Banten Andalkan Tanjung Lesung Memikat Wisman

WhatsApp Image 2018-04-26 at 10.30.25

Direktur Utama PT Banten West Java (BWJ) Poernomo Siswoprasetijo (kiri), Staf Ahli Menteri Pariwisata Bidang Multikultural Esthy Reko Astuty, dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banten Eneng Nurcahyari (kedua dari kanan)

Banten memiliki Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Tanjung Lesung, Pandeglang dan termasuk dalam 10 destinasi pariwisata prioritas yang sering disebut sebagai 10 Bali baru sehingga hal tersebut dipercaya bisa mendatangkan banyak wisatawan mancanegara (wisman).

Staf Ahli Menteri Pariwisata Bidang Multikultural Esthy Reko Astuty mengatakan, Banten ditugaskan mendatangkan satu juta wisatawan mancanegara (wisman) pada tahun ini. “Dengan adanya acara Rhino Cross Triathlon ditambah wisatawan dari Festival Pesona Tanjung Lesung, harapannya Banten tahun ini kedatangan 1 juta wisatawan mancanegara,” tutur Esthy yang juga Ketua Pelaksana Kalender Event Indonesia 2018 dalam konferensi pers Rhino X Triathlon di Jakarta, Rabu (25/4/2018).

Menanggapi Esthy, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banten Eneng Nurcahyari memaparkan bahwa Festival Pesona Tanjung Lesung dan Rhino X Triathlon siap jadi magnet terbesar wisata Banten tahun ini selepas penyelenggaraan Seba Baduy.

“Seperti tahun kemarin, keduanya akan berbarengan dan diharapkan agar lebih mengangkat pariwisata Banten. Kita sajikan menu utamanya sport tourism, di sisi lain kemasan budaya hingga kuliner juga bisa dinikmati nanti di rangkaian festival,” ungkapnya.

WhatsApp Image 2018-04-25 at 12.28.25

Suasana press conference Rhino X Triathlon

Eneng juga tengah merumuskan rangkaian acara apa saja yang akan disajikan dalam Festival Pesona Tanjung Lesung. Festival tersebut akan menyajikan penampilan kolosal dari berbagai kebudayaan di Banten. Selain itu, yang khas dari festival ini ialah sajian kulinernya yang berasal dari seluruh Banten, termasuk durian yang terkenal dari Pandeglang.

“Kami tengah berupaya menyiapkan satu agenda Pesona Tanjung Lesung yang merupakan acara berkelas internasional. Kami sudah merancang berbagai agenda dalam festival tersebut, salah satu rangkaian tingkat internasionalnya ialah Rhino X Triathlon ini, yang akan mengundang wisatawan dari banyak negara,” tutunrnya.

Adapun di gelaran pertamanya 2017 lalu, acara ini mengundang total 190 peserta wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan Nusantara (wisnus). Tahun ini penyelenggara menargetkan peserta triathlon sebanyak 100 wisman dan 200 wisnus.

WhatsApp Image 2018-04-26 at 09.56.02

Fachrully Fachruddin Lasahido, Managing Director PT Banten West Java (BWJ) (kemeja putih) (Ist)

“Jumlah tersebut diluar tim seperti keluarga, suporter, dan rekan yang tidak ikut lomba tapi bisa menikmati festival,” ujar Fachrully Fachruddin Lasahido, Managing Director PT Banten West Java (BWJ) sekaligus CEO Rhino X Triathlon pada kesempatan yang sama.

Ia mengungkapkan bahwa mulai awal April tahun ini sudah ada 100 peserta lebih yang mendaftar, baik dari wisman dan wisnus. (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

Airlines

Asian Games 2018, Kemenpar Incar Wisatawan Tiongkok Kunjungi Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kedua dari kiri) (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya meluncurkan Voting Atlet Favorit dan Lomba Video #PesonaAsianGames 2018 di lobi utama Gedung Sapta Pesona, kantor Kementerian

Tour Package

El John Menuju Pentas Dunia

Berita Foto: El John Pageants kini semakin percaya diri tampil di pentas dunia demi nama baik Indonesia. El John Pageants terus mendorong generasi muda negeri ini, khususnya kaum perempuan untuk

SightSeeing

Pentingya Promosi Pariwisata Indonesia Melalui Media Digital

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya membuka seminar TripAdvisor Insight Forum, A Workshop for Digital For Destinations yang diadakan Kementerian Pariwisata bekerja sama dengan TripAdvisor di Balairung

Cuisine

Bakal Ada Romantisme GMT 2016 di Palembang

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel Irene Camelyn Sinaga (tengah) (Ist) Beruntung Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) akan dilewati Gerhana Matahari Total 2016. Karenanya pemerintah provinsi (Pemprov) Sumsel akan

Destinations

BPPD Soppeng Kembangkan Destinasi Wisata Unggulan di Sulsel

Kepala BPPD Soppeng Farouk Adam (kedua dari kanan) bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) BPPD Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan (Sulsel) mendapat kesempatan menghadiri Rakernas ASITA II sebagai ‘peninjau’ atas undangan

Slideshow

Investasi Sektor Pariwisata Melonjak

Dadang Rizky Ratman (kanan) (Ist) Pengembangan destinasi pariwisata yang dilakukan Kementerian Pariwisata telah mendorong investasi di sektor pariwisata melonjak pesat. Tahun lalu investasi pariwisata mengalami pertumbuhan hingga 31% atau senilai