Bersama Meningkatkan Industri Pariwisata Menuju 20 Juta Kunjungan Wisman di 2019

WhatsApp Image 2017-08-26 at 18.40.23

Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) bersama Presiden Jokowi (Ist)

Menteri Pariwisata Arief Yahya yang diwakili oleh Sekretaris Kementerian Ukus Kuswara membuka sekaligus memberi sambutan pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) di Hotel Lemeridien Jakarta, Senin (27/11/2017).

Rakernas yang mengangkat tema ‘Bersama Meningkatkan Kerja sama Industri Pariwisata Untuk Menuju Pencapaian 20 Juta Wisman di Tahun 2019’ membahas sejumlah materi yang terkait langsung dengan bagaimana mengembangkan industri pariwisata serta mensinergikan seluruh stakeholder pariwisata dalam rangka mendukung target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) .

Menpar Arief Yahya mengatakan, pariwisata ditetapkan menjadi core business Indonesia karena memiliki banyak keunggulan kompetitif dan komperatif diantaranya pariwisata merupakan penghasil devisa terbesar. Kontribusi pariwisata terhadap perekonomian (PDB) nasional semula sebesar 9,5% pada 2014 silam akan meningkat menjadi 15% pada 2019 mendatang, begitu pula lapangan kerja yang tercipta semula 11 juta orang menjad 13 juta orang.

Industri pariwisata mempunyai keunggulan komperatif karena menjadi terbaik di kawasan regional bahkan melampaui ASEAN. Pesaing utama pariwisata Indonesia adalah Thailand, sedangkan negara ASEAN lainnya mudah dikalahkan.

Keunggulan komperatif lainnya adalah country branding Wonderful Indonesia yang semula tidak masuk ranking branding dunia, sekarang berada di ranking 47 sehingga mencerminkan positioning dan differentiating Indonesia di tingkat dunia.

Selain itu pariwisata Indonesia mudah menjadi destinasi utama dunia sekaligus tourism hub. “Untuk menjadi trade dan investment hub akan terlalu sulit bagi Indonesia untuk mengalahkan negara lain, seperti Singapura. Sebaliknya, kita akan mudah menjadi tourism hub yang pada prinsipnya menciptakan people-to-people relationship dan diyakini trade dan investment akan ikut tumbuh dengan pesat,” kata Menpar Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima patainanew.com seraya menjelaskan, setelah ditetapkan sebagai core business negara, maka alokasi sumber daya terutama anggaran harus diprioritaskan.

Indonesia Incorporated

Menpar Arief Yahya mengatakan, Indonesia akan dapat memenangkan persaingan di tingkat regional dan global jika seluruh stakeholder yang ada bersatu padu untuk fokus mendukung core business yang telah ditetapkan ‘Maju Serentak Tentu Kita Menang’.

Indonesia Incorporated, menurut Menpar Arief Yahya, merupakan strategi untuk membangun pariwisata sesuai dengan target nasional yang memerlukan peran dan dukungan dari semua elemen yang tergabung dalam sinergisitas pentahelix, yang terdiri dari akademisi, pelaku bisnis, komunitas, pemerintah, dan media massa.

Sementara itu GIPI sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan menjadi payung bagi seluruh organisasi pariwisata di Indonesia dan menjadi mitra kerja pemerintah, “GIPI berperan sebagai ujung tombak dalam mendukung pencapaian target pemerintah sebagaimana perannnya industry adalah leading, sedangkan goverment sebagai supporting,” kata Arief Yahya.

Sementara Ketua Umum GIPI Didien Junaedy mengatakan, Rakernas GIPI tahun 2017 menjadi momentum untuk mempertajam program kerja GIPI sebagai strategi untuk meningkatkan kegiatan penjualan produk wisata secara maksimal karena dua tahun terakhir ini kegiatan branding dan advertising yang dilancarkan Kemenpar secara global dan massif telah berhasil membangun citra dan persepsi global terhadap destinasi Indonesia.

“Tahun ini sebagai momentum untuk menyusun program kerja serta meningkatkan kerjasama yang lebih maksimal sebagai upaya mencapai target pariwisata nasional,” kata DidienJunaedy. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Travel Operator

Wisata Halal Genjot Kunjungan Wisman ke Lombok

Wisatawan asing menyatu dengan masyarakat setempat di Gili Trawangan, Lombok (Ist) Sejak Lombok di Nusa Tenggara Barat pada tahun lalu mencetak prestasi dunia yang membanggakan Indonesia di Abu Dhabi, Uni

Slideshow

Loteng Kembangkan AgroWisata

Pelaku bisnis pariwisata di kawasan Lombok Tengah (Loteng) memulai mengembangkan potensi wisata yang bisa menjadi daya tarik wisatawan berkunjung ke destinasi yang terletak di Nusa Tenggara Barat ini, yakni agrowisata.

Tourism

Tiga Negara Potensial PATA Travel Mart 2016 di ICE

President/CEO PAT Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (kiri) berpose bersama dengan Head of Sales and Marketing ICE Siti Karmila (tengah) dan President Director Deutshe Messe Venue Operations Aage Hansen (Ist) Tiga negara

SightSeeing

BRI Dukung Lomba Foto 10 Bali Baru

Berita Foto: PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) ikut mendukung lomba foto dan cerita Wastra Nusantara di 10 Bali baru (Ist)

Travel Operator

Garuda Indonesia Dukung Pengembangan Pariwisata Danau Toba

Garuda Indonesia (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya lagi-lagi menekankan 3A untuk membangun destinasi Dato alias Danau Toba. Tiga unsur yang tidak bisa ditunda-tunda dalam pengembangan destinasi itu adalah Atraksi, Akses

Cuisine

2017, Pariwisata Indonesia Incar Turis Tiongkok

Wisman asal Tiongkok di Indonesia (Ist) Wisatawan mancanegara (wisman) dari Tiongkok dan negara-negara sekitar China (Greater China), yakni Taiwan, dan Hongkong tetap menjadi target utama wisatawan mancanegara pada 2017 mendatang.