Batik tak Akan Pernah Dilupakan

batik putra

Batik Putra Fakhrudin (Ist)

Batik merupakan kain khas Nusantara yang menjadi bagian budaya Indonesia yang beragam dan telah lama berkembang dan dikenal masyarakat negeri ini.

Batik adalah ekspresi budaya yang memiliki makna simbolis dan nilai estetika yang tinggi bagi masyarakat Indonesia. Keunikan yang indah itu membentuk karakter bangsa yang membedakan dengan bangsa lain sehingga dapat menjadi jati diri bangsa.

Batik yang merupakan budaya asli Indoensia saat ini menjadi busana khas Tanah Air. Ya, batik kini tidak hanya sekadar kain tradisional dengan beragam corak sebab kain khas negeri ini sudah banyak dipakai masyarakat dunia.

Menariknya didalam batik juga mengandung sejarah dan nilai-nilai tradisi dari bangsa Indonesia yang sangat berharga. Jika dibandingkan dengan berbagai kain biasa, batik lebih memiliki nilai seni yang sesuai untuk semua kalangan.

Batik merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia yang tak ternilai harganya. Sejak 2 Oktober 2009 silam, UNESCO menetapkan batik sebagai warisan kebudayaan asli Indonesia.

Pengakuan internasional ini menbuat bangsa Indonesia bangga akan batik dan tetap melestarikan keberadaan batik dengan semakin luas di Nusantara hingga ke mancanegara.

UNESCO mengakui bahwa Batik Indonesia mempunyai teknik dan simbol budaya yang menjadi identitas rakyat Indonesia mulai dari lahir sampai meninggal, bayi digendong dengan kain batik bercorak simbol yang membawa keberuntungan, dan yang meninggal ditutup dengan kain batik.

Pakaian dengan corak sehari-hari dipakai secara rutin dalam kegiatan bisnis dan akademis. Sementara berbagai corak lainnya dipakai dalam upacara pernikahan, kehamilan, juga dalam wayang, kebutuhan nonsandang dan berbagai penampilan kesenian.

Kain batik bahkan memainkan peran utama dalam ritual tertentu. Berbagai corak Batik Indonesia menandakan adanya berbagai pengaruh dari luar negeri mulai dari kaligrafi Arab, burung phoenix dari China, bunga cherry dari Jepang hingga burung merak dari India atau Persia.

Tradisi membatik diturunkan dari generasi ke generasi, batik terkait dengan identitas budaya rakyat indonesia dan melalui berbagai arti simbolik dari warna dan corak mengekspresikan kreatifitas dan spiritual rakyat Indonesia.

UNESCO memasukkan Batik Indonesia ke dalam Representative List karena telah memenuhi kriteria, antara lain kaya dengan simbol-simbol dan filosofi kehidupan rakyat Indonesia, memberi kontribusi bagi terpeliharanya warisan budaya takbenda pada saat ini dan di masa mendatang.

Selanjutnya seluruh komponen masyarakat bersama pemerintah melakukan langkah-langkah secara berkesinambungan untuk perlindungan termasuk peningkatan kesadaran dan pengembangan kapasitas termasuk aktivitas pendidikan dan pelatihan.

Batik tak pernah dilupakan masyarakat Indonesia. Sebagai upaya menjaga kelestarian budaya batik dengan mewujudkan kecintaan pada batik.

Apalagi sekarang perkembangan batik semakin pesat dan memunculkan motif-motif batik yang beragam sehingga mudah dalam pemilihan corak batik sebagai busana.

Selain itu upaya menunjukkan kecintaan pada batik adalah dengan mengetahui jenis-jenis kemudian mengetahui akan sejarah batik dan mengetahui cara membatik.

Batik merupakan budaya yang berasal dari tanah Jawa, yakni Yogyakarta dan akhirnya menyebar ke seluruh Jawa Tengah, seperti Pekalongan, Magelang, dan daerah lainnya.

Sebut saja Batik Putra Fakhrudin dari Pekalongan. Menurut Bekti, Marketing Batik Putra Fakhrudin ketika dihubungi patainanews.com, Kamis (13/10/2016), Batik Putra Fakhrudin semakin banyak peminatnya.

“Batik Putra Fakhrudin adalah Batik Tulis Sutera (Alat Tenun Bukan Mesin) ATBM Pekalongan sehingga menjadi pilihan,” ucapnya (Gabriel Bobby)

 

 

About author



You might also like

SightSeeing

Putri Pariwisata Indonesia Ikut Promosikan 10 Destination Brandings

Putri Pariwisata Indonesia 2016 Lois Merry Tangel, Miss Intercontinental Indonesia 2016 Dani Wulandari, Kep Seribu Tourism Ambassadrees Dani Wulandari  menghadiri launching 10 Destination Brandings di kementerian Pariwisata (Ist) Putri Pariwisata

Cuisine

Golden Siap di Era Digital

Golden Mind, diversifikasi usaha yang dilakukan Rina Darmawan (Ist) Tak bisa dipungkiri kini dunia, termasuk Indonesia sudah masuk zaman digital. Dan, era digital memudahkan banyak orang unutk melakukan beragam aktivitas,

Slideshow

Lombok Incar Wisman Lewat Wisata Bahari

Lobster juga dijadikan sebagai pendukung wisata bahari  Lombok Wisata bahari semakin populer di Tanah Air sejak Presiden Jokowi mengandalkan potensi wisata bahari untuk mewujudkan target 20 juta wisatawan mancanegara berkunjung

Heritage

Kapal Pesiar MS Silver Discover Sandar di Banyuwangi

Menyambut turis asing yang menggunakan kapal pesiar di Banyuwangi (Ist) Pertama dalam sejarah kapal pesiar MS Silver Discover sandar di Pelabuhan Tanjung Wangi, Banyuwangi, Jawa Timur. Kapal berbendera Bahama dengan

Slideshow

2016, Tren Arus Petikemas TPS Naik 2%

CC yang telah sandar di dermaga internasional TPS (Ist) Arus petikemas ekspor impor selama tahun 2016 melalui PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS)  secara total naik 1,6% dari tahun 2015. Capaian

SightSeeing

Menteri Pariwisata Apresiasi Sanur Village Festival 2016

Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) dalam pembukaan Sanur Beach Festival 2016 bertempat di Inna Grand Bali Beach Sanur, Bali pada Rabu (24/8/2016) (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya memuji konsistensi Sanur