Beragamnya Wisata Bahari di Kotabaru

samber gelap lg

Indahnya wisata bahari di Kotabaru (Ist)

Jauh dari keramaian dan terlihat kesederahanaan yang menggambarkan desa di ujung barat Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan menjadi kearifan lokal yang patut jadi panutan.

Tanjung Kunyit terpisah dari daratan Kotabaru. Pulau tersendiri ini hanya dapat ditempuh dengan menggunakan klotok/sampan kapal untuk bisa sampai ke desa tanjung kunyit.

Adapun pemerintah kabupaten Kotabaru sudah menjadi member PATA Indonesia Chapter. Tanjung Kunyit adalah salah satu desa di wilayah kecamatan Pulau Laut Barat, Kotabaru dikelilingi teluk dan laut lepas yang sebagian mempunyai terumbu karang yang begitu menarik untuk dijadikan wisata bawah laut seperti snorkling dan diving, melihat gugusan terumbu karang dan ikan ikan hias yang begitu menggoda untuk menangkap ikannya.
Pesona Samber Gelap
Destinasi Kotabaru di Kalimantan Selatan identik dengan wisata bahari. Hal tersebut dibuktikan dengan sejumlah destinasi menarik yang bisa mengundang wisatawan, termasuk turis asing berkunjung menikmati beragam wisata di Bumi Saijaan.

Sebut saja Samber Gelap yang semakin terkenal. Masih ada Siring Laut, Tanjung Kunyit, dan lainnya yang tak kalah menarik. Lokasi pulau Samber Gelap dari Ibukota Kabupaten Kotabaru hanya menempuh dua jam perjalanan menggunakan speedboat, dengan mempertimbangkan waktu keberangkatan pada pagi hari serta pada bulan-bulan tertentu untuk menghindari gelombang.

Adapun bulan yang disarankan, yaitu April, Mei, Oktober, November dan Desember, dimana angin yang bertiup yaitu angin Barat.

Sedangkan bulan yang tidak disarankan, yaitu Januari, Februari dan Maret saat angin yang bertiup angin Utara serta Juni, Juli, Agustus, dan September saat angin yang bertiup angin Tenggara.  

Pantainya memiliki pasir yang sangat lembut dan putih, dengan gelombang  yang tidak terlalu besar sehingga untuk berjemur dan berenang akan menjadi lokasi yang sangat tepat.
Konservasi penyu dapat menjadi alternatif tambahan untuk pengembangan wisata sehingga diharapkan kelestarian penyu tersebut juga dapat terjaga lantaran wisata yang ‘dijual’ adalah populasi penyu dengan aktivitas bertelurnya.
 
Untuk wisata seperti ini diperlukan kajian untuk pengelolaan yang tepat untuk menghindari hal-hal yang dapat merusak ekosistem serta populasi penyu tersebut.
 
Wisata memancing (fishing) juga dapat menjadi alternatif pengembangan wisata sebab di lokasi banyak ditemukan spot-spot ikan, terutama ikan tengiri dengan bobot yang cukup besar sehingga dengan pengelolaan yang baik akan menjadi salah satu pilihan untuk wisata fishing.
 
Sebelum ke Kotabaru, silakan wisatawan mencari tahu informasi lebih detail di https://pariwisatakotabarupulaulaut.blogspot.co.id/. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Tour Package

Lion Group, BRI Bantu Kemenpar Promosi 10 Bali Baru

Menteri Pariwisata Arief Yahya foto bersama dengan tim Lion Group (Ist) Manajemen PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) bersama Lion Group sepakat mendukung upaya pemerintah mempromosikan 10 destinasi wisata prioritas kepada

Culture

RI Menang World Halal Travel Awards 2015, Turis Asing ke Lombok bukan ke Malaysia

LA Hadi Faishal (Ist) Ditetapkannya Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai destinasi halal terbaik dunia telah mengubah peta pasar pariwisata di Asia. Diyakini kini wisatawan mancanegara akan lebih datang ke

Cuisine

Wedang Coklat Ala Chef Chitra

Wedang Coklat ala Chef Chitra (Ist) Wedang selama ini dikenal identik sebagai minuman tradisional khas Indonesia, khususnya dari tanah Jawa. Minuman ini pas diminum saat udara dingin lantaran dianggap bisa

Slideshow

Dipertanyakan Keterlibatan Napi Hansen dalam Upaya Sogok Hakim

Pengacara Muara Karta SH (Ist) Adanya dugaan penipuan dan penggelapan yang dituduhkan JPU Matli Sihombing SH dan Teny SH terhadap terdakwa Ferry VB Simatupang dengan saksi korban narapidana (napi) Hansen,

Tourism

Mengemas Budaya Betawi dalam Puisi

Halimah Munawir Anwar (Ist) Keanekaragaman budaya khas Nusantara menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan ketika berkunjung ke berbagai destinasi wisata yang tersebar di Indonesia. Termasuk Budaya Betawi tentunya yang kini

Destinations

Kereta Wisata Priority Jakarta ke Semarang Bidik Wisatawan Mancanegara

Direktur Utama PT KA Pariwisata Totok Suryono (kedua dari kanan) dalam press conference Manajemen PT Kereta Api (KA) Pariwisata serius mendukung upaya pemerintah mendatangkan wisatawan mancanegara untuk traveling di Indonesia.