Bangga Wonderful Indonesia Berkibar di Mancanegara

WhatsApp Image 2017-08-11 at 21.15.08

Kenova Arundhati selama ini mencintai Batik khas Nusantara (Ist)

Branding Wonderful Indonesia diketahui semakin berkibar di kancah internasional sehingga ikut memberikan dampak positif, yakni mendorong pertumbuhan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke negeri ini.

Kenova Arundhati, seorang penyuka budaya khas Nusantara menyampaikan apresiasi terhadap pemerintah yang telah melakukan upaya serius meningkatkan kualitas pariwisata Indonesia. “Menurut saya, sebagai bagian dari masyarakat pencinta budaya dan pariwisata Indonesia, pemerintah sudah melakukan kemajuan yang sangat signifikan mengurus sektor pariwisata itu sendiri, terlebih lagi setelah Kementerian Pariwisata membuat branding Wonderful Indonesia dan mempublikasikan secara internasional sehingga dunia semakin aware tentang keindahan alam Indonesia,” paparnya ketka dihubungi patainanews.com, Sabtu (12/8/2017).

Seperti diketahui, Presiden Jokowi telah menetapkan target kunjungan wisman ke Indonesia hingga 2019 mendatang sebanyak 20 juta traveler mancanegara. Karenanya pemerintah pun bekerja keras berupaya merealisasikan target Presiden Jokowi.

Bahkan, Menteri Pariwisata Arief Yahya berani memasang target kunjungan wisman pada tahun ini bisa mencapai 15 juta turis asing. Menteri Pariwisata pun mengeluarkan jurus pentahelix, yakni adanya sinergi antara pemerintah, bisnis, akademisi, komunitas, dan media massa demi membangun pariwisata Indonesia.

wonderful-Indonesia-logo-new

Branding Wonderful Indonesia (Ist)

Arief Yahya juga mengandalkan strategi Indonesia Incorporated untuk bersama memajukan pariwisata negeri ini. Kini pariwisata sering disebut sebagai leadng sector pembangunan nasional. Keno, begitu ia kerap disapa, menuturkan, Indonesia merupakan ‘the lost Atlantis’ dimana banyak sekali bukti pra-sejarah maupun keajaiban dunia ada di Indonesia.

“Kita sebagai warga negara Indonesia wajib untuk berinisiatif dalam mendukung pengembangan budaya di negara kita ini. Terlebih lagi dari sektor Ekonomi Kreatif, yang mampu mendukung industri pariwisata dan budaya,” urai perempuan berparas cantik ini.

Keno yang juga Founder Vintage House Production PT RUMAH TUA MEDIA berharap pemerintah daerah semakin serius memerhatikan potensi pariwisata yang ada di masaing-masing daerah. “Pemerintah daerah seharusnya lebih menggiatkan lagi sektor pariwisata karena ini merupakan sumber devisa negara yang berpotensi tinggi,” ujarnya.

WhatsApp Image 2017-08-12 at 08.47.20

Kenova Arundhati yang menyukai traveling di Indonesia, termasuk Semarang, Jawa Tengah (Ist)

Adapun manajemen PT Kereta Api Pariwisata juga tertarik ikut serta untuk terlibat langsung mempromosikan pariwisata Indonesia. Manajemen PT Kereta Api Pariwisata merencanakan pada akhir 2018 mendatang akan membuat layanan wisata mengunjungi berbagai destinasi wisata yang tersebar di Jawa dengan menggunakan kereta wisata.

President Director PT Kereta Api Pariwisata Totok Suryono menjelaskan, akhir tahun 2018 mendatang menjadi waktu yang tepat untuk meluncurkan layanan tersebut. Ia menjelaskan, saat ini pihaknya tengah menyesuaikan restorasi yang ada guna mendukung rencana layanan kereta wisata pada akhir tahun depan itu.

“Perjalanan dimulai dari Jakarta ke Cirebon, Jawa Barat dan wisatawan diajak keliling di sejumlah destinasi wisata yang ada di Cirebon. Terus ke Semarang, Jawa Tengah wisatawan bisa berkunjung ke Lawang Sewu. Berlanjut terus ke Yogyakarta, ke Solo, Surabaya, Jawa Timur dan Banyuwangi,” paparnya dalam press conference kereta wisata kelas Priority di Jakarta, Kamis (3/8/2017).

Bahkan, lanjutnya, tak menutup kemungkinan PT Kereta Api Pariwisata juga melayani wisatawan yang mau ke Pulau Dewata, Bali. Menurutnya, perjalanan wisata ke berbagai destinasi wisata di Jawa membuat wisatawan harus menginap di beberapa destinasi wisata yang ada.

“Perjalanan wisata ke berbagai destinasi di Jawa harus menginap sebab dilakukan dalam beberapa hari, mungkin bisa sekitar seminggu,” ucapnya. Ia optimistis program ini akan meningkatkan kunjungan wisatawan, termasuk turis asing ke Indonesia.

Keno yang mengaku menyukai batik khas Nusantara itu pun begitu antusias mendukung layanan perjalanan wisata dengan kereta wisata yang akan diperkenalkan manajemen PT Kereta Api Pariwisata pada akhir tahun depan. “Saya ingin sekali dapat menikmati rute ini dengan kereta wisata. Tidak hanya bebas macet, namun dengan Kereta Api Pariwisata yang nyaman saat ini, menikmati pemandangan diiringi musik itu lebih nikmat rasanya dibanding dengan kendaraan lainnya,” ungkapnya.

Perempuan yang suka traveling ke beragam destinasi wisata yang ada di Tanah Air itu menyebut sejumlah tempat di Cirebon yang menarik dikunjungi wisatawan, yakni ada Keraton Kasepuhan Cireobon, dan Gua Sunyaragi. “Di Semarang ada Lawang Sewu, Kelenteng Sam Poo Kong, dan Kota Lama Semarang,” ucapnya penuh semangat.

Keno mendukung upaya manajemen PT Kereta Api Pariwisata sebab layanan perjalanan wisata akan mengunjungi salah satu 10 Bali baru, yakni Joglosemar (Jogja, Solo, Semarang). “Program layanan perjalanan wisata yang rencana pada akhir tahun depan itu mengunjungi Yogyakarta, Solo, Semarang yang termasuk Joglosemar yang merupakan 10 Bali baru,” tuturnya.

Pemerintah telah menetapkan Joglosemar dengan ikon Candi Borobudur termasuk dalam 10 Bali baru, yakni 10 destinasi wisata prioritas yang dikembangkan dan dipromosikan pemerintah hingga ke mancanegara. Keno merasa yakin PT Kereta Api Pariwisata bisa memberikan kontribusi positif terhadap kunjungan wisman dengan memberikan program layanan wisata keliling sejumlah destinasi wisata yang ada di Jawa mulai akhir tahun 2018 mendatang. (Gabriel Bobby)   

 

 

 

 

 

About author



You might also like

Indonesiaku

Mengintip Strategi Industri Sepeda di Pasar Global

Polygon (Ist) Era perdagangan bebas saat ini menuntut setiap industri untuk lebih meningkatkan keunggulan kompetitifnya dan lebih kreatif  di pasar global.  Hal ini pula yang dilakukan industri sepeda Polygon, sebagai

Nature

Bersama Mengembangkan Potensi Wisata Cirebon

Berita Foto: Di sela-sela peluncuran KA Ranggajati dengan rute Cirebon-Jember (PP), Selasa (1/11/2016) Hotel Manager Hotel Neo Samadikun Cirebon Gifta Oktavia Rappe pun berdiskusi dengan Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra dan Sultan

Destinations

Mendatangkan Wisman, RI Harus Belajar dari Thailand

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) (Ist) Mengurus pariwisata Indonesia, termasuk mendatangkan banyak wisatawan mancanegara (wisman) ternyata negeri ini harus belajar dari Thailand. Bukan dari negeri jiran Malaysia atau Singapura. Tahun

All About Indonesia

Ikut Program Tes Akuntan Publik di President University

Logo President University (Ist) President University bekerja sama dengan Ikatan Akuntan Publik Indonesia (IAPI) secara resmi membuka Certified Public Accountant (CPA) Testing Centre di Kampus President University, Cikarang, Selasa (12/4/2016).

Festival

Batik Wistara yang Memberikan Kesempatan untuk Orang Berkebutuhan Khusus

Batik Wistara (Ist) Batik Wistara memang pantas diberikan apresiasi sebab pusat batik ini yang ada di Surabaya, Jawa Timur ternyata memberikan kesempatan untuk orang-orang yang berkebutuhan khusus. Demikian penjelasan Pembina

Destinations

KADIN Jabar Gandeng PATA Indonesia Resmikan Forum Bisnis Cirebon

Kamar Dagang Dan Industri Indonesia (KADIN) Jawa Barat bersama PATA Indonesia Chapter akan meresmikan Forum Bisnis Cirebon (FBC) yang sekaligus membahas tema menyongsong masa depan perekonomian wilayah Cirebon dengan dibangunnya