Batik Cikadu Menuju Batik Banten

 

Batik Cikadu Ibu

Kaum ibu tengah membuat Batik Cikadu (Ist)

Wastra tradisional, batik kini tak lagi identik dengan masyarakat Jawa lantaran batik tersebar mulai dari kawasan timur Indonesia hingga wilayah barat negeri ini.

Ya, semua daerah punya batik khas masing-masing. Dan, batik menjadi wastra yang diminati wisatawan, termasuk turis asing ketika berkunjung ke Indonesia.

Karenanya Banten tak mau ketinggalan. Adapun Batik Cikadu kini diupayakan menjadi batik khas Banten. “Batik dari Kampung Cikadu, Kecamatan Panimbang, Pandeglang kedepannya akan menjadi batik kebanggaan Banten,” kata Rizal, pembina dan penanggung jawab Batik Cikadu ketika dihubungi patainanews.com, Selasa (12/4/2016).

Rizal mengatakan, pelatihan Batik Cikadu dimulai sejak 21 April 2015 lalu. Jadi, lanjutnya, tahun ini menjadi peringatan satu tahun keberadaaan Batik Cikadu.

“Saat ini ada 50 pecanting atau orang yang membuat batik yang terdiri dari kaum perempuan, khususnya ibu-ibu yang ada di Kampung Cikadu,” ucapnya.

Ia menjelaskan bahwa bertepatan dengan peringatan Hari Kartini 21 April mendatang, akan diupayakan semakin banyak pecanting di Desa Tanjung Jaya, Pandeglang, Banten.

“Jadi, kedepan tidak hanya sebatas kaum ibu yang ada di Kampung Cikadu yang akan membuat Batik Cikadu yang bisa saja menjadi batik kebanggaan Banten, namun diharapkan ibu-ibu yang ada di Desa Tanjung Jaya bisa terlibat membuat Batik Cikadu,” paparnya.

Rizal menjelaskan bahwa Batik Cikadu didukung PT Banten West Java (BWJ). Senada dengan Rizal, Toto yang merupakan koordinator pelatihan Batik Cikadu ketika dihubungi mengemukakan bahwa Batik Cikadu diharapkan kedepannya bisa menjadi batik khas Banten. (Gabriel Bobby) 

 

About author



You might also like

Slideshow

Bali Aman, Silakan Berwisata

Gunung Agung di Bali (Ist) Rasanya rugi jika tidak datang ke Bali. Begitu banyak destinasi bagus yang bisa dikunjungi di ujung tahun. Tidak usah khawatir dengan berita erupsi Gunung Agung.

Airlines

Menikmati Fenomena Alam Milky Way di Tanjung Lesung

Foto: LAPAN Manajemen PT Banten West Java (BWJ), pengelola Tanjung Lesung mengaku bersyukur destinasi wisata Tanjung Lesung bisa menjadi venue saksi fenomena alam yang luar biasa, Milky Way pada Sabtu,

World Heritage

Karawang Fashion Culture 2018 Promosikan Destinasi di Karawang

Pemotretan model menjelang Karawang Fashion Culture 2018 Pemerintah kabupaten Karawang, Jawa Barat bersama desainer ternama Handy Hartono sepakat mengelar Karawang Fashion Culture 2018 bertempat di venue Resinda Park Mall yang

Tourism

Punya Marina, Pariwisata Banyuwangi Cemerlang

Wisatawan di Pulau Merah (Ist) Masyarakat Banyuwangi patut berbangga hati sebab tahun 2017 mendatang bakal punya marina berkelas dunia sehingga beragam potensi wisata yang dimiliki Bumi Blambangan ini akan semakin

Destinations

Singgah di Cirebon Ketika Ramadan

Bulan suci bagi umat Islam, Ramadan hadir kembali di Indonesia. Namun, bukan berarti aktivitas wisata pun terhenti. Saatnya traveler menikmati wisata religi bernuansa Islami. Pilihan menarik bisa mengunjungi Cirebon, Jawa

Culture

Sinergi PT BRI dan Lion Group untuk Pariwisata Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya didampingi CEO Lion Group Edward Sirait dan Director of Consumer Business PT BRI Handayani PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah bank milik pemerintah. Kendati sebagai bank BUMN,