Banten Andalkan Tanjung Lesung Memikat Wisman

WhatsApp Image 2018-04-26 at 10.30.25

Direktur Utama PT Banten West Java (BWJ) Poernomo Siswoprasetijo (kiri), Staf Ahli Menteri Pariwisata Bidang Multikultural Esthy Reko Astuty, dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banten Eneng Nurcahyari (kedua dari kanan)

Banten memiliki Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Tanjung Lesung, Pandeglang dan termasuk dalam 10 destinasi pariwisata prioritas yang sering disebut sebagai 10 Bali baru sehingga hal tersebut dipercaya bisa mendatangkan banyak wisatawan mancanegara (wisman).

Staf Ahli Menteri Pariwisata Bidang Multikultural Esthy Reko Astuty mengatakan, Banten ditugaskan mendatangkan satu juta wisatawan mancanegara (wisman) pada tahun ini. “Dengan adanya acara Rhino Cross Triathlon ditambah wisatawan dari Festival Pesona Tanjung Lesung, harapannya Banten tahun ini kedatangan 1 juta wisatawan mancanegara,” tutur Esthy yang juga Ketua Pelaksana Kalender Event Indonesia 2018 dalam konferensi pers Rhino X Triathlon di Jakarta, Rabu (25/4/2018).

Menanggapi Esthy, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banten Eneng Nurcahyari memaparkan bahwa Festival Pesona Tanjung Lesung dan Rhino X Triathlon siap jadi magnet terbesar wisata Banten tahun ini selepas penyelenggaraan Seba Baduy.

“Seperti tahun kemarin, keduanya akan berbarengan dan diharapkan agar lebih mengangkat pariwisata Banten. Kita sajikan menu utamanya sport tourism, di sisi lain kemasan budaya hingga kuliner juga bisa dinikmati nanti di rangkaian festival,” ungkapnya.

WhatsApp Image 2018-04-25 at 12.28.25

Suasana press conference Rhino X Triathlon

Eneng juga tengah merumuskan rangkaian acara apa saja yang akan disajikan dalam Festival Pesona Tanjung Lesung. Festival tersebut akan menyajikan penampilan kolosal dari berbagai kebudayaan di Banten. Selain itu, yang khas dari festival ini ialah sajian kulinernya yang berasal dari seluruh Banten, termasuk durian yang terkenal dari Pandeglang.

“Kami tengah berupaya menyiapkan satu agenda Pesona Tanjung Lesung yang merupakan acara berkelas internasional. Kami sudah merancang berbagai agenda dalam festival tersebut, salah satu rangkaian tingkat internasionalnya ialah Rhino X Triathlon ini, yang akan mengundang wisatawan dari banyak negara,” tutunrnya.

Adapun di gelaran pertamanya 2017 lalu, acara ini mengundang total 190 peserta wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan Nusantara (wisnus). Tahun ini penyelenggara menargetkan peserta triathlon sebanyak 100 wisman dan 200 wisnus.

WhatsApp Image 2018-04-26 at 09.56.02

Fachrully Fachruddin Lasahido, Managing Director PT Banten West Java (BWJ) (kemeja putih) (Ist)

“Jumlah tersebut diluar tim seperti keluarga, suporter, dan rekan yang tidak ikut lomba tapi bisa menikmati festival,” ujar Fachrully Fachruddin Lasahido, Managing Director PT Banten West Java (BWJ) sekaligus CEO Rhino X Triathlon pada kesempatan yang sama.

Ia mengungkapkan bahwa mulai awal April tahun ini sudah ada 100 peserta lebih yang mendaftar, baik dari wisman dan wisnus. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

All About Indonesia

Pelindo III Paparkan Dunia Kemaritiman di Unpad

PT Pelindo III di Universitas Padjajaran (Unpad) (Ist) PT Pelabuhan Indonesia III melibatkan institusi pendidikan guna mengenalkan dunia kepelabuhanan dan maritim kepada generasi penerus bangsa.  BUMN kepelabuhanan tersebut memilih perguruan

Slideshow

Orang Kanada Suka Batik Indonesia

Avy Loftus (ketiga dari kiri) (Ist) Kain tradisional asli negeri ini, Batik Indonesia ternyata diminati masyarakat dunia. Bahkan, di Kanada, Batik Indonesia mendapat perhatian khusus sebab sudah dipelajari di sekolah

World Heritage

Budaya Indonesia Dipuji dalam Pembukaan Olimpiade Rio

Kostum tim Indonesia saat pembukaan Olimpiade Rio 2016 (Ist) Keputusan tim Indonesia untuk tampil total dalam pembukaan Olimpiade Rio 2016 tidak sia-sia. Banyak media asing yang memuji penampilan kontingen Indonesia

SightSeeing

Menpar Arief Yahya Lantik Pejabat Eselon II Hingga IV di Kementerian Pariwisata

Menpar Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya melantik Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II), Pejabat Administrator (Eselon III) , dan Pejabat Pengawas (Eselon IV) di lingkungan Kementerian Pariwisata

Hotel

Perayaan Natal Bersama Discovery Hotels & Resorts

Christmas Eve Buffet di Hotel Borobudur Jakarta (Ist) Pada Desember 2015 yang penuh dengan suka cita, Discovery Hotels & Resorts merayakan Natal dengan menawarkan berbagai macam acara kepada para tamu.

Tour Package

Penerbangan Langsung ke Palembang Tingkatkan Kunjungan Wisatawan Menikmati Wisata Sungai Musi

Kapal tradisional di Sungai Musi Pemerintah provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mengaku optimistis wisatawan akan semakin banyak yang berkunjung ke Bumi Sriwijaya untuk menikmati destinasi wisata Sungai Musi. Kepala Dinas Kebudayaan