Bebas Visa Efektif Jaring Wisman

2 menteri Jokowi

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) (Ist)

Tahun 2016 menjadi tahun kedua pemerintahan Jokowi-JK. Dua tahun pemerintahan Presiden Jokowi, banyak program di sektor pariwisata yang telah dilakukan pemerintah.

Dan, kebijakan bebas visa dinilai nerhasil sebab efektif menambah wisatawan mancanegara. Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam keterangan di kantor Kepala Staf Kepresidenan, Jakarta, Selasa (25/10/2016).

Arief Yahya optimistis pariwisata bisa menjadi penghasil devisa terbesar dengan kondisi sekarang menghasilkan US$ 12,6 miliar.

Sementara yang terkait kinerja pariwisata, yang menjadi sorotan adalah kebijakan bebas visa dan Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata.

Dengan kebijakan bebas visa untuk wisman dari 169 negara yang sudah berjalan, menurutnya ada kenaikan kunjungan wisman 5 hingga 20 persen.

“Kita 169 negara sekarang yang bebas bisa, pintu masuk 124. Impactnya yang sudah kita laksanakan tumbuhnya 19,88 persen, ini yang lama. Yang baru Maret 2016 secara keseluruhan kita 18,6 persen pertumbuhannya bagi negara yang baru diberikan bebas visa. Artinya bebas visa efektif,” urainya.

Yang kedua terkait KEK. Hingga dua tahun pemerintahan Jokowi, sudah ada empat KEK pariwisata yang direalisasikan, yaitu Tanjung Lesung, Morotai, Mandalika dan Tanjung Kelayang.

“Ground breaking sudah dilakukan untuk resor pertama di Belitung,” tuturnya. Arief Yahya menjelaskan, pertumbuhan investasi swasta dari 2015 ke 2016, melompat drastis 53 persen. Investasi sekarang mencapai US$ 850 miliar dari US$ 500 miliar, artinya ini terjadi kenaikan 70 persen.

“Proyeksi kami investasi di pariwisata akan naik US$ 1,5 miliar di tahun ini, sekarang sudah US$ 850 miliar. Kalau sampai pertumbuhan 70 persen, harapannya akan terpenuhi,” terangnya. (Gabriel Bobby/berbagai sumber)

 



About author



You might also like

Cuisine

Mei, Pastikan ke Tanjung Lesung Tonton The Legend of Dewi Tanjung Lesung

The Legend of Dewi Tanjung Lesung (Ist) Indonesia menyimpan beragam pertunjukkan seni budaya, mulai dari sastra, musik hingga yang bersifat teatrikal. Semuanya memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri. Salah satunya

Slideshow

HPN 2017 akan Berantas Hoax

Logo Hari Pers Nasional (HPN) 2017 di Ambon, Maluku (Ist) Masyarakat Maluku dan insan pers Tanah Air berharap dapat merayakan acara puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2017 bersama Presiden Jokowi

Cuisine

Mengelola Destinasi Wisata Bahari Indonesia, Mengembalikan Kejayaan Bangsa Maritim

Segera ikut PATA Travel Mart 2016 (Ist) Negeri ini sudah lama dikenal sebagai bangsa maritim yang besar. Tak heran jika kemudian tercipta lagu legendaris berjudul ‘Nenek Moyangku Seorang Pelaut’ sehingga

Travel Operator

Ucapan Selamat HUT ke-3 patainanews.com dari PT JAS

Berita Foto: Manajemen, staf dan redaksi patainanews.com mengucapkan terima kasih atas perhatian PT Jasa Angkasa Semesta (JAS) yang mengucapkan Selamat dan Sukses HUT ke-3 patainanews.com

Cuisine

‘Riau Truly Malay’

Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman (tengah) meluncurkan Calender of Event Riau 2016 (Ist) Tanah tumpah darah Melayu, yang sudah digaungkan Riau dengan branding ‘The Homeland of Melayu’ menurut

All About Indonesia

CEO Metranet Gandeng FPMDI Kembangkan Media Digital

Didik Budi Santoso, Chief Executive Officer (CEO) PT Metranet (duduk nomor tiga dari kiri) foto bersama FPMDI, termasuk patainanews.com (memakai topi) (Ist)  “Saya orang di balik layar, jarang muncul ke