BIJB Dorong Pertumbuhan Ekonomi Jawa Barat

madrim

Madrim Kusumah Andhini (Ist)

Keberadaan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) yang direncanakan beroperasi mulai 2017 mendatang dinilai akan memberikan dampak positif terhadap warga Jabar lantaran wisatawan asing berkunjung ke wilayah Jawa Barat sehingga perekonomian masyarakat akan bertumbuh.

Demikian disampaikan Madrim Kusumah Andhini, CEO Kopi Luwak Ratu ketika dihubungi patainanews.com belum lama ini. Menurutnya, masyarakat Jabar perlu menyiapkan diri untuk peningkatan ekonomi selepas BIJB mulai beroperasi pada 2017 mendatang.

“Wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara akan banyak yang datang melalui BIJB,” ucap perempuan berparas cantik ini. Madrim yang juga tim konsultan PT TMJ ini menuturkan bahwa warga Jawa Barat juga harus menyiapkan diri untuk menerima kehadiran budaya baru sambil menjaga kearifan lokal tidak tergerus.

Madrim yang juga Brand Ambassador of Wallonia-Belgia ini menjelaskan, perlu adanya edukasi dan sosialisasi untuk mengantisipasi sejumlah hal negatif yang tidak selaras dengan budaya lokal sehingga tidak mengganggu kelestarian potensi wisata dan budaya Jabar yang ada.

2017, Operasional BIJB Dimulai

Peletakan batu pertama BIJB Kertajati di Kabupaten Majalengka ditargetkan bisa dilakukan pada November mendatang setelah pembebasan lahan mencapai 873 Ha yang dianggap telah mencukupi untuk pembangunan bandar udara tahap I.

BIJB Kertajati membutuhkan lahan sekitar 1.800 Ha. Adapun tahapan pencapaiannya, yaitu peletakan batu pertama dan penyelesaian kontruksi utama dan fasilitas pendukung selama 2015 hingga 2016 mendatang.

Kemudian peresmian dan digunakan secara optimal direncanakan mulai akhir 2017 mendatang. Dilanjutkan pada 2019 direncanakan mulai kembali pembangunan tahap II.

President Director PT BIJB Virda Dimas Ekaputra menjelaskan bahwa kontraktor sisi udara sudah bekerja saat ini. Ia menuturkan pembangunan sisi darat akan dimulai pada November 2015, sedangkan untuk runway yang sudah terbangun sepanjang 2.500 meter dari total target runway sepanjang 3.500 meter.

“Antisipasi terjadinya crowded lingkungan sekitar bandara juga telah diperhitungkan, maka dari itu kami buat rencana pengembangan Aerotropolis,” urainya saat menjadi narasumber di acara peresmian Forum Bisnis Cirebon (FBC), Rabu (30/9/2015) yang digelar Pacific Asia Travel Association (PATA) Indonesia Chapter.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Forum Bisnis Cirebon (FCB) Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat mengungkapkan, hadirnya BIJB Kertajati di Majalengka akan berdampak besar bagi pertumbuhan ekonomi wilayah Cirebon karena akan menarik banyak investor.

“Jika BIJB Kertajati mulai beroperasi maka bakal terjadi pemerataan pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat ke wilayah Timur,” ujarnya. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

SightSeeing

Bebas Visa Efektif Jaring Wisman

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) (Ist) Tahun 2016 menjadi tahun kedua pemerintahan Jokowi-JK. Dua tahun pemerintahan Presiden Jokowi, banyak program di sektor pariwisata yang telah dilakukan pemerintah. Dan, kebijakan bebas

Travel Operator

Wisata Halal Kebanggaan Indonesia

Penerima World Halal Tourism Awards 2016 (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama CEO International Travel Week Abu Dhabi Andy Buchanan menyerahkan piagam penghargaan World Halal Tourism Awards (WHTA) 2016 kepada Gubernur

Slideshow

Nikmati Promo Genting Dream Cruise

Fasilitas yang ada di Genting Dream Cruise memanjakan wisatawan Ketika traveling dengan kapal pesiar kini semakin mudah dinikmati wisatawan lantaran Dream Cruise memberikan kesempatan menarik bagi wisatawan untuk traveling di

Tourism

Wisata Halal di Lombok Incar Wisnus

Turis asing di Lombok (Ist) Sejak Lombok di Nusa Tenggara Barat pada tahun lalu mencetak prestasi dunia yang membanggakan Indonesia di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, yakni menyumbang dua gelar

Festival

Menteri Pariwisata Pantau Bandara Banyuwangi

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kanan) Menjelang pertemuan International Monetary Fund (IMF) World Bank di Bali Oktober mendatang, Menteri Pariwisata Arief Yahya melihat langsung progres pengembangan Bandara Banyuwangi, Minggu (10/06/2018). Bandara

Slideshow

Dukung Lombok Menang World’s Best Halal Honeymoon Destination

Pesona Gili Trawangan Lombok (Ist) Keindahan Lombok selama ini tak kalah dengan daerah lainnya, termasuk Pulau Dewata. Kini, Lombok yang semakin diminati wisatawan asing rupanya menjadi destinasi yang menarik untuk