Bank Indonesia Majukan Tenun Ikat Kediri

WhatsApp Image 2017-08-20 at 12.31.29

Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama istri Wakil Presiden Ibu Mufidah Jusuf Kalla ketika melihat langsung Tenun Ikat Kediri (Ist)

Bank Indonesia (BI) ternyata sudah sekitar tiga tahun memberikan perhatian terhadap Tenun Ikat Kediri dalam upaya mengembangkan kain tradisional asli Kediri, Jawa Timur itu sehingga Tenun Ikat Kediri kini semakin diminati wisatawan mancanegara (wisman).

Informasi yang diperoleh patainanews.com, BI di Kediri mendukung pemerintah kota Kediri mengembangkan dan mempromosikan Tenun Ikat Kediri. Sebut saja Rukayah, seorang perajin Tenun Ikat Kediri mendapat kesempatan untuk ikut serta dalam pameran yang digelar BI untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) unggulan bertema Karya Kreatif Indonesia 2017 pada 18 hingga 20 Agustus lalu.

Seperti diketahui, Bank Indonesia berharap UMKM menjadi kunci penciptaan sumber ekonomi baru di Indonesia. Pameran tersebut dibuka Ibu Negara Iriana Joko Widodo didampingi istri Wakil Presiden Mufidah Jusuf Kalla dan Gubernur Bank Indonesia DW Martowardojo.

WhatsApp Image 2017-08-20 at 12.31.30

Ibu Negara Iriana Joko Widodo hadir di stan Kediri dalam pameran Karya Kreatif Indonesia (Ist)

Pameran tersebut menghadirkan koleksi lengkap tenun, ikat dan kain batik serta kerajinan tradisional dari seluruh perajin binaan Bank Indonesia yang tersebar di seluruh Nusantara. Adapun produk-produk yang dipamerkan dalam pameran ini merupakan produk premium yang memiliki nilai otentik/orisinil, memiliki nilai budaya, mengangkat citra daerah dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Selain menyajikan koleksi kain dan kerajinan tradisional nusantara UMKM binaan BI, melalui pameran ini masyarakat yang hadir dapat mempelajari tentang seluk beluk UMKM serta kain tradisional melalui berbagai kegiatan workshop dan talkshow.

Penyelenggaraan pameran tersebut menjadi wujud nyata Bank Indonesia mendukung pengembangan UMKM kreatif sekaligus memperkenalkan produk kerajinan yang dapat mengangkat citra budaya daerah, mendukung penyerapan tenaga kerja serta mendorong pariwisata.

Rukiyah mengatakan, wisatawan asal Eropa, seperti dari Jerman, dan Belanda ketika datang ke Kediri di Jawa Timur banyak yang membeli Tenun Ikat Kediri. “Ketika wisatawan asal Eropa, seperti dari Jerman dan Belanda serta dari Australia saat mereka ke Kediri, mereka jalan-jalan ke sejumlah tempat, seperti melihat langsung Tenun Ikat Kediri dan Pohsarang,” kata Rukayah, ketika ditemui patainanews.com di Jakarta, Minggu (20/8/2017).

“Turis asing biasanya membeli sekitar tiga Tenun Ikat Kediti untuk oleh-oleh ketika mereka pulang ke negara mereka masing-masing,” ucapnya. Ia menjelaskan bahwa sudah hampir 30 tahun berkarya untuk mengembangkan Tenun Ikat Kediri.

Ketekunan itu berbuah manis ketika dirinya ikut dalam pameran Karya Kreatif Indonesia di Jakarta mulai 18 Agustus hingga 20 Agustus 2017. Adapun pameran tersebut menampilkan UMKM binaan Bank Indonesia. Pada pembukaan pameran pada 18 Agustus lalu, Rukayah yang merupakan mantan tenaga kerja Indonesia (TKI) mendapat kesempatan bertemu langsung dan memperkenalkan Tenun Ikat Kediri kepada Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Ia mengaku bersyukur Ibu Negara Iriana memberi perhatian terhadap perkembangan Tenun Ikat Kediri. “Suatu penghargaan untuk saya Ibu Iriana mau menyempatkan waktu mampir ke stan Kediri untuk melihat langsung Tenun Ikat Kediri,” paparnya. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Hotel

Menpar Arief Yahya Promosikan Kopi Indonesia di ITB Berlin

Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) (Ist) Kenikmatan kopi Indonesia turut dipromosikan dalam pameran pariwisata terbesar di dunia, Internationale Tourismus Borse (ITB) Berlin, Jerman. Promosi dilakukan langsung Menteri Pariwisata Arief Yahya

Travel Operator

Mitigasi Pariwisata Tunggu Tanggap Darurat Selesai

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menkomar) Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Pemerintah terus mengupayakan penangan terbaik bagi korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah

Nature

Presiden Jokowi Terkesan Pesta Kesenian Bali

Presiden Jokowi (Ist) Presiden Jokowi sangat terkesan saat membuka Pesta Kesenian Bali (PKB) di depan Monumen Bajra Sandi Renon, Denpasar, Bali pada Sabtu (23/6/2018). Presiden Jokowi bahkan meminta PKB 2018

World Heritage

Masyarakat Jepang Suka Kopi Toraja

Kopi Toraja di Toraja Coffee House (Ist) Masyarakat Negeri Sakura, Jepang rupanya sudah sejak lama menyukai Kopi Toroja. Kenikmatan Kopi Toroja membuat warga Jepang ketika datang ke Indonesia biasanya mencari

Tourism

Pastikan Nonton Russia 2018 di Hotel Sofyan

Hotel Sofyan (Ist) Piala Dunia 2018 sudah di depan mata. Sofyan Hotel bekerja sama dengan Traveloka menghadirkan siaran langsung Piala Dunia. Tidak sekadar menonton siaran langsung bersama, para tamu bakal

Destinations

Pelaku Bisnis Pariwisata Lombok Apresiasi Pemprov NTB

General Manager d’Praya Lombok Hotel LA Hadi Faishal (kiri) dengan wisatawan remaja dari Republik Czech (kanan) Keberhasilan pariwisata di Lombok, Nusa Tenggara Barat tak bisa dilepaskan dari peran pemerintah provinsi (Pemprov)