BIJB Siap untuk Pesawat Wide Body

2006-08_A380_first_flight_with_EA_engines_

Airbus A380 termasuk jenis wide body aircraft (Ist)

Manajemen PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) menyatakan siap melayani pesawat jenis wide body guna melayani penerbangan rute internasional.

“Bandara ini jika telah beroprasi bisa menampung penumpang hingga 8 juta penumpang dengan tidak hanya melayani narrow body aircraft,” kata President Director PT BIJB Virda Dimas Ekaputra kepada wartawan di Cirebon belum lama ini.

Virda menuturkan bahwa pihaknya memasang target BIJB mampu menjadi bandara untuk keberangkatan ibadah haji dan umrah.

Wide Body Aircraft

Di era sekarang, menggunakan pesawat terbang sebagai moda transportasi bukan lagi menjadi barang mewah. Faktor kenyamanan, kecepatan serta praktis membuat banyak travelers memilih menggunakan si burung besi ini untuk traveling.

Apalagi dalam beberapa tahun terakhir terjadi perang tarif murah antarmaskapai penerbangan sehingga travelers bisa mengatur perjalanan dengan harga miring.

Tapi, mungkin banyak diantara travelers yang belum tahu apa saja jenis-jenis pesawat terbang komersial. Adapun jenis pesawat komersial jika dilihat dari ukurannya terbagi menjadi tiga, yakni wide body craft, narrow body craft dan pesawat perintis.

Wide body aircraft adalah pesawat dengan lebar lebih dari 20 kaki, mempunyai dua aisles atau biasa juga dikenal dengan twin aisles, dengan tujuh kursi atau lebih sejajar.

Diameter pesawat ini biasanya mencapai lima atau enam meter. Dalam kabin ekonomi, dapat mengakodasi tempat duduk dengan konfigurasi 3-4-3 atau 4-4-2, dengan total kapasitas mencapai 200 hingga 850 penumpang.

Jenis ini memiliki pesawat terlebar mencapai enam meter dan dapat mengakomidasi hingga 11 penumpang sejajar. Rata-rata wide body aircraft memiliki izin terbang trans atlantik dan trans kontinental sehingga biasanya digunakan untuk penerbangan jarak menengah dan jarak jauh.

Pesawat jenis ini juga memerlukan landasan yang jauh lebih panjang. Model-model wide body aircraft diantaranya adalah Airbus A300, Airbus A330, Airbus A340, Airbus A350, Airbus A380, Boeing 747, Boeing 767, Boeing 777, Boeing 787 Dreamliner, Ilyushin Il-86, Ilyushin Il-96, L1011 Tristar, dan MD DC-10.

Sementara narrow body aircraft yang biasanya juga dikenal dengan sebutan pesawat lorong tunggal adalah pesawat dengan lebar kabin biasanya mencapai tiga sampai empat meter.

Hanya memiliki satu aisle, konfigurasi tempat duduk pesawat ini biasanya 3-3, 2-3 atau terkadang 2-1 bahkan 1-1 untuk private jet dengan kapasitas kurang dari 250 orang.

Narrow body aircraft umumnya tidak memiliki izin terbang trans atlantik atau trans kontinental dan hanya digunakan untuk penerbangan regional. Model-model narrow body aircraft diantaranya adalah Airbus A320 family, Boeing 707, Boeing 720, Boeing 727, Boeing 737, Boeing 757, Douglas DC-8, Tupolev Tu-154, Tupolev Tu-204, Tupolev Tu-334, Sukhoi SSJ 100, Vickers VC10, BAC One-Eleven, BAe 146, Boeing 717, Bombardier C Series, Convair 880 dan 990, Fokker F28, Fokker 70, Fokker 100, McDonnell Douglas DC-9, McDonnell Douglas MD-80/MD-90, Antonov 148, Antonov 158, ATR-72, MA-60, dan lainnya.

Sedangkan jenis pesawat komersil terakhir adalah pesawat perintis. Pesawat ini berukuran kecil dengan berat kurang dari 6 ton. Pesawat jenis ini biasanya digunakan untuk menjangkau daerah-daerah terpencil, seperti di Papua.

Karena ukuran badan yang kecil, pesawat ini dapat mendarat di landasan pendek dan landasan tanah. Pesawat yang digunakan biasanya jenis Cessna, Beechcraft, Grumman, dan lainya. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Cuisine

Promosi Kuliner Wakatobi

Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan sambutan dalam Dialog Gastronomi Nasional ke-2 dan Promosi Kuliner Wakatobi yang berlangsung di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata (Kemenpar) (Ist) Menteri Pariwisata

Heritage

Kepri Serius Kembangkan Pariwisata

Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam Rapat Koordinasi Pembangunan (Rakorbang) Provinsi Kepri (Ist) Kepri betul-betul istimewa di mata Menpar Arief Yahya. Bahkan, Senin, 3 April 2017, semua ‘panglima pariwisata’ dikerahkan ke Hotel

Nature

Jokowi Resmikan Perluasan Pelabuhan Sibolga

Presiden Jokowi (Ist) Presiden Jokowi melakukan groundbreaking atau peresmian perluasan dan pembangunan Pelabuhan Sibolga, Sabtu (20/8/2016). Diharapkan, dengan perluasan tersebut, Pelabuhan Sibolga dapat ikut mendongkrak pertumbuhan ekonomi  di Pantai Barat

Airlines

Yogyakarta Curi Perhatian di TTE Expo 2016 Manila

Menteri Pariwisata Arief Yahya Filipina bukan pasar terbesar Indonesia di wilayah Asia Tenggara. Masih jauh tertinggal dari Singapura, Malaysia, Australia, Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, India, dan Uni Emirat Arab. Critical

All About Indonesia

Menteri Susi Resmikan Wajah Baru Gedung OLVEH

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (Ist) Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meresmikan wajah baru gedung OLVEH (Onderlinge Levensverzekering Van Eigen Hulp) di seberang pintu selatan Stasiun Kota setelah direvitalisasi

Hotel

Melihat Lebih Dekat Miniatur Indonesia di TMII

Peserta ASITA Jakarta Travel Mart (AJTM) berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) (Ist) Peserta ASITA Jakarta Travel Mart (AJTM) berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta, Kamis