Berbagi Ilmu Kuliner Tanpa Meninggalkan Bisnis

swan dapur solo

Swandani Kumarga (Ist)

Sosok satu ini dikenal sebagai entrepreneur yang menggemari dunia kuliner. Ya, Swandani Kumarga dikenal sukses membangun Dapur Solo.

Dan, ia pun kini diketahui tengah sibuk berbagi ilmu kuliner, khususnya untuk generasi muda. Kendati begitu, Nyonya Swan, begitu ia kerap disapa, tak peenah meninggalkan bisnis kuliner yang telah lama dibesarkannya.

Perempan paruh baya ini juga tetap terlihat energik dalam kesehariannya. Ia pun menyatakan siap ketika diminta menjadi mentor bagi anak-anak di Kepulauan Seribu yang tertarik belajar mengenai kuliner khas Indonesia.

Hal itu diungkapkan Nyonya Swan ketika dirinya menghadiri kick off pembuatan layar lebar mengenai Kepulauan Seribu pada Rabu (18/11/2015).

Baginya, berbagi ilmu kuliner kepada sesama, termasuk anak-anak muda merupakan penyaluran energi positif yang ada pada dirinya untuk pengembangan Indonesia ke depan dan pelestarian kuliner khas negeri ini.

Melestarikan Kuliner Khas Indonesia

Sebagai upaya melestarikan kuliner khas Indonesia, maka pemerintah harus melindungi dan mengembangkan wisata kuliner negeri ini yang dimulai dari dalam negeri hingga ke mancanegara sehingga masyarakat Indonesia semakin menyenangi masakan khas negeri ini yang akan membuat orang asing jatuh cinta akan kuliner Indonesia.

Demikian dikatakan Swan Kumarga, pemilik Dapur Solo ketika berbincang dengan patainanews.com dalam perjalanan ke Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu.

Ny Swan menjelaskan bahwa saat ini masakan asing menjamur di Indonesia. Ia menyebut contoh Chinese food, Thai food, dan masakan India kini begitu mudah ditemui di negeri ini.

Menurutnya, kuliner khas Indonesia yang terdiri dari beragam cita rasa kuliner tradisional dari berbagai daerah tidak kalah nikmat dengan masakan dari negeri orang.

“Kita harus bangga dengan kuliner Indonesia. Jika tidak dimulai dari kita sendiri, belum tentu orang asing juga tertarik mencoba kuliner Indonesia,” paparnya. Karenanya, lanjutnya, Dapur Solo hanya menjual kuliner Indonesia. (Gabriel Bobby)

 



About author



You might also like

Slideshow

Peran Perempuan Indonesia Memajukan Pariwisata Nusantara

Sri Sudarwati, Founder #Indonesiabagus (Ist) April selama ini di Indonesia identik dengan bulan Kartini karena di Tanah Air setiap 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. Menariknya perempuan Indonesia diketahui juga

Cuisine

2017 Banyak Hari Libur Dorong Wisatawan Traveling

Wisatawan tengah menikmati destinasi wisata di Indonesia (Ist) Pameran pariwisata Astindo Fair 2017 akan diselenggarakan pada 24 hingga 26 Maret mendatang secara serentak di Jakarta dan Surabaya, Jawa Timur. Astindo

Hotel

Rhino Cross Triathlon 2018 Resmi Diluncurkan

Peluncuran Rhino Cross Triathlon 2018 di Tanjung Lesung (Ist) Ajang kejuaraan terbuka cross triathlon pertama di Indonesia yang terdiri dari lomba berenang, balap sepeda dan lari melintasi keindahan dan tantangan

Airlines

2019, Pemerintah Optimistis 20 Juta Wisatawan Mancanegara Tercapai

Indonesia berjaya dalam World Halal Travel Awards 2015 diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan asing (Ist) Pemerintah mengaku tetap optimistis bisa merealisasikan target Presiden Jokowi mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman)

Tourism

Pendekatan Indonesia Sentris dalam Mengembangkan Pariwisata Nasional

Presiden Jokowi (kemeja putih) (Ist) Pemerintah di era Presiden Jokowi membangun Indonesia secara keseluruhan sehingga kawasan timur Indonesia (KTI) pun diberikan perhatian khusus, termasuk membangun infrastruktur untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat

Investments

Kadin Apresiasi FPMDI

Forum Pimpinan Media Digital Indonesia (Ist) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyatakan akan menyiapkan sinergitas dengan Forum Pimpinan Media Digital Indonesia (FPMDI) menyusul hasil musyawarah dan mufakat Forum yang