Bedah Buku Crazy Marketing Dorong Pelindo III Berpikir Out of The Box

Dirut Pelindo III, Ari Askhara Memberikan Sambutan

Dirut PT Pelindo III Ari Akshara (kemeja putih) (Ist)

Manajemen PT Pelabuhan Indonesia III menyelenggarakan kegiatan bedah buku berjudul D’Gil! Marketing Think Like There Is No Box. Buku yang ditulis Ahmad Bambang tersebut dibahas tuntas oleh penulisnya yang hadir sebagai narasumber.

Adapun seminar yang diselenggarakan Jumat (28/7/2017) di Ruang Bromo Lantai 5 Kantor Pusat dihadiri oleh Direksi Pelindo III, Direksi Anak Perusahaan, Pejabat Struktural setingkat Senior Manager dan Asisten Senior Manager, General Manager dan Para Manager Pelabuhan Tanjung Perak, Tim I-Change dan Tim Project Manager Officers (PMO).

Acara bedah buku ini bertujuan memacu semangat dan kinerja pegawai Pelindo III. Apapun untuk memenangkan kompetisi demi kemajuan perusahaan harus dilakukan dan diupayakan guna mencapai target yang ditentukan. Dirut PT Pelindo III Ari Akshara mengatakan, sebagai BUMN yang bergerak dalam layanan jasa kepelabuhanan, setiap tahunnya target laba yang ditentukan oleh pemegang saham semakin meningkat.

Untuk mencapai hal itu, ide-ide gila (out of the box) dalam marketing harus dipacu. “Untuk itu saya mengundang Bapak Ahmad Bambang untuk membagikan tips kesuksesannya saat memimpin salah satu BUMN oil company terkemuka di Indonesia, Pertamina,” imbuhnya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

Ahmad Bambang yang menjadi salah satu staf ahli di Kementerian BUMN dalam bukunya membahas tentang Teori D’Gil (CRAZY) Marketing dengan contoh kasus di beberapa perusahaan, dan tentu saja di BUMN yang pernah dipimpinnya.

Ia menjelaskan bahwa kunci sukses saat memimpin adalah berfikir & bertindak tidak biasa atau dengan kata lain ‘gila’. “Ini merupakan terobosan baru dan telah terbukti sehingga dapat diterapkan di semua sektor industri,” jelasnya.

Buku yang berisi teori ‘CRAZY’, Combining, Reducing, Adventuring, Zooming, Yoyo-ing. Ahmad Bambang yang pernah dianugerahi sebagai tokoh berprestasi dalam bidang marketing dari Kementerian BUMN ini mengatakan, penggunaan istilah ‘crazy’ atau ‘gila’ memiliki makna dalam duniamarketing.

Sebab dengan cara ‘gila’ orang akan berani membuat sesuatu baru. “Kenapa saya bilang gila, karena orang gila itu kalau salah, nggak pernah berdosa. Kalau ada orang yang gila, orang yang membuat sesuatu yang baru kalaupun salah dia nggak boleh disalahin. Kan terobosan yang dibuat. Kalau begitu (disalahin), nggak ada namanya inovasi,” tuturnya.

Lebih lanjut, Ari Askhara mengatakan bahwa bedah buku ini sangat bermanfaat bagi Pelindo III, khususnya dengan target laba perusahaan. Banyak strategi yang di munculkan di buku ini. Dengan beberapa ide gagasan atau sebuah inovasi untuk mendapatkan target marketing

Jadi pegawai bisa mencontoh gagasan pemikiran atau ide CRAZY yang artinya bahwa pegawai bisa bebas melakukan suatu terobosan baru yang kalaupun salah tidak boleh disalahin karena terobosan itu bebas di lakukan oleh siapapun,” tukasnya.

Saat ini ia pun melihat pegawai di Pelindo 3 Group telah membuat banyak hal baru di luar usaha yang dilakukan, banyak ide terobosan yang dilontarkan seperti membuat unit usaha dredging, air bersih,supply bahan bakar untuk terminal sendiri dan lain sebagainya. 

“Saya yakin, hal ini akan membuat Pelindo III menjadi semakin maju karena kita berpikir sebagai entepreneur, yang berpikir bagaimana dengan berbagai keterbatasan tapi kemajuan dapat diraih dalam segala hal, karena Business as usual is not an option dan pasti nya akan usang karena kita akan sama dengan yang lain dan tidak akan dilihat oleh pelanggan,” pungkasnya. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Tourism

Presiden Jokowi Resmikan Kereta Bandara

Presiden Jokowi mencoba KA Bandara (Ist) Semangat Presiden Jokowi membangun Indonesia semakin terlihat. Pariwisata yang dijadikan core economy bangsa juga semakin terdengar dan terus viral. Semua sektor pun ikut support

Slideshow

Pesona Banyuwangi Memikat Wisatawan

Tari Gandrung Banyuwangi (Ist) Kalibaru merupakan wilayah di Banyuwangi, Jawa Timur. Saat ini pemerintah kabupaten Banyuwangi diketahui tengah gencar mempromosikan beragam potensi wisata yang ada di Bumi Blambangan. Beberapa destinasi

SightSeeing

Menjaga Keseimbangan Ekosistem Wisata Bahari

Terumbu Karang Lebih dari 70 persen bagian bumi tertutup air. Dan, laut maupun samudra memainkan peran penting dalam menjaga iklim di bumi. Lautan menangkap CO2 dari pembakaran bahan bakar fosil

Culture

Budaya Warisan Negeri Bisa Datangkan Wisman

Rahmat Surdjana dan Halimah Munawir mendampingi Dewi Motik Pramono Keberadaan Kampung Budaya dan Ramah Anak di Desa Kuta Megamendung, Kabuputen Bogor tenyata disambut positif lantaran juga berupaya melestarikan budaya warisan

Hotel

Kemenpar Dukung Asian Games 2018 Lewat Kuis Wonderful People

Kuis Wonderful People (Ist) Dalam rangka memeriahkan Asian Games 2018 yang akan berlangsung Agustus mendatang Kementerian Pariwisata ikut memberikan dukungan dengan mengadakan kuis Wonderful People yang hadiahnya mempertemukan tokoh/influencer dengan

Culture

BIJB akan Terasa Jawa Barat

Virda Dimas Ekaputra (Ist) Unsur budaya khas Jawa Barat (Jabar), Sunda seperti Tarian Merak, Batik Mega Mendung dari Cirebon dan senjata tradisional Kujang akan menjadi ornamen di sisi darat Bandara