Batik, Kesenian Nusantara yang Diakui Dunia

lindy ann batik lg

Batik Lindy Ann (Ist)

Batik tak bisa dipungkiri semakin diminati masyarakat dunia. Tentunya hal tersebut tak bisa dilepaskan lantaran wastra tradisional khas Indonesia ini diakui sebagai kesenian dunia.

Begitu pentingnya batik bagi seorang Lindy Ann Umarhadi, perancang busana etnik di Tanah Air ketika dihubungi patainanews.com, Senin (5/10/2015). “Untuk Hari Batik Nasional tahun ini, saya mengikuti peragaan busana yang diadakan Komite Seni dan Budaya Nusantara ( KSBN) pimpinan Bapak Hendardji Soepandji. KSBN yang bergabung dibawah LIA memang berkomitmen memajukan kesenian dan budaya Indonesia dimana batik sebagai salah satu kesenian yang diakui dunia,” ucapnya.

Untuk acara tersebut, lanjutnya, kami banyak menampilkan batik Yogyakarta klasik dengan motif parang barong dipadu linen, untuk kebaya dan dress.

Butuh Dukungan Pemerintah

Para pelaku bisnis batik nasional meminta dukungan pemerintah untuk semakin giat memperkenalkan batik Indonesia agar semakin banyak masyarakat dunia yang tertarik memakai wastra tradisonal asli Indonesia ini.

“Dengan mengikutkan pengrajin, perancang, dan pelaku industri batik ke acara-acara yang bersifat international sehingga dapat lebih mengenalkan batik ke mancanegara,” kata Lindy Ann Umarhadi, perancang busana etnik di Tanah Air ketika dihubungi patainanews.com, Senin (5/10/2015).

Seperti diketahui, Chief Operating Officer (COO) baru untuk Twitter, Adam Bain menjadi bukti batik asli Nusantara sudah menembus pasar dunia. Ia mengaku sebagai penggemar wastra tradisional, batik dari Indonesia.

Hal tersebut diketahui patainanews.com, Selasa (6/10/2015) setelah membaca mini biografi yang ditulis Adam Bain di akun Twitter resminya (@adambain). Bain mendeskripsikan dirinya sebagai ‘Batik fan’ dalam biografi singkatnya, selain dirinya juga menulis jabatannya sebagai COO Twitter, ayah dari dua anak, dan fans tim basket Golden State Warriors.

Ia pun juga berupaya menjelaskan apa itu batik sehingga Bain pun menulis, “It’s an Indonesia thing, you wouldn’t understand” atau jika diterjemahkan lebih kurang berarti “cuma orang Indonesia yang tahu”.

Tidak bisa diketahui dari mana Adam Bain mengenal wastra tradisional batik yang menjadi bagian dari budaya Indonesia in. Sebelumnya pada 21 Agustus lalu, Bain juga kembali pamer baju batik yang ia pakai, lewat Twitter.

Namun, kali ini ia memakainya di kantor Twitter di San Francisco. Sekedar informasi, Adam Bain diangkat menjadi Chief Operating Officer Twitter yang baru oleh CEO Twitter Jack Dorsey pada Senin (5/10/2015). (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Destinations

SD Darmono, Orang Indonesia Dapat Gelar Honoris Causa dari Universitas Glasgow Skotlandia

SD Darmono (kanan) (Ist) Chairman Jababeka Grup SD Darmono menjadi satu-satunya orang Indonesia yang Mendapatkan Gelar Honoris Causa dari Universitas Glasgow Skotlandia. Pendiri dan Chairman Grup Jababeka SD Darmono mendapatkan

Festival

Potensi Wisata Bahari Kei Curi Perhatian Pencinta Laut Indonesia

Ilustrasi potensi wisata bahari di Kei (Ist) Kepulauan Kei Kecil mulai menjadi primadona baru destinasi wisata bahari di kawasan Timur Indonesia. Tidak hanya kunjungan turis yang meningkat, awal Desember 2015

Tourism

GMT 2016 Bersamaan Nyepi

Ilustrasi GMT 2016 di Indonesia (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya memuji Bali sebagai salah satu provinsi yang kreatif dalam menyambut fenomena alam langka, gerhana matahari total (GMT) 2016. Padahal, Pulau

Tour Package

Target 20 Juta Kunjungan Wisman adalah Tugas Bersama

Menteri Keuangan Sri Mulyani (Ist) Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menegaskan bahwa pariwisata sebagai sektor multidimesi perlu didukung secara multidimensional, termasuk dalam hal investasi dan pembiayaan. Hal ini agar

Hotel

Hujan Rekor MURI di Festival Cap Go Meh 2018

Festival Cap Go Meh 2018 Singkawang, Kalimantan Barat (Ist) Prestasi besar dibukukan Festival Cap Go Meh 2018 Singkawang, Kalimantan Barat. Perhelatan tersebut meraih empat rekor MURI sekaligus. Rekor itu adalah

Heritage

Batik Lindy Ann Launching Website

  Yoseph Umarhadi, suami Lindy Ann Umarhadi (kanan) mengenakan Batik Lindy Ann dalam launching website Batik Lindy Ann (Ist) Teknologi harus diakui pada masa kini semakin berkembang. Dan, Lindy Ann