Banyuwangi Masuk 10 Besar Kabupaten Pariwisata

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist)

Kota Surabaya di Provinsi Jawa Timur dianugerahkan menjadi kota terbaik pada Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018 yang digelar di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Jumat (20/7/2018).

“Selamat kepada para pemenang, terutama Surabaya yang Size dan Pertumbuhan tertinggi di atas 40 persen performancy-nya,” kata Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com pada akhir pekan lalu.

Surabaya berhasil mengalahkan Kota Denpasar (Bali) di posisi kedua dan Bandung (Jawa Barat) di posisi ketiga dari 34 Kabupaten/Kota di Indonesia. Ketua Dewan Juri Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Award 2018 Didien Junaedi mengatakan, ada empat indikator penilaian yang mendasari pemilihan pemenang dengan bobot yang berbeda.

Pertama, kinerja usaha pariwisata, (akomodasi dan makan minum): PDRB dan tenaga kerja, dampak/outcome, serta Data Statistik BPS dengan bobot 40%.  Kedua, Indeks Pariwisata Indonesia yaitu daya saing 30%. Ketiga, Indonesia’s Attractiveness Award: dimensi pariwisata 15%. Keempat, Penghargaan Internasional dan Nasional (Kementerian/Lembaga) 15%.

“Dari indikator penilaian itu, terdapat 134 kabupaten/kota terbaik di bidang pariwisata di Indonesia. Dan dari jumlah tersebut dipilih top-10 kota terbaik, top-10 kabupaten terbaik, dan top-1 dari masing-masing provinsi di Indonesia dengan best of the best-nya jatuh ke Provinsi Jawa Timur dengan Kota Surabaya dengan nilai 7,36,” kata Didien.

Menpar Arief mengatakan, keberhasilan suatu daerah menjadi destinasi wisata itu terletak karena unsur 3A (Atraksi, Aksestabilitas dan Amenitas), namun yang paling penting adalah komitmen pemerintah daerah untuk mengembangkan pariwisata.

“Yang lebih penting dari 3A adalah CEO commitment atau komitmen kepala daerah. Karena kalau CEOnya tidak komitmen, hal itu tidak akan tercapai. Pariwisata itu paling mudah dan murah, sayang sekali jika rekan-rekan tidak memanfaatkanya,” kata Menpar Arief di depan kepala daerah dari 34 Provinsi dan Kabupaten atau Kota di Indonesia.

Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018 merupakan bentuk penghargaan kepada Kabupaten atau Kota yang memiliki komitmen, performansi, inovasi, kreasi dan leadership dalam membangun pariwisata daerah. Award ini merupakan apresiasi bagi Pemerintah Daerah memiliki peran yang sangat besar untuk mengembangkan pariwisata daerah.

Pada penganugerahan Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018 semalam, ditetapkan 10 Kabupaten terbaik, yaitu Kabupaten Badung, Kabupaten Sleman, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bogor, Kabupaten Buleleng, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Klungkung, Kabupaten Bantul, Kabupaten Sidoarjo, dan Kabupaten Bandung.

Sementara untuk 10 kota terbaik ditempati oleh Kota Surabaya, Kota Denpasar, Kota Bandung, Kota Semarang, Kota Batam, Kota Yogyakarta, Kota Padang, Kota Makassar, Kota Balikpapan, Kota Palembang. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Nature

Kejuaraan Selancar Dunia di Bali Angkat Potensi Surfer Indonesia

Peselancar di Pulau Dewata (Ist) Kejuaraan selancar dunia, World Surf League (WSL), bertajuk Corona Bali Protected 2019 di Pantai Keramas, Gianyar, Bali pada 13 hingga 25 Mei 2019 dinilai mampu

Cuisine

Menteri Pariwisata Janji Promosikan Pariwisata Banten

Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya berjanji akan mempromosikan tiga agenda pariwisata unggulan di Banten secara nasional dan dunia. Hal tersebut diungkapkan Menteri Pariwisata saat membuka

Cuisine

Bali Pulau Terbaik Asia

Keris Bali daya tarik Pulau Dewata (www.ninaflynnphotography.com) Pulau Dewata menyabet penghargaan sebagai pulau tujuan wisata terbaik se-Asia. Penghargaan ini disematkan oleh situs wisata terbesar di dunia, TripAdvisor. Indonesia pantas bangga

Slideshow

University of Glasgow Gandeng Presiden University Buka Kantor Global di Jakarta

Pembukaan kantor global University of Glasgow (Ist) University of Glasgow menggandeng President University secara resmi telah membuka kantor global di Menara Batavia, Jakarta. Dalam acara tersebut, University of Glasgow diwakili Prof

Festival

ASITA Apresiasi Presiden Jokowi Majukan Pariwisata Indonesia

Ketua Umum DPP ASITA N Rusmiati (kanan) (Ist) DPP ASITA memberikan apresiasi kepada Presiden Jokowi yang berupaya memajukan pariwisata Indonesia. Hal tersebut disampaikan Ketua Umum DPP ASITA N Rusmiati menjawab

Culture

Mengulik Kekayaan Wastra Nusantara

Lindy Ann (tengah) diapit model berjalan bersama para model saat peragaan tunggal perdana di Hotel Alila, Pecenongan, Jakarta  Sosok satu ini namanya mulai meramaikan dunia fesyen nasional, khususnya wastra Nusantara. Ya,