BIJB Siap untuk Pesawat Wide Body

2006-08_A380_first_flight_with_EA_engines_

Airbus A380 termasuk jenis wide body aircraft (Ist)

Manajemen PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) menyatakan siap melayani pesawat jenis wide body guna melayani penerbangan rute internasional.

“Bandara ini jika telah beroprasi bisa menampung penumpang hingga 8 juta penumpang dengan tidak hanya melayani narrow body aircraft,” kata President Director PT BIJB Virda Dimas Ekaputra kepada wartawan di Cirebon belum lama ini.

Virda menuturkan bahwa pihaknya memasang target BIJB mampu menjadi bandara untuk keberangkatan ibadah haji dan umrah.

Wide Body Aircraft

Di era sekarang, menggunakan pesawat terbang sebagai moda transportasi bukan lagi menjadi barang mewah. Faktor kenyamanan, kecepatan serta praktis membuat banyak travelers memilih menggunakan si burung besi ini untuk traveling.

Apalagi dalam beberapa tahun terakhir terjadi perang tarif murah antarmaskapai penerbangan sehingga travelers bisa mengatur perjalanan dengan harga miring.

Tapi, mungkin banyak diantara travelers yang belum tahu apa saja jenis-jenis pesawat terbang komersial. Adapun jenis pesawat komersial jika dilihat dari ukurannya terbagi menjadi tiga, yakni wide body craft, narrow body craft dan pesawat perintis.

Wide body aircraft adalah pesawat dengan lebar lebih dari 20 kaki, mempunyai dua aisles atau biasa juga dikenal dengan twin aisles, dengan tujuh kursi atau lebih sejajar.

Diameter pesawat ini biasanya mencapai lima atau enam meter. Dalam kabin ekonomi, dapat mengakodasi tempat duduk dengan konfigurasi 3-4-3 atau 4-4-2, dengan total kapasitas mencapai 200 hingga 850 penumpang.

Jenis ini memiliki pesawat terlebar mencapai enam meter dan dapat mengakomidasi hingga 11 penumpang sejajar. Rata-rata wide body aircraft memiliki izin terbang trans atlantik dan trans kontinental sehingga biasanya digunakan untuk penerbangan jarak menengah dan jarak jauh.

Pesawat jenis ini juga memerlukan landasan yang jauh lebih panjang. Model-model wide body aircraft diantaranya adalah Airbus A300, Airbus A330, Airbus A340, Airbus A350, Airbus A380, Boeing 747, Boeing 767, Boeing 777, Boeing 787 Dreamliner, Ilyushin Il-86, Ilyushin Il-96, L1011 Tristar, dan MD DC-10.

Sementara narrow body aircraft yang biasanya juga dikenal dengan sebutan pesawat lorong tunggal adalah pesawat dengan lebar kabin biasanya mencapai tiga sampai empat meter.

Hanya memiliki satu aisle, konfigurasi tempat duduk pesawat ini biasanya 3-3, 2-3 atau terkadang 2-1 bahkan 1-1 untuk private jet dengan kapasitas kurang dari 250 orang.

Narrow body aircraft umumnya tidak memiliki izin terbang trans atlantik atau trans kontinental dan hanya digunakan untuk penerbangan regional. Model-model narrow body aircraft diantaranya adalah Airbus A320 family, Boeing 707, Boeing 720, Boeing 727, Boeing 737, Boeing 757, Douglas DC-8, Tupolev Tu-154, Tupolev Tu-204, Tupolev Tu-334, Sukhoi SSJ 100, Vickers VC10, BAC One-Eleven, BAe 146, Boeing 717, Bombardier C Series, Convair 880 dan 990, Fokker F28, Fokker 70, Fokker 100, McDonnell Douglas DC-9, McDonnell Douglas MD-80/MD-90, Antonov 148, Antonov 158, ATR-72, MA-60, dan lainnya.

Sedangkan jenis pesawat komersil terakhir adalah pesawat perintis. Pesawat ini berukuran kecil dengan berat kurang dari 6 ton. Pesawat jenis ini biasanya digunakan untuk menjangkau daerah-daerah terpencil, seperti di Papua.

Karena ukuran badan yang kecil, pesawat ini dapat mendarat di landasan pendek dan landasan tanah. Pesawat yang digunakan biasanya jenis Cessna, Beechcraft, Grumman, dan lainya. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Slideshow

Jiwasraya Tertarik Ajak Wisman Keliling Gedung Bersejarah

‘Hidden Treasure of Art Deco: Sejarah Gedung Olveh Karya Firma Schoemaker dan Tantangan Revitalisasi’ (Ist) Manajemen PT Asuransi Jiwasraya tertarik untuk mengajak wisatawan mancanegara (wisman) yang tengah berkunjung ke negeri

Slideshow

Social Media One Day

Ilustrasi mencari perguruan tinggi melalui internet (Ist) President University menggandeng detikcom menyelenggarakan acara bertajuk Social Media One Day. Di acara tersebut akan dibahas tentang media sosial dan seluk-beluknya. Lebih dari

Heritage

Sriwijaya Air Gandeng Bintan Resort Kerja Sama Kembangkan Pariwisata Indonesia

Suasana kerja sama Sriwijaya Air dengan Bintan Resort (Ist) Sriwijaya Air Group dan Bintan Resort sepakat untuk menyiapkan sejumlah langkah untuk mengembangkan pariwisata Indonesia. Hal tersebut tertuang dalam Nota Kesepahaman

Cuisine

Menteri Pariwisata Kembali Aktifkan Tim Crisis Center Kemenpar

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya langsung aktivasi Tim Crisis Center Kemenpar untuk memantau perkembangan terkini bencana gempa bumi Minggu 5 Agustus 2018. Sasarannya memantau 3A yakni

Slideshow

Jogja Fashion Rendezvous 2017, Ajang Menggabungkan Desainer Indonesia

JFR 2017 (Ist) Jogja Fashion Rendezvous (JFR) 2017 yang mengusung tema Sparkling rupanya menjadi ajang unjuk gigi 41 desainer Indonesia. Tak hanya itu, perhelatan JFR 2017 juga untuk memeringati ulang

Festival

Martha, Woman Traveler yang Jatuh Cinta dengan Singkawang

Martha Lory Fransisca (Ist) Martha Lory Fransisca, Corporate Communications JAS Airport Services mengaku menyukai Singkawang yang terletak di Kalimantan Barat. “Saya belum terlalu banyak tahu tourism object di Indonesia sebab belum semua