Bank Indonesia Majukan Tenun Ikat Kediri

WhatsApp Image 2017-08-20 at 12.31.29

Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama istri Wakil Presiden Ibu Mufidah Jusuf Kalla ketika melihat langsung Tenun Ikat Kediri (Ist)

Bank Indonesia (BI) ternyata sudah sekitar tiga tahun memberikan perhatian terhadap Tenun Ikat Kediri dalam upaya mengembangkan kain tradisional asli Kediri, Jawa Timur itu sehingga Tenun Ikat Kediri kini semakin diminati wisatawan mancanegara (wisman).

Informasi yang diperoleh patainanews.com, BI di Kediri mendukung pemerintah kota Kediri mengembangkan dan mempromosikan Tenun Ikat Kediri. Sebut saja Rukayah, seorang perajin Tenun Ikat Kediri mendapat kesempatan untuk ikut serta dalam pameran yang digelar BI untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) unggulan bertema Karya Kreatif Indonesia 2017 pada 18 hingga 20 Agustus lalu.

Seperti diketahui, Bank Indonesia berharap UMKM menjadi kunci penciptaan sumber ekonomi baru di Indonesia. Pameran tersebut dibuka Ibu Negara Iriana Joko Widodo didampingi istri Wakil Presiden Mufidah Jusuf Kalla dan Gubernur Bank Indonesia DW Martowardojo.

WhatsApp Image 2017-08-20 at 12.31.30

Ibu Negara Iriana Joko Widodo hadir di stan Kediri dalam pameran Karya Kreatif Indonesia (Ist)

Pameran tersebut menghadirkan koleksi lengkap tenun, ikat dan kain batik serta kerajinan tradisional dari seluruh perajin binaan Bank Indonesia yang tersebar di seluruh Nusantara. Adapun produk-produk yang dipamerkan dalam pameran ini merupakan produk premium yang memiliki nilai otentik/orisinil, memiliki nilai budaya, mengangkat citra daerah dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Selain menyajikan koleksi kain dan kerajinan tradisional nusantara UMKM binaan BI, melalui pameran ini masyarakat yang hadir dapat mempelajari tentang seluk beluk UMKM serta kain tradisional melalui berbagai kegiatan workshop dan talkshow.

Penyelenggaraan pameran tersebut menjadi wujud nyata Bank Indonesia mendukung pengembangan UMKM kreatif sekaligus memperkenalkan produk kerajinan yang dapat mengangkat citra budaya daerah, mendukung penyerapan tenaga kerja serta mendorong pariwisata.

Rukiyah mengatakan, wisatawan asal Eropa, seperti dari Jerman, dan Belanda ketika datang ke Kediri di Jawa Timur banyak yang membeli Tenun Ikat Kediri. “Ketika wisatawan asal Eropa, seperti dari Jerman dan Belanda serta dari Australia saat mereka ke Kediri, mereka jalan-jalan ke sejumlah tempat, seperti melihat langsung Tenun Ikat Kediri dan Pohsarang,” kata Rukayah, ketika ditemui patainanews.com di Jakarta, Minggu (20/8/2017).

“Turis asing biasanya membeli sekitar tiga Tenun Ikat Kediti untuk oleh-oleh ketika mereka pulang ke negara mereka masing-masing,” ucapnya. Ia menjelaskan bahwa sudah hampir 30 tahun berkarya untuk mengembangkan Tenun Ikat Kediri.

Ketekunan itu berbuah manis ketika dirinya ikut dalam pameran Karya Kreatif Indonesia di Jakarta mulai 18 Agustus hingga 20 Agustus 2017. Adapun pameran tersebut menampilkan UMKM binaan Bank Indonesia. Pada pembukaan pameran pada 18 Agustus lalu, Rukayah yang merupakan mantan tenaga kerja Indonesia (TKI) mendapat kesempatan bertemu langsung dan memperkenalkan Tenun Ikat Kediri kepada Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Ia mengaku bersyukur Ibu Negara Iriana memberi perhatian terhadap perkembangan Tenun Ikat Kediri. “Suatu penghargaan untuk saya Ibu Iriana mau menyempatkan waktu mampir ke stan Kediri untuk melihat langsung Tenun Ikat Kediri,” paparnya. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Festival

Citilink Terbangkan 500 Wisman Tiongkok ke Kepri

Citilink terbangkan turis Tiongkok ke Kepri (Ist) Salah satu poin Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) IV Kementerian Pariwisata (Kemenpar), 6-7 Desember 2016 di Jakarta adalah air connectivity. Membangun akses menuju Indonesia

Hotel

Selama Ramadan, Hotel Lombok Tetap Layani Wisman

Ramadan yang merupakan bulan suci bagi umat Islam kembali menyapa Indonesia. Kendati demikian, layanan hotel di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk wisatawan mancanegara (wisman) tak mengalami perubahan. Demikian disampaikan

Tourism

Wisata Bahari di Lombok Menjanjikan

Turis asing melintas di kawasan Pantai Kuta Lombok Wisatawan Nusantara maupun turis asing dinilai mulai melirik Lombok, Nusa Tenggara Barat lantaran wisata bahari di Pulau Seribu Masjid ini sangat menjanjikan.

Festival

Layanan Kereta Wisata ke Semarang Perkuat Joglosemar

Kereta wisata Priority nyaman (Ist) Wisatawan kini semakin mudah berkunjung ke destinasi wisata Joglosemar (Jogja, Solo, Semarang) sebab manajemen PT Kereta Api Pariwisata merencanakan pada akhir tahun ini akan membuka

Slideshow

Mesa Hotels & Resorts ‘Safety Week’

B erpose bersama dalam ‘Safety Week’ (Ist) Pada 7 hingga 11 September 2015, Mesa Hotels and Resorts menyelenggarakan seminar selama lima hari bertajuk ‘Safety Week’ untuk mengingatkan perusahaan dan bisnis

SightSeeing

Pariwisata Banyuwangi Kian Populer

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) dan Presiden Direktur Sriwijaya Air Chandra Lie (Ist) Pariwisata Banyuwangi bakal semakin ngetop. Akses menuju Kota Gandrung itu, bertambah lebar setelah Nam Air, Group Sriwijaya Air