pasar Tiongkok.
 
Kunjungan media massa Tiongkok diharapkan dapat menyebarluaskan hasil liputan mereka guna memberi pemahaman terhadap situasi  terkini tentang destinasi Bali.“Media online sangat berpengaruh bagi masyarakat Tiongkok. Kalangan anak muda sebagian besar memanfaatkan media online untuk mendapatkan informasi mengenai pariwisata Bali,” kata Vinsensius Jemadu.
 
Para peserta famtrip selama di Bali mengunjungi kawasan wisata pedesaan di Ubud, menyaksikan pertunjukan kesenian di Uluwatu, menikmati kuliner di Jimbaran dan Seminyak, serta menikmati wisata bahari di Tanjung Benoa kemudian dilanjutkan ke kawasan Nusa Dua serta menikamti pantai di Kuta.  
 
Kunjungan wisman Tingkok pada Januari hingga Agustus 2017 sebanyak 1,428 juta atau naik 45,78% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 980 ribu wisman. Kunjungan wisman Tiongkok ke Indonesia sebagian besar  ke Bali sebagai destinai favorit, Jakarta, Tanjung Uban (Kepri), Batam, dan Manado.

Wisman Tiongkok selama berlibur di Indonesia lebih banyak melakukan aktivitas wisata bahari atau mengunjungi pantai (beach) , jalan-jalan dan belanja (sightseeing & shopping) maupun menikmati kuliner (culinary). Sebanyak 9 media Tingkok yang ikut dalam kegiatan famtrip ke Bali, yakni China News Service (CNS), NetEase(163), Xinhua News Agency, Xinmin Network, Yangtse Evening Post, JiangSu TV, The Paper News,  Oriental Guardian, Shanghai Morning Post. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Slideshow

WKB Dipercaya Panasonic

Yudika, pemilik WKB (kanan) Keberadaan Warteg Kharisma Bahari (WKB) semakiin diminati masyarakat, khususnya di wilayah Jabodetabek. Yudika, sapaan akrab Sayudi, pemilik WKB mengaku senang mendapat kepercayaan dari Panasonic. “WKB digandeng

Festival

ICE Berbagi dengan Sesama

Buka puasa bersama ICE dengan panti asuhan (Ist) Indonesia Convention Exhibition (ICE) saat Ramadan 2016 ini mengadakan acara amal dengan memberikan santunan kepada tiga panti asuhan yang berada di wilayah

World Heritage

Aksi The Golden Route di JFW 2015

Koleksi Lindy Ann di JFW 2015 (Ist) Batik yang merupakan bagian wastra Indonesia rupanya terus dipertahankan banyak orang sebagai kebanggaan akan negeri ini. Dan, batik yang telah secara resmi diakui

Festival

Pemerintah Gandeng Accor Hotels Promosikan Pariwisata Indonesia

Batik asli Indonesia (Ist) Promosi pariwisata untuk market Perancis tidak pernah berhenti untuk Indonesia. Setelah partisipasi yang signifikan di pameran TOP RESA dan sukses di acara roadshow di empat kota

SightSeeing

Presiden Jokowi Tinjau Kesiapan Infrastruktur Pulau Komodo‎

Presiden Jokowi (kemeja putih) (Ist) Taman Nasional Komodo Kebanggaan Indonesia Warisan dunia ‎ Mari jaga bersama Rawat bersama‎‎ ‎ Itulah torehan tulisan dari Presiden Jokowi pada sebuah plakat kain kanvas

Destinations

Mahasiswa STP Bandung Antusias Ikut MariMenulis.org

Mahasiswa STP Bandung tengah mendengarkan pemaparan dari President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo mengenai pariwisata Indonesia (Ist) Mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung tampak antusias belajar menulis mengenai beragam potensi