BIJB akan Terasa Jawa Barat

Processed with VSCOcam with hb2 preset

Virda Dimas Ekaputra (Ist)

Unsur budaya khas Jawa Barat (Jabar), Sunda seperti Tarian Merak, Batik Mega Mendung dari Cirebon dan senjata tradisional Kujang akan menjadi ornamen di sisi darat Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka.

“Ketika BIJB akan melakukan pembangunan, mendapatkan detail tekniknya dari Dishub Jabar. Pada desain itu, konsultan pelaksananya sudah mengakomodasi kebudayaan Jawa Barat atau Sunda,” kata President Director PT BIJB Virda Dimas Ekaputra kepada pers di Bandung, Senin (11/1/2016).

Ia mengatakan, unsur budaya Sunda seperti Tari Merak akan diaplikasikan pada atap bangunan terminal utama Bandara Kertajati.

“Bangunan ini cukup tinggi biayanya, lekukan, atap menggambarkan lekukan Merak. Simbolisasi Tarian Merak yakni tarian untuk menyambut kedatangan tamu. Jadi bandara ini dianggap referensi bagaimana Jawa Barat menerima tamu seperti Tarian Merak,” ucapnya.

Unsur budaya Sunda lain yang diaplikasikan pada bandara ini adalah Batik Mendung khas Cirebon di ruang check in bandara dan menara ATC yang dibangun menyerupai senjata tradisional, Kujang.

“Tinggi menara ATC-nya sekitar 60 meter, ini salah satu bentuk identitas Jabar, bentuknya Jawa Barat sekali,” kata dia. Menurutnya, ornamen budaya Sunda lainnya diaplikasikan pada interiornya berupa Payung Geulis Tasikmalaya dan karpet di ruang tunggu bandara yang bermotif bulu Merak.

Adapun pembangunan sisi darat tahap pertama Bandara Kertajati sudah dimulai akhir 2015 dan untuk tahap dua akan memperbesar kapasitas terminal dan perpanjangan runway hingga 3,500 meter.

“Pembangunan fasilitas sisi darat BIJB telah dimulai. Ketiga tim kontraktor telah memulai pekerjaan sesuai dengan paket yang ditentukan,” ungkapnya. (Gabriel Bobby/berbagai sumber)

About author



You might also like

Festival

Cerita Seru Generasi Milenial Piknik ke Yogyakarta

Ignatius Anton Prasetyo (Ist) Negeri ini dikenal kaya akan potensi wisata yang beragam. Alam yang indah, budaya khas Nusantara, dan kearifan lokal yang tersebar mulai dari ujung timur Indonesia hingga

Tour Package

Momentum 10 November di Kampung Lawas Maspati

Turis asing di Kampung Lawas Maspati (Ist) Kampung Lawas Maspati yang terletak di Surabaya, Jawa Timur tak berhenti menjaga kearifan lokal dan budaya sehingga kampung wisata di Kota Pahalawan ini

Slideshow

Menuju Indonesia Emas 2045

Ary Ginanjar Agustian (tengah) Negeri ini diketahui tengah menuju Indonesia Emas 2045. Karenanya negeri ini harus memiliki karakter yang kuat. “Masyarakat Indonesia bisa sejahtera,” ucap Founder ESQ Leadership Center Ary Ginanjar

Festival

Kedubes Asing Pameran Seni dan Budaya Menarik Minat Kunjungan Wisatawan

Hasil karya kaligrafi Mongolia yang penuh seni memikat pengunjung Memperingati 60 tahun kerja sama hubungan bilateral pemerintah Mongolia dengan Indonesia, Kedutaan Besar Mongolia menggelar acara pameran seni kaligrafi. Gubernur DKI

Tourism

Mercure Jakarta Sabang Dukung Earth Hour 2018

Earth Hour 2018 di Hotel Mercure Jakarta Sabang (Ist) Dalam rangka menyambut Earth Hour 2018 Hotel Mercure Jakarta Sabang mengadakan beberapa rangkaian kegiatan untuk ikut mengkampanyekan gaya hidup ramah lingkungan.

Festival

Kepulauan Selayar Diarahkan Jadi Kota Marina Dunia

Rapat Koordinasi Percepatan Pengusulan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Kabupaten Selayar (Ist) Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel) diarahkan untuk menjadi Kota Marina Dunia yang didukung dengan usulan pengembangan Kawasan