Batik tak Hanya Sekadar Kain

Ella-1

Ella V Brizadly (Ist)

Batik itu lebih dari sekadar motif kain. Karenanya warisan wastra tradisional asli Indonesia ini memang terus dijaga dan dilestarikan lantaran semakin diminati warga dunia.

“Menyambut hari batik nasional 2015, PRibuMI… tahun ini meluncurkan 2 produk terbaru yaitu sepatu dan clutch yang kami beri nama Donggala Peep Toe Ankle Boot dan Paliat Clutch Bag,” kata Ella V Brizadly, owner dan founder sekaligus designer PRibuMI…ketika dihubungi patainanews.com belum lama ini.

Tak bisa dipungkiri semakin diminati masyarakat dunia. Tentunya hal tersebut tak bisa dilepaskan lantaran wastra tradisional khas Indonesia ini diakui sebagai kesenian dunia.

Dan, begitu pentingnya batik bagi seorang Lindy Ann Umarhadi, perancang busana etnik di Tanah Air ketika dihubungi patainanews.com, Senin (5/10/2015).

“Untuk Hari Batik Nasional tahun ini, saya mengikuti peragaan busana yang diadakan Komite Seni dan Budaya Nusantara ( KSBN) pimpinan Bapak Hendardji Soepandji. KSBN yang bergabung dibawah LIA memang berkomitmen memajukan kesenian dan budaya Indonesia dimana batik sebagai salah satu kesenian yang diakui dunia,” ucapnya.

Untuk acara tersebut, lanjutnya, kami banyak menampilkan batik Yogyakarta klasik dengan motif parang barong dipadu linen, untuk kebaya dan dress.

Butuh Dukungan Pemerintah

Para pelaku bisnis batik nasional meminta dukungan pemerintah untuk semakin giat memperkenalkan batik Indonesia agar semakin banyak masyarakat dunia yang tertarik memakai wastra tradisonal asli Indonesia ini.

“Dengan mengikutkan pengrajin, perancang, dan pelaku industri batik ke acara-acara yang bersifat international sehingga dapat lebih mengenalkan batik ke mancanegara,” kata Lindy Ann Umarhadi, perancang busana etnik di Tanah Air ketika dihubungi patainanews.com, Senin (5/10/2015).

Seperti diketahui, Chief Operating Officer (COO) baru untuk Twitter, Adam Bain menjadi bukti batik asli Nusantara sudah menembus pasar dunia. Ia mengaku sebagai penggemar wastra tradisional, batik dari Indonesia.

Hal tersebut diketahui patainanews.com, Selasa (6/10/2015) setelah membaca mini biografi yang ditulis Adam Bain di akun Twitter resminya (@adambain). Bain mendeskripsikan dirinya sebagai ‘Batik fan’ dalam biografi singkatnya, selain dirinya juga menulis jabatannya sebagai COO Twitter, ayah dari dua anak, dan fans tim basket Golden State Warriors.

Ia pun juga berupaya menjelaskan apa itu batik sehingga Bain pun menulis, “It’s an Indonesia thing, you wouldn’t understand” atau jika diterjemahkan lebih kurang berarti “cuma orang Indonesia yang tahu”.

Tidak bisa diketahui dari mana Adam Bain mengenal wastra tradisional batik yang menjadi bagian dari budaya Indonesia in. Sebelumnya pada 21 Agustus lalu, Bain juga kembali pamer baju batik yang ia pakai, lewat Twitter.

Namun, kali ini ia memakainya di kantor Twitter di San Francisco. Sekedar informasi, Adam Bain diangkat menjadi Chief Operating Officer Twitter yang baru oleh CEO Twitter Jack Dorsey pada Senin (5/10/2015). (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Heritage

Indonesia Incorporated, Meraih Target 15 Juta Kunjungan Wisman 2017

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Kementerian Pariwisata (Kemenpar)  menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepariwisataan ke-IV sebagai upaya meningkatkan sinergitas semua unsur pariwisata dalam pentahelix (akademisi, pelaku bisnis, komunitas, pemerintah, dan media massa)

Airlines

‘Jadikan Laut Sebagai Beranda Depan Rumah Kita’

Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama para pemenang lomba penulisan wisata bahari 2016 (Ist) Berkah untuk Indonesia sebab kaya akan bahari yang komplet. Meski begitu potensi yang dimiliki negeri ini belum

Heritage

Menanti Presiden Jokowi Berkunjung ke Kampung Lawas Maspati

Turis asing menikmati Kampung Lawas Maspati (Ist) Kampung Lawas Maspati yang terletak di Surabaya, Jawa Timur dikenal sebagai destinasi wisata populer di Kota Pahlawan itu berupaya menularkan dampak positif keberhasilan

Heritage

Pigijo Adakan Digital Launching #XtremeSale cuma Rp 19.000!

Claudia Ingkiriwang Pigijo mengadakan Digital Launching pada Rabu, bertepatan dengan angka cantik 9-10-19 (9 Oktober 2019), pukul 09.00 WIB, bertema Pigijo Unique Experience.  Aplikasi yang diluncurkan adalah versi 2.3, yang

Festival

Ulu Kasok, ‘Raja Ampatnya’ Riau

Alfiandri, Kasi Promosi Dinas Pariwisata Provinsi Riau (Ist) Indonesia punya Raja Ampat di Papua Barat yang sudah terkenal di dunia. Namun, negeri ini tak hanya punya Raja Ampat sebab di

Heritage

Upaya Malaysia Tingkatkan Kunjungan Wisatawan Indonesia

Kerja sama Malaysia dengan Indonesia untuk tingkatkan jumlah wisatawan Malaysia Negeri jiran, Malaysia tampak semakin serius untuk meningkatkan jumlah wisatawan Indonesia. Salah satu caranya dengan menyasar agen perjalanan. Adapun hal