Bank Indonesia Majukan Tenun Ikat Kediri

WhatsApp Image 2017-08-20 at 12.31.29

Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama istri Wakil Presiden Ibu Mufidah Jusuf Kalla ketika melihat langsung Tenun Ikat Kediri (Ist)

Bank Indonesia (BI) ternyata sudah sekitar tiga tahun memberikan perhatian terhadap Tenun Ikat Kediri dalam upaya mengembangkan kain tradisional asli Kediri, Jawa Timur itu sehingga Tenun Ikat Kediri kini semakin diminati wisatawan mancanegara (wisman).

Informasi yang diperoleh patainanews.com, BI di Kediri mendukung pemerintah kota Kediri mengembangkan dan mempromosikan Tenun Ikat Kediri. Sebut saja Rukayah, seorang perajin Tenun Ikat Kediri mendapat kesempatan untuk ikut serta dalam pameran yang digelar BI untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) unggulan bertema Karya Kreatif Indonesia 2017 pada 18 hingga 20 Agustus lalu.

Seperti diketahui, Bank Indonesia berharap UMKM menjadi kunci penciptaan sumber ekonomi baru di Indonesia. Pameran tersebut dibuka Ibu Negara Iriana Joko Widodo didampingi istri Wakil Presiden Mufidah Jusuf Kalla dan Gubernur Bank Indonesia DW Martowardojo.

WhatsApp Image 2017-08-20 at 12.31.30

Ibu Negara Iriana Joko Widodo hadir di stan Kediri dalam pameran Karya Kreatif Indonesia (Ist)

Pameran tersebut menghadirkan koleksi lengkap tenun, ikat dan kain batik serta kerajinan tradisional dari seluruh perajin binaan Bank Indonesia yang tersebar di seluruh Nusantara. Adapun produk-produk yang dipamerkan dalam pameran ini merupakan produk premium yang memiliki nilai otentik/orisinil, memiliki nilai budaya, mengangkat citra daerah dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Selain menyajikan koleksi kain dan kerajinan tradisional nusantara UMKM binaan BI, melalui pameran ini masyarakat yang hadir dapat mempelajari tentang seluk beluk UMKM serta kain tradisional melalui berbagai kegiatan workshop dan talkshow.

Penyelenggaraan pameran tersebut menjadi wujud nyata Bank Indonesia mendukung pengembangan UMKM kreatif sekaligus memperkenalkan produk kerajinan yang dapat mengangkat citra budaya daerah, mendukung penyerapan tenaga kerja serta mendorong pariwisata.

Rukiyah mengatakan, wisatawan asal Eropa, seperti dari Jerman, dan Belanda ketika datang ke Kediri di Jawa Timur banyak yang membeli Tenun Ikat Kediri. “Ketika wisatawan asal Eropa, seperti dari Jerman dan Belanda serta dari Australia saat mereka ke Kediri, mereka jalan-jalan ke sejumlah tempat, seperti melihat langsung Tenun Ikat Kediri dan Pohsarang,” kata Rukayah, ketika ditemui patainanews.com di Jakarta, Minggu (20/8/2017).

“Turis asing biasanya membeli sekitar tiga Tenun Ikat Kediti untuk oleh-oleh ketika mereka pulang ke negara mereka masing-masing,” ucapnya. Ia menjelaskan bahwa sudah hampir 30 tahun berkarya untuk mengembangkan Tenun Ikat Kediri.

Ketekunan itu berbuah manis ketika dirinya ikut dalam pameran Karya Kreatif Indonesia di Jakarta mulai 18 Agustus hingga 20 Agustus 2017. Adapun pameran tersebut menampilkan UMKM binaan Bank Indonesia. Pada pembukaan pameran pada 18 Agustus lalu, Rukayah yang merupakan mantan tenaga kerja Indonesia (TKI) mendapat kesempatan bertemu langsung dan memperkenalkan Tenun Ikat Kediri kepada Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Ia mengaku bersyukur Ibu Negara Iriana memberi perhatian terhadap perkembangan Tenun Ikat Kediri. “Suatu penghargaan untuk saya Ibu Iriana mau menyempatkan waktu mampir ke stan Kediri untuk melihat langsung Tenun Ikat Kediri,” paparnya. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Festival

Outbond Turis Australia Terbesar ke Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Kabar membanggakan datang dari Australia. Branding Wonderful Indonesia ke negeri Kanguru itu berhasil mencetak outbond turis Australia, dalam dua bulan berturut-turut, yakni April-Mei 2016 terbanyak

Hotel

Ulu Kasok, ‘Raja Ampatnya’ Riau

Alfiandri, Kasi Promosi Dinas Pariwisata Provinsi Riau (Ist) Indonesia punya Raja Ampat di Papua Barat yang sudah terkenal di dunia. Namun, negeri ini tak hanya punya Raja Ampat sebab di

Nature

Presiden Jokowi Puji JFC 2017

Presiden Jokowi (kemeja putih) di JC 2017 (Ist) Jember Fashion Carnaval (JFC) adalah karnaval yang tidak kalah menarik, tidak kalah kreatif, tidak kalah heboh dengan karnaval tahunan yang diselenggarakan di

Investments

Pelindo III Bagikan 1.200 Bingkisan Lebaran

Direksi PT Pelindo III tengah memeriksa kesiapan bingkisan sebelum dibagikan (Ist) Momen Ramadhan dimanfaatkan PT Pelabuhan Indonesia III atau Pelindo III untuk berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat, utamanya para petugas kebersihan

Tourism

Promosi Tanjung Lesung di Ancol

Berita Foto: Direktur Murni Wisata Ninik Irawan (berhijab) ikut mempromosikan Tanjung Lesung, destinasi wisata yang ada di Banten di Ancol, Jakarta Utara bertepatan dengan penyelenggaraan Tafisa World Games 2016. Ninik

Slideshow

Kalyana Leather Handbags Konsisten Memadukan Batik Campur dengan Teknologi Laser

Kalyana Leather Handbags (Ist) Berita Foto: Kalyana Leather Handbags merupakan salah satu produk premium tas lokal berasal dari Jawa Timur. Berdiri sejak 2010 silam, Kalyana Leather handbags konsisten mengeluarkan jenis