Batik Cikadu Menuju Batik Banten

 

Batik Cikadu Ibu

Kaum ibu tengah membuat Batik Cikadu (Ist)

Wastra tradisional, batik kini tak lagi identik dengan masyarakat Jawa lantaran batik tersebar mulai dari kawasan timur Indonesia hingga wilayah barat negeri ini.

Ya, semua daerah punya batik khas masing-masing. Dan, batik menjadi wastra yang diminati wisatawan, termasuk turis asing ketika berkunjung ke Indonesia.

Karenanya Banten tak mau ketinggalan. Adapun Batik Cikadu kini diupayakan menjadi batik khas Banten. “Batik dari Kampung Cikadu, Kecamatan Panimbang, Pandeglang kedepannya akan menjadi batik kebanggaan Banten,” kata Rizal, pembina dan penanggung jawab Batik Cikadu ketika dihubungi patainanews.com, Selasa (12/4/2016).

Rizal mengatakan, pelatihan Batik Cikadu dimulai sejak 21 April 2015 lalu. Jadi, lanjutnya, tahun ini menjadi peringatan satu tahun keberadaaan Batik Cikadu.

“Saat ini ada 50 pecanting atau orang yang membuat batik yang terdiri dari kaum perempuan, khususnya ibu-ibu yang ada di Kampung Cikadu,” ucapnya.

Ia menjelaskan bahwa bertepatan dengan peringatan Hari Kartini 21 April mendatang, akan diupayakan semakin banyak pecanting di Desa Tanjung Jaya, Pandeglang, Banten.

“Jadi, kedepan tidak hanya sebatas kaum ibu yang ada di Kampung Cikadu yang akan membuat Batik Cikadu yang bisa saja menjadi batik kebanggaan Banten, namun diharapkan ibu-ibu yang ada di Desa Tanjung Jaya bisa terlibat membuat Batik Cikadu,” paparnya.

Rizal menjelaskan bahwa Batik Cikadu didukung PT Banten West Java (BWJ). Senada dengan Rizal, Toto yang merupakan koordinator pelatihan Batik Cikadu ketika dihubungi mengemukakan bahwa Batik Cikadu diharapkan kedepannya bisa menjadi batik khas Banten. (Gabriel Bobby) 

 

About author



You might also like

Airlines

2017, Turis Tiongkok ke Lombok akan Meningkat

LA Hadi Faishal (Ist) Malaysia Inbound Tourism Association (MITA) menyatakan bahwa siap untuk mendatangkan wisatawan Tiongkok ke Lombok. Presiden MITA Uzaidi Udanis bersama tim diketahui sudah bertolak dari Lombok, Selasa

Hotel

Akhir Maret, Bisa Golf di Tanjung Lesung

Berita Foto: Manajemen PT Banten West Java (BWJ) merencanakan pada akhir Maret ini di Tanjung Lesung sudah bisa dipakai untuk main golf trial pertama (Ist) 

Indonesiaku

Tito Dirikan Posko Pengaduan Caleg Mantan Napi Korupsi

Tito Hananta (Ist) Pengacara Tito Hananta Kusuma mendirikan posko pengaduan bagi calon anggota DPR, DRRD, dan DPD. Siaran pers yang diterima patainanews.com, Selasa (10/4/2018) menulis bahwa Tito memberikan kesempatan kepada

Nature

PHRI NTB Apresiasi Raja Salman ke Indonesia

LA Hadi Faishal (Ist) PHRI NTB menyampaikan apresiasi kepada Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Alsaud yang melakukan kunjungan ke Indonesia, termasuk bertemu Presiden Jokowi dan ke Pulau Dewata, Bali

Cuisine

JAS Apresiasi Emirates Dekatkan Wisatawan ke 10 Bali Baru

JAS memyambut Emirates yang menambah frekuensi penerbangan ke Bali (Ist) Manajemen PT Jasa Amgkasa Semesta (JAS), perusahaan ground handling swasta nasional menyambut positif Emirates yang menambah frekuensi penerbangan dari Dubai ke

World Heritage

HMA Batik Floklore Meriahkan Festival Kali Baru

Halimah Munawir (keempat dari kanan) (Ist) HMA Batik Floklore Betawi Pesisir yang diangkat oleh Halimah Munawir, sosok yang dikenal peduli dengan perkembangan pariwisata dan budata Nusantara yang beberapa waktu lalu