Batik, Kesenian Nusantara yang Diakui Dunia

lindy ann batik lg

Batik Lindy Ann (Ist)

Batik tak bisa dipungkiri semakin diminati masyarakat dunia. Tentunya hal tersebut tak bisa dilepaskan lantaran wastra tradisional khas Indonesia ini diakui sebagai kesenian dunia.

Begitu pentingnya batik bagi seorang Lindy Ann Umarhadi, perancang busana etnik di Tanah Air ketika dihubungi patainanews.com, Senin (5/10/2015). “Untuk Hari Batik Nasional tahun ini, saya mengikuti peragaan busana yang diadakan Komite Seni dan Budaya Nusantara ( KSBN) pimpinan Bapak Hendardji Soepandji. KSBN yang bergabung dibawah LIA memang berkomitmen memajukan kesenian dan budaya Indonesia dimana batik sebagai salah satu kesenian yang diakui dunia,” ucapnya.

Untuk acara tersebut, lanjutnya, kami banyak menampilkan batik Yogyakarta klasik dengan motif parang barong dipadu linen, untuk kebaya dan dress.

Butuh Dukungan Pemerintah

Para pelaku bisnis batik nasional meminta dukungan pemerintah untuk semakin giat memperkenalkan batik Indonesia agar semakin banyak masyarakat dunia yang tertarik memakai wastra tradisonal asli Indonesia ini.

“Dengan mengikutkan pengrajin, perancang, dan pelaku industri batik ke acara-acara yang bersifat international sehingga dapat lebih mengenalkan batik ke mancanegara,” kata Lindy Ann Umarhadi, perancang busana etnik di Tanah Air ketika dihubungi patainanews.com, Senin (5/10/2015).

Seperti diketahui, Chief Operating Officer (COO) baru untuk Twitter, Adam Bain menjadi bukti batik asli Nusantara sudah menembus pasar dunia. Ia mengaku sebagai penggemar wastra tradisional, batik dari Indonesia.

Hal tersebut diketahui patainanews.com, Selasa (6/10/2015) setelah membaca mini biografi yang ditulis Adam Bain di akun Twitter resminya (@adambain). Bain mendeskripsikan dirinya sebagai ‘Batik fan’ dalam biografi singkatnya, selain dirinya juga menulis jabatannya sebagai COO Twitter, ayah dari dua anak, dan fans tim basket Golden State Warriors.

Ia pun juga berupaya menjelaskan apa itu batik sehingga Bain pun menulis, “It’s an Indonesia thing, you wouldn’t understand” atau jika diterjemahkan lebih kurang berarti “cuma orang Indonesia yang tahu”.

Tidak bisa diketahui dari mana Adam Bain mengenal wastra tradisional batik yang menjadi bagian dari budaya Indonesia in. Sebelumnya pada 21 Agustus lalu, Bain juga kembali pamer baju batik yang ia pakai, lewat Twitter.

Namun, kali ini ia memakainya di kantor Twitter di San Francisco. Sekedar informasi, Adam Bain diangkat menjadi Chief Operating Officer Twitter yang baru oleh CEO Twitter Jack Dorsey pada Senin (5/10/2015). (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Slideshow

PATA Indonesia dan THF Salurkan Bantuan Kemanusiaan di Banten

Agung Dwi Bantoro selaku perwakilan dari THF (ketiga dari kiri) (Ist) Pacific Asia Travel Association (PATA) Indonesia Chapter bersama Tidar Heritage Foundation (THF) telah melakukan pendistribusian bantuan kemanusiaan kepada para

Hotel

patainanews.com Siap Sukseskan ASIAN GAMES 2018

Logo ASIAN GAMES 2018 (Ist) Indonesia terpilih menjadi tuan rumah ASIAN GAMES 2018. Dan, DKI Jakarta dan Palembang di Sumatera Selatan dipercaya menjadi tempat penyelenggaran event olah raga di kawasan

Airlines

Pembantu Mudik? Menginap di Hotel

Hotel Sofyan (Ist) Hari Raya kemenangan Idul Fitri 1439 H segera tiba. Momen ini dimanfaatkan bagi umat Islam untuk tradisi mudik, tak terkecuali para asisten rumah tangga. Bagi warga asli

Slideshow

Irene Camilyn Sinaga Bertekad Majukan Pariwisata Sumsel

Irene Camilyn Sinaga (kanan) berpose bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Selatan (Sumsel) Irene Camilyn Sinaga bertekad memajukan potensi pariwisata Sumsel yang beragam sehingga menjadi daya

World Heritage

Melihat Wisata Sejarah di Surabaya

Turis asing di Kampung Lawas Maspati (Ist) Surabaya yang ada di Jawa Timur kini telah menjelma menjadi kota modern. Surabaya yang dikenal sebagai Kota Pahlawan tak salah diminati traveler untuk

World Heritage

Sambut ASIAN GAMES 2018, Sumsel Gencar Promosi Pariwisata

Logo ASIAN GAMES 2018 (Ist) Pemerintah provinsi Sumatera Selatan tampak sangat serius untuk mendongkrak kunjungan wisatawan manca negara ke Indonesia, yang tentnnya ke Sumatera Selatan. Salah satu langkah yang dilakukan