Batik, dari Tradisi Jadi Kekinian

jokowi di batik fractal

Presiden Jokowi ketika mengunjungi booth Batik Fractal di Bandung (Ist)

Batik adalah wastra tradisional Indonesia warisan leluhur. Dan, batik itu ternyata lebih dari sekadar motif kain. Karenanya warisan wastra tradisional asli negeri ini harus terus dijaga dan dilestarikan lantaran semakin diminati warga dunia.

Pada 2 Oktober 2009 silam menjadi bagian yang penting dalam sejarah perjalanan negeri ini. Ya, lembaga dunia, PBB mengakui Batik Indonesia sebagai warisan budaya.

Menarik memang mengenal batik Indonesia lebih dekat. Sejak 2009 silam, Batik Indonesia secara resmi diakui UNESCO dengan dimasukkan ke dalam Daftar Representatif sebagai Budaya Tak-benda Warisan Manusia (Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity) dalam Sidang ke-4 Komite Antar-Pemerintah (Fourth Session of the Intergovernmental Committee) tentang Warisan Budaya Tak-benda di Abu Dhabi.

Karenanya kini setiap 2 Oktober ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional. Semula batik identik dengan busana yang dikenakan pada kegiatan yang terbatas saja, seperti menghadiri undangan acara pernikahan.

Dan, ketika itu kalangan orang tua saja yang biasanya mengenakan batik. Namun, seiring perubahan zaman, batik kini juga diminati generasi muda. Bahkan, sudah banyak orang yang mengenakan batik dalam berbagai kegiatan, tak hanya pada kegiatan tertentu saja.

Idealis, nasionalis, dan stylish itulah batik Indonesia. Kini, batik terus berkembang. Bahkan, batik pun sepertinya mulai menyentuh ranah fesyen sehingga pada masa kini terkesan begitu cepat tren batik berubah.

Hal tersebut menggema dalam ‘Batik as The Future Art and Craft in 2030’ di grandkemang Hotel Jakarta, Jumat (6/11/2015). Memang tak bisa dipungkiri alasan anak muda menyukai batik karena warna batik masa kini terlihat ceria.

Menariknya batik pun tak hanya sekadar baju lagi, melainkan juga sudah dibuat untuk tas, sepatu dan lainnya. Bahkan, batik juga sudah mengandalkan teknologi seperti yang dilakukan Batik Fractal.

Kendati demikian, batik Indonesia diharapkan tak lepas dari pakem batik lantaran selama ini pakem batik ini yang menjadi keunggulan sehingga menjadi unggulan ketimbang batik Tiongkok. (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

Slideshow

Batik tak Hanya Sekadar Kain

Ella V Brizadly (Ist) Batik itu lebih dari sekadar motif kain. Karenanya warisan wastra tradisional asli Indonesia ini memang terus dijaga dan dilestarikan lantaran semakin diminati warga dunia. “Menyambut hari

Cuisine

Menikmati Kuliner Khas Nusantara

Anugerah Pesona Indonesia 2017 (Ist) Wisatawan ketika traveling keliling Indonesia selama ini banyak yang menyukai kuliner khas negeri ini. Cita rasa kuliner tradisonal masing-masing daerah memang menggoda traveler, baik wisatawan

Heritage

Melakukan Perjalanan Solo ke Indonesia

Tari Kecak di Bali (www.ninaflynnphotography.com) Indonesia adalah negeri yang indah. Tak salah jika ada yang terpikir untuk melakukan perjalanan sendiri menuju negeri ini sebelum akhir tahun. Mungkin bagi sebagian orang

All About Indonesia

Awal Tahun, El John Mulai dengan Modelling Week 2018

  Moriska Momo, The Supermodel Indonesia 2017 memberikan pengarahan kepada para peserta The Supermodel Indonesia 2018 (Ist) Pembukaan EL JOHN Modelling Week 2018 digelar di Hotel Twin Plaza, Palmerah, Jakarta

Airlines

Karawang Promosikan Green Canyon

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karawang Okih Hermawan (kiri) Pemerintah kabuapten Karawang serius mempromosikan Green Canyon guna meningkatkan kunjungan wisatawan ke Karawang di Jawa Barat. “Destinasi Green Canyon adalah

Cuisine

2016, Pemerintah Promosikan Tanjung Lesung

Founder PT Jababeka Tbk SD Darmono (kedua dari kiri) dan Menteri Pariwisata Arief Yahya (keempat dari kiri) (Ist) Pemerintah akan menyiapkan 10 destinasi wisata baru untuk menambah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman)