Bebas Visa untuk Turis Asing Untungkan Pariwisata Indonesia

kumham dan kemenpar

Penandatanganan MoU antara Kemenpar dengan Kemenkumham di Ruang Rapat Menteri Pariwisata Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta (19/7/2016) (Ist)

Pemerintah Indonesia diketahui sudah memberikan izin bebas visa untuk turis asing dari 169 negara. Kendati negara rugi, tapi di lain sisi mendapat keuntungan besar dan mendatangkan wisatawan mancanegara lebih banyak.

Hal tersebut ditegaskan Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam acara penandatanganan MoU tentang Pemanfaatan Data Keimigrasian Dalam Rangka Akselerasi Pembangunan Kepariwisataaan dan Perjanjian Kerja sama Tentang Dukungan Data Keimigrasian Dalam Akselerasi Pembangunan Kepariwisataan.

AY, sapaan akrab Menteri Pariwisata menjelaskan, devisa yang diterima negara akan lebih besar ketimbang uang yang harus turis keluarkan untuk membayar visa.

“Pendapatan tourism bukan dari visa tapi dari spending turis yang datang. Ini yang sudah dilakukan negara lain,” katanya di ruang rapat lantai 16, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (19/7/2016).

Memang, dari pembebasan pembayaran visa, negara merugi sebanyak Rp1 triliun. Namun, angka itu tidak ada apa-apanya ketimbang uang yang langsung dihabiskan turis di suatu tempat wisata.

“Spending satu turis itu rata-rata US$ 1.200. Ini adalah devisa yang besar dan cepat,” ujarnya. Dengan memberikan bebas visa, itu berarti sudah memudahkan turis untuk datang ke Indonesia.

Tak perlu bayar visa, langsung datang dan menikmati alam serta budaya negeri ini yang berarti juga, salah satu cara untuk lebih banyak turis yang datang ke Indonesia.

“Pariwisata kita masih kalah dari Malaysia, Singapura dan Thailand baik dari kunjungan turis atau dari penerimaan devisa pariwisata,” tuturnya.

Seperti diketahui, pemerintah sudah merilis 169 negara yang dibebaskan dari kewajiban memiliki visa untuk tujuan kunjungan ke Indonesia.

Hal ini berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 21 Tahun 2016 yang ditandatangani Presiden Jokowi Maret 2016. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Destinations

Potensi Turis Korsel ke Indonesia Besar

Ilustrasi turis asing di Indonesia (Ist) Wisatawan asal Korea Selatan (Korsel) semakin suka berkunjung ke Indonesia. Mereka datang ke negeri ini menikmati beragam destinasi wisata yang tersebar di Nusantara. Kehadiran

Heritage

Jelang Libur Akhir Tahun, Mampir ke Astindo Jakarta Travel Fair 2016

Pembukaan Astindo Jakarta Travel Fair 2016 di JCC (Ist) Menjelang libur akhir tahun, traveler yang tengah mencari promo tiket dan paket liburan tidak perlu khawatir karena bisa mampir ke Astindo

Destinations

Wonderful Indonesia Dipromosikan di World Culture Festival 2016

Logo ‘Wondeful Indonesia’ (Ist) Indonesia kembali akan berpartisipasi dalam World Culture Festival (WCF) 2016 yang akan berlangsung di New Dehli, India pada 11-13 Maret mendatang. Keikutsertaan Indonesia di event festival

World Heritage

Selamat HUT ke-34 PT JAS

Logo JAS (Ist) Manajemen, staf dan redaksi patainanews.com mengucapkan Selamat HUT ke-34 PT Jasa Angkasa Semesta (JAS). Sumoga semakin sukses dalam industri transportasi udara Indonesia dalam upaya mendukung promosi pariwisata

SightSeeing

Gabriella Patricia Mandolang, dari Sulawesi Utara Jadi Putri Pariwisata Indonesia 2018

Menteri Pariwisata Arief Yahya berpose bersama Putri Pariwisata Indonesia 2018 Gabriella Patricia Mandolang Gabriella Patricia Mandolang dinobatkan menjadi Putri Pariwisata Indonesia 2018. Perempuan berparas cantik ini asal Sulawesi Utara ini

Tourism

BIJB Incar Penumpang Jawa Tengah

Virda Dimas Ekaputra (Ist) Manajemen PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) memastikan keberadaan bandar udara yang terletak di Kertajati, Kabupaten Majalengka itu tak hanya untuk penumpang dari wilayah Jabar, namun