Banten Andalkan Tanjung Lesung Memikat Wisman

WhatsApp Image 2018-04-26 at 10.30.25

Direktur Utama PT Banten West Java (BWJ) Poernomo Siswoprasetijo (kiri), Staf Ahli Menteri Pariwisata Bidang Multikultural Esthy Reko Astuty, dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banten Eneng Nurcahyari (kedua dari kanan)

Banten memiliki Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Tanjung Lesung, Pandeglang dan termasuk dalam 10 destinasi pariwisata prioritas yang sering disebut sebagai 10 Bali baru sehingga hal tersebut dipercaya bisa mendatangkan banyak wisatawan mancanegara (wisman).

Staf Ahli Menteri Pariwisata Bidang Multikultural Esthy Reko Astuty mengatakan, Banten ditugaskan mendatangkan satu juta wisatawan mancanegara (wisman) pada tahun ini. “Dengan adanya acara Rhino Cross Triathlon ditambah wisatawan dari Festival Pesona Tanjung Lesung, harapannya Banten tahun ini kedatangan 1 juta wisatawan mancanegara,” tutur Esthy yang juga Ketua Pelaksana Kalender Event Indonesia 2018 dalam konferensi pers Rhino X Triathlon di Jakarta, Rabu (25/4/2018).

Menanggapi Esthy, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banten Eneng Nurcahyari memaparkan bahwa Festival Pesona Tanjung Lesung dan Rhino X Triathlon siap jadi magnet terbesar wisata Banten tahun ini selepas penyelenggaraan Seba Baduy.

“Seperti tahun kemarin, keduanya akan berbarengan dan diharapkan agar lebih mengangkat pariwisata Banten. Kita sajikan menu utamanya sport tourism, di sisi lain kemasan budaya hingga kuliner juga bisa dinikmati nanti di rangkaian festival,” ungkapnya.

WhatsApp Image 2018-04-25 at 12.28.25

Suasana press conference Rhino X Triathlon

Eneng juga tengah merumuskan rangkaian acara apa saja yang akan disajikan dalam Festival Pesona Tanjung Lesung. Festival tersebut akan menyajikan penampilan kolosal dari berbagai kebudayaan di Banten. Selain itu, yang khas dari festival ini ialah sajian kulinernya yang berasal dari seluruh Banten, termasuk durian yang terkenal dari Pandeglang.

“Kami tengah berupaya menyiapkan satu agenda Pesona Tanjung Lesung yang merupakan acara berkelas internasional. Kami sudah merancang berbagai agenda dalam festival tersebut, salah satu rangkaian tingkat internasionalnya ialah Rhino X Triathlon ini, yang akan mengundang wisatawan dari banyak negara,” tutunrnya.

Adapun di gelaran pertamanya 2017 lalu, acara ini mengundang total 190 peserta wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan Nusantara (wisnus). Tahun ini penyelenggara menargetkan peserta triathlon sebanyak 100 wisman dan 200 wisnus.

WhatsApp Image 2018-04-26 at 09.56.02

Fachrully Fachruddin Lasahido, Managing Director PT Banten West Java (BWJ) (kemeja putih) (Ist)

“Jumlah tersebut diluar tim seperti keluarga, suporter, dan rekan yang tidak ikut lomba tapi bisa menikmati festival,” ujar Fachrully Fachruddin Lasahido, Managing Director PT Banten West Java (BWJ) sekaligus CEO Rhino X Triathlon pada kesempatan yang sama.

Ia mengungkapkan bahwa mulai awal April tahun ini sudah ada 100 peserta lebih yang mendaftar, baik dari wisman dan wisnus. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Slideshow

Pemerintah Ajak Swiss Bangun Sekolah Pariwisata di Lombok

Wisatawan mancanegara melintas di kawasan Pantai Kuta Lombok  Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli meminta bantuan pemerintah Swiss untuk membangun sekolah pariwisata. “Kami ingin minta tolong kepada pemerintah Swiss untuk

Festival

Hadirkan Mood Positif dengan Fruit Chocolate Lava

Fruit Chocolate Lava (Ist) Coklat telah menjadi salah satu makanan ringan paling digemari masyarakat dunia dan dapat dinikmati semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Selain cita rasa yang lezat,

All About Indonesia

President University Juara Kompetisi Pemikiran Kritis Mahasiswa 2017

Prestasi mahasiswa President University (Ist) Misi President University dalam melahirkan para intelektual muda yang berwawasan kebangsaan benar-benar berhasil. Ini terlihat dari tiga mahasiswa, yaitu Novela Permata Sari, Denisa Amelia Kawuryan dan Bryan Johanes Rengkung yang

Indonesiaku

Mutiara Indonesia Green Canyon-Pangandaran

Mutiara Indonesia Green Canyon-Pangandaran (Ist)

Culture

Ini 7 Alasan Kenapa Harus Ikut PATA Travel Mart 2016 di ICE

7 Alasan Ikut PATA Travel Mat 2016 (Ist) PATA Travel Mart merupakan event tahunan dari Pacific Asia Travel Association (PATA) yang berupa acara business matching dimana para pengusaha pariwisata (seller)

Slideshow

OJK Tertarik Kembangkan Wisata Bahari Bengkalis

Penandatanganan  nota kesepahaman tersebut dilakukan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya (kanan) dan Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad di Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata, Selasa (19/4/2016) (Ist)