Bebas Visa untuk Turis Asing Untungkan Pariwisata Indonesia

kumham dan kemenpar

Penandatanganan MoU antara Kemenpar dengan Kemenkumham di Ruang Rapat Menteri Pariwisata Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta (19/7/2016) (Ist)

Pemerintah Indonesia diketahui sudah memberikan izin bebas visa untuk turis asing dari 169 negara. Kendati negara rugi, tapi di lain sisi mendapat keuntungan besar dan mendatangkan wisatawan mancanegara lebih banyak.

Hal tersebut ditegaskan Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam acara penandatanganan MoU tentang Pemanfaatan Data Keimigrasian Dalam Rangka Akselerasi Pembangunan Kepariwisataaan dan Perjanjian Kerja sama Tentang Dukungan Data Keimigrasian Dalam Akselerasi Pembangunan Kepariwisataan.

AY, sapaan akrab Menteri Pariwisata menjelaskan, devisa yang diterima negara akan lebih besar ketimbang uang yang harus turis keluarkan untuk membayar visa.

“Pendapatan tourism bukan dari visa tapi dari spending turis yang datang. Ini yang sudah dilakukan negara lain,” katanya di ruang rapat lantai 16, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (19/7/2016).

Memang, dari pembebasan pembayaran visa, negara merugi sebanyak Rp1 triliun. Namun, angka itu tidak ada apa-apanya ketimbang uang yang langsung dihabiskan turis di suatu tempat wisata.

“Spending satu turis itu rata-rata US$ 1.200. Ini adalah devisa yang besar dan cepat,” ujarnya. Dengan memberikan bebas visa, itu berarti sudah memudahkan turis untuk datang ke Indonesia.

Tak perlu bayar visa, langsung datang dan menikmati alam serta budaya negeri ini yang berarti juga, salah satu cara untuk lebih banyak turis yang datang ke Indonesia.

“Pariwisata kita masih kalah dari Malaysia, Singapura dan Thailand baik dari kunjungan turis atau dari penerimaan devisa pariwisata,” tuturnya.

Seperti diketahui, pemerintah sudah merilis 169 negara yang dibebaskan dari kewajiban memiliki visa untuk tujuan kunjungan ke Indonesia.

Hal ini berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 21 Tahun 2016 yang ditandatangani Presiden Jokowi Maret 2016. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Tour Package

Hotel Neo Samadikun Cirebon Lestarikan Kuliner Nusantara

Gifta Oktavia Rappe (Ist) Tradisi kuliner Cirebon selama ini selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, baik bagi wisatawan Nusantara maupun turis asing ketika mereka berkunjung ke Kota Udang ini.

Travel Operator

Abang None Kepulauan Seribu Promosikan Destinasi Wisata Kepulauan Seribu

Press conference Abang None Kepulauan Seribu 2017 (Ist) Pemerintah mendukung Abang None Kepulauan Seribu 2017 untuk ikut serta mempromosikan beragam potensi budaya dan pariwisata yang ada di Kepulauan Seribu Jakarta.

Destinations

Cirebon Masa Depan Jabar

Yoseph Umarhadi (Ist) Cirebon merupakan masa depan Jawa Barat di wilayah pantai utara (pantura) Jawa karena infrastruktur yang ada di kabupaten Cirebon dan kota Cirebon semakin banyak lantaran kemajuan Cirebon

Hotel

Ke Tiongkok, Pemerintah Belajar Kembangkan Danau Toba

Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor (kedua dari kiri) didampingi Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan tanda mata kepada Walikota Hangzhou Zhang Hongming (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya melakukan kunjungan kerja ke

Slideshow

Garuda Indonesia Masuk 10 Besar Airlines Dunia

Maskapai penerbangan nasional, Garuda Indonesia mencetak prestasi membanggakan, ada di posisi 8 Top 20 Best Airlines ff The World 2015 (Ist)

Slideshow

Masih Bingung Mau Liburan Kemana? Catat Jadwal Keraton Kasepuhan Cirebon!

Keraton Kasepuhan Cirebon sepanjang Ramadan tahun ini dan nanti Idul Fitri 1436 H rupanya sudah menyiapkan beberapa kegiatan yang mengandung wisata Islami dan wisata budaya, yakni dengan menggelar beragam acara