Bebas Visa Efektif Jaring Wisman

2 menteri Jokowi

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) (Ist)

Tahun 2016 menjadi tahun kedua pemerintahan Jokowi-JK. Dua tahun pemerintahan Presiden Jokowi, banyak program di sektor pariwisata yang telah dilakukan pemerintah.

Dan, kebijakan bebas visa dinilai nerhasil sebab efektif menambah wisatawan mancanegara. Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam keterangan di kantor Kepala Staf Kepresidenan, Jakarta, Selasa (25/10/2016).

Arief Yahya optimistis pariwisata bisa menjadi penghasil devisa terbesar dengan kondisi sekarang menghasilkan US$ 12,6 miliar.

Sementara yang terkait kinerja pariwisata, yang menjadi sorotan adalah kebijakan bebas visa dan Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata.

Dengan kebijakan bebas visa untuk wisman dari 169 negara yang sudah berjalan, menurutnya ada kenaikan kunjungan wisman 5 hingga 20 persen.

“Kita 169 negara sekarang yang bebas bisa, pintu masuk 124. Impactnya yang sudah kita laksanakan tumbuhnya 19,88 persen, ini yang lama. Yang baru Maret 2016 secara keseluruhan kita 18,6 persen pertumbuhannya bagi negara yang baru diberikan bebas visa. Artinya bebas visa efektif,” urainya.

Yang kedua terkait KEK. Hingga dua tahun pemerintahan Jokowi, sudah ada empat KEK pariwisata yang direalisasikan, yaitu Tanjung Lesung, Morotai, Mandalika dan Tanjung Kelayang.

“Ground breaking sudah dilakukan untuk resor pertama di Belitung,” tuturnya. Arief Yahya menjelaskan, pertumbuhan investasi swasta dari 2015 ke 2016, melompat drastis 53 persen. Investasi sekarang mencapai US$ 850 miliar dari US$ 500 miliar, artinya ini terjadi kenaikan 70 persen.

“Proyeksi kami investasi di pariwisata akan naik US$ 1,5 miliar di tahun ini, sekarang sudah US$ 850 miliar. Kalau sampai pertumbuhan 70 persen, harapannya akan terpenuhi,” terangnya. (Gabriel Bobby/berbagai sumber)

 

About author



You might also like

Tour Package

Lampung Selatan Siap Jadi KEK Pariwisata

Launching Lampung Krakatau Festival 2017 (Ist) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) terus mendorong setiap daerah untuk mengembangkan kawasan ekonomi khusus (KEK) pariwisata. Sebelumnya sudah ada dua provinsi yang mengusulkan KEK, yaitu Jawa Barat

Travel Operator

Rayakan Imlek di Hotel Neo Samadikun Cirebon

Promo menarik dari Hotel Neo Samadikun Cirebon (Ist) Imlek selama ini identik dengan budaya masyarakat Tionghoa. Dan, di Indonesia kebebasan merayakan Tahun Baru Imlek menjadi kenyataan dimulai di era Gus Dur.

World Heritage

Indonesia Berpartisipasi di Australia Dive Expo 2017

Indonesia kaya akan wisata bahari. Kepulauan Seribu yang termasik dalam 10 Bali baru juga punya potensi wisata bahari (Ist)  Indonesia diwakili Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang memfasilitasi 10 operator diving dari

Airlines

Membangun Daerah Menjelang Operasional BIJB

Madrim Kusumah Andhini (Ist) Daerah yang letaknya tak jauh dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka, Jabar seperti Cirebon dan Majalengka akan mengalami dampak positif secara langsung terhadap

Heritage

RI Berpartisipasi di Darkmofo Festival Tasmania

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kedua dari kanan) (Ist) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bekerja sama dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Melboune berpartisipasi dalam Darkmofo Festival, yang berlangsung  di Kota Hobart, Tasmania,