Batik tak Akan Pernah Dilupakan

batik putra

Batik Putra Fakhrudin (Ist)

Batik merupakan kain khas Nusantara yang menjadi bagian budaya Indonesia yang beragam dan telah lama berkembang dan dikenal masyarakat negeri ini.

Batik adalah ekspresi budaya yang memiliki makna simbolis dan nilai estetika yang tinggi bagi masyarakat Indonesia. Keunikan yang indah itu membentuk karakter bangsa yang membedakan dengan bangsa lain sehingga dapat menjadi jati diri bangsa.

Batik yang merupakan budaya asli Indoensia saat ini menjadi busana khas Tanah Air. Ya, batik kini tidak hanya sekadar kain tradisional dengan beragam corak sebab kain khas negeri ini sudah banyak dipakai masyarakat dunia.

Menariknya didalam batik juga mengandung sejarah dan nilai-nilai tradisi dari bangsa Indonesia yang sangat berharga. Jika dibandingkan dengan berbagai kain biasa, batik lebih memiliki nilai seni yang sesuai untuk semua kalangan.

Batik merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia yang tak ternilai harganya. Sejak 2 Oktober 2009 silam, UNESCO menetapkan batik sebagai warisan kebudayaan asli Indonesia.

Pengakuan internasional ini menbuat bangsa Indonesia bangga akan batik dan tetap melestarikan keberadaan batik dengan semakin luas di Nusantara hingga ke mancanegara.

UNESCO mengakui bahwa Batik Indonesia mempunyai teknik dan simbol budaya yang menjadi identitas rakyat Indonesia mulai dari lahir sampai meninggal, bayi digendong dengan kain batik bercorak simbol yang membawa keberuntungan, dan yang meninggal ditutup dengan kain batik.

Pakaian dengan corak sehari-hari dipakai secara rutin dalam kegiatan bisnis dan akademis. Sementara berbagai corak lainnya dipakai dalam upacara pernikahan, kehamilan, juga dalam wayang, kebutuhan nonsandang dan berbagai penampilan kesenian.

Kain batik bahkan memainkan peran utama dalam ritual tertentu. Berbagai corak Batik Indonesia menandakan adanya berbagai pengaruh dari luar negeri mulai dari kaligrafi Arab, burung phoenix dari China, bunga cherry dari Jepang hingga burung merak dari India atau Persia.

Tradisi membatik diturunkan dari generasi ke generasi, batik terkait dengan identitas budaya rakyat indonesia dan melalui berbagai arti simbolik dari warna dan corak mengekspresikan kreatifitas dan spiritual rakyat Indonesia.

UNESCO memasukkan Batik Indonesia ke dalam Representative List karena telah memenuhi kriteria, antara lain kaya dengan simbol-simbol dan filosofi kehidupan rakyat Indonesia, memberi kontribusi bagi terpeliharanya warisan budaya takbenda pada saat ini dan di masa mendatang.

Selanjutnya seluruh komponen masyarakat bersama pemerintah melakukan langkah-langkah secara berkesinambungan untuk perlindungan termasuk peningkatan kesadaran dan pengembangan kapasitas termasuk aktivitas pendidikan dan pelatihan.

Batik tak pernah dilupakan masyarakat Indonesia. Sebagai upaya menjaga kelestarian budaya batik dengan mewujudkan kecintaan pada batik.

Apalagi sekarang perkembangan batik semakin pesat dan memunculkan motif-motif batik yang beragam sehingga mudah dalam pemilihan corak batik sebagai busana.

Selain itu upaya menunjukkan kecintaan pada batik adalah dengan mengetahui jenis-jenis kemudian mengetahui akan sejarah batik dan mengetahui cara membatik.

Batik merupakan budaya yang berasal dari tanah Jawa, yakni Yogyakarta dan akhirnya menyebar ke seluruh Jawa Tengah, seperti Pekalongan, Magelang, dan daerah lainnya.

Sebut saja Batik Putra Fakhrudin dari Pekalongan. Menurut Bekti, Marketing Batik Putra Fakhrudin ketika dihubungi patainanews.com, Kamis (13/10/2016), Batik Putra Fakhrudin semakin banyak peminatnya.

“Batik Putra Fakhrudin adalah Batik Tulis Sutera (Alat Tenun Bukan Mesin) ATBM Pekalongan sehingga menjadi pilihan,” ucapnya (Gabriel Bobby)

 

 

About author



You might also like

Destinations

Menteri Pariwisata Nikmati Seblang Banyuwangi

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya ikut larut dalam ritual Seblang Olehsari, Banyuwangi, Senin (18/6/2018). Bahkan, Menpar Arief ikut memborong 100 kembang dermo dalam ritual sakral dan

Destinations

Mengisi Libur Sekolah dan Ramadan di Tanjung Lesung

Ramadan tahun ini bertepatan dengan libur anak sekolah. Jadi, Anda tak perlu menahan diri untuk meneruskan rencana wisata bersama keluarga. Dan, selama liburan sekolah dan Ramadan, Tanjung Lesung pun menawarkan

Tourism

Menko Luhut Ajak Investor Kembangkan Destinasi Wisata Danau Toba

Sambutan Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam Pembahasan Perkembangan Pengelolaan KSPN Danau Toba (Rapat Dewan Pengarah BOPDT) di Hotel Inna Parapat, Kab Simalungun, Sumatera Utara. Sabtu (8/7/2017) (Ist) Infrastruktur di Kawasan

Slideshow

Kapolri Copot Oknum Polisi yang Menendang Ibu di Babel

Muara Karta (Ist) Seorang oknum polisi Ajun Komisaris Besar Polisi Yusuf dicopot dari jabatannya setelah melakukan aksi penendangan serta pemukulan terhadap dua orang ibu dan seorang anak di minimarket Bangka Belitung

Indonesiaku

Arif Wibowo Tetap Jadi Pilot Garuda Indonesia

Pesawat Garuda Indonesia (Ist) PT Garuda Indonesia Tbk merombak susunan direksi dengan mengganti sejumlah direktur, yakni tiga direktur dan menambah satu jabatan direktur baru dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan

Nature

Sumsel Promosi Pariwisata di WTM London

Irene Camelyn Sinaga (kanan) berpose bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Pemerintah provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) diketahui serius mengembangkan dan mempromosikan berbagai potensi pariwisata dan budaya yang ada di Sumsel.