Batik, Kesenian Nusantara yang Diakui Dunia

lindy ann batik lg

Batik Lindy Ann (Ist)

Batik tak bisa dipungkiri semakin diminati masyarakat dunia. Tentunya hal tersebut tak bisa dilepaskan lantaran wastra tradisional khas Indonesia ini diakui sebagai kesenian dunia.

Begitu pentingnya batik bagi seorang Lindy Ann Umarhadi, perancang busana etnik di Tanah Air ketika dihubungi patainanews.com, Senin (5/10/2015). “Untuk Hari Batik Nasional tahun ini, saya mengikuti peragaan busana yang diadakan Komite Seni dan Budaya Nusantara ( KSBN) pimpinan Bapak Hendardji Soepandji. KSBN yang bergabung dibawah LIA memang berkomitmen memajukan kesenian dan budaya Indonesia dimana batik sebagai salah satu kesenian yang diakui dunia,” ucapnya.

Untuk acara tersebut, lanjutnya, kami banyak menampilkan batik Yogyakarta klasik dengan motif parang barong dipadu linen, untuk kebaya dan dress.

Butuh Dukungan Pemerintah

Para pelaku bisnis batik nasional meminta dukungan pemerintah untuk semakin giat memperkenalkan batik Indonesia agar semakin banyak masyarakat dunia yang tertarik memakai wastra tradisonal asli Indonesia ini.

“Dengan mengikutkan pengrajin, perancang, dan pelaku industri batik ke acara-acara yang bersifat international sehingga dapat lebih mengenalkan batik ke mancanegara,” kata Lindy Ann Umarhadi, perancang busana etnik di Tanah Air ketika dihubungi patainanews.com, Senin (5/10/2015).

Seperti diketahui, Chief Operating Officer (COO) baru untuk Twitter, Adam Bain menjadi bukti batik asli Nusantara sudah menembus pasar dunia. Ia mengaku sebagai penggemar wastra tradisional, batik dari Indonesia.

Hal tersebut diketahui patainanews.com, Selasa (6/10/2015) setelah membaca mini biografi yang ditulis Adam Bain di akun Twitter resminya (@adambain). Bain mendeskripsikan dirinya sebagai ‘Batik fan’ dalam biografi singkatnya, selain dirinya juga menulis jabatannya sebagai COO Twitter, ayah dari dua anak, dan fans tim basket Golden State Warriors.

Ia pun juga berupaya menjelaskan apa itu batik sehingga Bain pun menulis, “It’s an Indonesia thing, you wouldn’t understand” atau jika diterjemahkan lebih kurang berarti “cuma orang Indonesia yang tahu”.

Tidak bisa diketahui dari mana Adam Bain mengenal wastra tradisional batik yang menjadi bagian dari budaya Indonesia in. Sebelumnya pada 21 Agustus lalu, Bain juga kembali pamer baju batik yang ia pakai, lewat Twitter.

Namun, kali ini ia memakainya di kantor Twitter di San Francisco. Sekedar informasi, Adam Bain diangkat menjadi Chief Operating Officer Twitter yang baru oleh CEO Twitter Jack Dorsey pada Senin (5/10/2015). (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Heritage

2000 Turis Cruise Kunjungi Tanjung Emas

Menyambut wisatawan asing di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang (Ist) Tak kurang dari dua ribu wisatawan asing singgahi Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah yang dikelola manajemen PT Pelabuhan Indonesia III

Travel Operator

Astindo Launching bersamago.co.id

Musyawarah Anggota Astindo Provinsi DKI Jakarta di Hotel Millenium, Jakarta, Kamis (5/11/2015) (Ist) Seiring kemajuan zaman, teknologi pun berkembang sehingga dinilai akan memudahkan traveler mengakses internet untuk urusan traveling. Dan,

World Heritage

Wisata Bahari di Taman Laut Teluk Maumere

Capa Resort Maumere ikut promosikan Taman Laut di Teluk Maumere (Ist) Indonesia memang dikenal sebagai negara yang memiliki beragam destinasi wisata sehingga banyak orang yang memutuskan untuk berlibur di negeri

Slideshow

Pariwisata Soppeng Bisa Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Kalong di langit biru Soppeng bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan berkunjung ke Soppeng (Ist) Pemerintah daerah Soppeng diketahui tengah gencar mengembangkan dan mempromosikan beragam potensi pariwisata yang ada

Airlines

Es Bone Tank ala Hotel Santika Premiere ICE BSD City

Es Bone Tank (Ist) Mentimun atau Bonteng dalam istilah bahasa Sunda merupakan jenis sayuran yang dapat dikonsumsi secara mentah ataupun dengan olahan tertentu. Menurut berbagai sumber, mentimun memiliki segudang manfaat untuk kesehatan

Slideshow

Masyarakat di Asia Pasifik Merayakan Valentine’s Day

Happy Valentine’s Day (Ist) Menurut survei terbaru Mastercard bertajuk Consumer Purchasing Priorities, tahun ini akan menjadi Hari Kasih Sayang (Valentine’s Day) yang paling ramai dengan setengah dari masyarakat di Asia