Bebas Visa Efektif Jaring Wisman

2 menteri Jokowi

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) (Ist)

Tahun 2016 menjadi tahun kedua pemerintahan Jokowi-JK. Dua tahun pemerintahan Presiden Jokowi, banyak program di sektor pariwisata yang telah dilakukan pemerintah.

Dan, kebijakan bebas visa dinilai nerhasil sebab efektif menambah wisatawan mancanegara. Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam keterangan di kantor Kepala Staf Kepresidenan, Jakarta, Selasa (25/10/2016).

Arief Yahya optimistis pariwisata bisa menjadi penghasil devisa terbesar dengan kondisi sekarang menghasilkan US$ 12,6 miliar.

Sementara yang terkait kinerja pariwisata, yang menjadi sorotan adalah kebijakan bebas visa dan Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata.

Dengan kebijakan bebas visa untuk wisman dari 169 negara yang sudah berjalan, menurutnya ada kenaikan kunjungan wisman 5 hingga 20 persen.

“Kita 169 negara sekarang yang bebas bisa, pintu masuk 124. Impactnya yang sudah kita laksanakan tumbuhnya 19,88 persen, ini yang lama. Yang baru Maret 2016 secara keseluruhan kita 18,6 persen pertumbuhannya bagi negara yang baru diberikan bebas visa. Artinya bebas visa efektif,” urainya.

Yang kedua terkait KEK. Hingga dua tahun pemerintahan Jokowi, sudah ada empat KEK pariwisata yang direalisasikan, yaitu Tanjung Lesung, Morotai, Mandalika dan Tanjung Kelayang.

“Ground breaking sudah dilakukan untuk resor pertama di Belitung,” tuturnya. Arief Yahya¬†menjelaskan, pertumbuhan investasi swasta dari 2015 ke 2016, melompat drastis 53 persen. Investasi sekarang mencapai US$ 850 miliar dari US$ 500 miliar, artinya ini terjadi kenaikan 70 persen.

“Proyeksi kami investasi di pariwisata akan naik US$ 1,5 miliar di tahun ini, sekarang sudah US$ 850 miliar. Kalau sampai pertumbuhan 70 persen, harapannya akan terpenuhi,” terangnya. (Gabriel Bobby/berbagai sumber)

 

About author



You might also like

SightSeeing

Putri Pariwisata Indonesia 2016 Apresiasi Kunjungan Turis Tiongkok ke Manado Meningkat

Lois Mery Tangel (Ist) Putri Pariwisata Indonesia 2016 Lois Mery Tangel menyambut positif meningkatnya kunjuingan wisatawan mancanegara asal Tiongkok ke sejumlah destinasi wisata di Indonesia, termasuk ke Manado, Sulawesi Utara

Festival

Indonesia Serius Sambut GMT 2016

Press Conference GMT 2016 (Ist) Fenomena alam yang langka, gerhana matahari total (GMT) 2016 yang terjadi pada 9 Maret mendatang tidak hanya dapat dilihat di daratan, namun juga dari laut

Airlines

Saloka Theme Park Resmi Dibuka, Pariwisata Jawa Tengah Diyakini Semakin Menarik

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Taman rekreasi Saloka Theme Park di Desa Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah yang telah resmi dibuka diyakini akan memperkuat dan membuat sektor pariwisata

World Heritage

Samosir Andalkan Pariwisata

Launching event Grand Launching Kalender Event Pariwisata Samosir 2018 Horas Samosir Fiesta di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata (Ist) Calendar of Event Horas Samosir Fiesta 2018 resmi diluncurkan di Balairung

Culture

Halimah Munawir Promosikan Batik Betawi Pesisir ke Rusia

Desain batik ini dibuat oleh Halimah Munawir, pengurus IWAPI DPD Provinsi DKI Jakarta yang juga adalah seorang penulis dan novelis (Ist) Pohon Buah Silingkit yang tumbuh di daerah pesisir ini,

Hotel

Rally Wisata Promosikan Destinasi Wisata Tanjung Lesung

Wisatawan di Tanjung Lesung (Ist) Ratusan pelaku otomotif dari berbagai daerah Sabtu (25/3/2017) memeriahkan event Rally Wisata ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Banten. Rally