Banyuwangi Masuk 10 Besar Kabupaten Pariwisata

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist)

Kota Surabaya di Provinsi Jawa Timur dianugerahkan menjadi kota terbaik pada Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018 yang digelar di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Jumat (20/7/2018).

“Selamat kepada para pemenang, terutama Surabaya yang Size dan Pertumbuhan tertinggi di atas 40 persen performancy-nya,” kata Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com pada akhir pekan lalu.

Surabaya berhasil mengalahkan Kota Denpasar (Bali) di posisi kedua dan Bandung (Jawa Barat) di posisi ketiga dari 34 Kabupaten/Kota di Indonesia. Ketua Dewan Juri Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Award 2018 Didien Junaedi mengatakan, ada empat indikator penilaian yang mendasari pemilihan pemenang dengan bobot yang berbeda.

Pertama, kinerja usaha pariwisata, (akomodasi dan makan minum): PDRB dan tenaga kerja, dampak/outcome, serta Data Statistik BPS dengan bobot 40%.  Kedua, Indeks Pariwisata Indonesia yaitu daya saing 30%. Ketiga, Indonesia’s Attractiveness Award: dimensi pariwisata 15%. Keempat, Penghargaan Internasional dan Nasional (Kementerian/Lembaga) 15%.

“Dari indikator penilaian itu, terdapat 134 kabupaten/kota terbaik di bidang pariwisata di Indonesia. Dan dari jumlah tersebut dipilih top-10 kota terbaik, top-10 kabupaten terbaik, dan top-1 dari masing-masing provinsi di Indonesia dengan best of the best-nya jatuh ke Provinsi Jawa Timur dengan Kota Surabaya dengan nilai 7,36,” kata Didien.

Menpar Arief mengatakan, keberhasilan suatu daerah menjadi destinasi wisata itu terletak karena unsur 3A (Atraksi, Aksestabilitas dan Amenitas), namun yang paling penting adalah komitmen pemerintah daerah untuk mengembangkan pariwisata.

“Yang lebih penting dari 3A adalah CEO commitment atau komitmen kepala daerah. Karena kalau CEOnya tidak komitmen, hal itu tidak akan tercapai. Pariwisata itu paling mudah dan murah, sayang sekali jika rekan-rekan tidak memanfaatkanya,” kata Menpar Arief di depan kepala daerah dari 34 Provinsi dan Kabupaten atau Kota di Indonesia.

Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018 merupakan bentuk penghargaan kepada Kabupaten atau Kota yang memiliki komitmen, performansi, inovasi, kreasi dan leadership dalam membangun pariwisata daerah. Award ini merupakan apresiasi bagi Pemerintah Daerah memiliki peran yang sangat besar untuk mengembangkan pariwisata daerah.

Pada penganugerahan Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018 semalam, ditetapkan 10 Kabupaten terbaik, yaitu Kabupaten Badung, Kabupaten Sleman, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bogor, Kabupaten Buleleng, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Klungkung, Kabupaten Bantul, Kabupaten Sidoarjo, dan Kabupaten Bandung.

Sementara untuk 10 kota terbaik ditempati oleh Kota Surabaya, Kota Denpasar, Kota Bandung, Kota Semarang, Kota Batam, Kota Yogyakarta, Kota Padang, Kota Makassar, Kota Balikpapan, Kota Palembang. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Cuisine

Angel Traveler Promosikan Pariwisata Indonesia di PATA Travel Mart 2017

Logo Angel Traveler (Ist) Angel Traveler, homestay berbasis masyarakat yang ada di Belitung memastikan ikut PATA Travel Mart 2017 di Makau. Kepastian ini diungkapkan Tantri Soetjipto, Pembina-Cofounder Womanpreneur Community (WPC)

Culture

VITO Perancis Promosi Indonesia

Pameran seni di Paris, Perancis (Ist) Promosi mengenai Indonesia di Perancis tidak akan pernah berhenti dan akan terus berjalan di setiap event berbeda dan di setiap kesempatan yang ada. Karenanya

Airlines

Lombok yang tak Dilupakan Wisatawan

Di Kampung Sasak Ende Lombok (Ist) Pesona pariwisata Lombok di Nusa Tenggara Barat ternyata tetap diminati wisatawan. Meski belum lama ini Pulau Seribu Masjid ini, julukan Lombok sempat mengalami musibah

Nature

100 Acara Sambut GMT 2016

Ilustrasi GMT 2016 (Ist) Fenomena alam langka, gerhana matahari total (GMT) 2016 disambut meriah di Indonesia. Maka, pemerintah pun serius menyambut GMT pada 9 Maret mendatang itu. “Ada 100 acara

Heritage

Aplikasi Mobile untuk Pencinta Touring

Press conference Pigijo.com dengan IMI Banyak kegiatan touring yang jadi member IMI sehingga Ikatan Motor Indonesia (IMI) membuat sebuah inovasi dalam membuat rencana perjalanan. Melalui website dan aplikasi mobil, IMI

Slideshow

Mudik Bareng Pelindo III

Mudik gratis Pelindo III (Ist) PT Pelindo III kembali menggelar kegiatan Mudik Gratis bagi para penumpang kapal laut. Mudik Gratis Tahun 2017 kali ini kembali diselenggarakan setelah tahun-tahun sebelumnya sukses