BIJB Incar Penumpang Jawa Tengah

Processed with VSCOcam with hb2 preset

Virda Dimas Ekaputra (Ist)

Manajemen PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) memastikan keberadaan bandar udara yang terletak di Kertajati, Kabupaten Majalengka itu tak hanya untuk penumpang dari wilayah Jabar, namun juga bisa dimanfaatkan penumpang dari Jawa Tengah.

“BIJB yang ada di Kertajati, Kabupaten Majalengka tentunya nanti bisa dinikmati warga di Jawa Barat tapi juga bisa dimanfaatkan masyarakat yang adi Jawa Tengah, khususnya yang ada di wilayah barat Jateng. Jadi, mereka tak perlu lagi jauh pergi ke Semarang sebab lebih dekat ke Kertajati, Majalengka,” tutur President Director PT BIJB Virda Dimas Ekaputra kepada wartawan di sela-sela Forum Bisnis Cirebon (FBC) di Hotel Aston Cirebon, Rabu (30/9/2015).

Adapun pembangunan BIJB di Kertajati, Kabupaten Majalengka membutuhkan lahan seluas 1.800 hektare. Proyek tersebut kini mengalami kendala dalam hal pembebasan lahan.

Virda mengatakan baru membebaskan lahan seluas 873 hektare. Namun, pembangunan BIJB masih membutuhkan 927 hektare lahan. Banyak alasan yang mempersulit pembebasan lahan.

Satu diantaranya, kata Virda, terkait pada dana. Tahun lalu, pemerintah provinsi Jabar melalui Dinas Perhubungan menyediakan dana sekitar Rp300 miliar.

Tapi Virda mengatakan tidak semua dana itu terserap. “Yang terserap hanya sekitar Rp140 miliar. Kadang juga dananya terlalu mepet turunnya sehingga pembebasan lahan juga terkendala,” ucapnya saat menghadiri peresmian FBC.

Virda menjelaskan, dua pihak bertanggung jawab dalam proyek tersebut. Dinas Perhubungan bertanggung jawab pada pembangunan sisi udara. Sementara BIJB bertanggung jawab pada sisi darat.

Virda memastikan BIJB beroperasi pada akhir 2017 mendatang. “Jadi, penanggung jawab pembangunan runway atau landasan pacu merupakan tanggung jawab dari Dinas Perhubungan,” jelasnya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Slideshow

4 Desember, FPMDI Siap Gelar Syukuran

Forum Pimpinan Media Digital Indonesia (FPMDI) (Ist) Setelah resmi dideklarasikan dan mendapat apresiasi dari berbagai pihak, Forum Pimpinan Media Digital Indonesia (FPMDI) merencanakan mengadakan tumpengan sebagai bentuk ucapan syukur keberadaan

Indonesiaku

Mengintip Strategi Industri Sepeda di Pasar Global

Polygon (Ist) Era perdagangan bebas saat ini menuntut setiap industri untuk lebih meningkatkan keunggulan kompetitifnya dan lebih kreatif  di pasar global.  Hal ini pula yang dilakukan industri sepeda Polygon, sebagai

Destinations

Oktober 2018, Palembang Resmi Tuan Rumah Moto GP di Indonesia

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin (kedua dari kanan) (Ist) Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin memastikan Palembang pada Oktober 2018 mendatang menjadi tuan rumah penyelenggaraan Moto GP 2018. Hal tersebut diungkapkan

Travel Operator

Wisatawan Korsel Happy Ada Direct Flight ke Lombok untuk Honeymoon

LA Hadi Faishal (kanan) berpose bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Pelaku bisnis pariwisata Indonesia yang ada di Lombok, Nusa Tenggara Barat menyambut gembira tren kunjungan paket honeymoon asal Korea

SightSeeing

Budaya Berkembang Diiringi Majunya Pendidikan

Ilustrasi Turis Asing Belajar Membatik (Ist) Tanpa melupakan kemajuan zaman, Yogyakarta masih terus mempertahankan budaya, khususnya budaya Jawa sehingga tetap menjadi destinasi favorit untuk dikunjungi turis, termasuk wisatawan mancanegara (wisman)

Heritage

Semarang Genjot Kunjungan Wisatawan

Kawasan Kota Lama Semarang (Ist) Pemerintah Kota Semarang, Jawa Tengah akan menggelar Pesona Semarang Great Sale dan Semarang Night Carnival 2016 mulai 16 April hingga 15 Mei mendatang. Menurut Ketua