Batik, Kesenian Nusantara yang Diakui Dunia

lindy ann batik lg

Batik Lindy Ann (Ist)

Batik tak bisa dipungkiri semakin diminati masyarakat dunia. Tentunya hal tersebut tak bisa dilepaskan lantaran wastra tradisional khas Indonesia ini diakui sebagai kesenian dunia.

Begitu pentingnya batik bagi seorang Lindy Ann Umarhadi, perancang busana etnik di Tanah Air ketika dihubungi patainanews.com, Senin (5/10/2015). “Untuk Hari Batik Nasional tahun ini, saya mengikuti peragaan busana yang diadakan Komite Seni dan Budaya Nusantara ( KSBN) pimpinan Bapak Hendardji Soepandji. KSBN yang bergabung dibawah LIA memang berkomitmen memajukan kesenian dan budaya Indonesia dimana batik sebagai salah satu kesenian yang diakui dunia,” ucapnya.

Untuk acara tersebut, lanjutnya, kami banyak menampilkan batik Yogyakarta klasik dengan motif parang barong dipadu linen, untuk kebaya dan dress.

Butuh Dukungan Pemerintah

Para pelaku bisnis batik nasional meminta dukungan pemerintah untuk semakin giat memperkenalkan batik Indonesia agar semakin banyak masyarakat dunia yang tertarik memakai wastra tradisonal asli Indonesia ini.

“Dengan mengikutkan pengrajin, perancang, dan pelaku industri batik ke acara-acara yang bersifat international sehingga dapat lebih mengenalkan batik ke mancanegara,” kata Lindy Ann Umarhadi, perancang busana etnik di Tanah Air ketika dihubungi patainanews.com, Senin (5/10/2015).

Seperti diketahui, Chief Operating Officer (COO) baru untuk Twitter, Adam Bain menjadi bukti batik asli Nusantara sudah menembus pasar dunia. Ia mengaku sebagai penggemar wastra tradisional, batik dari Indonesia.

Hal tersebut diketahui patainanews.com, Selasa (6/10/2015) setelah membaca mini biografi yang ditulis Adam Bain di akun Twitter resminya (@adambain). Bain mendeskripsikan dirinya sebagai ‘Batik fan’ dalam biografi singkatnya, selain dirinya juga menulis jabatannya sebagai COO Twitter, ayah dari dua anak, dan fans tim basket Golden State Warriors.

Ia pun juga berupaya menjelaskan apa itu batik sehingga Bain pun menulis, “It’s an Indonesia thing, you wouldn’t understand” atau jika diterjemahkan lebih kurang berarti “cuma orang Indonesia yang tahu”.

Tidak bisa diketahui dari mana Adam Bain mengenal wastra tradisional batik yang menjadi bagian dari budaya Indonesia in. Sebelumnya pada 21 Agustus lalu, Bain juga kembali pamer baju batik yang ia pakai, lewat Twitter.

Namun, kali ini ia memakainya di kantor Twitter di San Francisco. Sekedar informasi, Adam Bain diangkat menjadi Chief Operating Officer Twitter yang baru oleh CEO Twitter Jack Dorsey pada Senin (5/10/2015). (Gabriel Bobby)

 



About author



You might also like

Tourism

Putri Pariwisata Indonesia 2016 Promosikan Wakatobi

Lois Merry Tangel (Ist) Putri Pariwisata Indonesia 2016 Lois Merry Tangel serius mempromosikan Wakatobi yang termasuk dalam 10 destinasi wisata prioritas atau yang lebih dikenal sebagai 10 Bali baru. Hal

Slideshow

Jangan Lupa Menikmati Wisata Kuliner Nusantara

Sate, kuliner Nusantara yang populer (Ist) Wisata kuliner Nusantara tak boleh dilupakan wisatawan ketika berkunjung ke berbagai destinasi yang ada di Indonesia. Nikmati beragam kuliner memikat asal Indonesia dalam Festival

Cuisine

Bali yang Tetap Aman untuk Wisatawan

Pembukaan Pesona Mandiri Nusa Dua Fiesta 2017 (Ist) Pesta Kembang Api heboh mewarnai pembukaan Pesona Mandiri Nusa Dua Fiesta 2017. Menteri Pariwisata Arief Yahya yang hadir acara itu tidak memberikan sambutan

Culture

Indonesia Bidik Turis Mongolia

Peresmian Mongolian Tourism Information Center (Ist) Manajemen PT Banten West Java (BWJ) optimistis wisatawan asal Mongolia akan tertarik berkunjung ke Indonesia, termasuk menikmati keindahan Tanjung Lesung yang ada di Banten.

Cuisine

Juni, Bandara Kertajati Operasional Penerbangan Komersial

Pendaratan perdana pesawat Kepresidenan Republik Indonesia BBJ-2 yang membawa Presiden Jokowi di Bandar Udara Internasional Kertajati, Majalengka, Jawa Barat (Ist) Disambut tradisi water salute, pesawat Kepresidenan yang ditumpangi Presiden Jokowi

Hotel

Indonesia Top Model 2016 Lestarikan Budaya Busana Nusantara

Indonesia Top Model 2016 lestarikan Budaya Busana Nusantara (Ist) Indonesia Top Model 2016 yang digelar Yayasan Pembina Model Indonesia (YAPMI) memperoleh apresiasi masyarakat, hal tersebut terbukti dengan banyaknya peserta yang datang