Bebas Visa Efektif Jaring Wisman

2 menteri Jokowi

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) (Ist)

Tahun 2016 menjadi tahun kedua pemerintahan Jokowi-JK. Dua tahun pemerintahan Presiden Jokowi, banyak program di sektor pariwisata yang telah dilakukan pemerintah.

Dan, kebijakan bebas visa dinilai nerhasil sebab efektif menambah wisatawan mancanegara. Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam keterangan di kantor Kepala Staf Kepresidenan, Jakarta, Selasa (25/10/2016).

Arief Yahya optimistis pariwisata bisa menjadi penghasil devisa terbesar dengan kondisi sekarang menghasilkan US$ 12,6 miliar.

Sementara yang terkait kinerja pariwisata, yang menjadi sorotan adalah kebijakan bebas visa dan Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata.

Dengan kebijakan bebas visa untuk wisman dari 169 negara yang sudah berjalan, menurutnya ada kenaikan kunjungan wisman 5 hingga 20 persen.

“Kita 169 negara sekarang yang bebas bisa, pintu masuk 124. Impactnya yang sudah kita laksanakan tumbuhnya 19,88 persen, ini yang lama. Yang baru Maret 2016 secara keseluruhan kita 18,6 persen pertumbuhannya bagi negara yang baru diberikan bebas visa. Artinya bebas visa efektif,” urainya.

Yang kedua terkait KEK. Hingga dua tahun pemerintahan Jokowi, sudah ada empat KEK pariwisata yang direalisasikan, yaitu Tanjung Lesung, Morotai, Mandalika dan Tanjung Kelayang.

“Ground breaking sudah dilakukan untuk resor pertama di Belitung,” tuturnya. Arief Yahya menjelaskan, pertumbuhan investasi swasta dari 2015 ke 2016, melompat drastis 53 persen. Investasi sekarang mencapai US$ 850 miliar dari US$ 500 miliar, artinya ini terjadi kenaikan 70 persen.

“Proyeksi kami investasi di pariwisata akan naik US$ 1,5 miliar di tahun ini, sekarang sudah US$ 850 miliar. Kalau sampai pertumbuhan 70 persen, harapannya akan terpenuhi,” terangnya. (Gabriel Bobby/berbagai sumber)

 

About author



You might also like

Hotel

Menikmati Wisata Bahari di Pulau Pari Kepulauan Seribu

 “My beautiful Indonesia. we were there … Exploring… Enjoying… Embracing … Appreciating… Living life in my homeland”. Ayyen Tjahjadi, seorang wisatawan Nusantara yang merupakan pembaca patainanews.com bersama keluarga memanfaatkan libur Lebaran

Slideshow

Humas Hotel di Jakarta Bukber dengan Anak Yatim

Himpunan Humas Hotel Jakarta (H3 Jakarta) bersama dengan Himpunan Anak Media (HAM) belum lama ini mendatangi Panti Asuhan Yatim Piatu ’Putra Nusa’ bagian putri yang terletak di Jalan Dukuh Pinggir

Slideshow

Saksikan Legenda Dewi Tanjung Lesung

Berita Foto: Wisatawan banyak yang belum mengetahui sejarah Tanjung Lesung di Banten. Ya, saksikan Legenda Dewi Tanjung Lesung di Tanjung Lesung Resorts, Sabtu (29/4/2017). Pastikan Anda memeroleh tiket untuk menonton

Slideshow

Selat Lembeh, Ikon Baru Wisata Bahari Sulawesi Utara

Menteri Pariwisata Arief Yahya (ketiga dari kiri) didampingi Rusdi Kirana (batik coklat) hadir pada launching Festival Pesona Selat Lembeh 2016 di Balairung Soesilo Soedarman Kementerian Pariwisata, Jakarta (Ist) Menteri Pariwisata

SightSeeing

Kepala Daerah Berperan Majukan Pariwisata

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kanan) (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam sejumlah kesempatan memuji keberhasilan sejumlah kepala daerah yang dinilai fokus mengembangkan beragam potensi pariwisata yang ada di daerah. Arief

Slideshow

HPN 2017 akan Berantas Hoax

Logo Hari Pers Nasional (HPN) 2017 di Ambon, Maluku (Ist) Masyarakat Maluku dan insan pers Tanah Air berharap dapat merayakan acara puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2017 bersama Presiden Jokowi