Bebas Visa untuk Turis Asing Untungkan Pariwisata Indonesia

kumham dan kemenpar

Penandatanganan MoU antara Kemenpar dengan Kemenkumham di Ruang Rapat Menteri Pariwisata Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta (19/7/2016) (Ist)

Pemerintah Indonesia diketahui sudah memberikan izin bebas visa untuk turis asing dari 169 negara. Kendati negara rugi, tapi di lain sisi mendapat keuntungan besar dan mendatangkan wisatawan mancanegara lebih banyak.

Hal tersebut ditegaskan Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam acara penandatanganan MoU tentang Pemanfaatan Data Keimigrasian Dalam Rangka Akselerasi Pembangunan Kepariwisataaan dan Perjanjian Kerja sama Tentang Dukungan Data Keimigrasian Dalam Akselerasi Pembangunan Kepariwisataan.

AY, sapaan akrab Menteri Pariwisata menjelaskan, devisa yang diterima negara akan lebih besar ketimbang uang yang harus turis keluarkan untuk membayar visa.

“Pendapatan tourism bukan dari visa tapi dari spending turis yang datang. Ini yang sudah dilakukan negara lain,” katanya di ruang rapat lantai 16, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (19/7/2016).

Memang, dari pembebasan pembayaran visa, negara merugi sebanyak Rp1 triliun. Namun, angka itu tidak ada apa-apanya ketimbang uang yang langsung dihabiskan turis di suatu tempat wisata.

“Spending satu turis itu rata-rata US$ 1.200. Ini adalah devisa yang besar dan cepat,” ujarnya. Dengan memberikan bebas visa, itu berarti sudah memudahkan turis untuk datang ke Indonesia.

Tak perlu bayar visa, langsung datang dan menikmati alam serta budaya negeri ini yang berarti juga, salah satu cara untuk lebih banyak turis yang datang ke Indonesia.

“Pariwisata kita masih kalah dari Malaysia, Singapura dan Thailand baik dari kunjungan turis atau dari penerimaan devisa pariwisata,” tuturnya.

Seperti diketahui, pemerintah sudah merilis 169 negara yang dibebaskan dari kewajiban memiliki visa untuk tujuan kunjungan ke Indonesia.

Hal ini berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 21 Tahun 2016 yang ditandatangani Presiden Jokowi Maret 2016. (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

Heritage

2017 WILL ROCK YOU

Mercure (Ist) Mercure Convention Center, Ancol Jakarta akan mengadakan dua pesta perayaan Malam Tahun Baru bagi tamu beserta keluarga untuk memeriahkan penghujung tahun 2016 di Ballroom Krakatau (Gala Dinner &

Airlines

Obama Melihat Aman Kunjungi Indonesia

Barack Obama (Ist) Kedatangan Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama ke Candi Prambanan dan Candi Borobudur memiliki arti yang strategis bagi The World Cultural Masterpiece ini. Sebagai tokoh dunia, Obama

World Heritage

Selamat Hari Batik Nasional

Avy Loftus (ketiga dari kiri) mampu membuat batik disukai di Kanada (Ist) Peringatan Hari Batik Nasional dilakukan setiap tahun sejak 2 Oktober 2009 silam. Manajemen, staf, dan redaksi patainanews com

Travel Operator

Kemenpar Sosialisasikan Program Penting Pencapaian Target 15 Juta Wisman

Deputi  BP3M Kemenpar I Gde Pitana (tengah) dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga (kiri)  Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara (Deputi BP3M) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menyelenggarakan kegiatan

SightSeeing

Pelindo III Serius Majukan Wisata Bahari

Logo PT Pelindo III (Ist) Sebagai upaya mendukung pemerintah merealisasikan target Presiden Jokowi mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara hingga 2019 mendatang, manajemen PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III mengaku sangat serius

Hotel

Membangun Bisnis Budaya Indonesia, Ikut Menggerakkan Ekonomi Negeri

Kebaya pun bisa dipakai ibu hamil (Ist) Pariwisata Indonesia dan budaya khas negeri ini tak bisa dipungkiri selama ini saling melengkapi sebab budaya yang tersebar di Tanah Air menjadi daya