Berbagi Ilmu Kuliner Tanpa Meninggalkan Bisnis

swan dapur solo

Swandani Kumarga (Ist)

Sosok satu ini dikenal sebagai entrepreneur yang menggemari dunia kuliner. Ya, Swandani Kumarga dikenal sukses membangun Dapur Solo.

Dan, ia pun kini diketahui tengah sibuk berbagi ilmu kuliner, khususnya untuk generasi muda. Kendati begitu, Nyonya Swan, begitu ia kerap disapa, tak peenah meninggalkan bisnis kuliner yang telah lama dibesarkannya.

Perempan paruh baya ini juga tetap terlihat energik dalam kesehariannya. Ia pun menyatakan siap ketika diminta menjadi mentor bagi anak-anak di Kepulauan Seribu yang tertarik belajar mengenai kuliner khas Indonesia.

Hal itu diungkapkan Nyonya Swan ketika dirinya menghadiri kick off pembuatan layar lebar mengenai Kepulauan Seribu pada Rabu (18/11/2015).

Baginya, berbagi ilmu kuliner kepada sesama, termasuk anak-anak muda merupakan penyaluran energi positif yang ada pada dirinya untuk pengembangan Indonesia ke depan dan pelestarian kuliner khas negeri ini.

Melestarikan Kuliner Khas Indonesia

Sebagai upaya melestarikan kuliner khas Indonesia, maka pemerintah harus melindungi dan mengembangkan wisata kuliner negeri ini yang dimulai dari dalam negeri hingga ke mancanegara sehingga masyarakat Indonesia semakin menyenangi masakan khas negeri ini yang akan membuat orang asing jatuh cinta akan kuliner Indonesia.

Demikian dikatakan Swan Kumarga, pemilik Dapur Solo ketika berbincang dengan patainanews.com dalam perjalanan ke Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu.

Ny Swan menjelaskan bahwa saat ini masakan asing menjamur di Indonesia. Ia menyebut contoh Chinese food, Thai food, dan masakan India kini begitu mudah ditemui di negeri ini.

Menurutnya, kuliner khas Indonesia yang terdiri dari beragam cita rasa kuliner tradisional dari berbagai daerah tidak kalah nikmat dengan masakan dari negeri orang.

“Kita harus bangga dengan kuliner Indonesia. Jika tidak dimulai dari kita sendiri, belum tentu orang asing juga tertarik mencoba kuliner Indonesia,” paparnya. Karenanya, lanjutnya, Dapur Solo hanya menjual kuliner Indonesia. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

SightSeeing

Menikmati Janda Mangandang Kepulauan Seribu

Kue Janda Mangandang Kuliner Indonesia dikenal kaya akan cita rasa Nusantara. Menariknya kuliner negeri ini tak hanya beragam, namun terbilang unik dari sisi nama yang bisa mengundang senyum wisatawan. Sebut

Tourism

INACA Pertanyakan Kriteria Penilaian Media Asing

M Arif Wibowo (kanan) (Ist) Ketua Umum asosiasi perusahaan penerbangan nasional Indonesia atau Indonesia National Air Carrier Association (INACA) M Arif Wibowo akhirnya angkat suara mengenai penilaian media massa asing

SightSeeing

Libur Lebaran Jalan-Jalan ke Destinasi Wisata di Sumsel Aman

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga (kanan) berpose bersama dengan Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Pemerintah provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menjamin keamanan wisatawan yang berkunjung ke beragam destinasi

Nature

ASIAN GAMES 2018, Palembang akan Kebanjiran Turis Asia

Logo ASIAN GAMES 2018 (Ist) Event olahraga prestisius di Benua Asia, ASIAN GAMES 2018 yang akan digelar di Indonesia dipastikan diselenggarakan di Jakarta dan Palembang, Sumatera Selatan yang akan memberikan

World Heritage

Batik Lindy Ann Launching Website

  Yoseph Umarhadi, suami Lindy Ann Umarhadi (kanan) mengenakan Batik Lindy Ann dalam launching website Batik Lindy Ann (Ist) Teknologi harus diakui pada masa kini semakin berkembang. Dan, Lindy Ann

SightSeeing

Rusmiati Siap Pimpin ASITA

DR Nunung Rusmiati, M.Si (Ist) DR Nunung Rusmiati, M.Si memastikan maju menjadi calon Ketua Umum DPP ASITA periode 2019-2024. Pilih DR Nunung Rusmiati, M.Si untuk ASITA 1 (Ist) Perempuan yang