Batik Cikadu Menuju Batik Banten

 

Batik Cikadu Ibu

Kaum ibu tengah membuat Batik Cikadu (Ist)

Wastra tradisional, batik kini tak lagi identik dengan masyarakat Jawa lantaran batik tersebar mulai dari kawasan timur Indonesia hingga wilayah barat negeri ini.

Ya, semua daerah punya batik khas masing-masing. Dan, batik menjadi wastra yang diminati wisatawan, termasuk turis asing ketika berkunjung ke Indonesia.

Karenanya Banten tak mau ketinggalan. Adapun Batik Cikadu kini diupayakan menjadi batik khas Banten. “Batik dari Kampung Cikadu, Kecamatan Panimbang, Pandeglang kedepannya akan menjadi batik kebanggaan Banten,” kata Rizal, pembina dan penanggung jawab Batik Cikadu ketika dihubungi patainanews.com, Selasa (12/4/2016).

Rizal mengatakan, pelatihan Batik Cikadu dimulai sejak 21 April 2015 lalu. Jadi, lanjutnya, tahun ini menjadi peringatan satu tahun keberadaaan Batik Cikadu.

“Saat ini ada 50 pecanting atau orang yang membuat batik yang terdiri dari kaum perempuan, khususnya ibu-ibu yang ada di Kampung Cikadu,” ucapnya.

Ia menjelaskan bahwa bertepatan dengan peringatan Hari Kartini 21 April mendatang, akan diupayakan semakin banyak pecanting di Desa Tanjung Jaya, Pandeglang, Banten.

“Jadi, kedepan tidak hanya sebatas kaum ibu yang ada di Kampung Cikadu yang akan membuat Batik Cikadu yang bisa saja menjadi batik kebanggaan Banten, namun diharapkan ibu-ibu yang ada di Desa Tanjung Jaya bisa terlibat membuat Batik Cikadu,” paparnya.

Rizal menjelaskan bahwa Batik Cikadu didukung PT Banten West Java (BWJ). Senada dengan Rizal, Toto yang merupakan koordinator pelatihan Batik Cikadu ketika dihubungi mengemukakan bahwa Batik Cikadu diharapkan kedepannya bisa menjadi batik khas Banten. (Gabriel Bobby) 

 





About author



You might also like

SightSeeing

Mengemas Budaya Betawi dalam Puisi

Halimah Munawir Anwar (Ist) Keanekaragaman budaya khas Nusantara menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan ketika berkunjung ke berbagai destinasi wisata yang tersebar di Indonesia. Termasuk Budaya Betawi tentunya yang kini

World Heritage

Gandeng PATA Indonesia Chapter, Bantaeng Promosikan Pariwisata

Pemerintah kabupaten Bantaeng tengah berupaya mempromosikan beragam potensi pariwisata yang ada di Bantaeng guna meningkatkan kunjungan wisatawan ke kabupaten yang ada di wilayah Sulawesi Selatan itu. Karenanya Pemkab Bantaeng pun

Destinations

HELICITY Ikut Promosikan Wonderful Indonesia

CEO Whitesky Aviation Denon Prawiraatmadja (kedua dari kiri) tengah menandatangani MoU co-branding dengan Kementerian Pariwisata (Ist) PT Whitesky Aviation melalui HELICITY ikut menandatangani memorandum of understanding (MoU) dengan Kementerian Pariwisata

Hotel

Desember ke Bali Ada Street Food di Denpasar Festival 2016

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Street Food alias jajanan kaki lima bakal menjadi jualan utama selama Denpasar Festival 2016. Kendati demikian bukan sembarang kaki lima, tapi yang kualitasnya bintang lima.

Nature

Mengembangkan Destinasi Wisata Bahari Indonesia, Mengembalikan Kejayaan Bangsa Maritim

Turis asing di Pelabuhan Lembar, Lombok (Ist) Negeri ini sudah lama dikenal sebagai bangsa maritim yang besar. Tak heran jika kemudian tercipta lagu legendaris berjudul ‘Nenek Moyangku Seorang Pelaut’ sehingga

Heritage

Grand Tjokro Hotels Tambah Hotel

Suasana peresmian Hotel Grand Tjokro Bandung (Ist) Hotel Grand Tjokro Bandung yang tergabung dalam Grand Tjokro Hotels Indonesia memperkenalkan diri kepada publik sebagai hotel bintang empat yang baru berdiri di