Bali Pulau Terbaik Asia

keris
Keris Bali daya tarik Pulau Dewata (www.ninaflynnphotography.com)
Pulau Dewata menyabet penghargaan sebagai pulau tujuan wisata terbaik se-Asia. Penghargaan ini disematkan oleh situs wisata terbesar di dunia, TripAdvisor.
Indonesia pantas bangga dengan kepercayaan yang diberikan TripAdvisor lantaran TripAdvisor merupakan komunitas wisata terbesar di dunia yang menjangkau 350 juta pengunjung unik setiap bulannya.
Web ini juga menampilkan lebih dari 290 juta ulasan dan opini tentang 5,3 juta akomodasi, restoran, dan objek wisata dunia.
Bayangkan saja, Bali berhasil mengalahkan pulau-pulau yang disebut traveler sebagai surga duniawi.
Phuket, Havelock Island hingga Taketomicho Iriomote-jima kalah oleh Pulau Dewata! “Pulau-pulau di Asia, termasuk Bali telah lama menjadi tujuan wisata favorit karena keindahannya bagi turis dunia secara global,” kata Janice Lee Fang, Direktur Komunikasi Asia Pasifik TripAdvisor dalam siaran pers yang diterima patainanews.com akhir pekan lalu.
Bagi Janice, Bali memang layak dijadikan destinasi wisata terbaik se Asia. Semua komponen yang disuka wisatawan dunia ada di sana. Hotel, restoran, atraksi-atraksi wisata, semuanya masuk kategori fantastis.
“Penghargaan itu ditentukan dengan menggunakan algoritma yang menghitung kuantitas dan kualitas ulasan dan peringkat untuk hotel, restoran dan atraksi di pulau-pulau di seluruh dunia. Penilaiannya diukur selama 12 bulan berdasarkan ulasan dan pengakuan wisatawan,” tambahnya.
Dan bukan hanya Bali saja yang berkibar di Asia. Lombok dan Gili Trawangan juga masuk posisi terhormat Asia. Dari penilaian TripAdvisor, Lombok masuk di posisi lima besar Asia.
Sementara Gili Trawangan masuk 10 besar, tepatnya di enam besar Asia. Apresiasi tinggi langsung diberikan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) terhadap penghargaan tadi. Bagi Kemenpar, Indonesia merupakan negara kepulauan diberkati dengan ribuan pulau indah yang menawarkan pemandangan spektakuler, suasana yang unik, dan keanekaragaman hayati laut yang sangat kaya.
“Bali, Lombok dan Gili Trawangan adalah contoh terbaik sebagai tujuan yang bagus untuk dikunjungi. Kami ingin mengucapkan terima kasih TripAdvisor untuk pengakuan ini. Kami mengundang wisatawan seluruh dunia untuk datang mengeksplorasi lebih jauh keindahan pulau-pulau ini,” terang Esthy Reko Astuti, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar.
Berikut 10 pulau peringkat terbaik di Asia versi TripAdvisor: 1. Bali, Indonesia, 2. Phuket, Thailand, 3. Ko Samui, Thailand, 4. Koh Tao, Thailand, 5. Lombok, Indonesia, 6. Gili Trawangan, Indonesia, 7. Boracay, Filipina, 8. Langkawi, Malaysia, 9. Havelock Island, India, 10. Taketomicho Iriomote-jima, Jepang.
Menteri Pariwisata Arief Yahya mengingatkan agar Bali terus berpromosi ke mancanegara. Bali harus menjadi Hub sekaligus endorser bagi destinasi lain di Indonesia yang sering disebut dengan istilah Bali and Beyond.
Di Asia memang sudah nomor satu, tapi dari TripAdvisor itu, Bali masih nomor 5 di dunia. Nomor 1 Pulau Maui Hawai, nomor 2 Santorini Cyclades, nomor 3 Jamaica, dan Nomor 4 Providencialis, Turki.
“Tapi Bali masih pulau top five terbaik dunia, congratulation!” ucap Arief Yahya. TripAdvisor itu cukup kompeten dan kredibel di kalangan travellers. Perusahaan yang berawal dari platform ‘Look’ atau ‘search’ ini meng-collect data dari testimoni costumers atau netizen.
Mereka menulis sendiri di wall TripAdvisor tentang apa saja yang mereka alami. Mau senang, susah, happy, marah-marah, semua ditumpahkan dalam curhat TripAdvisor.
Karenanya website ini makin dicari orang untuk merencanakan wisata. “Poinnya adalah Bali harus dan tetap akan dipromosikan dengan baik,” jelasnya.(Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Hotel

Wisata Halal di Indonesia Bukan Sekadar Branding

Turis asing menyatu dengan warga setempat di Gili Trawangan, Lombok (Ist) Indonesia selama ini dikenal sebagai negara dengan penduduk mayoritas Muslim sehingga harus bisa menjadi pelopor produk halal internasional karena

Tour Package

Apresiasi Kinerja Gubernur NTB Bawa RI Berjaya dalam World Halal Travel Awards 2015

Indonesia berjaya dalam World Halal Travel Awards 2015 (Ist) Wakil Ketua PHRI Nusa Tenggara Barat (NTB) LA Hadi Faishal menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap kinerja Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi

Tour Package

Banyuwangi Ethno Carnival 2018 Tampilkan Pertunjukkan Kelas Dunia

Peserta BEC 2018 Penyelenggaraan Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) 2018 semakin menguatkan Banyuwangi sebagai destinasi wisata kelas dunia. Dengan melibatkan 100 seniman Banyuwangi yang mengisi 11 stage dengan 10 tema berbeda,

Culture

MESA Hotel and Resorts Memperkenalkan Emeralda Resort Ninh Binh

Emeralda Resort Ninh Binh (Ist) MESA Hotel and Resorts menawarkan berbagai pilihan pengalaman yang berbeda di masing-masing unitnya dengan keunggulan dalam pelayanan dan setiap harinya menginspirasi para tamu untuk memberikan

SightSeeing

2018, Devisa Pariwisata Lampaui Target

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia tahun 2018 diproyeksikan sekitar 16,2 juta wisman atau sekitar 95% dari target yang ditetapkan

Slideshow

Wisata Ziarah untuk Kenyamanan Spiritual Wisatawan

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menyatakan bertekad sekaligus meminta keterlibatan seluruh pemangku kepentingan untuk meningkatkan dan memperbaiki tata kelola destinasi wisata ziarah di Tanah Air.