Bebas Visa untuk Turis Asing Untungkan Pariwisata Indonesia

kumham dan kemenpar

Penandatanganan MoU antara Kemenpar dengan Kemenkumham di Ruang Rapat Menteri Pariwisata Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta (19/7/2016) (Ist)

Pemerintah Indonesia diketahui sudah memberikan izin bebas visa untuk turis asing dari 169 negara. Kendati negara rugi, tapi di lain sisi mendapat keuntungan besar dan mendatangkan wisatawan mancanegara lebih banyak.

Hal tersebut ditegaskan Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam acara penandatanganan MoU tentang Pemanfaatan Data Keimigrasian Dalam Rangka Akselerasi Pembangunan Kepariwisataaan dan Perjanjian Kerja sama Tentang Dukungan Data Keimigrasian Dalam Akselerasi Pembangunan Kepariwisataan.

AY, sapaan akrab Menteri Pariwisata menjelaskan, devisa yang diterima negara akan lebih besar ketimbang uang yang harus turis keluarkan untuk membayar visa.

“Pendapatan tourism bukan dari visa tapi dari spending turis yang datang. Ini yang sudah dilakukan negara lain,” katanya di ruang rapat lantai 16, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (19/7/2016).

Memang, dari pembebasan pembayaran visa, negara merugi sebanyak Rp1 triliun. Namun, angka itu tidak ada apa-apanya ketimbang uang yang langsung dihabiskan turis di suatu tempat wisata.

“Spending satu turis itu rata-rata US$ 1.200. Ini adalah devisa yang besar dan cepat,” ujarnya. Dengan memberikan bebas visa, itu berarti sudah memudahkan turis untuk datang ke Indonesia.

Tak perlu bayar visa, langsung datang dan menikmati alam serta budaya negeri ini yang berarti juga, salah satu cara untuk lebih banyak turis yang datang ke Indonesia.

“Pariwisata kita masih kalah dari Malaysia, Singapura dan Thailand baik dari kunjungan turis atau dari penerimaan devisa pariwisata,” tuturnya.

Seperti diketahui, pemerintah sudah merilis 169 negara yang dibebaskan dari kewajiban memiliki visa untuk tujuan kunjungan ke Indonesia.

Hal ini berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 21 Tahun 2016 yang ditandatangani Presiden Jokowi Maret 2016. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

World Heritage

Hebat! Pariwisata Indonesia Mendapat Penghargaan 4 PATA Gold Awards 2016

Pariwisata Indonesia berjaya di PATA Gold Awards 2016 (Ist) Lagi, Indonesia mendapat prestasi dunia. Pariwisata Indonesia kali ini pengharggaan 4 PATA Gold Awards 2016. Pemberian penghargaan untuk sejumlah kategori internasional

World Heritage

Morotai Percepat Akses dan Amenitas

Destinasi wisata bahari di Morotai (Iat) Morotai, pulau di ujung Pasifik di Maluku Utara sudah lama ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. Bahkan sejak masa pemerintahan Presiden SBY, namun

Slideshow

Melihat Peruntungan di Tahun 2016

Logo President University (Ist) Komunitas Keluarga Mahasiswa Buddhist (KMB) Ashokavardhana President University mengadakan kegiatan Tahun Baru China yang biasa disebut Cap Gomeh bertajuk ‘Light up the Spirit of Chinese New

Cuisine

Moto GP 2018 di Palembang Targetkan 150 Ribu Wisman

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin (kedua dari kanan) (Ist) Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin memasang target penyelenggaraan Moto GP 2018 Palembang pada Oktober 2018 mendatang bisa mendatangkan 150 ribu wisatawan

Slideshow

15 Hari Menjelang PATA Travel Mart 2016

Segera ikut PATA Travel Mart 2016 di ICE (Ist) Tak terasa 15 hari lagi menjelang penyelenggaraan PATA Travel Mart 2016 di venue Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City, Banten

All About Indonesia

Pelindo III Bantu Penumpang Batal Berangkat

Penumpang KM Selvi Pratiwi (Ist) Dibatalkannya keberangkatan penumpang KM Selvi Pratiwi menuju Masalembo, salah satu pulau di wilayah Madura mendorong PT Pelindo III turut membantu angkutan pelayaran kapal tersebut dengan