Bali Aman untuk Wisman Tiongkok

WhatsApp Image 2017-10-23 at 16.37.37

Rombongan wartawan dari Tiongkok di Bali (Ist)

Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Pasifik, Kementerian Pariwisata menyelenggarakan kegiatan perjalanan wisata pengenalan (famtrip) dengan mengundang 9 media Tiongkok untuk mengunjungi destinasi wisata Bali dalam rangka mempromosikan Wonderful Indonesia serta meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dari Tiongkok sekaligus meyakinkan bahwa Bali aman untuk kunjungan wisman dari Tiongkok.

Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Pasifik Kemenpar Vinsensius Jemadu mengatakan, isu yang berkembang di Tiongkok beberapa waktu lalu telah terjadi erupsi Gunung Agung perlu diluruskan kembali dalam upaya mendorong minat calon wisman di Tiongkok untuk berkunjung ke Bali.

“Melalui kegiatan famtrip ini kita ingin meyakinkan bahwa Bali benar-benar aman untuk dikunjungi wisatawan,” kata  Vinsensius Jemadu di Bali, Senin (23/10/2017). Sebelumnya Gubernur Bali Made Mangku Pastika menjamin bahwa Pulau Dewata aman untuk kunjungan wisatawan.

Adapun pemerintah telah melakukan antisipasi bila terjadi erupsi Gunung Agung antara lain dengan mengosongkan ‘zona merah’ dalam radius 12 km dari pusat erupsi. Pemerintah telah membentuk Bali Tourism Hospitality (sebagai crisis center) untuk membantu wisatawan bila terjadi erupsi Gunung Agung.

Adapun lokasi dari Gunung Agung sangat jauh dari lokasi wisata di Bali. Dan sampai saat ini kondisi semua obyek wisata masih normal seperti biasa. Sementara daerah-daerah wisata di Bali masih jauh dari Gunung Agung sekitar 70 km.
 
Vinsensius Jemadu mengatakan, kegiatan famtrip ini  sebagai upaya mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia yang tahun ini menargetkan 15 juta, sebanyak 2 juta wisman di antaranya diharapkan datang  dari pasar Tiongkok.
 
Kunjungan media massa Tiongkok diharapkan dapat menyebarluaskan hasil liputan mereka guna memberi pemahaman terhadap situasi  terkini tentang destinasi Bali.“Media online sangat berpengaruh bagi masyarakat Tiongkok. Kalangan anak muda sebagian besar memanfaatkan media online untuk mendapatkan informasi mengenai pariwisata Bali,” kata Vinsensius Jemadu.
 
Para peserta famtrip selama di Bali mengunjungi kawasan wisata pedesaan di Ubud, menyaksikan pertunjukan kesenian di Uluwatu, menikmati kuliner di Jimbaran dan Seminyak, serta menikmati wisata bahari di Tanjung Benoa kemudian dilanjutkan ke kawasan Nusa Dua serta menikamti pantai di Kuta.  
 
Kunjungan wisman Tingkok pada Januari hingga Agustus 2017 sebanyak 1,428 juta atau naik 45,78% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 980 ribu wisman. Kunjungan wisman Tiongkok ke Indonesia sebagian besar  ke Bali sebagai destinai favorit, Jakarta, Tanjung Uban (Kepri), Batam, dan Manado.

Wisman Tiongkok selama berlibur di Indonesia lebih banyak melakukan aktivitas wisata bahari atau mengunjungi pantai (beach) , jalan-jalan dan belanja (sightseeing & shopping) maupun menikmati kuliner (culinary). Sebanyak 9 media Tingkok yang ikut dalam kegiatan famtrip ke Bali, yakni China News Service (CNS), NetEase(163), Xinhua News Agency, Xinmin Network, Yangtse Evening Post, JiangSu TV, The Paper News,  Oriental Guardian, Shanghai Morning Post. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Cuisine

Pemerintah Perlu Kembangkan Wisata Kuliner Indonesia

Rendang, Kuliner Khas Indonesia (Ist) Sebagai upaya melestarikan kuliner khas Indonesia, maka pemerintah harus melindungi dan mengembangkan wisata kuliner negeri ini yang dimulai dari dalam negeri hingga ke mancanegara sehingga

Tourism

19 Perusahaan Official Partner Wonderful Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya foto bersama dengan perusahan yang menadi offical partner Wonerful Indonesia (Ist) Tercatat ada 19 perusahaan tercatat resmi menjadi official partner Wonderful Indonesia. Keberadaan 19 perusahan itu

Heritage

Sadaya UNIKOM Melestarikan Budaya Nusantara

Sebagai bagian anak bangsa, Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) ikut melestarikan budaya Indonesia yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing untuk berkunjung ke negeri ini. “Di UNIKOM ada unit kegiatan

Festival

Turis Belanda Suka Menginap di Hotel Horison NJ

General Manager Hotel Horison NJ Aditya Maulana (kemeja abu-abu dan berkaca mata) tampak mendengarkan penjelasan mengenai sejarah kota Semarang di Kampung Batik Semarang di kawasan Kota Lama Semarang (Ist) Wisatawan

Slideshow

Sinergi Metranet dengan FPMDI untuk Kemajuan Media Digital

  CEO PT Metranet Didik B Santoso (tiga dari kiri) berpose bersama pengurus FPMDI, termasuk patainanews.com (tiga dari kanan) (Ist)  “Kegiatan seperti ini, akan terus kami lakukan dengan Forum Pimpinan

Culture

ICE Kebanggaan Indonesia

Siti Karmila (Ist) Presiden Jokowi diketahui telah meresmikan ICE (Indonesia Convention Exhibition (ICE) yang berdiri di atas lahan seluas 22 hektare di Bumi Serpong Damai, Banten, Selasa (4/8/2015). Ya, ICE