Bebas Visa Efektif Jaring Wisman

2 menteri Jokowi

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) (Ist)

Tahun 2016 menjadi tahun kedua pemerintahan Jokowi-JK. Dua tahun pemerintahan Presiden Jokowi, banyak program di sektor pariwisata yang telah dilakukan pemerintah.

Dan, kebijakan bebas visa dinilai nerhasil sebab efektif menambah wisatawan mancanegara. Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam keterangan di kantor Kepala Staf Kepresidenan, Jakarta, Selasa (25/10/2016).

Arief Yahya optimistis pariwisata bisa menjadi penghasil devisa terbesar dengan kondisi sekarang menghasilkan US$ 12,6 miliar.

Sementara yang terkait kinerja pariwisata, yang menjadi sorotan adalah kebijakan bebas visa dan Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata.

Dengan kebijakan bebas visa untuk wisman dari 169 negara yang sudah berjalan, menurutnya ada kenaikan kunjungan wisman 5 hingga 20 persen.

“Kita 169 negara sekarang yang bebas bisa, pintu masuk 124. Impactnya yang sudah kita laksanakan tumbuhnya 19,88 persen, ini yang lama. Yang baru Maret 2016 secara keseluruhan kita 18,6 persen pertumbuhannya bagi negara yang baru diberikan bebas visa. Artinya bebas visa efektif,” urainya.

Yang kedua terkait KEK. Hingga dua tahun pemerintahan Jokowi, sudah ada empat KEK pariwisata yang direalisasikan, yaitu Tanjung Lesung, Morotai, Mandalika dan Tanjung Kelayang.

“Ground breaking sudah dilakukan untuk resor pertama di Belitung,” tuturnya. Arief Yahya menjelaskan, pertumbuhan investasi swasta dari 2015 ke 2016, melompat drastis 53 persen. Investasi sekarang mencapai US$ 850 miliar dari US$ 500 miliar, artinya ini terjadi kenaikan 70 persen.

“Proyeksi kami investasi di pariwisata akan naik US$ 1,5 miliar di tahun ini, sekarang sudah US$ 850 miliar. Kalau sampai pertumbuhan 70 persen, harapannya akan terpenuhi,” terangnya. (Gabriel Bobby/berbagai sumber)

 

About author



You might also like

Indonesiaku

‘Buwas Pasti Bersihkan Bulog’

Ucapan selamat untuk Komjen (Purn) Buwas dari Toto Hananta (Ist) Pengacara Tito Hananta menyampaikan apresiasi terhadap Komjen (Purn) Budi Waseso (Buwas) yang kini dipercaya sebagai sebagai direktur utama Perum Bulog.

Destinations

Flores yang Kece Memikat Nila Tanzil

Nila Tanzil (Ist) Nila Tanzil di Labuan Bajo (Ist) Keindahan alam Flores di Nusa Tenggara Timur (NTT) membuat sosok satu ini jatuh cinta. Ya, Nila Tanzil mengaku pemandangan alam yang

Cuisine

‘Masyarakat Perancis semakin Mengenal dan Mencintai Indonesia’

Presiden Jokowi di Mandalika, Lombok (Ist) Seperti tahun-tahun sebelumnya, KJRI Marseille di Perancis kembali mempromosikan pariwisata dan kebudayaan Indonesia melalui partisipasinya dalam pameran pariwisata internasional terbesar di Perancis selatan, Salon

Destinations

Menjaga Kearifan Lokal Arsitektur Nusantara

Penyerahan Rekor MURI Sayembara Desain Arsitektur Rumah Wisata Nusantara dengan Karya Terbanyak dari Ketua Umum MURI Jaya Suprana kepada Menteri Pariwisata Arief Yahya, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf dan

All About Indonesia

Pinky Promise, Kisah Perempuan Hebat

Pinky Promise (Ist) Film Pinky Promise bercerita tentang kehebatan perempuan dan kekuatan persahabatan dalam menghadapi kehidupan. Dan, film ini telah premiere di Jakarta, Rabu (5/10/2016) dan rencana film yang disutradarai

Nature

Pemprov Sumsel Siap Gelar ASIAN GAMES 2018

Logo ASIAN GAMES 2018 (Ist) Pemerintah provinsi Sumatera Selatan menyatakan siap menggelar event olahraga prestisius yang diadakan di Indonesia, ASIAN GAMES 2018 yang digelar di Jakarta dan Palembang. Hal tersebut