Bersatu Membangun Danau Toba

jokowi rame2 nih
Presiden Jokowi didampingi Menteri Pariwisata Arief Yahya tengah memberikan keterangan kepada wartawan bahwa 7 Bupati sepakat membangun Danau Toba (Ist)
Sebagai salah satu kawasan destinasi wisata prioritas, pengembangan wilayah Danau Toba perlu dilakukan percepatan. Karenanya Presiden Jokowi melakukan kunjungan ke Danau Toba pada Selasa, 1 Maret 2016.
“Menindaklanjuti kunjungan ke lapangan dan rapat di Istana sebulan lalu, hari ini saya finalkan. Setelah ini tidak ada rapat lagi dengan saya, tinggal pelaksanaan,” kata Presiden saat memimpin rapat terbatas (ratas) mengenai pengembangan kawasan wisata Danau Toba di Hotel Niagara Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.
Usai ratas, Jokowi mengatakan kepada wartawan bahwa dalam ratas tadi, Plt Gubernur Sumatera Utara dan tujuh bupati di Kawasan Danau Toba, semuanya sepakat membangun bersama.
“Rapatnya diberi judul bersatu untuk Danau Toba. Ini menyangkut tujuh kabupaten. Kalau tidak bersatu, tidak ada sepakat, ya, pemerintah pusat akan kesulitan,” ujar Presiden.
Rapat tersebut menghasilkan beberapa kesepakatan antara pemerintah pusat dengan pemerintah Provinsi Sumatera Utara, dan tujuh bupati yang isinya antara lain adalah pembentukan Badan Otoritas Kawasan Danau Toba.
“Artinya yang berkaitan dengan izin-izin dalam lingkup kawasan wisata yang sudah ditentukan sebesar 500 hektar akan jadi kewenangan badan otorita, lainnya menjadi kewenangan pemerintah daerah,” ucap Presiden.
Hal lain yang disepakati dalam rapat tersebut adalah Pengembangan Bandara Silangit yang akan dimulai pada April mendatang dan selesai pada September 2016.
Pengembangan bandara meliputi perluasan landasan pacu dari 2400 x 30 meter menjadi 2650 x 45 meter dan perluasan pembangunan terminal penumpang.
Sarana akomodasi juga tak luput menjadi perhatian Presiden, pemerintah akan membangun hotel di kawasan Danau Toba dengan fasilitas yang lebih baik.
“Dengan positioning lebih baik, promosi lebih baik, kita percaya Danau Toba akan jadi lokasi wisata yang lebih baik lagi,” kata Jokowi dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Rabu (2/3/2016).
Danau Toba merupakan salah satu dari 10 destinasi wisata prioritas tahun 2016 selain Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, Bromo-Tengger-Semeru, Kepulauan Seribu, Wakatobi, Tanjung Lesung, Morotai, dan Tanjung Kelayang.
Turut hadir dalam rapat tersebut adalah Menteri Koordinator Politik Hukum dan Ham Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Plt Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi, Bupati Dairi KRA Johnny Sitohang Adinegoro, Bupati Simalungun Binsar Situmorang, Bupati Samosir Rapidin Simbolon, Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Bamjarnahor, Bupati Toba Samosir Darwin Siagian, Bupati Karo Terkelin Brahmana, dan Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Destinations

Perlu Upaya Bersama Pertahankan Pertumbuhan Tinggi Pariwisata ASEAN dengan MRA TP

Jumpa Pers MRA TP (Ist) Perlu upaya bersama untuk mempertahankan pertumbuhan pariwisata ASEAN yang meningkat, antara lain melalui peningkatan layanan pariwisata berkualitas oleh tenaga profesional sebagaimana diharapkan dalam implementasi MRA TP

Slideshow

Menatap Bisnis 2016 di Forum Bisnis Jawa Tengah

Tanjung Lesung (Ist) Para pelaku dunia usaha nasional berkumpul di Semarang, Jawa Tengah untuk membahas peluang dan tantangan sektor industri di 2016 dalam seminar Forum Bisnis Jawa Tengah (FBJT) pada

Hotel

Kemilau Indonesia Photo Contest 2017 Menggali Keunikan Baru di 10 Bali Baru

Press conference KICP 2017 (Ist) Kemilau Indonesia Photo Contest (KICP) 2017 diharapkan mampu menggali keunikan dan potensi-potensi wisata baru di 10 destinasi yang ditetapkan sebagai Bali Baru di Indonesia. Ketua

Travel Operator

Stasiun Tugu Yogyakarta Punya Ruang Tunggu Eksekutif

Berita Foto: Anggrek Executive Lounge ada di Stasiun Tugu Yogyakarta yang menyediakan fasilitas ruang tunggu bagi penumpang keberangkatan dan kedatangan Kereta Api, baik eksekutif, bisnis dan ekonomi.    Adapun penumpang

Destinations

Memotret Indonesia lewat Museum

JJI di Museum Wayang (Ist) Mentari pagi menyambut kedatangan komunitas Jalan Jalan Indonesia (JJI) di kawasan Kota Tua Jakarta. Bangunan Museum Fatahillah tampak kokoh di tengah begitu ramainya wisatawan Nusantara

Tour Package

Pekerja Indonesia di Luar Negeri Bisa Promosikan Pariwisata RI

Ilustrasi pekerja Indonesia di luar negeri (Ist) Warga negara Indonesia (WNI) yang memilih bekerja di luar negeri ternyata bisa turut serta membantu mempromosikan pariwisata negeri ini yang beragam sehingga WNI