Bedah Buku Crazy Marketing Dorong Pelindo III Berpikir Out of The Box

Dirut Pelindo III, Ari Askhara Memberikan Sambutan

Dirut PT Pelindo III Ari Akshara (kemeja putih) (Ist)

Manajemen PT Pelabuhan Indonesia III menyelenggarakan kegiatan bedah buku berjudul D’Gil! Marketing Think Like There Is No Box. Buku yang ditulis Ahmad Bambang tersebut dibahas tuntas oleh penulisnya yang hadir sebagai narasumber.

Adapun seminar yang diselenggarakan Jumat (28/7/2017) di Ruang Bromo Lantai 5 Kantor Pusat dihadiri oleh Direksi Pelindo III, Direksi Anak Perusahaan, Pejabat Struktural setingkat Senior Manager dan Asisten Senior Manager, General Manager dan Para Manager Pelabuhan Tanjung Perak, Tim I-Change dan Tim Project Manager Officers (PMO).

Acara bedah buku ini bertujuan memacu semangat dan kinerja pegawai Pelindo III. Apapun untuk memenangkan kompetisi demi kemajuan perusahaan harus dilakukan dan diupayakan guna mencapai target yang ditentukan. Dirut PT Pelindo III Ari Akshara mengatakan, sebagai BUMN yang bergerak dalam layanan jasa kepelabuhanan, setiap tahunnya target laba yang ditentukan oleh pemegang saham semakin meningkat.

Untuk mencapai hal itu, ide-ide gila (out of the box) dalam marketing harus dipacu. “Untuk itu saya mengundang Bapak Ahmad Bambang untuk membagikan tips kesuksesannya saat memimpin salah satu BUMN oil company terkemuka di Indonesia, Pertamina,” imbuhnya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

Ahmad Bambang yang menjadi salah satu staf ahli di Kementerian BUMN dalam bukunya membahas tentang Teori D’Gil (CRAZY) Marketing dengan contoh kasus di beberapa perusahaan, dan tentu saja di BUMN yang pernah dipimpinnya.

Ia menjelaskan bahwa kunci sukses saat memimpin adalah berfikir & bertindak tidak biasa atau dengan kata lain ‘gila’. “Ini merupakan terobosan baru dan telah terbukti sehingga dapat diterapkan di semua sektor industri,” jelasnya.

Buku yang berisi teori ‘CRAZY’, Combining, Reducing, Adventuring, Zooming, Yoyo-ing. Ahmad Bambang yang pernah dianugerahi sebagai tokoh berprestasi dalam bidang marketing dari Kementerian BUMN ini mengatakan, penggunaan istilah ‘crazy’ atau ‘gila’ memiliki makna dalam duniamarketing.

Sebab dengan cara ‘gila’ orang akan berani membuat sesuatu baru. “Kenapa saya bilang gila, karena orang gila itu kalau salah, nggak pernah berdosa. Kalau ada orang yang gila, orang yang membuat sesuatu yang baru kalaupun salah dia nggak boleh disalahin. Kan terobosan yang dibuat. Kalau begitu (disalahin), nggak ada namanya inovasi,” tuturnya.

Lebih lanjut, Ari Askhara mengatakan bahwa bedah buku ini sangat bermanfaat bagi Pelindo III, khususnya dengan target laba perusahaan. Banyak strategi yang di munculkan di buku ini. Dengan beberapa ide gagasan atau sebuah inovasi untuk mendapatkan target marketing

Jadi pegawai bisa mencontoh gagasan pemikiran atau ide CRAZY yang artinya bahwa pegawai bisa bebas melakukan suatu terobosan baru yang kalaupun salah tidak boleh disalahin karena terobosan itu bebas di lakukan oleh siapapun,” tukasnya.

Saat ini ia pun melihat pegawai di Pelindo 3 Group telah membuat banyak hal baru di luar usaha yang dilakukan, banyak ide terobosan yang dilontarkan seperti membuat unit usaha dredging, air bersih,supply bahan bakar untuk terminal sendiri dan lain sebagainya. 

“Saya yakin, hal ini akan membuat Pelindo III menjadi semakin maju karena kita berpikir sebagai entepreneur, yang berpikir bagaimana dengan berbagai keterbatasan tapi kemajuan dapat diraih dalam segala hal, karena Business as usual is not an option dan pasti nya akan usang karena kita akan sama dengan yang lain dan tidak akan dilihat oleh pelanggan,” pungkasnya. (Gabriel Bobby)

 



About author



You might also like

Culture

Gairah Wisata Bahari Dimulai dari Presiden Jokowi

Wisata bahari di Kepulauan Seribu (Ist) Wisata bahari yang menjadi andalan pemerintah sebagai upaya merealisasikan target Presiden Jokowi mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara berkunjung ke Indonesia hingga 2019 mendatang sepertinya

Travel Operator

Menyambut Visit Wonderful Indonesia 2018

Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam Rakornas pariwisata yang mengangkat tema ‘Visit Wonderful Indonesia 2018’ (Ist) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata IV tahun 2017 dalam rangka memperkuat

World Heritage

TV Perancis Terkesan Morotai

Keindahan Morotai (Ist) Kru TV Perancis terkesan dengan keindahan destinasi wisata di Morotai, Maluku Utara. Keindahan Morotai yang termasuk 10 Bali baru itu ternyata disukai wisatawan asal Eropa, termasuk turis

SightSeeing

Semarak Ramadan di grandkemang Jakarta

Menikmati Ramadan di grandkemang Jakarta (Ist) Menyambut Ramadan, grandkemang Jakarta telah menyiapkan berbagai macam penawaran menarik.  Dari buffet buka puasa dengan menu yang lengkap, paket menginap dengan harga menarik hingga

Culture

Polygon Perkuat Sport Tourism di Indonesia

Polygon serius kembangkan sport tourism di Indonesia (Ist) Tidak bisa dipungkiri, pariwisata menjadi industri yang menggerakkan ekonomi masyarakat Indonesia semakin lebih baik. Salah satu varian pariwisata yang terus dikembangkan untuk

SightSeeing

Lombok Bakal Punya Sirkuit F1

Pantai Kuta di Kawasan Mandalika, Lombok (Ist) Pernah nonton balap F1 di Monaco? Sirkuit yang juga menyuguhkan pemandangan indah seperti laut, bukit-bukit, bangunan heritage, ngebut di dalam kota, dengan desain